TravelingGaya HidupInspirasiTravelWisata

Ini Dia Rahasia Agar Kamu Bisa Liburan Murah ke Luar Negeri

4 Liburan Murah ke Luar Negeri Ini Rahasia Agar Kamu Bisa

Siapa bilang berlibur ke luar negeri itu mahal. Ada lho liburan murah ke luar negeri. Asalkan kamu tahu bagaimana caranya, kamu bisa setiap tahu ke luar negeri untuk liburan.

Baca Juga: Siapa Bilang Merawat Muka Berminyak Itu Sulit?

Bahkan, terkadang liburan murah ke luar negeri itu jauh lebih terjangkau. Terdengar tidak masuk akal? Mungkin tidak masuk akal. Namun, setelah kamu tahu penjelasan berikut ini, kamu pasti akan yakin. Atau bahkan kamu mau langsung mempraktikkan tips liburan terjangkau ke luar negeri ini.

Tips Liburan Murah ke Luar Negeri dengan Budget Minim

Sekarang, bukan hanya orang berduit banyak saja yang bisa liburan ke negara lain. Kamu pun bisa. Tentu tetap kamu harus mempersiapkan uang. Namun, uang yang kamu harus siapkan tidak sebanyak yang kamu bayangkan selama ini.

Tidak percaya? Kamu akan langsung percaya setelah mengetahui tips liburan murah ke luar negeri berikut ini:

1. Cari Negara Tujuan yang Biayanya Murah

Cari Negara Tujuan yang Biayanya Murah - liburan murah ke luar negri

Ada beberapa negara yang memang kamu membutuhkan budget tinggi. Misalnya saja di Jepang. Di negara yang satu ini, biaya makan dan juga penginapan cukup mahal untuk wilayah Asia. 

Maka dari itu, kamu bisa cari negara wisata untuk liburan murah ke luar negeri yang tidak terlalu mahal. Misalnya saja Thailand. Ini negara di Asia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari belahan dunia manapun. Thailand tidak ingin ketinggalan oleh Indonesia yang memiliki Bali sebagai destinasi wisata begitu populer. Dan Thailand sudah berhasil. Kini, banyak wisatawan Eropa yang datang ke sana.

Salah satu alasannya adalah biaya yang murah. Biaya makan dan penginapan di sana cukup murah. Bahkan, tidak sedikit wisatawan dari Eropa yang berlibur hingga satu bulan di Thailand.

Ada juga liburan murah ke luar negeri lainnya, seperti Vietnam, Malaysia, Hungaria, Sri Lanka dan Bulgaria. Kamu bisa pilih salah satu negara wisata dengan biaya murah tersebut.

Kamu harus tahu yang paling banyak memakan biaya saat liburan itu biaya akomodasi. Perhatikan nilai kurs rupiah dengan mata uang negara yang kamu akan kunjungi. Jika selisihnya tidak banyak, kemungkinan besar biaya akomodasi juga tidak jauh beda dengan yang ada di Indonesia.

Memilih negara wisata dengan biaya murah harus kamu jadikan pertimbangan utama. Ini juga yang para wisatawan jadikan sebagai tips penting memilih liburan murah ke luar negeri.

2. Pilih Negara Wisata Tanpa Visa

Pilih Negara Wisata Tanpa Visa - liburan murah ke luar negeri

Saat kamu ingin liburan ke luar negeri, kamu harus membuat visa. Memang biaya pembuatan visa tidak begitu mahal. Namun, jika budget liburan di luar negeri minim, tidak diwajibkannya memiliki visa menjadi angin tersendiri. Uang yang seharusnya kamu gunakan untuk membuat visa bisa dipakai untuk membeli tiket pesawat.

Lalu, negara mana saja yang kamu bisa kunjungi tanpa harus memiliki visa? Daftar negara tersebut berubah-ubah sesuai dengan kebijakan masing-masing negara. Namun, secara umum, ada 4 negara di Kawasan Asia yang tidak mewajibkan visa kepada para turis, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Kebijakan tersebut diberikan biasanya dengan satu alasan, yaitu menarik para turis asal Indonesia agar mau datang ke negara tersebut. Karena kedatangan wisatawan memberikan tambahan devisa untuk negara yang dikunjungi.

Jika Indonesia bekerja sama dengan negara lain, bukan tidak mungkin akan semakin banyak negara yang bisa dikunjungi tanpa visa. Makanya, jika kamu ingin liburan murah ke luar negeri, sebaiknya kamu ikuti perkembangan dunia wisata. Berita tentang kebijakan wisata negara juga harus terus kamu update.

3. Manfaatkan Promo Tiket Pesawat Terbang

Manfaatkan Promo Tiket Pesawat Terbang - liburan murah ke luar negeri

Beberapa tahun yang lalu, banyak sekali maskapai penerbangan luar negeri yang menetapkan harga tiket pesawat murah. Namun, semakin hari harganya semakin naik. Hal ini disebabkan tujuan mereka sudah tercapai, yaitu menggaet lebih banyak masyarakat agar mau mencoba terbang. Saat mereka merasa kenyamanan, sudah saatnya mereka kembalikan lagi harga tiket sesuai standar.

Tentu bukan itu saja yang menjadi faktornya. Mereka juga melakukan penyesuaian antara pengeluaran dan pendapatan. Harga avtur semakin naik. Gaji pegawai yang bekerja di maskapai juga ikut naik. Maka dari itu, tiket pesawat juga akhirnya dinaikkan agar balance. 

Meskipun demikian, tetap saja pihak maskapai melakukan terobosan agar tidak ada kursi pesawat mereka yang kosong. Misalnya saja memberikan promo. Jika kamu ingin liburan murah ke luar negeri, cari saja harga promo tiket pesawat.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar mendapatkan harga tiket pesawat murah:

  • Jadi Pelanggan Newsletter

Setiap maskapai sekarang menggunakan website. Dan mereka juga menawarkan newsletter. Ini semacam update informasi yang langsung diberikan kepada pengguna pesawat melalui email. Kamu bisa menjadi salah satu pelanggan newsletter. Daftarkan email kamu di list email mereka agar kamu selalu mendapatkan email ketika ada info seperti promo tiket murah yang sifatnya terbatas.

  • Manfaatkan Situs Aggregator

Apa itu situs aggregator? Ini adalah yang mengumpulkan semua daftar harga tiket seluruh maskapai. Kamu langsung memilih harga yang termurah.

  • Berwisata di Saat Low Season 

Sudah menjadi kebiasaan maskapai menurunkan harga tiket ketika low season yaitu musim di mana tidak banyak orang melakukan perjalanan liburan ke luar negeri. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen seperti ini agar bisa berlibur ke luar negeri dengan biaya tiket pesawat murah dan menjadi liburan murah ke luar negeri.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba saat mencari harga tiket pesawat murah.

4. Bijak Memilih Tempat Menginap

Bijak Memilih Tempat Menginap - liburan murah ke luar negeri

Biaya menginap di hotel luar negeri sangat mahal. Apalagi di negara Eropa. Namun Liburan Murah ke Luar Negeri, sekarang sudah banyak sekali jenis penginapan. Misalnya saja hotel kapsul. Ini hotel yang awalnya begitu terkenal di Jepang. Di Jepang, biaya menginap sangat mahal. Hal ini membuat jumlah wisatawan sempat turun. Karena tingginya angka backpacker ke Jepang, maka muncullah ide hotel kapsul.

Ide semacam itu juga diterapkan di beberapa negara. Bahkan, sudah ada juga hotel kapsul di Indonesia. Biaya menginap di hotel yang sepertinya kapsul ini bisa setengah dari harga hotel bintang 3 lho. Murah, bukan?

Ini biasanya dipilih oleh orang yang hanya ingin tidur nyaman saja. Karena kecil, hotel kapsul ini hanya berupa ruangan untuk tidur dengan posisi TV tepat di bawah kasur. Luasannya biasanya hanya sekitar 2×1,5 meter. 

Baca Juga: Traveling Hemat yang Biasa Dilakukan Mahasiswa

Meskipun kecil, bukan berarti ruangannya nyaman. Sudah ada fasilitas layaknya hotel biasa, seperti pendingin udara, TV, lemari kecil untuk menyimpan baju dan tas, dan lain sebagainya. Hanya saja, tidak ada kamar mandi. Kamar mandi ada di luar atau kamar mandi umum.

Nah, sudah siap untuk traveling ke luar negeri? Yang pasti, kamu harus mempersiapkan diri. Kamu mungkin sudah memiliki budget yang cukup setelah tahu bagaimana cara liburan murah ke luar negeri. Namun, pastikan juga kamu tahu budaya setempat dan juga rute tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling