WisataGaya HidupInspirasiTravelTraveling

Tempat Wisata di Puncak yang Paling Enak untuk Liburan Keluarga

Ada sekian banyak tempat wisata di puncak. Namun, tak banyak yang bisa benar-benar dinikmati. Kemacetan dan juga ramainya pengunjung bisa membuat liburan kamu tidak begitu berkesan. 

Baca Juga: Perilaku Karyawan Produktif yang Bikin Atasan Suka Dengan Keadaan

Untuk kamu yang ingin membawa seluruh anggota keluarga, ada obyek wisata di puncak yang paling direkomendasikan. Khususnya untuk kamu yang membawa anak-anak kecil. 

Selain itu, ada kemungkinan beberapa obyek wisata di puncak Bogor berikut ini tidak begitu ramai dikunjungi. Mungkin karena belum terlalu terkenal. Yang pasti, puncak tidak selalu menjadi tempat liburan yang kurang menyenangkan karena terlalu ramai dan macet. 

5 Tempat Wisata di Puncak untuk Keluarga yang Paling Menyenangkan

Setidaknya ada 5 tempat wisata di puncak yang paling direkomendasikan untuk liburan keluarga. Mana sajakah itu?

1. Telaga Warna

Telaga Warna - Wisata di Puncak

Pernah dengar nama Telaga Warna? Tapi ini bukan Telaga Warna yang ada di Dieng Wonosobo ya. Ini Telaga Warna yang ada di puncak. Tepatnya di Kawasan Perkebunan Teh PTPN VII Gunung Mas

Dari namanya, kamu sudah bisa menebak seperti apa tempat wisata yang satu ini. Betul sekali. Ini merupakan telaga yang airnya berwarna. Terkadang berwarna hijau. Terkadang berubah menjadi coklat. Namun, kamu tidak perlu menebak yang aneh-aneh. Warna tersebut dipengaruhi oleh tumbuhan yang ada di sekitar. Ketika musim hujan, tumbuhan berwarna hijau. Warna tersebut mempengaruhi warna air telaga. Saat kemarau, warnanya bisa menjadi cokelat.

Yang pasti, telaga ini dirawat dengan sangat baik. Air telaga masih cukup jernih. Memang tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata di puncak yang satu ini. Namun, jika kamu mengajak anak kecil, tempat ini relatif aman. Udara sejuk sekali. Kamu bisa siapkan makanan ringan serta tikar. Nikmati makanan ringan sambil memandang ke telaga dan juga bukit-bukit yang masih sangat hijau.

2. Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng - Wisata di Puncak

 

Bogor cukup terkenal dengan wisata pemandian air panas. Dan salah satu tempat yang tepat untuk kamu kunjungi bersama keluarga adalah Tirta Sanita Ciseeng.

Terdapat kolam renang air panas yang begitu besar. Dan satu hal yang harus kamu ketahui. Kolam renang ini asli alias alami, bukan buatan. Dari kolam renang air panas tersebut, kamu juga bisa sekaligus melihat pemandangan sawah dan juga pedesaan. Pasalnya, kolam renang ini berada di tempat yang sedikit lebih tinggi. Jadi, kamu seolah-olah sedang berenang di atas ketinggian.

Bukan hanya berendam saja yang bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain di area permainan. Ada kereta api mini yang disiapkan untuk membawa pengunjung memutari area wisata. Ada juga kegiatan outbound yang menantang. Jadi, tidak salah jika ini menjadi salah satu tempat wisata di puncak yang tepat untuk liburan keluarga.

3. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala - Wisata di Puncak

Beberapa wisatawan yang datang ke Bogor lebih memilih untuk mencari tempat yang damai yang jauh dari kebisingan. Jika itu juga yang kamu inginkan, Pondok Rasamala tempatnya.

Namanya saja pondok. Sudah pasti ada rumah-rumah kecil yang disewakan. Kamu bisa menginap di sana. Rumah kecil tersebut dinamakan dengan bungalow. Sayangnya, bungalow tersebut jumlahnya hanya sekitar 13. Jadi, jika kamu berencana untuk datang ke tempat ini, sebaiknya kamu book lebih awal.

Di tempat ini, ada beberapa fasilitas yang sudah disediakan, seperti kolam renang dan permainan outbound. Di sepanjang mata memandang, kamu akan melihat hijaunya tumbuh-tumbuhan dan juga sawah. Kamu seolah berada di kampung yang masih asri.

Pondok Rasamala ini berada di Gunung Salak Endah. Untuk sampai ke sana, kamu hanya perlu memasang GPS ke arah Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Di dalam kawasan wisata tersebut, kamu akan menemukan Pondok Rasamala.

4. Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort - Wisata di Puncak

Siapa sangka jika Puncak Pass Resort ini merupakan penginapan tertua yang ada di puncak Bogor. Arsitektur bangunan masih dibiarkan seperti dahulu. Hanya saja, ada beberapa sentuhan modern yang membuat tempat ini sangat nyaman untuk ditinggali.

Jika kamu ingin menenangkan diri di puncak tanpa harus bertemu dengan banyak wisatawan, ini tempat wisata di puncak yang sebaiknya kamu pilih. Fasilitas sangat lengkap, mulai dari kafe, restoran, taman, area bermain untuk anak-anak, serta kolam renang anak.

Bahkan, jika kamu berencana mengajak keluarga besar untuk liburan, tempat ini bisa diandalkan. Terdapat tempat berkumpul dan menyantap makanan yang cukup untuk banyak anggota keluarga.

5. Wisata Gunung Pancar

Wisata Gunung Pancar - Wisata di Puncak

Ingin berada di luar ruangan yang sedikit lebih menantang? Ini Dia pilihannya. Gunung Pancar merupakan gunung yang tingginya sekitar 800 mdpl. Meskipun berupa gunung, anak kecil pasti suka. Pasalnya, di lokasi wisata ini, terdapat area bermain untuk anak-anak yang sangat menyenangkan sekaligus menantang. 

Jika anak-anak suka camping, di sini ada area untuk mendirikan tenda. Lokasinya tepat di bawah pepohonan pinus. Di malam hari, kerlap-kerlip lampu kota terlihat begitu menarik dari puncak gunung ini.

Namun, jika ada balita, sebaiknya kamu menginap di hotel sekitar Wisata Gunung Pancar. Ada beberapa penginapan yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata ini.

Dari kelima tempat wisata di puncak tersebut, mana yang akan kamu pilih sebagai tempat liburan keluarga mendatang?

Tips Wisata di Puncak

Memang ada beberapa gangguan yang sering terjadi. Apalagi jika kamu ingin liburan ke puncak di saat liburan tiba. Bisa dipastikan kamu akan terkena kemacetan di jalan.

Untuk itu, sebaiknya kamu berangkat ke puncak lebih awal. Semakin pagi kamu memulai perjalanan, maka risiko terkena kemacetan lebih rendah. Kamu bisa mulai berangkat di saat subuh. Pastikan kamu sampai di sekitar puncak tidak terlalu siang. Karena kemungkinan besar di siang hari terjadi kemacetan. Wisatawan dan juga masyarakat lokal sudah mulai memadati jalanan ke puncak.

Selain itu, sebaiknya aktifkan GPS selama perjalanan. Mintalah salah satu anggota keluarga untuk cek GPS secara berkala. Karena bisa saja terjadi kemacetan di spot-spot tertentu. Dan kondisi macet tersebut bisa saja berubah. Jadi, kamu harus pantai arah ke puncak secara berkala.

Dan yang terakhir, pastikan kamu sudah book atau memesan penginapan lebih dulu. Sangat disarankan agar memesan penginapan dua atau tiga minggu sebelumnya. Ini jauh lebih baik daripada kamu memesan di hari yang sama yang kemungkinan biaya menginap lebih mahal.

Baca Juga: Makanan Penderita Hipertensi yang Sebaiknya Dikonsumsi

Nah, itulah beberapa tips jika ingin liburan ke puncak. Sampai sekarang, tempat wisata di puncak tetap menjadi tujuan yang paling menarik. Ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang berdatangan dari penjuru daerah. Bukan hanya dari Jakarta saja yang liburan ke puncak. Yang terpenting, kamu harus direncanakan secara matang-matang agar liburan kamu sekeluarga menyenangkan, bukan justru melelahkan. Jadi, kapan kamu akan mengajak keluarga refreshing ke puncak?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Wisata