WisataGaya HidupInspirasiTravelTraveling

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro yang Tak Kalah Iconic untuk Foto-Foto

5 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro Tak Kalah Iconic

Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang harus dikunjungi. Namun, jika kamu hanya memiliki sedikit waktu, ada baiknya kamu cari satu spot saja. Yaitu Malioboro. Karena ada beberapa tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Jadi, datang ke satu tempat ini, kamu bisa mengunjungi beberapa objek wisata. 

Baca Juga: Tips Packing Liburan di Pantai agar Menyenangkan

Apalagi jika kamu suka berfoto-foto. Bukan hanya Malioboro saja yang menjadi ikon Jogja. Ada juga tempat iconic lainnya yang letaknya tidak jauh dari Malioboro. Di mana saja itu?

5 Tempat Wisata Iconic Dekat Malioboro 

Sebenarnya, ada banyak obyek wisata menarik yang tidak jauh dari Malioboro. Namun, jika kamu mencari tempat yang iconic yang tak kalah dengan Malioboro, pertimbangkan untuk datang ke 5 tempat berikut ini:

1. Tugu Jogja

Tugu Jogja - Tempat Wisata

Sebenarnya, jauh sebelum Malioboro, Tugu Jogja sudah lama menjadi ikon Kota Yogyakarta. Hanya saja, tidak banyak tempat nongkrong di sekitar Tugu Jogja. Tidak seperti Malioboro yang sekarang menjadi tempat di mana kamu bisa menemukan banyak hal. Mulai dari penjual batik dan souvenir Jogja, kuliner, hotel, dan lain sebagainya. Jadi, wajar jika Tugu Jogja tidak seramai Malioboro.

Akan tetapi, banyak wisatawan yang justru lebih tertarik ke Tugu Jogja. Malioboro sudah terlalu sesak dengan wisatawan, terutama saat weekend tiba. Mereka yang ingin merasakan kedamaian di Jogja, mereka lebih memilih untuk datang dan nongkrong di sekitar Tugu Muda.

Waktu terbaik ke tempat wisata yang satu ini adalah di malam hari. Gemerlap lampu membuat Tugu Jogja ini spot menarik untuk berfoto. Asal kamu tahu banyak fotografer yang datang khusus untuk mengambil gambar di spot yang satu ini. Jadi, jika kamu mencari mana tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa jadi spot foto menarik, ini dia jawabannya.

Hanya saja, kamu sepertinya harus menggunakan andong untuk sampai di tugu ini. Cukup jauh jika kamu harus jalan kaki dari Malioboro. Kecuali jika memang kamu ingin jalan kaki sambil hunting selama perjalanan dari Malioboro ke Tugu Jogja.

2. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg - Tempat Wisata

Bisa dikatakan museum yang satu ini bagian dari Malioboro. Lokasinya di paling pojok Malioboro. Tepatnya di Nol Kilometer.

Apa yang menarik dari Benteng Vredeburg? Sama seperti Tugu Jogja. Benteng ini sangat iconic. Jika tidak percaya, datang saja di waktu senja tiba. Atau kamu juga bisa ke sana di malam hari. Lampu yang menyorot membuat benteng ini terlihat sangat artistik. Kamu bisa nongkrong di depannya sambil memesan sate yang dijajakan di sekitar Malioboro. Jangan lupa juga mengabadikan momen berada di Benteng Vredeburg ini.

Benteng ini masih sangat asli. Kamu bisa masuk ke dalam jika belum ditutup. Jika kamu ingin melihat kondisi di dalam, kamu harus datang di siang hari. Namun, pastikan kamu memakai topi atau payung karena biasanya kondisi cuaca di siang hari di sana sangat panas.

3. Alkid

Alkid - Tempat Wisata

Apa itu Alkid? Ini singkatan dari Alun-Alun Kidul. Warga Jogja menyebutnya dengan sebutan Alkid. Sebenarnya ini sama seperti alun-alun di kota lainnya. Namun, sepertinya tidak ada yang lebih ramai dari Alkid, terutama di malam hari.

Kamu akan bingung untuk mencari kuliner apa yang ingin kamu coba. Hampir semua kuliner khas Jogja bisa kamu temukan di sepanjang jalan di Alkid. Dan jangan khawatir. Hampir semua kuliner di sana dijual dengan harga yang terjangkau. Meskipun ini kawasan wisata, pedagang tidak mematok harga yang terlalu mahal. Bahkan, ada jajanan yang dijual dengan harga mulai dari dua ribuan.

Ini termasuk tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Dari Malioboro, kamu hanya perlu berjalan kurang lebih 15 menit saja. Waktu terbaik ke sana di malam hari. Kamu bisa pesan beberapa camilan. Lalu, kamu bisa menyewa becak yang sudah dihiasi dengan lampu. Sambil mengelilingi Alkid, kamu bisa menikmati camilan yang sudah kamu beli.

Cara lain menikmati Alkid adalah naik andong. Ada beberapa pengendara andong di sana. Kamu akan dibawa mengelilingi Alkid dan juga tempat yang sedikit lebih jauh dari Alkid. 

4. Situs Warungboto

Situs Warungboto - Tempat Wisata

Dulu, ini merupakan tempat istirahat keluarga keraton Yogyakarta. Namun, sekarang tempat ini dijadikan objek wisata. Keasliannya masih dipertahankan. Arsitektur kuno masih sangat terasa. Ini sering dijadikan sebagai spot untuk foto pre wedding. Di dalamnya, ada taman dan juga kolam yang sangat megah. Kolam tersebut dulunya menjadi pemandian para sultan. 

Kamu bisa datang ke tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang satu ini di sore hari agar tidak begitu panas. Atau bisa juga kamu datang di pagi hari sekitar jam 8 atau 9. 

5. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo - Tempat Wisata

Kebanyakan orang merasa waktu yang terbaik ke Jogja adalah di malam hari. Padahal, tempat yang layak untuk didatangi di siang hari, yaitu Pasar Beringharjo. Orang lokal menyebutnya pasar gede. Kenapa? Karena memang di sinilah pasar besar di Yogyakarta.

Ada banyak sekali kuliner yang bisa kamu temukan di sini, mulai dari camilan hingga makan besar. Dan jika kamu suka gudeg, kamu bisa menemukan simbah-simbah yang dari dulu menyajikan gudeg. Sudah bisa dipastikan resepnya itu asli turun temurun dari dulu hingga sekarang.

Di pasar ini, kamu juga bisa membeli buah tangan. Kamu tidak ingin pulang liburan dari Jogja tanpa membawa suvenir, bukan? Di pasar ini, kamu bisa membeli pernak-pernik khas Jogja mulai dari harga ribuan, puluhan ribu, hingga ratusan ribu rupiah.

Nah, itulah 5 daftar tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Jadi, sudah siap untuk explore obyek wisata di Jogja?

Tips Asyik Liburan di Jogja 

Jogja itu memang menarik. Namun, terkadang kamu harus menahan terik matahari yang begitu panas. Belum lagi kemacetan di Jogja yang sudah menjadi rahasia umum.

Agar kamu lebih asyik jalan-jalan di Jogja sekitar Malioboro, sebaiknya kamu datang ke Malioboro di sore hari. Jangan tunggu hingga senja tiba. Di sore hari, jalanan memang sedikit macet karena para pekerja pulang dari tempat kerja. Akan tetapi, di sore hari, kamu bisa lebih leluasa jalan-jalan di Malioboro. Dan suasananya pun tidak begitu panas.

Ketika malam sudah tiba, kamu bisa melanjutkan ke tempat wisata yang dekat dengan Malioboro seperti Alkid. Jalan kaki saja ke sana. Atau kamu juga bisa langsung mencari andong yang bisa mengantarkan kamu ke Tugu Jogja.

Baca Juga: Perawatan Wajah agar Glowing

Jangan sampai kamu baru berangkat ke Malioboro di atas jam 7. Jalanan pasti sangat macet. Dan kamu akan sulit untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Jogja dekat Malioboro karena mungkin kamu sudah lelah terjebak kemacetan. Bisa juga kamu sudah tidak punya waktu untuk mengunjungi semua tempat tersebut.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Wisata