Resep MasakanGaya HidupInspirasi

Beberapa Ide Hidangan Berbuka Puasa yang Simple dan Lezat

7 Ide Hidangan Berbuka Puasa yang Simple dan Lezat

Menyiapkan makanan hidangan berbuka puasa tak jarang menyita waktu yang cukup lama, apalagi jika kamu harus memasak banyak menu. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri terutama bagi wanita yang bekerja. Namun, tak perlu khawatir sebab banyak hidangan berbuka puasa yang simple untuk dicoba. 

Baca Juga: Menu Buka Puasa untuk Mengembalikan Berapa Kalori

Tak hanya memerlukan waktu yang singkat, hidangan-hidangan ini juga tak memerlukan bahan yang banyak sehingga Anda tetap bisa meningkatkan skill memasak dengan biaya belanja yang terjangkau. Soal rasa, tidak perlu ditanya sebab meskipun bisa dibuat dengan mudah, rasa dari hidangan-hidangan praktis tak jarang justru akan memanjakan lidah Anda yang sudah seharian tidak menyentuh makanan dan minuman. 

7 Resep Hidangan Simple untuk Hidangan Berbuka Puasa

Berikut ini beberapa resep yang bisa Anda coba buat untuk berbuka puasa, mulai dari makanan pencuci mulut, makanan utama, maupun minuman. 

1. Kolak Pisang

Kolak Pisang - Hidangan Berbuka Puasa

Kolak pisang tentu merupakan hidangan berbuka puasa yang identik dengan bulan Ramadhan. Selain bahan-bahan yang mudah didapat, cara membuat kolak pisang pun terbilang cukup mudah. Sehingga Anda bisa membuatnya sambil memasak hidangan yang lain. 

Untuk membuat hidangan berbuka puasa yang simple ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah pisang kepok. Jumlah bahan pisang yang dipakai bisa disesuaikan dengan jumlah porsi yang akan dihidangkan. Biasanya orang juga suka menambahkan ubi dan buah nangka ke dalam kolak, Anda pun bisa mencobanya jika suka. 

Bahan lain yang harus disiapkan adalah gula pasir, gula merah, air, santan kelapa, serta vanili dan garam secukupnya. Anda hanya perlu merebus ubi dan air terlebih dahulu hingga lunak. Kemudian, masukkan bahan yang lain seperti santan, gula pasir, gula merah, vanili, dan garam. Tambahkan juga selembar daun pandan untuk memberikan aroma harum. 

Terakhir masukkan potongan pisang, aduk sebentar dan tunggu hingga matang dan kolak pun sudah siap untuk dinikmati. 

2. Roti Gulung Pisang

Roti Gulung Pisang - Hidangan Berbuka Puasa

Hidangan berbuka puasa biasanya diawali dengan menyantap hidangan ringan yang manis. Nah, roti gulung pisang adalah pilihan menu yang tepat terlebih jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu berbuka puasa. 

Untuk membuat menu ini Anda memerlukan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan. Sebut saja beberapa lembar roti tawar, pisang tanduk, satu butir telur, margarin, dan bahan isian seperti selai coklat, keju, dan meises.

Untuk membuatnya, pipihkan roti terlebih dahulu dan olesi dengan selai coklat. Letakkan pisang yang telah dikupas di bagian tengah roti. Beri taburan parutan keju dan meses, gulung roti dan rekatkan bagian ujung dengan telur. Goreng roti yang sudah digulung dengan margarin dan roti gulung pisang siap disantap. 

3. Pancake Buah

Pancake Buah - Hidangan Berbuka Puasa

Hidangan berbuka puasa yang simple lainnya yang bisa dicoba adalah pancake buah. Ini bisa menjadi hidangan yang sangat nikmat untuk pencuci mulut. Cara membuatnya pun terbilang mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. 

Siapkan tepung terigu, beberapa butir telur ayam, dan satu liter susu cair untuk membuat kulit pancakenya. Kemudian untuk bagian isiannya, Anda perlu menyiapkan beberapa jenis buah yang Anda sukai dan whipped cream. 

Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah membuat kulitnya. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung terigu, telur ayam, serta susu cair dalam satu wadah dan aduk hingga ketiga bahan tercampur secara merata. 

Panaskan teflon dengan api kecil dan olesi dengan margarin. Tuangkan adonan secara perlahan ke dalam teflon hingga membentuk kulit dadar yang bulat tipis. Tunggu hingga berwarna kuning kecoklatan dan angkat dari teflon, lakukan begitu seterusnya untuk adonan yang tersisa. 

Potong buah ke dalam ukuran yang lebih kecil sesuai selera. Letakkan isian buah pada selembar kulit dan tambahan dengan whipped cream. Lipat kulit pancake sehingga menutupi seluruh isian di dalamnya. Simpan dahulu pancake ke dalam kulkas sehingga bisa disajikan dengan rasa yang lebih nikmat. 

4. Sandwich Telur

Sandwich Telur - Hidangan Berbuka Puasa

Nah, kalau Anda tidak terlalu suka makanan manis untuk hidangan berbuka puasa, Anda bisa mencoba membuat sandwich telur. Menu ini tak hanya merupakan hidangan berbuka puasa yang simple namun juga memiliki rasa yang enak sehingga layak untuk dicoba. 

Siapkan bahan-bahan seperti beberapa lembar roti tawar dan margarin. Untuk isiannya, Anda memerlukan beberapa butir telur, selada, keju, sosis sapi, dan bawang bombay yang telah dicincang. Sementara itu untuk bumbunya, Anda hanya perlu garam dan merica bubuk secukupnya. 

Untuk membuat sandwich ini, kocok dua butir telur lalu masukkan bawang bombay cincang dan sosis ke dalamnya. Lalu, bumbui dengan garam dan merica secukupnya. Panaskan minyak di atas teflon, kemudian tuangkan adonan telur dan masak hingga menjadi orak-arik telur. 

Olesi roti tawar dengan margarin, lalu letakkan daun selada, irisan tomat dan keju di atasnya. Tambahkan orak-arik telur dan tutup dengan lembaran roti tawar yang lain. Rekatkan bagian pinggir lembaran roti dengan telur. Panaskan margarin diatas teflon dan pemanggang roti di wajan sebentar sebelum disajikan. 

5. Tumis Kangkung

Tumis Kangkung - Hidangan Berbuka Puasa

Bingung mau masak apa untuk buka puasa dengan waktu yang singkat, cobalah untuk memasak tumis kangkung. Selain tak membutuhkan proses memasak yang lama, menu ini juga bergizi sehingga cocok untuk mengganti energi yang hilang setelah seharian tidak mengonsumsi makanan. 

Tumis kangkung juga merupakan salah satu hidangan berbuka puasa yang simple namun menjadi favorit banyak orang. Sebelum memasak persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti satu ikat daun kangkung, tomat, minyak goreng dan air secukupnya. Sedangkan untuk bumbu-bumbunya Anda membutuhkan cabai merah, keriting, dan rawit. Ada juga bawang merah, bawang putih, terasi bakar, dan garam secukupnya. 

Untuk memasaknya, panaskan minyak di atas wajan terlebih dahulu. Lalu, tumis bawang merah, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit dan sedikit terasi. Kemudian, tambahkan potongan cabai merah, tomat, gula, dan garam secukupnya. Aduk dan masak kangkung hingga setengah layu. 

Tuangkan air dan masak hingga matang. Aduk hingga bumbu tercampur merata, angkat dan sajikan. 

6. Cumi Saus Tiram

Cumi Saus Tiram - Hidangan Berbuka Puasa

Ide menu utama lain yang simpel bisa dilihat misalnya dengan memasak cumi saus tiram. Cumi-cumi selain menjadi makanan seafood favorit banyak orang, ternyata bisa diolah ke dalam masakan yang sederhana namun memiliki rasa yang sangat lezat. 

Anda pun hanya memerlukan sedikit bahan untuk menyiapkan hidangan yang satu ini. Anda hanya perlu menyediakan cumi basah sesuai selera yang sudah dicuci bersih dan diberi perasan jeruk nipis. Kemudian, siapkan beberapa siung bawang putih dan bawang bombay, saus tiram, minyak goreng dan air secukupnya. 

Untuk membuatnya, potonglah bagian kanan cumi terlebih dahulu namun jangan sampai terputus. Panaskan minyak goreng di atas teflon untuk menumis bawang bombay. Setelah bawang bombay ditumis hingga layu, tambahkan bawang putih dan tumis kembali hingga harum. 

Masukkan cumi, aduk sebentar dan tambahkan saus tiram. Masak dan aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam cumi-cumi. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga matang. Sajikan cumi saus tiram saat masih hangat untuk mendapatkan rasa yang lezat.

7. Jus Kurma

Jus Kurma - Hidangan Berbuka Puasa

Buka puasa rasanya tampaknya kurang lengkap tanpa adanya hidangan yang mampu melepas dahaga. Jus kurma bisa menjadi  hidangan berbuka puasa yang simple sekaligus menyegarkan tenggorokan Anda. 

Nah, mumpung saat bulan Ramadhan Anda selalu menyediakan buah kurma untuk buka puasa. Anda juga bisa memanfaatkan buah ini untuk membuat kudapan lain. Selain buah kurma, siapkanlah madu, susu putih kental manis, dan air es secukupnya.

Hilangkan isi kurma terlebih dahulu. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai semua bahan tercampur dengan rata. Tuangkan jus kurma ke dalam gelas untuk menemani buka puasa Anda. Sangat mudah, bukan? Anda hanya perlu beberapa menit saja untuk membuat minuman yang manis dan bergizi ini. 

Baca Juga: Berpuasa Bagi Penderita Maag, Hindari Melakukan Hal–Hal ini!

Beberapa hidangan berbuka puasa yang simple tersebut bisa menjadi ide yang bagus untuk dicoba jika Anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan menu hidangan berbuka puasa. Selain memerlukan bahan-bahan yang mudah didapat dan gampang dibuat, beberapa hidangan praktis tersebut juga memiliki rasa yang lezat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *