TravelingGaya HidupInspirasiTravelWisata

Tips Liburan ke Bali Ala Backpacker dengan Budget Mepet

5 Liburan ke Bali Ala Backpacker dengan Budget Mepet

Traveling ke Bali tidak akan lagi sama jika kamu mencoba hal yang lebih menantang. Simpan dulu koper kamu. Ganti dengan tas ransel. Saatnya backpackeran ke Bali. Dengan mengetahui tips liburan ke Bali ala backpacker, kamu tidak perlu siapkan budget yang banyak. Dan yang pasti, liburan kamu ke Bali menjadi lebih berkesan.

Baca Juga: Kamu yang Pekerja Kantoran Perlu Tahu Bahaya Banyak Duduk

Tidak percaya? Banyak sekali wisatawan yang merasa bosan dengan Bali. Mereka seolah melakukan rutinitas yang sama. Pergi ke pantai Kuta, menikmati sunset, mengunjungi tempat hiburan malam, dan kegiatan biasa lainnya.

Hal tersebut menjadi berbeda ketika mereka melakukan traveling ala backpacker. Kamu berani?

Liburan di Bali Lebih Enak Backpacker

Sebenarnya, Bali itu tempat yang paling tepat untuk backpacker. Kenapa? Karena di Bali, banyak sekali tempat wisata yang bisa dan harus dikunjungi. Lokasinya bisa saling berjauhan. Dan butuh waktu berjam-jam untuk bisa mencapai tempat wisata tersebut.

Apalagi obyek wisata yang baru. Tempat-tempat yang masih asri yang belum banyak dikunjungi wisatawan biasanya berada di pojok. Dan mereka para backpacker yang biasanya berhasil menangkapnya.

Nah, bayangkan saja jika kamu harus mengunjungi semua tempat wisata tersebut. Akan butuh uang yang tidak sedikit untuk sewa tour guide dan juga menginap di hotel. Tips liburan ke Bali ala backpacker ini akan membantumu mewujudkan impian keliling Bali tanpa harus keluar banyak uang.

Kamu bisa lihat wisatawan dari luar negeri yang tidak hanya berhari-hari tapi juga berminggu-minggu keliling Bali. Apakah mereka semua tajir? Tidak juga. Banyak dari mereka yang hanya seorang mahasiswa. Tapi, mengapa mereka bisa hidup berhari-hari di Bali? Selain karena kurs uang di negara mereka lebih tinggi, ada juga faktor lain. Mereka memilih backpacker. Yang penting experience, bukan di hotel mewah mana mereka tinggal.

Selain itu, Bali juga terus berkembang. Bukan hanya hotel dan resort dengan harga puluhan juta per hari yang dibangun. Tidak sedikit juga penginapan super murah. Bahkan, ada juga desa yang mengembangkan wisata. Dengan cara menyiapkan tempat wisata dan juga tempat singgah untuk wisatawan dengan harga murah. Inilah yang banyak dicari oleh backpacker.

Jadi, jika kamu bertanya apa mungkin liburan ala backpacker di Bali itu menyenangkan. Jawabannya pasti. Dan sudah banyak yang membuktikannya.

Tips Backpackeran ke Bali 

Nah, sekarang masuk ke poin pembahasan utama. Bagaimana tips liburan ke Bali ala backpacker? Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan:

1. Bijak dalam Memilih Penginapan

Memilih Penginapan - Backpacker

Ini poin yang paling utama. Apalagi jika kamu merencanakan untuk liburan di Bali hingga berhari-hari. Dengan budget yang minim, kamu tetap bisa melakukannya.

Pada intinya, backpacker itu pintar sekali dalam menekan pengeluaran. Ada pengeluaran yang sangat penting tapi sebisa mungkin harus ditekan, yaitu pengeluaran untuk biaya penginapan.

Sebaiknya, kamu memilih penginapan yang murah. Ada losmen. Ini penginapan yang sangat murah. Jika ingin lebih murah, kamu bisa cari kos-kosan. Terkadang, ada kamar kos yang disewakan mingguan atau bulanan. Jika kamu berencana di Bali dalam kurun waktu seminggu atau lebih, ini bisa jadi opsi terbaik.

Untuk losmen, ada lho yang biaya sewa per malam hanya Rp 100.000. Hanya saja, fasilitasnya tidak begitu komplit. Hanya ada kamar dengan sistem pendingin ruangan berupa kipas angin.

Jika ingin lebih hemat lagi dengan fasilitas yang sedikit lebih bagus, kamu bisa menginap satu kamar dengan teman. Jadi, satu kamar bisa kamu sewa untuk dua orang.

2. Jangan Menggunakan Pesawat Terbang

Backpacker

Lupakan dulu membeli tiket pesawat terbang ke Bali. Namanya juga backpacker. Kamu harus menikmati perjalanan. Gunakan saja transportasi darat dan laut. Kamu bisa menggunakan bus dari tempat tinggal kamu. Lalu, gunakan kapal untuk menyeberang ke Bali.

Bahkan, sekarang ada juga bus yang langsung menuju ke Bali. Jadi, kamu tidak perlu membeli tiket kapal. Karena tiket kapal sudah include di tiket bus. Biayanya jauh lebih murah daripada pesawat. 

3. Makan di Warung Makan Setempat

Makan di Warung Setempat - Backpacker

Tips liburan ke Bali ala backpacker selanjutnya adalah makan di warung makan setempat. Tidak perlu ke restoran. Apalagi di tempat makan yang dekat dengan tempat wisata. Sudah bisa dipastikan harganya pasti mahal.

Akan lebih baik jika kamu masuk kampung lalu cari warung milik penduduk sekitar. Jika kamu tinggal di losmen yang berada di perkampungan, tidak sulit untuk menemukan warung murah meriah.

Di Bali, sudah banyak juga warteg atau warung tegal. Sama seperti warteg di beberapa daerah lainnya. Harga satu porsi nasi dan sayur sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. 

4. Sewa Motor

Sewa Motor - Backpacker

Bukan berarti kamu backpacker lalu jalan kaki ke tempat wisata mana saja di Bali. Kamu tetap boleh kok pakai motor. Ketika kamu pakai motor, bukan berarti kamu tidak dianggap backpacker.

Asal kamu tahu saja ya. Tempat wisata di Bali itu tempatnya berjauhan. Akan lebih efektif jika kamu sewa motor. Kamu bisa sewa motor harian ataupun mingguan. Tergantung berapa lama rencana kamu liburan di Bali.

Yang pasti, menyewa motor itu jauh terjangkau daripada kamu harus naik kendaraan umum. Apalagi kendaraan umum di Bali tidak terintegrasi. Pasti kamu bakal lebih lama di jalan jika kamu mengandalkan kendaraan umum. Belum lagi ada beberapa tempat wisata yang tidak dijangkau oleh kendaraan umum.

Biaya sewa motor bervariasi. Rata-rata, per hari kurang lebih Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Tergantung motor yang kamu pilih.

5. Cari Destinasi Wisata yang Gratis

Destinasi Wisata Gratis - Backpacker

Nah, ini tips liburan di Bali ala backpacker beneran. Tahukah kamu banyak sekali tempat wisata yang gratis di Bali? Dan jangan salah. Justru beberapa tempat wisata gratis tersebut masih sangat bagus karena belum terjamah oleh banyak wisatawan. Kamu juga bisa benar-benar menikmati liburan di sana.

Beberapa tempat wisata gratis dikelola oleh masyarakat desa. Dan itu masih dalam tahap pembangunan. Atau bisa saja tempat wisata tersebut berupa pantai yang letaknya lumayan jauh. Jadi, tidak banyak orang tahu. Tidak ada juga fasilitas seperti parkir, jalan yang bagus, dan lain sebagainya. Karena itulah tidak ada tiket masuk alias gratis.

Ketika kamu sampai di Bali, kamu bisa search di Google atau tanya warga setempat. Bisa saja kamu akan menjadi salah satu orang pertama yang menemukan tempat wisata asyik yang kemudian bisa viral di suatu hari nanti.

Baca Juga: Tempat Wisata di Puncak yang Paling Enak untuk Liburan Keluarga

Sekarang, yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana traveling ke Bali. Kira-kira, mana saja tempat wisata yang akan kamu kunjungi? Dan satu lagi. Berapa lama kamu traveling di Bali? Tips liburan di Bali ala backpacker ini bisa sedikit membantu agar kamu bisa menekan biaya wisata di Bali tanpa mengurangi keasyikan liburan di Pulau Dewata.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling