Tren Fashion TerbaruGaya Hidup

Tips dan Manfaat Memilih Baju Fitness Pria dengan Tepat

Tips dan Manfaat Memilih Baju Fitness Pria dengan Tepat

Bagi pria, nge gym sudah merupakan suatu keharusan demi mendapatkan bentuk tubuh yang bugar, sehat dan berotot. Di saat fitness, tubuh kamu harus leluasa melakukan banyak gerakan latihan dan itu berarti pakaian fitness yang kamu pakai harus sesuai. Tidak semua jenis baju bisa dipakai untuk melakukan fitness. Ada baju fitness pria yang memang didesain khusus untuk para kaum Adam supaya dapat memaksimalkan kegiatan fitness kamu.

Baca Juga: Perbedaan Standar Ukuran Baju Pria Internasional dan Lokal

Memilih baju fitness yang tepat dapat memberikan manfaat bagi pemakainya. Sayangnya masih sedikit pria yang belum mengetahui manfaat memilih baju fitness dengan tepat. Sehingga seringnya mereka memilih baju yang justru akan menyulitkan saat melakukan latihan. Padahal setiap baju fitness memiliki bahan yang berbeda-beda dan harus dipilih dengan cermat. Lantas bagaimana tips memilih baju fitness yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini. 

  • Tips Memilih Baju Fitness Pria dengan Tepat

Tips dan Manfaat Memilih Baju Fitness Pria dengan Tepat

Biasanya pria tidak begitu peduli dengan pakaian yang mereka kenakan. Bahkan saat akan melakukan fitness pun, terkadang baju yang dipilih bukan baju yang didesain untuk fitness. Baju yang asal longgar atau hoodie, sebenarnya bukan difungsikan untuk kegiatan fitness. 

Pakaian yang seperti itu justru dapat mengekang ruang gerak kamu. Oleh karena itu kamu harus memilih baju fitness yang tepat supaya kegiatan olahraga mu menjadi lebih maksimal.

1. Menentukan Tujuan Pemakaian

Saat memilih baju fitness yang tepat, kamu harus menentukan dulu tujuan pemakaiannya. Di pasaran telah banyak disediakan pakaian training berbagai jenis. Diantaranya adalah kaos training atau t-shirt khusus olahraga, polo shirt, dan tank top.  Kaos training atau t-shirt olahraga akan sangat cocok dipakai untuk melakukan berbagai jenis kegiatan olahraga termasuk latihan yang berat. 

Kaos training dengan bahan yang baik memiliki kemampuan daya serap keringat yang tinggi. Selain itu kaos training dengan bahan yang berkualitas juga akan memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Tidak sulit menemukan kaos training di toko baju, harganya juga terjangkau dan tersedia baik online atau offline. 

Polo shirt juga sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai jenis kegiatan olahraga. Hanya saja kemeja polo jauh lebih cocok dipakai untuk melakukan olahraga outdoor seperti golf, tenis, dan olahraga santai lainnya. Bahannya juga mampu menyerap keringat dengan baik, karena desain pakaiannya berongga hingga sirkulasi udaranya baik. Kelebihan polo shirt dibanding kaos training adalah ketahanannya. Kemeja polo dinilai lebih awet dan tahan lama. 

Kemudian tank top juga dapat menjadi pilihan baju fitness kamu. Tank top biasanya dipakai saat melakukan latihan membentuk otot bagian atas, seperti lengan, dada dan bahu. Tujuannya supaya pemakainya dapat lebih leluasa bergerak dan bisa mengawasi proses pembentukan otot. Bahannya juga tidak bikin gerah. Tank top juga dapat digunakan saat melakukan olahraga lainnya seperti jogging. 

Sedangkan untuk kegiatan fitness yang fokus latihannya adalah untuk membentuk otot bawah, disarankan untuk menggunakan celana berbahan jersey. Bahan ini akan membuat kamu nyaman saat bergerak, sejuk karena sirkulasi udaranya baik, dan tetap modis.

2. Memilih Bahan Material Baju yang Tepat

Berbicara soal baju fitness yang tepat, tentunya yang harus diperhatikan adalah kenyamanan baju fitness saat dipakai. Nah, kenyamanan baju terletak pada bahan materialnya. Ada material yang mudah menyerap keringat, ada yang justru membuat gerah, ada yang bisa melar, ada pula yang tidak. Oleh karena itu saat akan membeli baju fitness, perhatikan dengan cermat material pakaiannya.

a. Bahan Polyester 

Kelebihan bahan ini adalah dapat menyerap keringat dengan cepat. Sangat cocok digunakan untuk sesi latihan berat. Di saat kamu berkeringat banyak, baju dengan bahan poliester tidak lantas lengket di kulit sehingga memudahkan untuk bergerak leluasa. Sayangnya Bahan ini dapat membuat kulit kamu mudah kering dan kasar. Tidak direkomendasikan bagi pria yang memiliki masalah dengan kulit kering.

b. Bahan Katun

Kelebihan bahan ini adalah ramah di kulit karena terasa lembut daripada poliester. Katun memang dapat menyerap keringat, hanya saja baju dengan bahan katun akan terasa berat dan basah ketika terlalu banyak menyerap keringat. Baju akan lengket ke tubuh dan memberikan rasa kurang nyaman saat bergerak. Bahan katun juga mudah rusak apabila dipakai terlalu sering terutama untuk kegiatan latihan berat.

c. Bahan Berteknologi Compression

Compression sportswear dapat melekat dengan pas sesuai postur tubuh kamu dan dapat meminimalkan cedera serta nyeri otot di siku dan lutut. Sangat cocok digunakan bagi mereka yang rutin melakukan latihan otot 1-2 kali seminggu secara intensif. Meski begitu, memilih Baju Fitness dengan bahan ini bukan berarti dapat memberikan perlindungan yang maksimal untuk persendian kamu. Kamu dapat melapisi baju ini dengan luaran berupa kaos tipis dan celana pendek tanpa merasa gerah.

  • Manfaat Memilih Baju Fitness Pria dengan Tepat

Tips dan Manfaat Memilih Baju Fitness Pria dengan Tepat

Mungkin terlihat sepele, namun siapa sangka bahwa memilih baju training yang tepat justru mendatangkan manfaat bagi kamu. Apa saja manfaatnya?

1. Memaksimalkan Gerakan

Baju fitness yang dipilih dengan benar dapat membantu dalam memaksimalkan gerakan kamu. Sehingga kamu juga akan merasa nyaman dan bisa merasakan manfaat dari latihan yang sedang dilakukan. 

2. Meminimalkan Cedera

Baju fitness terkompresi dapat membantu pemakainya terhindar dari cedera otot. Bahkan jenis baju ini sangat cocok bagi pria dengan kelebihan berat badan yang sedang menjalani latihan menurunkan berat badan. Karena baju terkompresi dapat menghindari pemakainya dari infeksi dan gatal-gatal akibat anggota tubuh dan lemak yang terus berbenturan saat kegiatan fitness berlangsung.

3. Dapat Menyerap Keringat

Keringat sudah pasti akan menjadi masalah saat melakukan kegiatan fitness. Maka dari itu kamu membutuhkan baju fitness pria yang tepat. Bahan baju khusus fitness biasanya didesain memiliki daya serap keringat yang tinggi dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga frekuensi keringat dapat lebih terkontrol. 

  • Rekomendasi Baju Fitness Pria Terbaik

Tips dan Manfaat Memilih Baju Fitness Pria dengan Tepat

Setelah mengetahui tips dalam memilih baju fitness dengan benar beserta manfaatnya, berikut ini akan dibahas mengenai rekomendasi baju fitness terbaik yang bisa menjadi pertimbangan kamu. 

1. Men Athletics ID Jersey Tank Top (Adidas)

Tank top produksi Adidas ini dapat memaksimalkan latihan otot bagian atas kamu. Bahannya 100% katun single jersey yang akan terasa lembut di kulit dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Desainnya simple tapi tetap modis.

Baca Juga: Model Tas Wanita Terbaru Paling Bagus dan Menarik

2. Air Compression Short Sleeve Top Men (LP Support)

Salah satu baju fitness berbahan compression yang recomended untuk kamu yang melakukan latihan pembentukan otot bagian atas. Dengan memilih Baju Fitness ini dapat membantu kamu menguatkan otot dan jaringan sendi supaya lebih stabil.

3. Mens Apollo T-shirt (Gymshark)

Kaos training dengan desain relaxed fit yang tidak akan membuat kamu mudah gerah dan sesak saat melakukan latihan intens. Bahannya adalah 95% katun dan 5% elastane. Bahannya yang cenderung stretchy sehingga dapat mengoptimalkan ruang gerak kamu. 

Demikian penjelasan mengenai tips dan manfaat memilih baju fitness pria dengan tepat. Semoga dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa memilih baju untuk fitness dengan tepat dan memaksimalkan gerakan fitness kamu.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *