WisataInspirasiTravelTraveling

Spot Melihat Matahari Terbit Terindah yang Ada Di Jawa

7 Spot Melihat Matahari Terbit Terindah yang Ada Di Jawa

Tak perlu ke luar negeri untuk bisa menikmati matahari terbit yang paling indah. Ada beberapa spot melihat matahari terbit di Jawa. Jadi, kamu tidak perlu membuat visa. Simpan saja uang mengurus visa untuk biaya perjalanan ke beberapa tempat sunrise di Jawa.

Dan untuk mencapai tempat tersebut, kamu tidak perlu bersusah payah. Ada beberapa tempat yang memang masih alami. Tidak ada fasilitas yang mempermudah kamu untuk sampai ke spot. Ada juga yang sudah dibangun sehingga kamu lebih mudah untuk mencapai puncak sehingga matahari terbit bisa dilihat dengan jelas.

Baca Juga: 6 Skincare Badan yang Wajib untuk Perawatan Rutin

7 Tempat Terbaik Melihat Sunrise di Pulau Jawa

Setidaknya ada 7 tempat yang harus kamu kunjungi jika kamu ingin melihat sunrise terbaik di Jawa. Di mana sajakah itu?

1. Sikunir

Sikunir - Matahari Terbit

Pernah dengar nama Sikunir? Ini merupakan bukit yang ada di desa tertinggi di Jawa, yaitu Desa Sembungan. Lokasinya di Dieng Jawa Tengah. Dieng itu sendiri ada di dua kota, yaitu di Wonosobo dan Banjarnegara. Kamu bisa bayangkan sendiri berada desa tertinggi di Jawa. Dan Dieng itu sendiri merupakan data tinggi yang terkadang bersalju di bulan-bulan tertentu.

Sikunir ini bukit yang tidak terlalu tinggi. Setidaknya dari tempat parkir, kamu hanya perlu naik bukit tersebut sekitar 10 menitan. Memang jalan menuju ke puncak masih berupa tanah. Jadi, sangat sulit jika kamu berada di saat saat musim hujan tiba.

Di atas puncak Bukit Sikunir, kamu bisa menikmati matahari terbit yang begitu indah. Sangat jelas untuk melihat sunrise dari sini. Inilah yang membuat wisatawan lokal dan juga mancanegara datang ke spot melihat matahari terbit yang satu ini.

2. Gunung Prau

Gunung Prau - Matahari Terbit

Ini juga termasuk gunung yang ada di Dieng. Jadi, lokasi Gunung Prau tidak jauh dari Sikunir. Hanya saja, untuk mencapai Gunung Prau, butuh effort yang lebih. Setidaknya dari Dieng kamu harus naik gunung sekitar 2 jam. 

Namun, sesampainya di atas, pemandangan jauh lebih indah dibandingkan dengan Sikunir. Karena hamparan luas terlihat jelas. Beda dengan Sikunir dimana masih ada bayang-bayang dari bukit dan juga gunung lain. Jika kamu berada di atas Gunung Prau, ada hamparan luas. Matahari akan terbit di antara beberapa gunung seperti Sindoro, Sumbing, dan Merapi.

Untuk sampai di spot melihat matahari terbit berupa Gunung Prau, kamu harus siapkan banyak peralatan, seperti makanan yang mudah dimasak seperti mie instan, tempat untuk memasak, minuman, dan lain sebagainya. Pasalnya, kamu harus trekking di malam hari agar kamu bisa sampai di puncak setidaknya jam 3. Kamu bisa membangun tenda untuk istirahat sebentar sambil menunggu matahari terbit.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur - Matahari Terbit

Untuk mencapai Dieng, mamang usaha yang kamu harus lakukan jauh lebih keras. Misalnya saja kamu sampai di Bandara Semarang atau Yogyakarta, kamu harus mencari kendaraan menuju ke Wonosobo. Baru kemudian kamu bisa naik ke Dieng.

Ada yang lebih mudah dan dekat, yaitu di Candi Borobudur. Lokasinya berada di Magelang. Ini tidak hanya candi terbesar di dunia. Ini juga termasuk spot melihat matahari terbit yang sangat menarik.

Hanya saja, kamu harus membayar tiket sunrise. Kamu bisa menginap di Hotel Manohara, hotel yang ada di kawasan Borobudur. Ketika jam 3 pagi, kamu akan dibangunkan oleh petugas lalu diarahkan ke Borobudur. Pintu Borobudur akan dibuka dan kamu bisa naik ke puncak candi. Disanalah kamu akan melihat sunrise.

Dari Hotel Manohara ke Borobudur, sudah disediakan kendaraan. Kamu hanya perlu jalan kaki dari bawah ke puncak Borobudur yang hanya butuh 5 menitan.

4. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu - Matahari Terbit

Pernah lihat film AADC 2 atau Ada Apa Dengan Cinta 2? Ada adegan di mana Rangga mengajak Cinta melihat sunrise di sebuah gereja yang berbentuk ayam. Gereja itu berada di sebuah bukit yang disebut dengan Punthuk Setumbu.

Ini menjadi tempat yang sangat terkenal setelah dijadikan setting untuk film AADC. Dulu, bukit itu sama sekali tidak diurus. Bahkan, untuk sampai ke puncak, tidak ada anak tangga. Sekarang, sudah dibuat anak tangga yang mempermudah kamu untuk mencapai ke puncak.

Dan untuk sampai kesana, kamu tidak perlu membayar tiket. Jadi, ini totally free. Kamu bisa memilih antara spot melihat matahari terbit di puncak Candi Borobudur atau di Punthuk Setumbu.

5. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan - Matahari Terbit

Jika kamu berencana berwisata di Jogjakarta, kamu tidak hanya bisa berwisata malam di Malioboro. Kamu bisa lanjut ke Kebun Buah Mangunan. Ini lokasinya ada di pegunungan di Dlingo, Bantul. Sudah ada tempat yang memang dibuat agar wisatawan bisa santai sambil menunggu sunrise.

Dari Jogjakarta, kamu hanya perlu menempuh perjalanan 1,5 jam. Bahkan, jika kamu naik ke sana di malam hari, mungkin kurang dari 1,5 jam. Kamu bisa mengatur kegiatan wisata di Jogja. Misalnya saja kamu mulai berwisata siang hari dengan mengunjungi Candi Prambanan. Di sore hingga malam hari, kamu bisa explore wisata di sekitar Malioboro. Saat tengah malam mau tiba, lakukan perjalanan ke Dlingo agar kamu tidak ketinggalan melihat matahari terbit di Kebun Buah Mangunan.

6. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko - Matahari Terbit

Selain di Kebun Buah Mangunan, ada juga tempat lain di Jogja yang merupakan spot melihat matahari terbit, yaitu Istana Ratu Boko. Ada semacam bangunan lama yang masih tersisa saat ini. Dan lokasinya berada di di puncak bukti di mana kamu bisa melihat sunrise di pagi hari. 

Tiket masuk tempat wisata ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 25.000. Untuk anak-anak, tiket masuk sekitar Rp 15.000. Lokasinya tidak jauh dari Candi Prambanan. Jika kamu berlibur di Prambanan, cari saja Istana Ratu Boko melalui Google Map. Kamu akan diarahkan ke sana.

7. Savana Bekol 

Savana Bekol - Matahari Terbit

Beberapa tempat melihat matahari terbit di atas berada di Jawa Tengah. Bagaimana dengan di Jawa Timur? Ada banyak sekali. Namun, kamu tidak perlu naik ke Gunung Bromo. Cukup ke Savana Bekol saja.

Lokasinya berada di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Banyuwangi. Dari namanya saja, kamu bisa menebak seperti tempat ini. Sebenarnya, Savana Bekol itu pemandangan alam yang penuh dengan padang rumput. Saat matahari terbit, kamu bisa melihat dari spot ini.

Baca Juga: Wajib Dipahami Tentang Kista Ovarium pada Remaja

Nah, itulah 7 spot melihat matahari terbit. Kira-kira mana yang akan kamu pilih? Yang pasti, kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari setiap spot. Memang mataharinya sama. Akan tetapi, keindahan dan juga pengalaman yang kamu dapatkan berbeda sesuai dari spot mana yang kamu pilih. Jadi, akan lebih baik jika kamu coba satu demi satu. Kamu bisa mulai dari yang paling mudah dijangkau seperti Candi Borobudur sampai yang cukup menantang, yaitu di Gunung Prau Dieng, Wonosobo.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Wisata