WisataTravel

Ini Dia List Wisata Edukasi Anak Terbaik di Tanah Air

Wisata Edukasi Anak

Orang tua yang sudah memiliki anak kecil pasti mempertimbangkan secara matang ketika ingin mengajak sang buah hati liburan. Yang ada di pikiran selalu tempat wisata edukasi anak. Karena mereka tidak ingin hanya sekedar mengajak anak berlibur. Mereka juga ingin anaknya belajar.

Baca Juga: Tips Menabung Milenial agar Cepat Financial Freedom

Itulah mengapa mereka lebih memilih tempat wisata edukatif. Bukan hanya taman bermain. Namun, mana saja tempat wisata edukasi yang terbaik di tanah air? 

7 Wisata Edukasi Anak Terbaik di Indonesia

Kini, semakin banyak tempat wisata edukasi anak. Akan tetapi, manakah yang layak untuk dikunjungi bersama sang buah hati? Yang pasti, di negara sendiri, pilihan tempat wisata edukatif itu sangat banyak. Orang tua tidak perlu repot mengajak anak berwisata ke luar negeri. 

Berikut ini 7 obyek wisata edukasi anak yang terbaik di Indonesia: 

1. Planetarium dan Observatorium

Planetarium dan Observatorium - Wisata Edukasi Anak

Beberapa anak sangat tertarik dengan alam. Orang tua bisa mengenalkan apa saja yang ada di alam, terutama di luar angkasa dengan cara mengajaknya ke Planetarium dan Observatorium.

Lokasi tempat wisata ini berada di Jakarta. Lebih tepatnya di Jalan Cikini Raya No 73, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat wisata edukasi untuk anak ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1968. Tentu saja selalu ada perubahan. Yang sekarang, sudah ada planetarium. Ini ruangan di mana anak akan tahu bagaimana susunan planet dan bintang-bintang. Mereka juga akan mengerti beberapa benda-benda yang ada di langit.

Sementara itu, observatorium merupakan tempat di mana anak bisa mengamati secara langsung benda-benda yang ada di langit. Itu bisa dilakukan dengan menggunakan teleskop.

Tempat wisata edukasi anak menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi anak ketika ia mulai bertanya tentang kejadian alam semesta. Agar rasa ingin tahunya terjawab, orang tua sebaiknya mengajaknya ke Planetarium dan Observatorium ini.

2. Kidzania

Kidzania - Wisata Edukasi Anak

Ini merupakan salah satu tempat rekreasi dan liburan anak yang terbesar di Jakarta. Namun, bukan ini yang membuat tempat yang satu ini menarik. Ada bermacam-macam kegiatan yang bisa anak lakukan. Dan kegiatan tersebut disesuaikan dengan profesi yang diinginkan.

Jadi, saat anak masuk ke dalam tempat wisata ini, orang tua bisa menghantarkan anak ke tempat di mana mereka bisa mengetahui berbagai profesi yang ada di dunia. Anak bisa memilih ingin menjadi profesi apa. Lalu, ia akan dipandu untuk melakukan kegiatan sesuai dengan profesi tersebut.

Misalnya saja anak suka masak kue. Anak akan diajarkan bagaimana cara memasak kue. Jika anak ingin menjadi pilot, ada ruangan khusus di mana anak akan berpakaian layaknya pilot. Ada ruangan seolah-olah anak sedang menerbangkan pesawat.

Lokasi tempat wisata edukasi anak ini berada di Jakarta Selatan, tepatnya di Pacific Palace Jln. Jend. Sudirman No. Kav. 52-53. Tempat wisata ini dibuka di pagi hari mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore.

3. TMII

TMII - Wisata Edukasi Anak

Tidak ada yang taman yang bisa mengajarkan anak mengetahui Indonesia kecuali TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Dari awal pembangunan, wisata edukasi anak TMII memang didesain agar orang Indonesia mengetahui bahwa ada banyak suku dan juga keragaman yang ada di Indonesia. Dan itu semua bisa mereka lihat hanya dengan berkeliling di TMII.

Taman ini sangat luas. Kabarnya, luas TMII mencapai 150 hektar. Jadi, sangat masuk akal jika taman ini menampung semua hal yang ada di Indonesia, seperti rumah-rumah adat yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Karena begitu luas, disediakan kereta gantung. Dengan menaiki kereta ini, orang tua bisa mengajak anak berkeliling tapi membuat anak merasa lelah. Sambil melihat rumah-rumah adat dari atas, orang tua bisa menceritakan sejarah, sosiologi, budaya, dan juga geografi wilayah Indonesia.

4. Museum Nasional

Museum Nasional - Wisata Edukasi Anak

Jika ingin mendapatkan wisata edukasi anak yang paling lengkap, orang tua bisa mengajak anak ke Museum Nasional saja. Di satu tempat ini, anak akan mempelajari semua yang ada di Indonesia. 

Ada Gedung di mana terdapat mahakarya orang terdahulu. Ada juga Gedung dengan bangunan modern. Hampir semua koleksi penting yang berhubungan dengan Indonesia bisa ditemukan di sini. Terutama jika anak sudah bisa atau bahkan cinta membaca. Ini menjadi tempat yang paling asyik yang pernah ia kunjungi.

5. Museum Angkut

Museum Angkut - Wisata Edukasi Anak

Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak apa itu Museum Angkut. Ini merupakan museum di mana banyak sekali kendaraan dari zaman dahulu hingga sekarang. Anak akan tahu tentang model kendaraan dari waktu ke waktu.

Ini sering menjadi tempat wisata yang dikunjungi oleh orang tua bersama anak yang tertarik dunia otomotif. Mungkin saja ada keinginan di mana anak ingin menjadi seorang insinyur mesin. Atau ia ingin menjadi pembalap. Mengajak anak ke tempat wisata edukasi anak yang satu ini akan membangkitkan passion-nya di bidang otomotif atau profesi yang terkait dengan otomotif.

Wisata edukasi ini berada di Jawa Timur. Lebih tepatnya ada di Kota Batu, Malang. Selama ini, Malang dikenal dengan wisata alam. Dan ternyata Malang juga memiliki tempat edukasi untuk anak.

6. Mekarsari

Mekarsari - Wisata Edukasi Anak

Ini lebih dikenal dengan taman buah. Dan itu memang benar. Daya tarik tempat wisata ini adalah buah-buahan yang ditanam di sana.

Akan tetapi, ada juga jenis tanaman lain yang bisa ditemukan di sana, seperti padi. Ada kegiatan di mana anak bisa diajak untuk mengetahui bagaimana alam memberikan semua yang dibutuhkan oleh manusia, mulai dari padi, sayuran, dan buah-buahan. Tempat wisata edukasi anak ini akan diajak menanam layaknya petani. Tujuannya agar ia tahu betapa menyenangkan kegiatan menanam. Ini juga sekaligus sebagai cara agar anak lebih menghargai makanan. Ia tidak boleh lagi membuang makanan begitu saja karena ini berkah dari alam.

7. Eco Art Park Sentul

Eco Art Park Sentul - Wisata Edukasi Anak

Banyak sekali wisata edukasi anak yang berkaitan dengan sains. Namun, bagaimana dengan tempat wisata edukatif yang mengajarkan anak untuk menjaga bumi? Ini jauh lebih penting dan krusial. Mulai dari kecil, sebaiknya anak diajarkan tentang bagaimana cinta dan merawat bumi.

Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak liburan ke Eco Art Park Sentul. Tempat ini memiliki konsep Ruang Terbuka Hijau. Diharapkan orang yang datang ke sini, terutama anak, merasakan betapa indahnya ketika bumi penuh dengan tanaman hijau. Bumi menjadi asri. Udara sejuk. Dan kualitas hidup manusia menjadi lebih baik. Sebenarnya itulah yang ingin disampaikan oleh pengelola tempat wisata ini. Orang tua bisa mengajak anak ke tempat wisata ini yang berlokasi di Bogor.

Baca Juga: Cara Mencegah Diabetes yang Efektif

Jadi, tempat wisata edukasi anak ini tidak hanya fokus untuk mengenalkan anak dengan ilmu atau sains. Anak juga diajarkan bagaimana cara mengembangkan diri, mendapatkan passion, dan juga tahu apa yang perlu untuk diketahui agar memiliki masa depan yang lebih baik.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Wisata