Resep MasakanGaya HidupInspirasi

Menurunkan Berat Badan dengan Pilihan Makanan untuk Diet Sehat

Sudah banyak yang tahu jika tidak semua program diet itu bagus. Dan sudah ada juga alternatifnya, yaitu mengkonsumsi makanan untuk diet sehat. Dengan mengkonsumsi makanan seperti ini, berat badan akan turun. Disisi lain, tidak ada kesehatan tubuh yang dikorbankan. Tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca Juga: Aturan Cover Lagu Sebelum Upload di Channel Youtube

Mungkin kamu sudah tahu banyak orang yang melakukan program diet tapi kondisi kesehatannya kurang bagus. Bahkan, ada yang akhirnya sakit-sakitan. Apalagi jika program tersebut disertai dengan mengkonsumsi obat-obat tertentu. Selain mahal, obat tersebut juga tidak selalu bagus untuk program diet.

Jika kamu ingin diet sehat, satu hal yang harus kamu pahami. Tidak ada yang instan. Menurunkan berat badan harus dilakukan secara baik. Dan itu tidak bisa instan. Jika itu yang kamu inginkan, sebaiknya kamu pelajari apa saja makanan untuk diet sehat.

Nutrisi Wajib Terpenuhi Saat Diet 

Diet Sehat

Sayang sekali banyak orang yang tidak memahami apa itu diet. Yang mereka tahu hanya bagaimana berat badan turun secara signifikan. Itu saja. Karena hanya fokus menurunkan badan, maka yang mereka lakukan adalah mengurangi makan setiap hari. Dan itu dilakukan hingga berbulan-bulan. Bahkan, ada yang sampai satu tahun lebih. 

Itu anggapan tentang diet yang salah. Karena bisa saja konsumsi makanan yang dikurangi membuat kebutuhan gizi tubuh tidak tercukupi. Akibatnya, badan tidak hanya kurus tapi juga tidak sehat.

Yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi makanan untuk diet sehat. Yaitu tetap makan yang mengandung nutrisi tubuh tapi tidak berlebihan. Menurut dokter, saat seseorang ingin menurunkan berat badan, ia tetap saja harus menjaga asupan 3 jenis nutrisi. Apa saja itu?

1. Karbohidrat

Kacang - Diet Sehat

Siapa bilang berat badan bisa turun jika karbo dikurangi. Tetap saja karbo harus dipenuhi. Hanya saja, kebutuhan karbo harus disesuaikan dengan kegiatan kamu setiap hari. Jika kamu bekerja di kantoran yang tidak terlalu membutuhkan karbo tinggi, cukup konsumsi karbo yang jumlahnya sedikit saja. Atau cari makanan yang mengandung karbo yang baik seperti buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Saat kamu diet dengan mengurangi karbo yang terlalu signifikan, tubuh akan lemas. Karena bagaimanapun juga, karbo itu penting. Karbo inilah yang memberikan tubuh energi sehingga kamu bisa beraktivitas.

2. Protein

Daging - Diet Sehat

Sudah banyak yang tahu tentang yang satu ini. Saat ini diet, makan makanan untuk diet sehat adalah makanan yang kandungan proteinnya tinggi, seperti telur dan daging. Bahkan, ada yang memperbanyak makanan berprotein tinggi. Ini langkah yang sangat tepat.

3. Lemak

Lemak - Diet Sehat

Mungkin kamu tidak percaya jika tubuh itu memerlukan lemak. Bahkan saat kamu diet pun lemak tetap harus didapatkan oleh tubuh kamu. Mengapa? Karena lemak ini dibutuhkan oleh tubuh saat kekurangan energi. Lemak akan dikonversi sehingga menjadi energi.

Bukan hanya itu. Lemak juga berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Perannya juga dibutuhkan bagi tubuh untuk menyerap vitamin. Jadi, jangan salah dalam menganggap lemak ya. Yang terpenting, kandungan lemak di dalam makanan untuk diet sehat harus sedikit. Itu saja.

Jadi, sudah siap untuk menjalankan diet yang sehat?

Contoh Menu Makanan untuk Diet yang Sehat

Kamu sudah tahu apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk diet sehat. Dan mungkin pengetahuan kamu saat ini kontradiktif dengan apa yang awalnya kamu percayai. Karena faktanya karbohidrat dan lemak juga harus kamu dapatkan saat ingin menurunkan berat badan. Kuncinya adalah bagaimana mengontrol asupan nutrisi tersebut. 

Berikut ini contoh menu makanan untuk diet sehat. Kamu bisa terapkan atau sedikit melakukan modifikasi.

1. Menu Diet Sarapan

Menu Diet Sarapan - Diet Sehat

Di pagi hari, kamu harus memastikan tubuh mendapatkan cukup tenaga. Karena kamu akan mengawali hari dengan penuh semangat. Makanya, sebaiknya kamu konsumsi sedikit karbohidrat. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Kamu bisa makan nasi dan telur. Jika biasanya kamu makan 1 telur, ganti dengan dua telur. Lalu, kurangi nasinya.

Kamu juga bisa ganti telur dengan daging ayam. Keduanya mengandung protein yang sangat tinggi. Protein ini dibutuhkan oleh tubuh menjelang siang nanti ketika karbohidrat di dalam tubuh sudah habis. Protein diubah menjadi energi.

Jika terlalu repot untuk masak nasi, telur, dan daging, kamu bisa ganti dengan sereal. Makanan ini sudah mengandung karbo dan juga protein yang sangat cukup. Atau kamu juga bisa cari abang tukang bubur kacang ijo. Ini juga termasuk menu makanan untuk diet sehat yang tepat untuk sarapan.

2. Menu Diet untuk Makan Siang

Menu Diet Siang - Diet Sehat

Di siang hari, kamu harus melakukan recharging untuk tubuh kamu yang mulai lelah. Makanan yang sebaiknya kamu konsumsi adalah makanan yang cukup kandungan nutrisi.

Sandwich menjadi pilihan yang terbaik. Kandungan protein dan juga serat di dalam sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh kamu. Atau kamu juga bisa cari makanan lain seperti sup sayuran dan ikan. 

3. Menu Diet untuk Makan Malam

Menu Diet Malam - Diet Sehat

Di malam hari, jangan terlalu banyak makan. Apalagi jika kamu akan langsung tidur. Agar tidur kamu lelap, konsumsilah makanan seperti daging. Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Sup ayam hangat bisa kamu pilih jadi menu makan malam yang sehat. Sesekali kamu juga ganti dengan sup ikan salmon.

Nah, itulah beberapa makanan untuk diet sehat yang bisa kamu tiru. Tentu kamu tidak bisa meniru begitu saja. Kamu bisa modifikasi. Yang jelas, diet itu harus dilakukan dengan cara yang sehat, yaitu dengan memastikan kandungan nutrisi dalam tubuh terjaga. 

Diet Sehat Juga Tetap Boleh Makan Camilan 

Jangan khawatir lapar ketika diet. Kamu harus konsisten untuk menjalankan menu 3 makan sehat setiap hari. Di awal kamu melakukan diet, mungkin kamu belum bisa terbiasa. Kamu mulai merasa lapar di saat jam-jam tertentu, seperti jam 10 pagi atau di jam 4 sore hari.

Jangan sekali-kali kamu makan di waktu yang tidak dijadwalkan untuk makan. Tahan rasa lapar tersebut dengan mengkonsumsi camilan. Tentu saja cemilan yang sehat.

Salah besar jika menganggap diet itu harus dilakukan dengan cara tidak lagi makan camilan. Camilan tetap boleh dikonsumsi. Namun, bukan camilan seperti snack yang mengandung bumbu-bumbu tidak sehat.

Kamu bisa memilih camilan yang sehat seperti kacang, buah, yoghurt. Pastikan juga camilan yang kamu konsumsi setiap hari tidak lebih dari 250 gram.

Itulah menu diet yang bisa kamu terapkan. Semoga pengetahuan kamu tentang diet sudah tidak lagi salah. Siapa saja pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Tapi jangan lupa juga tubuh yang sehat itu wajib. Jangan hanya mengejar tubuh yang ideal tapi mengorbankan kesehatan.

Baca Juga: Aneka Resep Makanan Bahan Dasar Tempe

Sekarang kamu sudah tahu beberapa menu makanan untuk diet sehat. Lakukan secara konsisten. Sempurnakan dengan melakukan olahraga ringan yang harus dilakukan secara rutin. Ini baru disebut dengan diet sehat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *