WisataGaya HidupTravelTraveling

5 Tips Traveling ke Bali Yang Hemat Bagi Pemula

5 Tips Traveling ke Bali Yang Hemat Bagi Pemula

Bali adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer di Indonesia dan menjadi impian bagi sebagian orang. Traveling ke Bali selalu dianggap membutuhkan biaya yang mahal bagi mereka yang belum pernah mengunjunginya. Padahal ada banyak cara hemat untuk dapat berlibur ke Bali tanpa mengurangi keseruan saat disana. Seperti pada tips traveling ke Bali yang akan dibahas pada tulisan ini. 

Kamu sebenarnya tak perlu khawatir traveling ke Bali dengan budget yang terbatas. Asalkan sebelum berangkat kamu sudah mengumpulkan semua informasi dan membuat perencanaan traveling. Informasi yang dibutuhkan antara lain informasi mengenai tempat-tempat wisata di Bali, transportasi, akomodasi dan penginapan, pasar oleh-oleh, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini Manfaat Madu untuk Kecantikan yang Luar Biasa

Informasi dan perencanaan penting dilakukan supaya jelas tujuan perjalanan ke Bali. Perencanaan yang matang juga dapat menekan pengeluaran yang tidak perlu saat di tujuan wisata. Sehingga dengan begitu kamu akan mendapat keseruan berlibur dengan maksimal tanpa merasa menyesal karena pengeluaran yang besar. 

Tips Traveling ke Bali dengan Hemat

Bagi pemula, wajar apabila kamu masih bingung menentukan rencana untuk melakukan perjalanan ke Bali. Sudah pasti ada keinginan untuk mengunjungi semua destinasi wisata di Bali, akan tetapi di satu sisi kamu juga harus ingat bahwa hal itu membutuhkan pengeluaran yang besar. Lantas bagaimana tips traveling ke bali yang tepat bagi pemula supaya hemat tapi tetap bisa have fun? Simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Memilih Waktu Terbaik Saat Ke Bali

Memilih Waktu Terbaik Saat Ke Bali - traveling ke bali

Tips traveling ke Bali yang pertama adalah memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi Bali. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bali?  Pertama, sebaiknya lakukan perjalanan ke Bali saat musim kemarau. Musim kemarau terjadi pada rentang bulan April hingga September. 

Pada musim kemarau ini, kamu tidak perlu khawatir dengan hujan yang bisa mengganggu momen liburan pertama kamu di Bali. Tapi di satu sisi kamu harus siap membawa sunblock karena kulit akan lebih sering terpapar terik matahari. Kedua, hindari traveling ke Bali saat high season. Kamu tentu tidak ingin mengalami banyak kesulitan di perjalanan pertama ke Bali karena kemacetan lalu lintas, harga yang mahal dan keramaian di tempat wisata. 

Bukannya menyenangkan, justru malah membuat stress. Oleh karena itu selain faktor cuaca, lihat juga musim ramai kunjungan ke Bali.  High season biasanya terjadi saat liburan sekolah bulan Juni-Juli, liburan akhir tahun bulan Desember dan awal Januari, serta liburan warga negara asing yang umum terjadi di bulan Agustus. 

Selain terlalu padat kunjungan dan menimbulkan kemacetan, saat high season semua harga naik 2 sampai 3 kali lipat dari harga normal. Baik itu transportasi, penginapan, tiket masuk, hingga makanan. Tentu saja akan sangat sulit bagi kamu untuk berhemat ketika datang saat high season. 

Sebaliknya datanglah ke Bali saat low season. Kamu akan mendapatkan pengalaman liburan pertama yang menyenangkan karena tidak perlu berdesak-desakan saat di tempat wisata dan biaya yang dikeluarkan pun bisa dikontrol supaya tetap hemat.

2. Menentukan Lokasi Penginapan

Menentukan Lokasi Penginapan - traveling ke bali

Tips traveling ke Bali kedua adalah dengan menentukan lokasi penginapan. Kamu harus merencanakan dimana ingin menginap saat di Bali sebelum berangkat. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai hotel dan penginapan yang ada di Bali. Kamu bisa mengorek informasi dengan lengkap di internet. 

Di Bali tersedia berbagai pilihan penginapan mulai dari hotel berbintang hingga kos-kosan dengan harga murah. Kamu bisa memilih ingin penginapan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Tipsnya, pilihlah hotel atau penginapan yang dekat dari kawasan objek wisata. 

Hotel dan penginapan dengan harga murah bisa ditemukan di mana saja. Contohnya di Kuta, kamu bisa menemukan hotel-hotel murah dengan harga dibawah Rp300.000 per malamnya di sekitar Gang Poppies 1 & 2, Gang Puspa Ayu, Jalan Raya Tuban, Jalan Three Brothers atau Jalan Bakung Sari. Atau kalau kamu menginginkan penginapan yang tenang dan jauh dari keramaian, kamu bisa memilih penginapan di objek wisata Nusa Dua atau wisata Sanur. 

3. Memilih Sarana Transportasi

Memilih Sarana Transportasi - traveling ke bali

Selain penginapan, tips traveling ke Bali, kamu juga harus merencanakan sarana transportasi yang akan digunakan saat sampai di Bali. Kamu bisa memilih menggunakan transportasi umum atau dengan menyewa kendaraan. Transportasi umum di Bali jumlahnya tidak banyak, ada taksi dan bus Trans Sarbagita yang rutenya masih terbatas. Sedangkan kalau menyewa kendaraan, kamu bisa memilih kendaraan yang diinginkan. 

Rental kendaraan di Bali sekarang mudah dijumpai. Sebelum berangkat ke Bali, kamu harus mencari informasi mengenai rental mobil di internet dan pilihlah penyedia jasa rental mobil yang terpercaya serta telah memiliki reputasi baik. Kamu bisa memilih rental mobil murah atau mobil mewah. 

Tips saat menyewa mobil di Bali adalah dengan menyewanya sejak jauh-jauh hari, sebaiknya sekitar 1 bulan sebelum berangkat. Karena di saat high season tiba, perusahaan penyedia jasa sewa mobil bisa saja kehabisan mobil untuk disewakan. Jikapun masih ada, akan lebih mahal harganya daripada menyewa saat low season. 

Harga sewa mobil lepas kunci atau mobilnya saja mulai Rp225.000/24 jam. Kamu harus merogoh kocek lebih jika ingin menyewa beserta supir. Harga sewa mobil juga akan lebih mahal sesuai dengan jenis mobil yang dipilih. 

Selain menyewa mobil, kamu juga bisa menyewa sepeda motor. Datangi langsung tempat rental sepeda motor, dan kamu bisa memilih motor apa yang ingin disewa, bahkan melakukan tawar-menawar supaya mendapat harga miring. Menyewa sepeda motor dapat menjadi salah satu solusi supaya liburan di Bali lebih hemat.

4. Memilih Tujuan Objek Wisata

Memilih Tujuan Objek Wisata - traveling ke bali

Tips traveling ke Bali yang tak kalah penting adalah menentukan tujuan objek wisata. Banyak sekali objek-objek wisata menarik yang dapat kamu kunjungi di Bali. Kamu bisa mencari tahu tujuan wisata yang paling recommended untuk didatangi first traveler di internet. Dan jangan lupa untuk mencari tau juga berapa harga tiketnya. Dengan begitu kamu bisa tetap mengontrol pengeluaran dengan baik. 

Berikut daftar harga tiket masuk dari beberapa objek wisata populer di Bali. 

  1. Pantai Kuta: harga tiket masuk gratis, pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan
  2. Pantai Pandawa Kutuh: harga tiket masuk Rp8.000/orang
  3. Pura Tanah Lot: harga tiket masuk Rp20.000/orang
  4. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana: harga tiket masuk per 1-31 Januari 2021, Rp85.000/orang. Untuk masuk ke area patung GWK, dikenai tiket masuk Rp200.000/orang
  5. Pura Luhur Uluwatu: harga tiket masuk untuk dewasa Rp30.000/orang

5. Memilih Tempat Makan

Memilih Tempat Makan - traveling ke bali

Kepuasan kuliner juga berpengaruh terhadap pengalaman traveling pertama kamu di Bali. Nah, tips traveling ke Bali yang terakhir adalah dengan memilih tempat makan yang enak. Terdapat banyak sekali warung, restoran, dan makanan yang dijual pedagang kaki lima yang bisa kamu datangi. Jika kamu seorang muslim, sebaiknya berhati-hati dalam memilih makanan di Bali. Pilihlah restoran yang menyediakan menu halal dan tetap atur pengeluaran supaya tetap hemat.

Baca Juga: Harga Jam Tangan Casio Pria Terjangkau dan Berkualitas Terbaik

Demikianlah tips traveling ke Bali dengan hemat bagi pemula. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia, Bali memang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun asing. Bagi kamu yang baru mengunjungi Bali untuk pertama kalinya, inilah tips traveling ke Bali yang bisa kamu lakukan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Wisata