Resep Masakan

Aneka Resep Makanan Bahan Dasar Tempe yang Beda dari Biasanya

Apa yang kamu masak jika ada tempe di dapur? Kemungkinan besar kamu akan berpikir untuk menggorengnya menjadi tempe goreng. Itu sudah biasa. Kenapa tidak mencoba saja resep makanan bahan dasar tempe lainnya?

Baca Juga: Waspada, Inilah Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur!

Selama ini, tempe sering dianggap menu makanan yang biasa-biasa saja. Harganya murah. Dan tidak banyak variasi menu makanan yang bisa dibuat dengan bahan tempe. Padahal, dari sudut pandang ilmu nutrisi, tempe mengandung tinggi protein. Pasalnya, ini terbuat dari kedelai. Kedelai mengandung protein nabati yang sangat tinggi.

Karena tidak banyak yang tahu tentang resep makanan bahan dasar tempe, kebanyakan orang menganggap sinis tentang makanan yang satu ini. Kini, kamu bisa menghidangkan tempe dengan cara yang istimewa.

Sudah siap?

5 Resep Makanan Beda dari Bahan Dasar Tempe

Sebenarnya, ada banyak sekali resep makanan yang bisa kamu buat dengan hanya menggunakan bahan dasar tempe. Namun, setidaknya kamu coba dulu 5 resep makanan bahan dasar tempe berikut ini:

1. Tempe Jeletot

Tempe Jeletot - Bahan Dasar Tempe

Kamu pecinta makanan pedas? Jika ya, tepat sekali kalau kamu membuat makanan yang satu ini. Namanya tempe jeletot. Ini tempe yang dibuat dengan bumbu khusus yang akan membuat mulut terasa terbakar. Bukan karena ada apinya tapi rasanya yang sangat pedas.

Mau tahu cara membuat tempe jeletot? Pertama-tama, kamu harus siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Di antaranya:

  • Tomat
  • Terasi yang sudah matang
  • Cabe yang sudah kering dan halus
  • Gula merah yang sudah diserut
  • Tepung yang biasanya digunakan untuk membuat tempe goreng yang kriuk
  • Tempe
  • Minyak goreng

Jika bahan-bahan tersebut sudah ada di atas meja dapur, barulah kamu bisa mulai proses memasak.

Yang pertama, kamu harus membuat sambalnya terlebih dahulu. Haluskan tomat, cabe kering, terasi, dan sedikit gula halus. Haluskan semua bahan tersebut.

Baru kemudian kamu bisa siapkan adonan tepung. Siapkan juga tempe. Iris dengan tebal sekitar 1 cm. Kemudian, kamu bisa belah tapi jangan sampai terputus. Masukkan sambal ke dalam bagian tengah tempe lalu celupkan ke dalam adonan.

Jika semuanya sudah terisi, silahkan kamu siapkan wajah. Panaskan minyak goreng. Lalu kamu siap menggorengnya hingga kering. Angkat dan tiriskan. Tempe jeletot bisa kamu sajikan tanpa harus menggunakan cabai karena rasa pedasnya sudah nendang. 

2. Burger Tempe

Burger Tempe - Bahan Dasar Tempe

Sudah biasa jika makan burger dari daging. Bagaimana dengan burger tempe? Ini beda dan pasti lebih menarik. Kamu bisa meniru resep makanan bahan dasar tempe yang satu ini di rumah.

Bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Tempe
  • Roti yang biasanya digunakan untuk membuat burger 
  • Tepung bumbu krispi
  • Tomat 
  • Daun selada
  • Mentimun 
  • Sambal 

Jika bahan sudah siap, kamu bisa mulai membuat burger tempe. Ambil tempe lalu haluskan. Kemudian, campurkan tepung bumbu krispi dan sedikit air. Aduk hingga tempe serupa daging.

Lalu, buat adonan tepung basah. Masukkan tempe ke dalam adonan basah tersebut. Lalu lumuri lagi dengan adonan kering. Ini mirip seperti ketika kamu akan membuat fried chicken. 

Setelah semua sudah siap, saatnya proses penggorengan. Goreng hingga tempe berwarna kecoklatan. Sambil menunggu tempe matang, siapkan roti dan oleskan saus sambal sesuai dengan selera. Taruh juga daun selada dan tomat serta mentimun. Angkat dan tiriskan tempe lalu taruh di atas roti. Tutup dengan bagian roti lainnya. Burger tempe siap dihidangkan. 

3. Sate Tempe

Sate Tempe - Bahan Dasar Tempe

Kebanyakan sate itu terbuat dari daging ayam atau daging kambing. Tapi, pernahkah terbayang di benak kamu untuk membuat sate tempe?

Cara pembuatannya hampir sama dengan cara membuat sate lainnya. Kamu harus siapkan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kecap manis, dan garam. Dan tentu saja tempe.

Pertama-tama, potong bahan dasar tempe bentuk dadu. Besarnya sesuai dengan selera kamu. Tusukkan tempe ke lidi sate. Kemudian, siapkan bumbunya. Haluskan semua bahan untuk membuat bumbu. Tambahkan sedikit air dan kecap. Celupkan tusuk tempe ke dalam bumbu. Biarkan bumbu meresap. Akan lebih baik jika kamu diamkan di lemari es kurang lebih 1 malam. Baru kemudian kamu bisa bakar sate tempe.

4. Nugget Tempe

Nugget Tempe - Bahan Dasar Tempe

Nugget biasanya disukai oleh anak. Jika kamu memiliki anak kecil yang suka nugget daging, kamu bisa membuatkannya nugget yang beda, yaitu nugget dari bahan tempe. Rasanya tak kalah enak dibandingkan dengan nugget daging. Dan tentu saja harganya lebih murah. Apalagi jika kamu bisa mempraktekkan membuat resep makanan bahan dasar tempe yang satu ini. Pasti lebih terjangkau.

Yang kamu harus beli tentu saja tempe. Lalu ada beberapa bahan lain yang juga perlu kamu siapkan, di antaranya:

  • Tepung kanji
  • Wortel 
  • Telur
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Lada bubuk
  • Ketumbar bubuk
  • Garam
  • Bawang putih dan bawang merah, serta
  • Kaldu 

Cara membuatnya cukup sederhana. Potong tempe dengan ukuran sesuai keinginan lalu rebus. Haluskan dengan menggunakan blender. Kemudian, kamu bisa membuat bumbu. Semua bahan untuk membuat bumbu dihaluskan. Aduk dan masukkan ke loyang. Namun, pastikan dulu loyang sudah dilapisi dengan minyak sayur. Kukus lalu dinginkan. Baru kemudian kamu bisa potong.

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan bahan pelapis berupa tepung dan air. Aduk hingga mengental. Celupkan tempe ke dalamnya lalu taburi dengan menggunakan tepung panin.

Masukkan bahan dasar tempe ke dalam lemari es. Biarkan hingga kurang lebih 30 menit. Keluarkan lalu kamu siap untuk menggoreng nugget tempe.

5. Bakso Tempe

Bakso Tempe - Bahan Dasar Tempe

Bakso tidak selalu terbuat dari daging sapi atau ayam. Kamu bisa membuat bakso dari bahan dasar tempe.

Bagaimana caranya? Kukus tempe hingga lunak. Kemudian, haluskan dan bentuk seperti bakso. Selanjutnya, kamu bisa mulai menyiapkan bumbu baksonya. Karena ini bumbu bakso pedas manis, kamu tidak perlu membuat kuah.

Tumis bahan-bahan berikut ini:

  • Bawang Bombay 
  • Bawah merah
  • Bawah putih
  • Saos 
  • Kecap manis 

Jika ingin lebih pedas, kamu bisa tambahkan cabai kering. Masukkan bakso tempe yang sudah kamu siap sebelumnya. Oseng hingga bumbu tercampur merata. Siapkan piring untuk menyajikan bakso tempe.

Itulah beberapa resep makanan bahan dasar tempe yang lain daripada yang lainnya. Kini, tempe tidak lagi dianggap sebagai menu makanan yang sepele. Tempe bisa menjadi menu makanan naik level.

Yang perlu kamu lakukan adalah sedikit kreativitas. Apalagi tempe ini mengandung gizi yang sangat baik untuk tubuh, terutama protein. Jadi, ada baiknya kamu memikirkan menu makanan apa yang bisa kamu buat dari tempe. Sehingga kamu tidak bosan dengan tempe yang selalu digoreng menjadi mendoan atau tempe goreng biasa.

Baca Juga: Resep Makanan Eropa Yang Mudah Dibuat

Setidaknya, kini kamu sudah tahu 5 resep makanan bahan dasar tempe. Dan kamu akan menemukan lebih banyak lagi kreasi menu makanan lainnya dengan bahan tempe.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *