Resep MasakanGaya HidupInspirasiKecantikanKesehatanTren Fashion Terbaru

Menu Makan Diet saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Ini

8 Menu Makan Diet saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Ini

Pasalnya, ia harus tetap menjaga pola makan dan jangan sampai salah memilih menu. Nah, salah satunya adalah dengan memilih menu makan diet saat berpuasa supaya program diet yang sedang dijalankan tetap berjalan dengan lancar. Saat-saat yang paling banyak digemari oleh setiap muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah ketika masuk waktu berbuka. 

Baca Juga: Beberapa Ide Hidangan Berbuka Puasa yang Simple dan Lezat

Ketika adzan maghrib berkumandang, biasanya umat muslim langsung membatalkan puasanya dengan minum terlebih dahulu sebelum nantinya makan makanan berat. Selain itu, terdapat makanan lain seperti takjil dan juga cemilan yang tidak lupa absen saat masuk waktu berbuka di bulan suci Ramadhan. Bahkan, saking ramainya para pemburu makanan seperti takjil, membuat banyak orang berinisiatif untuk berjualan saat masuk bulan puasa. 

Jadi, tidak heran jika bulan puasa tiba maka akan sangat banyak menu makanan yang disediakan oleh para penjual baik yang menetap maupun keliling. Akan tetapi, kondisi ini menjadi godaan tersendiri bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet di bulan puasa. 

Diet saat Berpuasa

Meskipun banyak yang menganggap bahwa menjalankan ibadah puasa itu berarti secara otomatis kita sedang melakukan program diet, tetapi nyatanya hal tersebut tidak berlaku bagi semua orang. Banyak kasus juga yang ketika masuk bulan puasa justru malah menambah berat badan dan merubah penampilan seseorang menjadi lebih gemuk. 

Kenapa bisa demikian? Itu disebabkan karena terdapat beberapa faktor pemicu seperti makan dengan porsi terlalu banyak, sering konsumsi makanan berminyak saat berbuka dan sahur, sering konsumsi makanan instan dan minuman dingin di malam hari, tidak mengontrol cemilan yang dikonsumsi, terlalu banyak tidur, kurang olahraga, dan lain sebagainya. 

Itulah sebabnya terdapat istilah diet saat berpuasa sebab tidak semua orang yang menjalankan ibadah puasa berarti sedang menjalankan program diet. Diet saat berpuasa yang biasanya dipilih banyak orang bernama diet sehat umumnya didukung dengan menu makan diet saat berpuasa. 

Hal tersebut dilakukan supaya kita tidak keluar dari peraturan diet sehat yang sudah lama atau hendak dilaksanakan dan supaya mendapatkan goals atau tujuan yang diinginkan. Kenapa seseorang melakukan diet sehat saat berpuasa? Apa keuntungan diet sehat saat berpuasa?

Keuntungan Diet Sehat saat Berpuasa

Visi misi kehidupan yang dijalankan setiap orang umumnya berbeda-beda. Termasuk tujuan dalam menjalankan program diet sehat. Namun, secara garis besar, diet sehat yang dilakukan seseorang ternyata memiliki keuntungan yang membuat orang tersebut bertekad untuk tetap menjalankannya. 

Salah satunya adalah menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat. Pasalnya, dengan menjalankan program diet, biasanya seseorang akan menjaga pola makan, tidak sembarangan memilih makanan, dan akan senantiasa menjalankan pola hidup sehat lainnya yang tentunya sangat baik untuk tubuh. 

Bukan hanya itu saja, diet saat berpuasa juga biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin memiliki berat badan ideal atau ingin menjaga berat badannya yang sudah ideal supaya tidak goyah serta masih banyak keuntungan lainnya yang mereka tuju saat menjalankan program diet ini. 

Itulah sebabnya banyak yang menjaga menu makan diet saat berpuasa supaya apa yang mereka inginkan dari program diet bisa tercapai. 

Pertanyaannya adalah, sudahkah kamu tahu apa saja menu makanan diet yang sebaiknya dipilih saat berpuasa? Untuk menjalankan program diet dengan segudang manfaat seperti yang sudah disebutkan, maka sebaiknya kamu juga mengetahui menu yang harus dikonsumsi sebagai berikut.

8 Menu makan diet saat berpuasa

1. Nasi merah

Nasi Merah - Diet Saat Berpuasa

Nasi merah dikenal sebagai salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi seseorang saat menjalankan diet disebabkan nasi merah adalah jenis nasi yang rendah kalori.

Dibandingkan dengan nasi putih yang dikenal sebagai jenis nasi dengan kandungan kalori tinggi, nasi merah juga dikenal sebagai jenis nasi yang dapat membuat seseorang cepat kenyang namun tidak mudah lapar setelah mengkonsumsinya. 

Bahkan, nasi merah juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi nasi merah, seseorang juga akan terhindar dari makan yang berlebihan saat bulan puasa.

2. Salad buah

Salad Buah - Diet Saat Berpuasa

Menu makan diet saat berpuasa selanjutnya adalah salad buah. Salad buah merupakan menu buka puasa istimewa yang sangat wajib untuk dihidangkan. Selain enak dan menyehatkan, salad buah juga dikenal sebagai menu yang mampu menyegarkan tubuh seseorang yang mengkonsumsinya.

Nah, kandungan serat yang ada pada buah di dalam salad ini dikenal sebagai salah satu penyebab kenapa seseorang bisa kenyang lebih lama ketika dirinya mengkonsumsi salad buah. 

Bahkan, terdapat penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi buah memiliki risiko obesitas yang kecil dibandingkan dengan seseorang yang jarang mengkonsumsi buah. Itulah sebabnya salad buah bagus dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

3. Ikan tuna

Ikan Tuna - Diet Saat Berpuasa

Jika kamu mencari makanan lain yang rendah kalori untuk diolah menjadi lauk, makan ikan tuna adalah jawabannya. Selain rendah kalori, ikan tuna juga dikenal sebagai salah satu menu diet yang kaya akan protein sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai menu makanan para pejuang diet di bulan puasa. 

Nah, dalam pengolahannya sendiri, dapat dilakukan dengan cara dipanggang supaya meminimalisir penggunaan minyak. Atau, bisa juga mengolahnya menggunakan minyak zaitun yang sudah terbukti lebih sehat dibandingkan dengan minyak sawi.

4. Kurma

Kurma - Diet Saat Berpuasa

Dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka atau sahur, maka seseorang akan merasakan kenyang lebih lama. Hal tersebut dikarenakan menu makan diet saat berpuasa bernama kurma ini kaya akan serat. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam buah kurma juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, perlu diingat juga bahwa tingginya kandungan gula dan kalori yang ada di dalamnya, membuat kita hanya direkomendasikan mengonsumsi maksimal tiga buah kurma saja saat berbuka atau sahur demi mendapatkan manfaat kurma secara maksimal.

5. Roti gandum

Roti Gandum - Diet Saat Berpuasa

Seperti halnya roti biasa, roti gandum juga memiliki kemampuan untuk mengenyangkan seseorang dari rasa lapar. Akan tetapi, berbeda dengan roti lainnya, bahwa roti gandum memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. 

Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya juga dapat membuat seseorang menjadi kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa dan saat sahur. Sebab, dengan kenyang lebih lama, seseorang akan terhindar juga dari kebiasaan makan dengan porsi berlebihan yang memicu naiknya berat badan secara signifikan.

6. Kentang tumbuk

Kentang Tumbuk - Diet Saat Berpuasa

Menu makan diet saat berpuasa selanjutnya adalah kentang tumbuk. Kita bisa mengganti menu nasi dengan kentang jika memang ingin diet sehat yang dijalankan saat berpuasa memiliki peluang besar untuk berhasil. Kadar kalori, karbohidrat, dan lemak yang rendah, pada kentang membuat bahan makanan satu ini sangat baik untuk dimanfaatkan seseorang yang hendak mengontrol berat badannya.

Kandungan serat yang terdapat pada kentang juga bisa membuat seseorang menjadi lebih tahan dengan godaan banyaknya menu berbuka puasa sebab dirinya akan menjadi mudah kenyang sehingga bisa meminimalisir kebiasaan konsumsi makanan terlalu banyak.

7. Daging yang tidak mengandung lemak

Daging Tanpa Lemak - Diet Saat Berpuasa

Untuk menunjang kebutuhan protein seseorang yang sedang menjalankan program diet, maka menu lain yang harus ditambahkan dalam daftar belanja adalah daging. Daging yang dipilih bisa berupa daging sapi. 

Dengan catatan, tidak mengandung lemak dan dikonsumsi secukupnya sehingga manfaatnya dapat diserap dengan maksimal. Selain itu, dalam pengolahannya juga perlu diperhatikan. Jangan sampai justru malah bisa menjadi pemicu gagalnya program diet yang sedang dijalankan. 

Oleh sebab itu, usahakan mengolah bahan makanan satu ini dengan cara dipanggang atau dengan digoreng menggunakan minyak zaitun secukupnya saja. Hal tersebut guna menghindari masuknya lemak jahat ke dalam tubuh.

8. Sayuran

Sayuran - Diet Saat Berpuasa

Menu makan diet saat berpuasa selanjutnya adalah sayuran. Sayuran dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan serat dan vitamin. Oleh sebab itu, ketika kamu sedang menjalankan program diet saat berpuasa, maka perbanyak konsumsi sayuran saat berbuka dan sahur sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dan tentunya tidak akan mudah lapar sehingga terhindar dari porsi makanan yang terlalu banyak.

Baca Juga: Menu Buka Puasa untuk Mengembalikan Berapa Kalori

Nah, itulah beberapa menu makan diet saat berpuasa yang sangat mudah untuk didapatkan di sekitar kita sehingga sangat direkomendasikan untuk tidak dilewatkan. Semoga bermanfaat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *