TravelingGaya HidupInspirasi

Tips Seru Solo Traveling yang Harus Kamu Tahu

2 Tips Seru Solo Traveling yang Harus Kamu Tahu

Bepergian sendiri, tanpa adanya pendamping atau biasa disebut solo traveling merupakan pilihan beberapa orang. Biasanya, para solo traveler berpendapat bahwa melakukan hal yang satu ini sangatlah menyenangkan. Karena kita bisa bebas explore, bebas menentukan tempat tujuan dan memungkinkan kita untuk mendapat kawan baru saat perjalanan. Untuk kamu yang mulai tertarik melakukan hal ini, ketahuilah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum bepergian sebagai solo traveler tersebut.

Baca Juga: Inilah Deretan Merk Tas Wanita Branded Terbaru dan Terpopuler

  • Manfaat Solo Traveling

2 Tips Seru Solo Traveling yang Harus Kamu Tahu

Sebelum kita membahas apa saja tips menjadi solo traveler, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat yang bisa didapat saat ini melakukan solo traveling, diantaranya:

1. Belajar Mandiri

Bepergian sendiri ke tempat yang jauh, ke daerah belum pernah dikunjungi sebelumnya ataupun ke lokasi traveling yang dituju tanpa pendamping akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih mandiri. Disana, kita akan melawan rasa takut dan akan lebih percaya pada diri sendiri.

2. Keluar Dari Zona Nyaman

Selain dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri, solo traveling juga bisa membuat kita keluar dari zona nyaman. Kita tidak akan bergantung pada orang lain dan melakukan serta mengexplore segalanya sendiri. Percayalah, selain seru dan menantang, pengalaman ini juga akan sangat berkesan dalam kehidupan!

3. Melatih Kepercayaan Diri

Karena tidak ada kerabat atau seseorang yang bisa diandalkan, kamu akan belajar memutuskan semua halnya sendiri, melakukan apapun sendiri dan pergi kemanapun sesuka hati. hal tersebut akan membuat kamu lebih merasa percaya diri. Segala yang dilakukan akan bergantung pada perasaan, perhitungan, insting dan dirimu sendiri.

4. Lebih Menghargai Hal Kecil

2 Tips Seru Solo Traveling yang Harus Kamu Tahu

Melakukan solo traveling akan membuat kita lebih bisa menghargai hal-hal kecil. seperti waktu juga diri kita sendiri. Terlebih jika di tempat tujuan kamu menemui traveler lain dan mereka berbagi banyak hal. kamu pasti akan menjadi seseorang yang jadi lebih menghargai banyak hal daripada sebelumnya.

5. Selalu Ingat Kalau Solo Traveling Bukan Berarti Kesepian

Siapa bilang kalau menjadi solo traveler berarti kamu adalah pribadi yang kesepian? Justru dengan melakukan hal ini kita bisa lebih belajar banyak hal, bertemu orang baru, bahkan belajar budaya dan berbaur bersama warga di lokasi yang kamu tuju. Selain itu, kamu akan merasa lebih dekat lagi dengan alam juga mengambil banyak pelajaran darinya.

6. Melatih Kepekaan dan Lebih Bebas

Manfaat solo traveling lainnya adalah mampu menjadikan diri kita lebih peka, lho. Dengan mencoba bertahan hidup sendiri di lokasi yang sama sekali bukan tempat tinggalmu, tingkat kepekaan akan menjadi lebih kuat, kewaspadaan bertambah dan akan lebih mensyukuri banyak hal.

Kebebasan menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih melakukan perjalanan mandiri atau sebagai solo traveler. Kamu mau kemana saja, melakukan hal apa saja, tidur dimana, makan apa dan berbagai hal lainnya kamu yang menentukannya sendiri. Tidak ada keterpaksaan dan tertunya perjalanan akan lebih terasa seru.

7. Refreshing? Pastinya!

Apakah solo traveling dapat membuat badan dan pikiran menjadi lebih segar? Tentu. Traveling pada umumnya memang mampu menyegarkan kembali tubuh dan pikiran kita dari penatnya aktivitas sehari-hari. bahkan, melakukan hal ini dapat membantumu healing dari masalah yang sedang dihadapi. Apakah kamu sedang mengalami patah hati? Solo traveling bisa menjadi salah satu obatnya.

  • Tips Saat Melakukan Solo Traveling

2 Tips Seru Solo Traveling yang Harus Kamu Tahu

Bagaimana? Semakin tertarik melakukan perjalanan solo traveling ini, kan? Ketahui berbagai tipsnya dulu yuk! Ini dia:

1. Lakukan Riset

Sebelum traveling, riset merupakan hal mendasar yang sangat penting. Cari dan ketahuilah berbagai informasi yang sekiranya akan kamu butuhkan. Mulai dari lokasi, destinasi, harga tiket, makanan, tempat menginap dan lain sebagainya. Tanpa mengetahui apapun mengenai seluk beluk tempat tujuan, perjalanan kita bisa saja merasa tak nyaman, bahkan tak tahu arah tujuan.

2. Memilih Destinasi yang Kamu Inginkan

Setelah melakukan riset, pilihlah tempat berdasarkan prioritas. manakah lokasi yang ‘kamu banget’ dan memang ingin sekali dikunjungi saat perjalanan berlangsung. Misalnya pantai, pegunungan dan lain sebagainya. Biasanya tempat yang akan dikunjungi bisa dipilih berdasarkan kepribadian, hobi atau minat kita.

3. Buat Itinerary dan Perhitungan Biaya

Setelah mengetahui berbagai informasi melalui riset tadi, selanjutnya buatlah itinerary perjalanan secara detail. Mulai dari mana, lanjut kemana, termasuk setiap harinya. Lalu buatlah perhitungan anggaran atau budgeting selama melakukan solo traveling tersebut.

4. Ketahui Beberapa Kata dari Bahasa Daerah Tempat Tujuan

Jika kita melakukan perjalanan mandiri, akan lebih membantu jika kita tahu juga paham beberapa kata dari daerah yang dikunjungi. Seperti misalnya “tolong”, ataupun “terimakasih” karena hal ini akan cukup banyak membantu.

5. Packing

2 Tips Seru Solo Traveling yang Harus Kamu Tahu

Ingat, ketika melakukan solo traveling, tentu kita akan melakukan banyak hal sendiri. Jadi usahakan membawa barang yang memang penting dan dibutuhkan. Jangan sampai kita menyulitkan diri sendiri. untuk itu, penting bagi kita untuk membuat list perlengkapan lalu melakukan packing, sehingga semua akan lebih terorganisir nantinya.

6. Memilih Pakaian yang Tepat

Pilih dan gunakanlah pakaian sesuai dengan kondisi dan keadaan di tempat tujuan. pemilihan pakaian ini terbilang penting karena akan berkaitan dengan kenyamanan kita. Jangan salah kostum, ya.

7. Simpanlah Uang dan Dokumen Di Tempat Yang Terpisah

Tips solo traveling berikutnya adalah memisahkan penyimpanan uang dan dokumen penting. Juga baiknya kamu memiliki soft file dari dokumen penting dan menyimpannya di email, seperti kartu identitas, asuransi, paspor dan lain sebagainya sebagai langkah antisipasi dan supaya kita bisa merasa lebih aman.

Selain itu, ketika melakukan perjalanan pribadi hindarilah untuk memperlihatkan barang berharga yang kamu miliki, karena ini dapat mengundang hal-hal yang tidak diinginkan. bagaimanapun berhati-hati lebih baik, bukan?

Baca Juga: Inilah Berbagai Rekomendasi Wisata Lombok Harus Kamu Tahu

8. Catatlah Beberapa Nomor Penting

Sebelum berangkat, baiknya kita juga mencatat beberapa nomor penting dari kota yang akan dikunjungi, seperti penginapan, polisi, rumah sakit dan lain-lain termasuk kerabat ataupun orang-orang terdekat untuk mengabari mereka ketika kita berada di tempat tujuan.

9. Menginap di Hostel

Menginap di hostel bisa menjadi salah satu pilihan ketika kamu melakukan solo traveling. Kenapa? Karena biasanya disana kita bisa bertemu dengan traveler lainnya yang kemudian bisa menjadi teman baru yang membuat perjalanan kita makin seru. Kebanyakan jika menginap di hotel private, kita akan cukup kesulitan mendapat hal tersebut.

10. Jadilah Dirimu Sendiri

Sesungguhnya, kamulah yang paling paham dan tahu dirimu sendiri. Pergilah ke tempat yang kamu inginkan, lakukanlah apa yang kamu sukai. Jadilah dirimu sendiri, sehingga ketika kembali nanti, kamu akan menjadi sosok yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Demikian informasi mengenai sejumlah manfaat dari solo traveling juga beragam tips yang bisa dilakukan ketika hendak melakukan perjalanan pribadi. Ingat, bahwa solo traveling bukanlah tanda kalau kamu kesepian. Justru ini adalah momentum supaya kamu bisa lebih mengenal dirimu sendiri. Selamat berpetualang, selamat bersenang-senang ya!

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling