TravelingGaya HidupInspirasiTravelWisata

Mau Jalan-Jalan Tetap Hemat? Yuk Intip Tips Traveling Murah Berikut Ini!

13 Tips Traveling Murah Berikut! Jalan-Jalan Tetap Hemat?

Traveling menjadi salah satu kegiatan menyenangkan sebagai ajang rekreasi. Namun biasanya, untuk melakukannya kita akan membutuhkan budget yang cukup banyak, karena harus mengeluarkan beragam biaya, seperti: Transport, makan, penginapan, oleh-oleh dan lain sebagainya. Terlebih jika kita berangkat ke luar pulau maupun ke luar Negeri. Untuk itu, jangan sampai lewatkan tips traveling murah yang akan diuraikan pada kesempatan kali ini.

Baca Juga: Dapatkan 5 Keuntungan Menjadi Reseller Sepatu Wanita

Kenapa harus membahas tips traveling murah? Hal ini diungkap mengingat banyaknya manfaat traveling bagi diri kita. Sehingga, walaupun mungkin budgetnya masih terbatas, kamu bisa tetap melakukan perjalanan yang menyenangkan ini. Yang perlu dilakukan adalah mengetahui tipsnya, mempersiapkan segala sesuatunya dan melaksanakannya. Apakah kamu sudah siap?

Tips Traveling Murah yang Harus Kamu Tahu

Jadi, apa saja tips traveling murah tersebut, ini dia:

1. Lakukan Riset

Lakukan Riset - tips traveling murah

Tips traveling murah pertama adalah melakukan riset terlebih dahulu. Sebelum berangkat, kamu pasti sudah tahu akan kemana tujuan dari perjalanan tersebut. carilah informasi sedetail mungkin yang kamu butuhkan. Mulai dari ongkos perjalanan, penginapan yang murah, hingga tujuan wisata yang ada disana. Carilah tempat berkesan yang menarik juga terjangkau, sehingga kamu bisa tetap hemat.

2. Cari Info Promo

Cari Info Promo - tips traveling murah

Pada saat melakukan riset tersebut juga, kamu bisa sekaligus mencari informasi biaya promo lho. Misalkan untuk tiket transportasi maupun penginapan. Cari tahu periodenya, dan kita dapat menentukan keberangkatan pada masa tersebut. Adanya promo ini bisa sangat berpengaruh untuk mengurangi biaya perjalanan kamu. Hasilnya, traveling bisa jadi jauh lebih murah. 

3. Lakukan Perjalanan saat Low Season ataupun Weekday

Tips traveling murah berikutnya adalah dengan melakukan perjalanan saat hari kerja maupun low season. Karena di akhir pekan atau di musim liburan pada umumnya, biasanya harga baik dari moda transportasi maupun penginapan dan lain sebagainya akan mengalami kenaikan. Karena memang banyak juga orang yang akan berlibur di waktu tersebut. 

Selain lebih hemat, kamu juga memungkinkan lebih menikmati suasana traveling nantinya, karena jumlah pengunjung yang tidak sebanyak ketika weekend atau ketika high season. Jadi, siapkan pengajuan cuti dari sekarang, ya.

4. Persiapkan Sejak Jauh Hari

Tips traveling murah selanjutnya adalah persiapan yang harus kamu lakukan sejak jauh-jauh hari. Hindari untuk melakukan traveling secara mendadak, terlebih jika akan berkunjung ke lokasi yang jauh. Supaya bisa lebih berhemat, baiknya kita siapkan sejak jauh hari. Karena waktu tersebut bisa kita gunakan untuk menabung, dan merencanakan perjalanan tersebut dengan baik.

5. Memilih Penginapan

Memilih Penginapan - tips traveling murah

Jika kamu pergi ke tempat yang cukup jauh dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk tinggal disana, sebaiknya menginap di hostel maupun hotel budget. Walaupun kenyamanannya berbeda dengan hotel berbintang, namun setidaknya kamu bisa tetap mengistirahatkan tubuh supaya tidak kelelahan. Terlebih, di hostel kamu bahkan bisa bertemu traveler lain dan mendapat banyak teman plus relasi baru.

6. Tidak Membeli Oleh-Oleh di Tourist Spot

Tidak Membeli Oleh-Oleh di Tourist Spot - tips traveling murah

Oleh-oleh menjadi hal yang menarik dan cukup penting ketika kita berkunjung ke sebuah tempat. Selain sebagai buah tangan, oleh-oleh juga dapat menjadi kesan dan pengalaman dari tempat tersebut. Namun seringkali, justru dengan membeli barang atau oleh-oleh tersebut kita harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. 

Untuk itu, hindari lah membelinya di spot yang memang banyak dikunjungi wisatawan. Karena memang biasanya disana akan mematok harga yang mahal. Sebagai gantinya, kita bisa mencarinya di pasar tradisional atau pabrik maupun tempat produksinya dan mendapat lebih dari sekedar oleh-oleh, tapi juga pengalaman.

7. Selalu Ingat untuk Membeli Oleh-Oleh dengan Bijak

Bukan hanya pemilihan tempat membelinya saja yang harus kita pikirkan, saat membeli oleh-olehnya pun harus kita pertimbangkan dengan bijak. Tidak perlu yang harganya mahal, carilah buah tangan dengan nilai keunikan atau ciri khas daerah yang kita kunjungi.

8. Mengajak Teman

Menjadi solo traveler atau melakukan perjalanan sendirian memang menantang dan menyenangkan. Dengan cara tersebut kita bisa mendapat banyak pengalaman dan pelajaran yang berharga, namun jika ingin traveling dengan harga yang lebih terjangkau, kita bisa mengajak teman. 

Kenapa? Karena bersama partner tersebut kita bisa membagi beberapa keperluan. Seperti misalnya, biaya penginapan, atau bekal yang bisa dibagi berdua. Selain itu, perjalanan akan terasa ramai dan menyenangkan jika dilewati bersama teman. Jadi, siapa yang akan kamu ajak?

9. Gunakan Jalur Darat

Gunakan Jalur Darat - tips traveling murah

Salah satu tips traveling murah adalah pergi ke tempat tujuan menggunakan jalur darat. Hal ini berlaku jika kamu pergi ke tempat yang lokasinya di dalam Negeri atau dengan pulau yang jaraknya tidak begitu jauh. Karena perjalanan menggunakan transportasi pesawat akan memakan biaya yang lebih mahal. Memang sih, perjalanannya akan lebih cepat, namun perjalanan darat pun akan membawa kita melihat pemandangan yang lebih banyak juga indah.

10. Gunakan Angkutan Umum dan Lakukan Perjalanan Malam

Gunakan Angkutan Umum dan Lakukan Perjalanan Malam - tips traveling murah

Selain transportasi darat tadi, kita juga dapat menggunakan transportasi umum, seperti halnya angkutan kota, bus, maupun kereta api. Percaya deh, hal ini nggak akan tetap menyenangkan kok. Selain itu, di lokasi tujuan nanti, kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan umum ini sebagai sarana transportasi. Pasti seru deh!

Selain itu, kamu juga bisa bepergian saat malam hari. Jika kamu melakukan perjalanan di malam hari, kamu bisa beristirahat di perjalanan. dengan demikian, dengan tips traveling murah biaya penginapan dapat sedikit berkurang, dan kita bisa lebih hemat tentunya.

11. Jangan Lupa Bawa Tumbler

Jangan Lupa Bawa Tumbler - tips traveling murah

Sebagai salah satu upaya agar liburan hemat, membawa tumbler atau botol minum sendiri  adalah solusi terbaik yang bisa kamu ambil. Ini karena kamu tidak perlu mengeluarkan budget untuk membeli minuman berulang kali dan kita bisa mengisinya di penginapan maupun tempat umum yang menyediakan fasilitas air minum.

12. Wisata Kuliner

wisata kuliner - tips traveling murah

Traveling identik dengan yang namanya wisata kuliner, tentu akan banyak list yang ingin kita coba sesampainnya di tempat tujuan. Namun, tips traveling murah berikutnya, kita harus pintar dalam menentukan tempat makan ini, karena jika kurang tepat, bisa-bisa harganya melambung. 

Untuk itu, tak ada salahnya juga kamu mencoba makanan di pinggir jalan atau mencari rekomendasi makanan murah di tempat tujuan. Karena selain rasanya nikmat, harganya pun bisa lebih murah dan kita juga bisa mendapat sensasi berbeda.

13. Cari Tempat yang Ada Wi-Finya

Cari Tempat yang Ada Wi-Finya - tips traveling murah

Ketika liburan, biasanya kita akan mengunggah momen perjalanan ataupun selama kita ada disana, kan? Nah, jangan sampai malah kehabisan kuota dan harus mengeluarkan biaya tak terduga untuk membelinya. 

Sebagai alternatif, kita bisa mengunjungi penginapan atau bahkan beberapa lokasi yang ada wifinya. Jadi, untuk kamu yang senang bermedia sosial juga upload berbagi momen seru, tempat tersebut bisa menjadi solusi yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Baca Juga: Daftar Harga Jam Tangan Rolex Pria Terbaru dan Terbaik

Demikian ulasan tips traveling murah yang bisa kamu lakukan.  Dengan biaya yang terjangkau tersebut, bukan berarti kita tak bisa mendapat pengalaman perjalanan yang memukau. Segera rencanakan perjalanan travelingmu dan persiapkan juga lakukan tips di atas ya.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling