Resep MasakanInspirasiKesehatan

Resep Makanan Penderita Hipertensi yang Sebaiknya Dikonsumsi

3 Makanan Penderita Hipertensi yang Sebaiknya Dikonsumsi

Ada banyak sekali resep makanan penderita hipertensi. Namun, apakah kamu tahu menu makanan yang signifikan mampu menurunkan darah tinggi? Menu makanan tersebut itu jauh lebih baik daripada terus menerus mengkonsumsi obat hipertensi.

Baca Juga: Tidak Sulit untuk Bisa Tetap Bugar dan Sehat di Usia Senja

Memang tidak salah jika kamu akhirnya harus ke dokter untuk mendapatkan obat. Akan tetapi, apakah kamu akan terus menerus mengalami ketergantungan dengan obat? Tentu saja tidak, bukan? Bahkan dokter sendiri tidak menyarankan untuk terus menerus minum obat.

Itulah mengapa sebaiknya kamu ketahui apa saja resep makanan penderita hipertensi. Karena sangat buruk sekali jika kamu harus terus menerus mengkonsumsi obat. Bahkan, hipertensi bisa semakin parah dan memicu masalah kesehatan lainnya. 

Cara Mengatasi Penderita Hipertensi Menurut Dokter

Ada banyak sekali yang bertanya apakah hipertensi bisa disembuhkan. Jawabannya bisa. Namun, penyakit ini tidak semerta-merta bisa sembuh hanya dengan obat. Bahkan, harus dipahami bahwasanya dokter memberikan obat dengan satu alasan. Yaitu agar hipertensi tidak menjadi masalah yang lebih buruk. 

Kamu harus tahu dokter tidak selalu memberikan resep obat hipertensi kepada pasien. Sebisa mungkin obat tidak diberikan. Akan tetapi, ketika hipertensi berpotensi menyebabkan gangguan jantung, maka obat akan diberikan. Obat bisa menurunkan hipertensi dengan cepat.

Akan tetapi, itu bukan cara yang efektif. Kamu bisa buktikan sendiri bagaimana dokter selalu menyarankan agar pasien mengkonsumsi resep makanan penderita hipertensi. Itu cara yang paling aman dan efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Setelah tekanan darah tinggi sudah turun, apakah itu artinya hipertensi sudah sepenuhnya sembuh? Tidak juga. Bahkan orang sehat juga bisa mengalami hal yang sama. Apalagi orang yang memiliki riwayat darah tinggi.

Pada dasarnya, tekanan darah itu harus dikendalikan. Caranya dengan menjaga pola makan dan juga menerapkan gaya hidup yang sehat. Itu kata kuncinya. Pengendalian, bukan penyembuhan.

Makanya, salah besar jika seseorang yang mengalami hipertensi hanya mengandalkan obat saja. Seharusnya, penderita hipertensi menjadi turning point agar ia menjalankan hidup yang lebih sehat. Setidaknya ini bisa dimulai dengan cara memilih makanan yang sehat untuk penderita diabetes.

Makanan untuk Menurunkan Hipertensi 

Lalu, apa saja makanan untuk penderita hipertensi? Berikut ini 3 makanan yang paling direkomendasikan:

1. Sayuran Hijau

Bayam - Penderita Hipertensi

Setiap orang pasti tahu manfaat sayuran hijau. Bahkan, mereka yang tidak memiliki background pendidikan kesehatan juga tahu serta mempercayai hal ini. Akan tetapi, khusus untuk hipertensi, peran sayuran hijau sangat besar.

Salah satu contohnya adalah bayam. Di dalam bayam, terdapat kandungan berupa kalium. Kandungan inilah yang memiliki peran untuk menurunkan natrium. Pasalnya, natrium ini yang menaikkan tekanan darah. Ketika natrium berhasil diturunkan, maka hipertensi bisa dicegah.

Tentu saja bukan hanya bayam saja yang merupakan resep makanan penderita hipertensi. Ada juga sayuran hijau lainnya seperti brokoli. Yang pasti, di dalam sayuran hijau, terdapat kandungan nutrisi yang menyehatkan pembuluh darah. Inilah yang menurunkan risiko kamu mengalami hipertensi.

2. Ikan Salmon

Ikan Salmon - Penderita Hipertensi

Makanan yang satu ini dikenal dengan kandungan omega 3-nya. Kandungan tersebut sangat bagus untuk otak, terutama otak bayi. Namun, siapa sangka juga omega 3 juga berperan penting untuk mengatasi hipertensi.

Akan tetapi, mengkonsumsi ikan salmon tidak disarankan terlalu sering. Alih-alih sembuh dari hipertensi, justru ada potensi masalah lain. Para ahli kesehatan menyarankan cukup konsumsi ikan salmon sekali dalam satu minggu.

Itu Pun kamu harus pastikan ikan salmon yang kamu konsumsi bebas dari merkuri. Masaklah ikan benar-benar matang. Karena melalui proses memasak itulah yang akan menghilangkan merkuri pada ikan salmon.

3. Wortel

Wortel - Penderita Hipertensi

Wortel tidak hanya bagus untuk kesehatan mata, tapi juga untuk menurunkan darah tinggi. Bagaimana cara kerjanya?

Di dalam wortel, terdapat kandungan penting yang bisa mengatasi masalah hipertensi. Kandungan dimaksud adalah potasium. Setidaknya ada dua peran potasium. Yang pertama, potasium mengatasi masalah ketegangan di pembuluh darah yang menjadi faktor penyebab hipertensi. Yang kedua, potasium juga meningkatkan aliran darah. Dengan cara ini, tekanan darah tinggi bisa teratasi.

Wortel bisa dijadikan bahan untuk sop. Bisa juga wortel dibuat menjadi minuman. Tak jarang juga wortel dimakan mentah. Kamu bisa mengkonsumsi wortel dengan cara yang berbeda. Sesuaikan saja dengan keinginan atau kesukaan kamu.

Tentu saja tidak hanya tiga itu saja yang menjadi resep makanan penderita hipertensi. Akan tetapi, jika kamu ingin lebih mudah mengatasi hipertensi, resep itulah yang bisa kamu coba.

Hal Lain yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Hipertensi tidak hanya bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat dan menu makanan tertentu. Penyakit ini juga harus diatasi dengan melakukan perilaku yang sehat. Salah satunya dengan berolahraga di pagi hari.

Sebenarnya, bukan olahraganya yang paling penting, tetapi bagaimana tubuh mendapatkan sinar matahari pagi. Apakah kamu tahu apa kandungan di dalam sinar matahari di pagi hari? Betul sekali. Vitamin D.

Ternyata, vitamin D ini tidak hanya baik untuk tulang. Vitamin ini juga mempengaruhi produksi hormon renin. Ini merupakan hormon yang menjaga tekanan darah pada ginjal.

Jadi, penting sekali bagi penderita hipertensi untuk sekedar jalan santai di pagi hari. Karena yang sangat dibutuhkan bukan seberapa banyak keringat yang dikeluarkan tapi seberapa banyak vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari pagi.

Menurunkan Darah Tinggi - Penderita Hipertensi

Yang tak kalah penting lagi adalah having quality sleep. Hipertensi itu sangat dipengaruhi oleh stres. Otak yang sering stres mudah sekali memicu gangguan pada tekanan darah. Maka, kuncinya adalah mengendalikan stres.

Cara yang paling mudah untuk mengendalikan stres adalah tidur berkualitas. Kamu tidak perlu tidur terlalu lama. Bahkan, tidur 5 jam tapi berkualitas itu jauh lebih baik daripada tidur 8 jam tapi tidak berkualitas.

Tidur berkualitas itu bisa ditandai seberapa lelah kamu tidur. Karena saat kamu tidur begitu lelap, otak istirahat total. Begitu juga tubuh. Darah akan mengalir lebih lancar dan hipertensi bisa disembuhkan.

Bagaimana cara having quality sleep? Mudah sekali. Sebelum tidur, pastikan kamu mengkonsumsi makanan penderita hipertensi. Kamu sudah tahu ada beberapa resep makanan penderita hipertensi. 

Setelah itu, singkirkan apa saja yang membuat kamu terdistraksi. Misalnya saja TV dan gadget. Matikan dua alat elektronik tersebut. Jangan biasakan membuka sosmed atau menonton TV saat ingin tidur.

Dan yang paling penting, kosongkan pikiran. Lupakan pikiran negatif. Senyumlah saat kamu mau tidur. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan agar saat kamu terlelap, kamu terlelap dalam kondisi yang bahagia. Itu juga yang berpengaruh pada kondisi psikologi. Kamu akan tertidur lelap sekali.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi hipertensi. Jadi, jangan terlalu bergantung pada obat. Jika dokter memberikan obat, cobalah untuk berkonsultasi bagaimana agar kamu tidak lagi harus minum obat.

Baca Juga: Perawatan Memutihkan Badan dengan Hasil yang Sangat Cepat

Pastikan kamu menerapkan gaya hidup yang sehat. Ketahui resep makanan penderita hipertensi dan konsumsilah makanan tersebut. Kamu harus bisa mengendalikan tekanan darah tinggi kamu.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *