TravelingGaya HidupInspirasiTravelWisata

Terapkan dan Buktikan Sendiri Cara Liburan Murah di Raja Ampat Ini

Banyak yang takut ketika ingin liburan ke Raja Ampat. Bagi kebanyakan orang, tempat wisata yang satu ini angker untuk mereka yang rekening tabungannya yang sedikit. Padahal, ada cara liburan murah di Raja Ampat. Sudah banyak juga yang menerapkan cara ini. 

Baca Juga: Catat! Ini Dia Ciri Benjolan Kanker Payudara

Dan lihat saja. Di Raja Ampat, bukan hanya wisatawan yang kaya raya saja yang ke sana. Tidak sedikit juga para backpacker yang kebanyakan memiliki budget super mepet. Giliran kamu yang membuktikan sendiri bahwasanya Raja Ampat itu bukan tempat wisata yang hanya ditujukan untuk orang berduit saja.

Tips Liburan ke Raja Ampat dengan Budget Kecil 

Memang benar perjalanan ke Raja Ampat itu sangat jauh. Dan itu artinya biaya perjalanan bisa sangat mahal. Apalagi untuk menuju ke spot Raja Ampat itu sendiri membutuhkan alat transportasi seperti kapal cepat. 

Akan tetapi, hal tersebut bisa diantisipasi. Berikut ini beberapa cara liburan murah di Raja Ampat yang bisa kamu coba terapkan: 

1. Tentukan Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi

Tentukan Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi - cara liburan murah

Raja Ampat memiliki beberapa objek atau spot wisata yang menarik. Mungkin selama ini kamu hanya sering mendengar Piaynemo. Harus diakui inilah salah satu spot yang membuat Raja Ampat terkenal di seluruh dunia. Keindahan tempat ini sudah viral di mana-mana. Terdapat banyak gundukan yang merupakan pulau-pulau kecil.

Namun, bukan hanya Piaynemo saja yang bisa kamu kunjungi. Ada lagi seperti Telaga Bintang, Wayag, Manta Point, serta Puncak Harfat. Kamu perlu mengetahui mana saja tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Kamu bisa membuat list nama-nama lokasi menarik di Raja Ampat. Kemudian, kumpulkan berdasarkan lokasi. Salah satu cara liburan murah di Raja Ampat adalah dengan mengunjungi beberapa wisata yang lokasinya berdekatan. Jadi, dalam satu hari, bisa saja kamu mengunjungi dua atau lebih tempat wisata.

Mengapa demikian? Dengan cara ini, kamu bisa menghemat biaya penginapan. Kamu tidak perlu berpindah tempat menginap. Cukup satu tempat menginap. Kamu bisa menyewa selama 2 atau 3 hari di sana. 

2. Hitung Perkiraan Biaya Liburan

Hitung Perkiraan Biaya Liburan - cara liburan murah

Setelah kamu menentukan spot mana yang akan kamu, cara liburan murah kunjungi ke Raja Ampat, kamu akan mendapatkan beberapa rincian, seperti berapa hari kamu berlibur dan berapa biaya menginap serta harga tiket masuk masing-masing tempat wisata. 

Kamu bisa browsing mengenai biaya-biaya tersebut. Kemudian, kamu bisa kalkulasi. Mungkin kamu tidak akan mendapatkan angka yang pasti. Namun, setidaknya kamu memiliki angka perkiraan berapa budget yang dibutuhkan.

Jika biayanya masih cukup tinggi, kamu bisa tekan lagi. Misalnya saja kamu mencari penginapan yang lebih murah. Atau kamu bisa lebih mengefisienkan perjalanan. Misalnya saja, ketika awalnya kamu harus liburan di Raja Ampat hingga 3 hari, kamu bisa tentukan tempat wisata yang memungkinkan kamu hanya perlu 2 hari saja di sana. Ini akan menekan biaya sewa penginapan.

3. Beli Tiket Pesawat Jauh-Jauh Hari

Beli Tiket Pesawat Jauh-Jauh Hari - cara liburan murah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perjalanan menuju ke Raja Ampat itu sangat panjang. Kamu harus menggunakan berbagai moda transportasi, mulai dari darat, udara, hingga laut. Inilah yang membuat biaya liburan ke Raja Ampat mahal.

Namun, dari sana, kami langsung tahu bagaimana cara liburan murah di Raja Ampat. Tentu saja dengan menekan biaya perjalanan. Salah satunya dengan mencari tiket pesawat yang murah.

Kamu bisa pesan tiket pesawat setidaknya 3 bulan sebelumnya. Biasanya, harga tiket tersebut sangat terjangkau. Misalnya saja ketika kamu sudah punya cukup uang untuk beli tiket, beli sekarang juga. Padahal, cara liburan murah kamu ke Raja Ampat bisa saja 3 atau bahkan 4 bulan mendatang. Setidaknya kamu sudah punya tiket. Dan selama 3 atau 4 bulan, kamu bisa menabung lagi menyiapkan biaya lainnya, seperti akomodasi.

4. Liburan Bersama Rombongan

Liburan Bersama Rombongan - cara liburan murah

Jika ingin ke Raja Ampat, paling asyik bersama rombongan. Selain lebih asyik, kamu juga bisa menekan biaya.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Misalnya saja kamu liburan bersama 3 teman lainnya. Kamu bisa menyewa satu kamar besar untuk menginap bersama. Kamu bisa iuran. Jelas lebih murah, bukan?

Belum lagi dengan biaya lainnya. Misalnya biaya sewa mobil. Satu mobil bisa kamu sewa bersama-sama. Mobil bisa kamu dan teman kamu gunakan untuk mengunjungi beberapa objek wisata di Raja Ampat.

5. Menggunakan Kapal

Menggunakan Kapal - cara liburan murah

Ini cara liburan murah di Raja Ampat yang banyak sekali digunakan. Saat berangkat, banyak wisatawan, terutama backpacker yang menggunakan pesawat. Namun, saat pulang, mereka menggunakan kapal PELNI. Memang perjalanan menjadi sedikit lebih panjang. Akan tetapi, biaya yang harus kamu keluarkan jauh lebih murah.

6. Hemat Biaya Konsumsi

Hemat Biaya Konsumsi - cara liburan murah

Sudah tidak lagi menjadi rahasia jika harga makanan di Raja Ampat itu sangat mahal. Namun, bukan berarti tidak ada yang murah. Kamu bisa cari warung biasa yang lokasinya di luar tempat wisata. Di sana, harga makanan lebih murah.

Dan usahakan untuk tidak terlalu banyak pesan makanan, terutama camilan. Jika kamu sudah kenyang, tidak perlu lagi kamu pesan camilan untuk menghemat biaya liburan. 

Itulah beberapa cara liburan murah di Raja Ampat. Siap untuk menerapkan tips tersebut?

Tips Menabung untuk Liburan ke Raja Ampat 

Meskipun biaya liburan ke Raja Ampat bisa ditekan, tetap saja budget yang kamu butuhkan cukup banyak. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perjalanan sangat panjang. Ini mempengaruhi biaya transportasi.

Untuk itu, kamu harus mulai menabung. Ada tips mudah agar kamu bisa menabung agar sukses melakukan perjalanan wisata ke Raja Ampat. Yang pertama, tentukan target biaya. Seperti tips tersebut di atas, kamu harus tentukan berapa tempat yang ingin dikunjungi, berapa hari kamu disana, dan juga perkiraan berapa biaya akomodasi. Dari sana, kamu bisa melakukan estimasi berapa jumlah target uang yang harus kamu tabung.

Yang kedua, cara liburan murah dengan pisahkan uang tabungan liburan dengan uang lainnya. Bahkan, sangat dianjurkan agar kamu membuat kartu tabungan sendiri. Pilih kartu tabungan tanpa kartu ATM. Ada berapa bank yang menyediakan layanan tabungan seperti ini. Karena tidak ada kartu ATM-nya, tidak ada hasrat untuk mengambil uang. Berbeda jika ada kartu ATMnya. Selalu ada alasan dari diri sendiri untuk mengambil uang hingga akhirnya program menabung untuk liburan ke Raja Ampat gagal total.

Baca Juga: Liburan di Taman Wisata MBS

Dan cara liburan murah yang terakhir, pengeluaran harus ditekan. Jika selama ini kamu membeli makan siang di luar, mulailah membawa bekal dari rumah. Jika kamu setiap weekend nongkrong di luar, kurangi. Cukup 1 kali dalam satu bulan. Dengan cara ini, kamu bisa lebih mudah berhemat. Uang yang biasanya kamu gunakan untuk beli makan siang atau beli cemilan saat nongkrong bisa kamu dialokasikan untuk ditabung.

Nah, itulah beberapa tips agar bisa menabung dengan mudah. Kamu juga sudah tahu bagaimana cara liburan murah di Raja Ampat. Silahkan praktekkan dan buktikan sendiri.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling