Uncategorized

5 Rekomendasi Takjil Sehat di Bulan Ramadhan Saat Ingin Berbuka Puasa

Thumbnail Takjil - takjil sehat di bulan Ramadhan

Thumbnail Takjil - takjil sehat di bulan Ramadhan

Memilih takjil sehat di bulan Ramadhan sebagai menu berbuka puasa adalah pilihan yang tepat. Sebenarnya,”Takjil” yang berasal dari kata ‘ajila adalah sebuah kata yang bermakna “menyegerakan” tetapi kata tersebut marak digunakan sebagai kata ganti kudapan yang dimakan sesaat sesudah berbuka puasa yang dapat menghilangkan dahaga.

Selain segar untuk menghilangkan dahaga, beberapa takjil yang sehat juga dapat mengembalikan asupan energi yang terbuang selama anda puasa. Anda boleh saja menghilangkan dahaga dan lapar saat berbuka, tetapi jangan melupakan untuk berbuka dengan menu berbuka yang sehat.

Baca Juga : Menjalankan Dan Manfaat Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan Untuk Kesehatan

Dengan begitu, bagi anda yang butuh ide untuk membuat menu takjil sehat di bulan suci Ramadhan ini, anda berada di tempat yang tepat. Kami sudah merangkum beberapa takjil sehat yang cocok anda jadikan sebagai menu berbuka puasa. Untuk selanjutnya, anda bisa simak penjelasan berikut

Rekomendasi Takjil Sehat di Bulan Ramadhan

 1. Kolak Pisang

Kolak Pisang - takjil sehat di bulan ramadhan

Kolak pisang memang menjadi takjil yang paling mainstream sebagai menu berbuka puasa dimana pun. Meski mainstream, kolak pisang ini tetap diburu oleh banyak orang. Selain pisang, kolak pisang juga biasanya terdapat ubi, singkong, atau labu yang dimasak dengan kuah yang terbuat dari gula merah dan santan.

Selain dari rasanya yang manis, kuah kolak pisang yang terbuat dari santan ini rasanya sangat segar dan cocok untuk menghilangkan dahaga ketika berbuka puasa.

Tidak sampai disitu saja. Anda bisa menjadikan kolak pisang tersebut menjadi takjil sehat loh. Anda bisa mengganti kuah santan tersebut dengan kuah yang terbuat dari susu skim yang dimana susu tersebut kandungan lemaknya lebih rendah. Selain itu, anda dapat mengganti gula merah yang biasanya terdapat pada kolak dengan pemanis buatan lainnya yang rendah kalori atau tanpa pemanis bagi anda yang tidak suka terlalu manis.

Dengan begitu, kolak pisang cocok untuk dijadikan takjil sehat di bulan Ramadhan ini kan.

2. Smoothies Buah

Smoothies 2 - takjil sehat di bulan ramadhan

Smoothies Buah biasanya terbuat dari campuran yoghurt atau susu sesuai selera dan potongan buah segar seperti pisang, blueberry, strawberry, buah naga, alpukat, dan buah lainnya. Segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga anda seketika berbuka puasa.

Ini bisa menjadi takjil yang padat energi. Bila anda ingin menjadikan smoothies buah ini menjadi takjil yang sehat sebagai menu berbuka puasa, anda bisa memilih untuk menggunakan yoghurt atau susu yang rendah gula dan lemak.

Buah yang anda gunakan juga sudah cukup manis. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan rasanya saat dibuat. Jika anda benar benar suka yang manis, anda bisa menambahkan sedikit gula buatan yang rendah kalori lainnya.

Anda juga bisa menambahkan kacang almond pada smoothies buah anda. Karena kacang almond termasuk salah satu penghasil kalsium yang baik dan juga mengandung protein yang tinggi. Selain itu, di dalam kacang almond juga terdapat vitamin E dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Sehingga smoothies buah ini juga cocok untuk anda jadikan sebagai takjil sehat di bulan Ramadhan ini loh.

3. Es Buah

Es Buah - takjil sehat di bulan Ramadhan

Siapa disini yang belum pernah mencoba atau bahkan tidak tahu es buah? Es buah juga salah satu takjil yang hampir tidak pernah absen di bulan suci Ramadhan ini karena merupakan menu untuk berbuka puasa yang segar. Es buah ini juga bisa anda jadikan sebagai salah satu takjil sehat di bulan Ramadhan nih. Karena biasanya es buah dibuat dengan pemanis sirup atau lainnya sehingga kandungan kadar gulanya begitu tinggi.

Sehubungan dengan hal tersebut, anda bisa membuat es buah menjadi takjil sehat di bulan Ramadhan ini, yakni dengan cara menggangti pemanis sirup atau gula yang biasa dipakai dengan campuran air, madu alami, dan perasan lemon. Kemudian, lengkapi dengan aneka buah-buhan segar yang sesuai dengan selera anda.

Buah segar memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh dan juga untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Jadi, apakah anda akan memasukkan es buah kedalam list takjil sehat di bulan Ramadhan?

4. Lumpia Buah Basah

Lumpia Buah Basah - takjil sehat di bulan Ramadhan

Lumpia buah basah ini memang sama dengan lumpia basah pada umumnya, tetapi hal yang membedakan adalah isi dari lumpia tersebut. Sesuai namanya, lumpia buah basah itu di dalamnya terdapat potongan buah-buahan segar yang dibalut dengan kulit lumpianya.

Saat anda membuat lumpia buah basash tersebut, anda bisa menggunakan aneka ragam buah yang biasa anda sukai, mulai dari pisang, nanas, buah naga, mangga, kiwi, strawberry, dan buah lainnya.

Berbeda dengan lumpia pada umumnya seperti lumpia goreng, anda dapat memodifikasi teknik olahan makanan tersebut dengan cara panggang kulit lumpia tersebut sebentar untuk mendapatkan kulit yang kering dan renyah. Untuk masalah kulit lumpia, anda bisa beli atau membuat sendiri kulit lumpia dari bahan yang lebih sehat.

Jika anda ingin menambahkan saus diatas lumpia tersebut, jangan gunakan sirup atau pemanis yang kadar kalorinya tinggi. Anda bisa membuat saus tersebut dari perasan lemon atau madu. Dengan begitu, lumpia buah basah tersebut menjadi takjil sehat di bulan Ramadhan.

5. Puding Buah

Puding Buah - takjil sehat di bulan Ramadhan

Puding buah ini bisa anda jadikan sebagai salah satu takjil sehat di bulan Ramadhan lainnya. Pada umumnya, puding itu identik dengan rasa manis dan kandungan gulanya yang cukup tinggi. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena ada alternatif untuk menjadikan puding ini menjadi takjil yang sehat.

Berikut salah satu cara alternatif untuk menyulap puding tersebut menjadi puding buah sehat untuk menjadi takjil sehat sebagai menu berbuka puasa.

Buatlah puding yang kadar gulanya tidak tinggi dengan menggunakan bubuk agar-agar tawar.

Setelah itu pilihlah buah-buahan kesukaan anda untuk dijadikan pelengkap pudding tersebut. Kemudian potong buah-buah pilihan anda kedalam sebuah wadah.

Selanjutnya masukan larutan agar-agar yang anda buat tadi kedalam wadah yang berisi potongan buah tadi dan diamkan selama beberapa menit hingga suhunya tidak terlalu panas kemudian masukkan kedalam kulkas.

Puding biasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan saus vla. Tetapi jika anda menginginkan untuk mengurangi kadar gula, anda bisa mengganti saus vla tersebut dengan madu alami atau bahkan anda bisa makan puding tersebut tanpa menggunakan saus.

Dengan begitu, anda juga bisa memasukan puding buah ini kedalam list takjil sehat di bulan Ramadhan anda nih.

Baca Juga : Menu Makan Diet Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Ini

Itu tadi adalah beberapa takjil sehat di bulan Ramadhan yang cocok dijadikan menu berbuka puasa anda. Anda bisa menjadikan menu tersebut untuk dikonsumsi sendiri atau dijadikan sebagai referensi untuk berjualan. Jika anda memiliki menu lain untuk dijadikan takjil sehat di bulan Ramadhan sebagai menu berbuka puasa, anda dapat menulisnya di kolom komentar.

Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan!

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *