TravelingGaya HidupInspirasiTravelWisata

Mau Liburan Sendiri? Baca Dulu Tips Traveling untuk Wanita Ini

Mau Liburan Sendiri? Baca Dulu 4 Tips Traveling untuk Wanita

 

Memang tidak banyak wanita yang berani traveling sendirian. Akan tetapi, semakin kesini semakin banyak saja wanita yang liburan sendiri. Mereka juga tidak segan membagi tips traveling untuk wanita.

Baca Juga: Tempat Wisata Murah Favorit Bule Saat Traveling di Indonesia

Tantangannya memang luar biasa. Ada risiko yang cukup berbahaya bagi wanita yang melakukan liburan sendiri. Namun, sepertinya sekarang ini sudah sedikit lebih aman. Hanya perlu beberapa hal saja yang harus diperhatikan jika kamu ingin melakukan solo traveling. 

Yang pasti, solo traveling itu tidak ribet. Kamu bisa explore ke mana saja kamu suka. Kamu tidak perlu berdebat dengan teman traveling atau partner kamu. Tempat mana pun bisa kamu tentukan sendiri. Kamu bisa juga liburan sendiri berhari-hari.

Jadi, sudah siap untuk traveling sendiri?

Persiapan Sebelum Liburan Sendiri

Sebelumnya, kamu harus melakukan berbagai persiapan. Kamu pasti tahu apa saja yang harus dibawa. Namun, bukan itu isunya. Kamu seorang wanita yang risiko di jalan sangat tinggi. Dan kamu harus menghadapi risiko jika itu memang kamu alami.

Setidaknya dua hal yang harus kamu lakukan dalam rangka persiapan liburan sendiri. Yang pertama, cari semua informasi yang kamu perlukan. Bisa saja kamu hanya ingin traveling tanpa mengetahui tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi. Namun, setidaknya kamu harus tentukan kota atau daerah mana yang akan kamu kunjungi. 

Misalnya saja kamu ingin ke Bali untuk liburan sendiri. Pulau ini cukup luas. Setiap pojok Bali ada tempat wisata menarik. Kamu harus tentukan daerah mana kamu akan explore. 

Ini bagian dari tips traveling untuk wanita yang sangat penting karena berhubungan dengan keamanan. Jika kamu belum pernah ke sana, pastikan kamu cari tahu info keamanan di sana. Bagaimana tingkat kriminalitas, apakah sering terjadi pencurian, dan lain sebagainya.

Informasi yang juga perlu kamu cari tahu adalah tempat wisata yang menarik di sana. Kamu harus membuat list tempat wisata di kota atau daerah yang akan kamu kunjungi. Lalu, cari juga alamat tempat masing-masing tempat wisata, biaya masuk, dan lain sebagainya.

Yang kedua, hitung juga estimasi biaya yang harus kamu keluarkan. Dari list tempat wisata tersebut di atas, kamu bisa tahu berapa uang untuk beli tiket masuk. Begitu juga dengan biaya penginapan di sekitar.

Memang kamu tidak bisa menebak secara pasti mengingat biaya untuk makan itu tidak bisa diprediksi. Namun, setidaknya kamu sudah tahu biaya penginapan dan biaya masuk tempat wisata.

Dua persiapan tersebut wajib kamu lakukan. Maka dari itu, mulailah untuk search di Google dan temukan informasi penting seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tips Liburan Sendiri Aman bagi Wanita 

Sekarang ini, sudah tidak lagi sulit untuk bisa mendapatkan informasi tempat wisata. Kini sudah ada juga peta melalui Google Maps, aplikasi booking hotel hingga aplikasi transportasi.

Meskipun demikian, tetap saja kamu harus waspada. Kamu harus pelajari dan terapkan tips traveling untuk wanita berikut ini:

1. Cari Penginapan yang Bisa Dipercaya

Penginapan - Liburan Sendiri

Yang paling mudah adalah booking tempat penginapan melalui aplikasi. Hanya saja, terkadang ada hotel yang tidak ada di aplikasi. Apalagi jika kamu traveling di tempat wisata yang tidak banyak orang tahu. Sudah pasti tempat penginapan tersebut tidak ada di aplikasi hotel.

Lalu, bagaimana solusinya? Kamu bisa cari homestay yang berdekatan dengan masyarakat sekitar. Hindari homestay yang jauh dari perkampungan. Karena homestay yang kamu pilih berada di daerah perkampungan, sudah pasti pemilik homestay mengikuti aturan yang berlaku di sana. Dan jika terjadi masalah, kamu bisa langsung meminta bantuan warga sekitar.

Sekarang ini, ada banyak rumah yang disewakan untuk traveler. Ini juga pilihan yang tepat. Akan tetapi, biasanya rumah seperti ini tidak ada yang menjaga. Makanya, pilihan yang tepat adalah mencari penginapan yang tidak jauh dari rumah warga.

2. Hindari Jalan Sendiri

Berjalan - Liburan Sendiri

Karena kamu solo traveler, tentu saja kamu akan lebih sering berjalan sendiri menuju ke tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Namun, jika kamu menemui lorong atau jalan yang sepi, tunggu hingga ada orang lain yang melintasi. Apalagi di malam hari. Hindari jalan sendirian.

Jika tidak ada orang yang lewat, akan lebih baik kalau kamu mencari tukang ojek online. Itu jauh lebih aman daripada kamu jalan sendirian, apalagi di malam hari.

Makanya, penting sekali agar kamu mengatur perjalanan. Ini tips liburan sendiri untuk wanita yang sepele tapi sangat berharga. Di pagi hari, rencanakan tempat mana saja dan bagaimana kamu mencapai tempat tersebut. Pastikan kamu kembali ke penginapan tidak terlalu larut malam.

3. Pilih Pakaian yang Sopan

pakaian sopan - Liburan Sendiri

Ada saja orang iseng yang bisa saja menggoda kamu saat liburan sendirian. Apalagi jika kamu memakai pakaian yang sedikit terbuka. Mungkin kamu merasa pakaian kamu sudah sopan. Namun, bagaimana dengan warga sekitar? 

Alangkah lebih aman jika kamu memakai pakaian yang tertutup. Hindari pakaian terbuka seperti tank top atau rok pendek. Gunakan saja kaos panjang dan celana panjang. Di budaya manapun, sepertinya outfit seperti ini relatif sopan.

4. Tak Perlu Pakai atau Bawa Perhiasan

Perhiasan - Liburan Sendiri

Jika berencana traveling sendiri, lupakan membawa perhiasan. Sebaiknya perhiasan seperti kalung dan gelang emas kamu simpan saja di rumah. Tidak perlu kamu pakai atau bawa.

Jika memang kamu harus bawa, simpan saja di kamar penginapan. Saat kamu melakukan explore di tempat-tempat wisata, jangan sekali-kali kamu memakainya karena perhiasan tersebut bisa mengundang orang jahat untuk melakukan tindakan kejahatan.

Tips Menyimpan Uang Saat Liburan Sendiri

Yang tak kalah penting lagi adalah bagaimana kamu menyimpan uang. Jangan sampai selama kamu jalan-jalan, kamu tidak sadar seseorang telah mencopet atau menjambret dompet dan uang kamu.

Sebaiknya, selama kamu liburan sendiri, bawa uang cash secukupnya. Selebihnya, biarkan ada di dalam tas dan simpan di kamar penginapan. Atau akan lebih efektif jika kamu tidak perlu membawa terlalu banyak cash. Simpan saja uang kamu di ATM. Setiap hari, kamu ambil uang seperlunya.

Saat kamu liburan sendiri, jangan hanya menyimpan uang di dompet. Simpan juga di tempat yang lain seperti di saku celana, di dalam kantong kecil tas, dan ditempat lainnya. Pilih yang paling mudah untuk kamu akses. 

Dengan menyimpan di beberapa tempat, ini membuat kamu lebih tenang. Karena jika dompet dijambret orang, kamu masih punya persediaan uang di tempat yang lain. dan sebaiknya ATM tidak kamu simpan di dompet melainkan di tas atau di tempat yang lain. Pasalnya, kebanyakan pencopet akan mencuri dompet.

Baca Juga: Tips Liburan ke Bali Ala Backpacker dengan Budget Mepet

Nah, itulah beberapa tips traveling untuk wanita. Keamanan menjadi hal yang utama. Memang kamu bisa saja minta tolong kepada orang lain atau ke polisi jika terjadi pencurian atau penjambretan. Namun, akan lebih baik jika kamu melakukan antisipasi terlebih dahulu. Setuju, kan?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling