TravelingGaya HidupInspirasiTravel

Begini Nih Traveling Hemat yang Biasa Dilakukan Mahasiswa

Begini Nih 6 Traveling Hemat yang Biasa Dilakukan Mahasiswa

Siapa bilang harus punya budget banyak jika ingin traveling. Ada kok tips traveling hemat. Biasanya, tips ini diterapkan oleh para mahasiswa yang umumnya tidak punya budget yang cukup untuk liburan. Namun, keinginan yang kuat untuk refreshing membuat mereka berpikir kreatif. Mereka mencari tahu bagaimana cara bisa traveling dengan uang minim.

Baca Juga: Perawatan Tubuh Pra Nikah yang Perlu Dilakukan?

Jadi, salah besar jika mahasiswa itu tidak punya uang untuk liburan. Mereka bisa kok menabung sedikit demi sedikit. Dan tidak perlu menunggu hingga tabungan banyak untuk bisa traveling.

Kalau kamu ingin traveling hemat, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Begitu juga ketika kamu dalam perjalanan traveling. Pelajari lebih lanjut dan kamu akan yakin bahwa kamu tidak perlu menunggu hingga tabungan banyak untuk bisa traveling. 

Persiapan Sebelum Traveling

Sama halnya seperti ketika kamu akan melakukan sebuah kegiatan. Kamu harus mempersiapkan diri. Apalagi jika kamu ingin traveling. Jelas, persiapan harus matang.

Setidaknya tiga hal yang harus siapkan sebelum mulai perjalanan liburan. Yang pertama, kamu harus menentukan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Tidak perlu khawatir jika tempat wisata yang kamu ingin kunjungi lebih dari satu. Yang terpenting, tentu dulu mana saja destinasi wisata tersebut.

Yang kedua, kamu harus tahu rute perjalanan yang harus kamu lalui. Dan sebisa mungkin perjalanan kamu harus diatur sehingga traveling kamu efektif. Misalnya saja ketika ada 3 atau 4 destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Destinasi wisata mana yang harus didahulukan? Tentukan waktu atau jam untuk sampai di destinasi wisata tersebut. Jika beberapa destinasi wisata berada di satu arah, sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga waktu lebih efektif. Kamu tidak akan menghabiskan waktu di jalan saja.

Yang ketiga, cek penginapan yang ada di sekitar destinasi. Karena kamu sedang mencoba traveling murah, tentu saja kamu harus mencari penginapan yang murah. Jangan hanya mengandalkan aplikasi pencari penginapan. Coba kamu search di Google. Karena terkadang ada motel kecil atau penginapan milik warga yang harganya jauh lebih murah.

Nah, jika tiga persiapan tersebut sudah kamu lakukan, saatnya kamu melakukan traveling. Sudah siap?

Tips Traveling Hemat yang Cocok untuk Mahasiswa 

Kamu sudah tahu mana saja tempat yang akan kamu kunjungi. Begitu juga dengan tempat menginap dan rute perjalanan. Untuk memastikan kamu mendapatkan tempat untuk tidur dan istirahat, sebaiknya kamu book lebih awal. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan penginapan. 

Kemudian, saat kamu sedang traveling, berikut ini tips traveling hemat yang perlu kamu aplikasikan:

1. Hindari Peak Season

Hindari Peak Season - Traveling Hemat

Sebisa mungkin, jangan pergi traveling hemat saat peak season. Di peak season, sudah bisa dipastikan harga serba mahal, mulai dari harga tiket masuk wisata, biaya penginapan, hingga harga makanan yang dijajakan. Hindari liburan di waktu setelah bulan puasa, akhir tahun, atau di bulan Juni di mana anak-anak sedang libur sekolah.

Meskipun demikian, kamu juga harus mempertimbangkan cuaca. Hindari juga traveling saat musim hujan tiba. Selain merepotkan, kamu juga tidak akan bisa menikmati liburan dengan sepenuhnya.

2. Selalu Bawa Air Mineral

Selalu Bawa Air Mineral - Traveling Hemat

Sebelum menjalankan traveling hemat, pastikan kamu sudah bawa botol yang berisi dengan air mineral. Ini akan sangat menghemat pengeluaran kamu selama traveling. Hitung saja berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk membeli minuman. Satu botol saja bisa Rp 5.000. Padahal, kamu tidak hanya memerlukan satu botol setiap hari, bukan?

Ketika kamu berada di penginapan, biasanya sudah disediakan air mineral. Jika masih ada, masukkan ke tas. Ini akan sangat kamu butuhkan saat kamu haus di tengah perjalanan.

Hindari mengkonsumsi minuman yang manis atau minuman berkarbonasi. Memang ini minuman menyegarkan. Akan tetapi, minuman semacam ini justru membuat kamu lebih mudah merasa haus. Air mineral tetap yang paling direkomendasikan.

3. Lebih Memilih Jalan Kaki

Lebih Memilih Jalan Kaki - Traveling Hemat

Tips traveling murah yang satu ini sangat penting. Kamu tidak boleh manja. Ketika tempat tujuan tidak terlalu jauh, jangan gunakan alat transportasi. Simpan uang kamu meskipun biaya transportasi itu tidak banyak. Pilihlah untuk jalan kaki. Bukankah tujuan kamu traveling itu untuk refresh pikiran? Maka, pilihlah untuk jalan kaki untuk tujuan yang tidak terlalu jauh.

4. Manfaatkan Transportasi Publik atau Ojek Online untuk traveling hemat

Manfaatkan Transportasi Publik atau Ojek Online untuk traveling hemat

Sebenarnya, bisa saja kamu menggunakan motor atau mobil sendiri. Namun, kamu harus tahu biaya perjalanan kamu justru bisa membengkak. Apalagi jika kamu tidak memiliki mobil. Jangan pernah berpikir untuk sewa mobil.

Manfaatkan saja kendaraan umum. Atau jika tidak ada, sekarang sudah ada ojek online. Ini menjadi alternatif terakhir jika tempat yang kamu tuju cukup jauh.

5. Siap dengan Risiko yang Ada

Siap dengan Risiko yang Ada - Traveling Hemat

Namanya juga traveling hemat. Ini berbeda sekali dengan liburan yang dipandu oleh biro perjalanan. Atau liburan di mana kamu menginap di hotel mewah lengkap dengan mobil sewaan plus supir.

Saat traveling hemat dengan budget kecil, kamu harus siap menerima resiko yang ada. Dan jangan pernah mengeluh atau menyesal. Fokuskan pikiran pada pencarian solusi jika kamu menghadapi masalah.

Misalnya saja kamu kemalaman sampai tujuan hingga kamu tidak tahu harus menginap di mana. Kamu bisa saja nongkrong di warung nasi kucing atau coffee shop yang biasanya buka hingga subuh. Itu bisa kamu jadikan tempat istirahat. Atau kamu bisa tidur sebentar di musholla atau di masjid.

6. Cari Tempat Makan Pinggir Jalan

Cari Tempat Makan Pinggir Jalan - Traveling Hemat

Biaya yang cukup mahal saat traveling adalah biaya untuk makan. Tekan biaya pengeluaran ini dengan cara makan di warung pinggir jalan. Harga makanannya murah dan enak. Terkadang, makanan di warung pinggir jalan justru lebih enak daripada di restoran.

Ada beberapa tempat makan harganya standar, seperti warteg atau warung tegal dan makanan padang. Harganya tidak akan jauh beda dengan harga di warung dekat kampus. Atau kamu bisa burjo atau warung bubur kacang ijo. Selain menyajikan bubur kacang ijo, ada juga makanan lain seperti nasi goreng, nasi telur dan sarden, atau mie rebus. Harganya sangat bersahabat.

Nah, itulah beberapa tips traveling hemat ala mahasiswa. Ini bukan hanya untuk menghemat biaya traveling. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Tidak seperti pengalaman yang biasa saja ketika kamu liburan dipandu oleh biro perjalanan. 

Selalu ada kejutan di setiap perjalanan, mulai dari menunggu kendaraan umum yang lama, terkadang terjebak kemacetan, kehujanan, dan lain sebagainya. Semua tantangan tersebut yang akan membuat perjalanan traveling kamu penuh dengan cerita.

Baca Juga: Rahasia Agar Bisa Traveling Sambil Menghasilkan Uang

Kamu bisa terapkan tips traveling hemat ini saat kamu ingin berlibur di dalam negeri maupun di luar negeri. Yang jelas, ketika kamu liburan di luar negeri, tentu biayanya lebih mahal, terutama untuk tiket pesawat terbang.

Jadi, sudah siap untuk traveling?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling