TravelingGaya HidupInspirasiTravelTren Fashion Terbaru

Rahasia Agar Bisa Traveling Sambil Menghasilkan Uang

5 Rahasia Menghasilkan Uang Agar Bisa Traveling

Traveling itu menghabiskan banyak uang. Bahkan terkadang menguras isi kantong. Namun, apakah kamu tahu ada traveling sambil menghasilkan uang? Ini bukan hoax. Karena sudah banyak yang mempraktekkannya. Beberapa tahun yang lalu, kegiatan ini hanya dilakukan beberapa orang saja. Sekarang, sudah banyak yang mempraktekkannya.

Baca Juga: Waxing Sebagai Perawatan Tubuh Wanita

Tertarik? Terutama jika kamu memang suka atau bahkan punya passion di bidang traveling dan wisata. Info tentang traveling sambil menghasilkan uang ini layak untuk kamu pelajari.

Beberapa traveling bisa melakukan perjalanan ke berbagai tempat wisata secara gratis. Pasalnya, perjalanan dan akomodasi sudah disiapkan oleh sponsor. Ada juga yang profesional. Jadi, tidak hanya gratis jalan-jalan tapi juga mendapatkan income. 

Tips Traveling Tapi Menghasilkan Uang 

Kamu pasti tahu ada banyak sekali orang Indonesia yang jalan-jalan di luar negeri. Atau sebaliknya orang luar negeri datang dan berlibur berhari-hari di Indonesia. Tidak pasti mereka itu orang kaya. Bisa saja mereka memang traveling sambil menghasilkan uang. 

Apa yang mereka lakukan? Berikut ini ide traveling yang juga sekaligus menghasilkan uang. 

1. Membuat Review Selama Perjalanan

Membuat Review Selama Perjalanan - Menghasilkan Uang

Ini tips yang sudah banyak dilakukan. Kamu juga boleh saja menirunya. Meskipun sudah banyak yang melakukan hal ini, bukan berarti cara sudah tidak bisa dilakukan. Faktanya, banyak kok yang membutuhkan traveller seperti kamu.

Traveling sambil menghasilkan uang yang harus kamu lakukan adalah mereview dan mendokumentasikan perjalanan kamu selama traveling. Mulai dari persiapan keberangkatan, selama perjalanan, saat menginap, dan juga ketika mengunjungi tempat wisata. Semua itu harus kamu dokumentasikan.

Kamu bisa mereview dalam bentuk tulisan. Kamu tulis review di blog lengkap dengan foto-foto sebagai bukti agar blog kamu menarik. Atau kamu juga bisa mendokumentasikan melalui video atau vlog. Kamu harus punya channel Youtube untuk mereview atau mendokumentasikan dengan cara yang satu ini.

Sebenarnya, tidak ada yang pakem yang harus kamu lakukan. Kamu bisa ngeblog atau ngevlog. Terserah mana yang kamu sukai. Sesuaikan juga dengan permintaan pihak sponsor. Ada sponsor yang ingin kamu mengulas dalam bentuk tulisan. Ada juga yang ingin ulasan dalam bentuk video.

2. Menulis Buku

Menulis Buku - Menghasilkan Uang

Selain membuat review wisata di dalam blog atau vlog, kamu juga bisa menuliskan buku. Karena kamu menulis buku, biasanya yang kamu tulis itu hal yang cukup serius. Misalnya saja kamu mengunjungi tempat wisata yang belum banyak orang ketahui. Kemudian, kamu tulis di laptop dan kamu kumpulkan hingga akhirnya menjadi buku perjalanan wisata. Jika buku kamu menarik, akan banyak sekali penerbit yang mau menerbitkan buku kamu tersebut. Lalu, kamu akan mendapatkan uang dari royalti penjualan buku.

Ada juga cara lain. Kamu bisa menerbitkan secara independen. Jika kamu cukup percaya diri buku kamu bakal laku, kamu bisa membiayai proses pembuatan buku. Kamu jualan sendiri, entah itu secara online maupun offline. Cara ini justru membuat kamu lebih fleksibel untuk menentukan harga buku dan juga berapa untung yang kamu ingin dapatkan.

Sudah banyak orang yang melakukan traveling sambil menghasilkan uang dengan cara membuat buku. Bahkan, ada juga yang lebih dari itu. Setelah berhasil menerbitkan buku, mereka juga bisa membuka bisnis lain seperti jasa perjalanan wisata. Dapat uang juga, kan?

3. Membuka Jastip

Membuka Jastip - Menghasilkan Uang

Tidak mau ribet? Kamu bisa mendapatkan traveling sambil menghasilkan uang quick cash dengan cara membuka jasa titip atau jastip. Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki barang dari luar negeri. Misalnya saja kamu jalan-jalan ke Eropa, kamu bisa membuka jastip. Mereka pasti sangat tertarik karena barang yang mereka dapatkan sudah dipastikan asli. Dan harganya jauh lebih murah dibandingkan mereka membeli di toko di dalam negeri.

Untuk membuka jastip, kamu harus pastikan sudah membuat pengumuman. Setidaknya satu bulan sebelum keberangkatan, kamu bisa menggunakan media sosial untuk memberitahukan rencana traveling. Semakin detail penjelasannya akan semakin baik. Orang akan lebih percaya dan mau menggunakan jastip yang kamu tawarkan.

4. Melakukan Riset

Melakukan Riset - Menghasilkan Uang

Traveling tidak selalu jalan-jalan dan berwisata ke tempat yang menyenangkan. Ada juga traveling yang sifatnya serius. Mereka melakukan perjalanan ke tempat wisata namun untuk keperluan riset. Misalnya saja berwisata di beberapa pantai untuk melakukan riset mengenai keberadaan biota bawah laut.

Beberapa lembaga atau perusahaan sangat mau untuk mendanai riset-riset. Jika kamu seorang peneliti di bidang tertentu, kamu bisa mengajukan diri sebagai peneliti untuk perusahaan atau lembaga tertentu. Kamu akan mendapatkan uang, sekaligus dana untuk transportasi dan akomodasi. Kamu bisa melakukan riset sekaligus jalan-jalan. Asyik, bukan?

5. Melakukan Kegiatan Kemanusiaan 

Kini, semakin banyak non-profit organization yang melakukan program kemanusiaan. Biasanya, mereka melibatkan pelajar, entah itu siswa maupun mahasiswa. Mereka akan diajak mengunjungi tempat tertentu untuk misi kemanusiaan, seperti misi mengajar di tempat tertinggal, membantu pembangunan desa pelosok, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, bukan itu saja yang mereka kerjakan. Mereka juga diajak untuk traveling mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar. Semua perjalanan dan juga kegiatan dibiayai oleh pihak tertentu. Bahkan, terkadang ada uang saku yang diberikan untuk peserta.

Itulah beberapa ide traveling sambil menghasilkan uang yang bisa kamu lakukan. Pilihlah tips yang sesuai dengan yang kamu sukai. 

Tips Menjalin Kerja Sama dengan Pebisnis Wisata

Tips Menjalin Kerja Sama dengan Pebisnis Wisata

 

Cara yang paling mudah untuk menghasilkan uang sambil traveling adalah menjalin kerja sama dengan pihak tertentu. Biasanya mereka berasal dari kalangan pebisnis wisata, seperti biro wisata, pengelola tempat wisata, pemilik penginapan atau hotel, dan lain-lain.

Sebelum melakukan traveling, akan lebih baik jika kamu mencari sponsor atau pihak yang kamu ajak kerja sama terlebih dahulu. Agar kamu bisa mendapatkan tawaran kerja sama, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

Yang pertama, kamu harus membangun personal branding. Pastikan orang lain tahu bahwa kamu itu seorang traveler sejati. Tunjukkan semua media sosial yang kamu miliki. Pastikan kamu posting semua kegiatan traveling yang kamu sudah lakukan. Semakin kuat personal branding yang kamu miliki maka semakin mudah kamu akan mendapatkan tawaran kerja sama.

Kedua, buat channel. Ini bisa berupa Youtube, blog, atau media sosial. Sekarang, ada juga spotify. Ketika jumlah subscriber Youtube atau visitor blog kamu tinggi, akan banyak orang melihat atau membaca review perjalanan kamu. Akan banyak juga sponsor yang ingin bisnisnya diiklankan di channel kamu itu.

Yang ketiga, ajukan penawaran. Kamu harus membuat rincian, mulai dari waktu mulai perjalanan, lama perjalanan, hingga biaya yang kamu butuhkan. Jika biaya yang kamu ajukan masuk akal, maka pihak sponsor akan mau menerima.

Baca Juga: Treatment untuk Wajah Kusam yang Paling Cepat

Jadi, sangat realistis, bukan? Sekarang, bukan hal yang tidak mungkin kamu bisa traveling sambil menghasilkan uang. Tinggal kamu cari ide cerdas bagaimana kamu bisa melakukan perjalanan tanpa merogoh kocek sedikit pun. Bahkan kamu justru dibayar.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling