WisataGaya HidupInspirasiTravelTraveling

6 Tempat Wisata Jogja Terbaru yang Layak untuk Kamu Kunjungi

6 Tempat Wisata Jogja Terbaru yang Layak untuk Kamu Kunjungi

Jogjakarta sampai saat ini tetap menjadi destinasi tempat wisata favorit. Mengapa? Karena Jogja sama sekali tidak membosankan meskipun sudah dikunjungi berkali-kali. Apalagi sekarang banyak sekali wisata Jogja terbaru yang terus dibuat dan dikembangkan. Ini membuat wisatawan tidak lagi ragu untuk kembali berlibur di Kota Pelajar ini.

Baca Juga: Gaya Hidup Crazy Rich Asia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Beberapa tempat wisata terbaru di Jogja tersebut memang tidak berada di pusat kota. Beberapa ada di kota yang berdekatan dengan Yogyakarta. Akan tetapi, karena kebanyakan orang mengenal Jogja, maka tempat tersebut dianggap berada di bagian Kota Yogyakarta.

6 Tempat Wisata Terbaru di Jogja Paling Recommended

Sebenarnya banyak sekali tempat wisata yang dibuat oleh pemerintah atau masyarakat sekitar. Akan tetapi, 7 tempat wisata Jogja terbaru berikut ini paling layak untuk dikunjungi lebih dulu:

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle - Tempat Wisata

Ada makna kenapa tempat wisata ini dinamakan The Lost World Castle. Obyek wisata ini dibuat di sebuah tempat yang pada tahun 2006 luluh lantak terkena letusan gunung Merapi. Pasalnya, tempat ini memang berada di jalur rawan terkena letusan gunung Merapi ketika meletus.

Letusan Merapi di tahun tersebut membuat perekonomian masyarakat hancur. Hingga akhirnya masyarakat ingin membangkitkan lagi ekonomi desa dengan cara membuat wisata Jogja. Ini juga sekaligus untuk mengenang bagaimana letusan Merapi menghancurkan semuanya. Inilah yang kemudian tempat ini dinamakan The Lost World Castle.

Sekarang, bangunan di sana sudah sangat bagus. Beberapa bangunan dibuat dengan memanfaatkan batu-batuan yang berasal dari letusan Merapi. Makanya, kamu akan menemukan bangunan, jalan, dan juga tembok yang dibuat dari batu besar yang begitu keras. Inilah batu dari Merapi.

Ada banyak sekali spot foto di tempat wisata Jogja terbaru ini. Yang paling banyak diburu para wisatawan adalah berfoto di paradise gate atau gerbang ke surga. Ini merupakan spot foto di mana seolah-olah ada gerbang dan anak tangga menuju ke langit.

Jika kamu berencana ke tempat wisata ini, kamu bisa buka Google Maps dan arahkan ke Kaliadem. The Lost World Castle ini berada di Kaliadem. Harga tiketnya Rp 30.000. 

2. Spot Riyadi

Spot Riyadi - Tempat Wisata

Mau cari spot terbaik untuk melihat sunset di Jogja? Kamu tidak perlu ke pantai. Kamu bisa ke Spot Riyadi.

Sebenarnya, ini merupakan pekarangan datar yang lokasinya di bukit. Pemiliknya bernama Pak Riyadi. Karena banyak wisatawan yang berdatangan di sini, maka obyek wisata Jogja ini namakan dengan Spot Riyadi, sesuai dengan nama pemilik lahan.

Kemudian, dibuatlah fasilitas seperti jalan yang sudah disemen, taman yang dipelihara serta tempat untuk memesan makanan. Wisatawan mulai berdatangan ke wisata Jogja terbaru ini di sore hari untuk melihat sunset. Tapi, mereka tidak akan pulang begitu saja. Karena pemandangan di malam hari dari spot ini juga tak kalah menarik.

Dari Spot Riyadi, kamu bisa melihat kerlap-kerlip lampu perkotaan. Kamu juga bisa melihat Candi Prambanan yang megah dari sini. Ada 5 gunung yang bisa dilihat dari spot ini, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, serta Lawu.

Lokasinya berada di Desa Sambisari Prambanan. Ini masuk Kabupaten Sleman. Dari Prambanan, kira-kira jaraknya 3 km. Jadi, setelah kamu mengunjungi Prambanan, kamu bisa langsung meluncur ke Spot Riyadi ini.

3. Studio Alam Glamping

Studio Alam Glamping - Tempat Wisata

Pernah nonton film dengan judul Sultan Agung: The Untold Love Story karya Sutradara Hanung Bramantyo? Jika sudah dan kamu suka, kamu pasti tertarik untuk datang ke wisata Jogja terbaru yang satu ini.

Studio Alam Lampung merupakan tempat di mana film tersebut dibuat. Settingnya ada di sana. Awalnya, tempat itu hanya untuk kebutuhan produksi film. Namun, setelah pengambilan gambar selesai, bangunan tidak dirobohkan melainkan diberikan kepada pemerintah setempat untuk dijadikan tempat wisata. Dan tempat ini juga diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Saat ini, banyak orang yang datang ke sini hanya untuk sekedar berfoto. Mereka bisa berakting layaknya sutradara atau pemain film yang sedang memerankan sebuah peran di sini.

Jika kamu ingin melihat bangunan kuno Indonesia sekitar abad ke 16, Studio Alam Glamping ini menjadi tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Gampong Kabupaten Sleman. Tiket masuknya sangat murah, yaitu sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 saja.

4. Glamping Indekos Tour

Glamping Indekos Tour - Tempat Wisata

Mau liburan dengan cara berkemah? Di Jogja, ada tempat asyik untuk berkemah. Perlengkapannya sudah disediakan terutama tenda. Kamu hanya perlu datang saja. 

Glamping Indekos Tour sebenarnya penginapan dengan konsep berkemah. Jadi, ada tenda-tenda yang didirikan di sana. Di dalamnya, terdapat kasur empuk lengkap dengan bantal dan selimut. Ada juga pendingin udara serta TV layar datar.

Yang menarik dari tempat wisata Jogja terbaru ini adalah pemandangannya. Karena ketika kamu keluar dari tenda, kamu akan langsung melihat alam yang masih asri. Dan untuk tenda kelas VIP, pemandangan waktu tidur langsung ke arah Candi Prambanan atau Waduk Sermo.

Lokasi wisata ini berada di Jalan Kaliurang km 9,3 no.9 Yogyakarta. Jika kamu tertarik, sebaiknya kamu book melalui telepon terlebih dahulu. Pasalnya, sering sekali tenda sudah dipesan oleh para wisatawan.

5. Heha Sky View

Heha Sky View - Tempat Wisata

Wisata Jogja di perbukitan kini menjadi tren. Salah satu bukit yang sekarang disulap menjadi tempat wisata adalah Heha Sky View. Di sinilah tempat di mana para wisatawan bisa menghabiskan malam atau hanya sekedar ingin melihat sunset.

Ada tempat nongkrong yang asik di mana kamu bisa langsung melihat Kota Jogja dari atas. Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa memesan aneka makanan dan minuman.

Waktu terbaik untuk ke Heha Sky View ini adalah di sore hari untuk melihat sunset. Dan kamu jangan terburu-buru pulang. Karena pemandangan di malam hari juga tak kalah menarik.

6. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung - Tempat Wisata

Tidak perlu ke Candi Borobudur atau ke Punthuk Setumbu jika ingin melihat sunrise. Ada Bukit Panguk Kediwung di mana kamu bisa menikmati sunrise yang begitu indah. Mengapa? Karena bukit ini tepat menghadap ke timur. Kamu bisa menyiapkan kamera terbaik untuk berfoto saat matahari terbit.

Ketika matahari sudah sedikit naik, kamu bisa tetap menikmati keindahan alam dari bukit ini. Terdapat spot untuk selfie yang menarik. Pastikan kamu menggunakan jaket yang tebal karena udara disini sangat dingin, terutama di pagi hari.

Bukit ini terletak di Dusun Kediwung, Bantul. Jalan menuju ke tempat wisata Jogja baru ini sudah cukup bagus. Kamu hanya perlu menyiapkan tenaga agar mampu mencapai ke puncak bukit ini.

Baca Juga: Teknologi Ramah Lingkungan yang Sebentar Lagi Bakal Jadi Tren

Itulah beberapa tempat wisata Jogja terbaru yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa sekaligus mengunjungi ke 6 tempat wisata tersebut saat kamu traveling ke Jogja. Mendatangi tempat yang berbeda akan membuat liburanmu di Jogja selalu terasa istimewa. Jadi, kapan kamu akan ke Jogja lagi?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Wisata