Resep MasakanGaya HidupInspirasi

6 Resep Makanan Anak Kos dengan Rice Cooker Mudah dan Bergizi

Ada stigma di mana masakan makanan anak kos itu kurang bergizi. Padahal, tidak juga. Apalagi sekarang sudah ada resep makanan anak kos dengan rice cooker. Selain mudah, menu masakan ini juga sangat bergizi.

Baca Juga: Alat Musik Aneh dan Jarang Orang Bisa Menguasai

Sudah seharusnya stigma kurang baik mengenai makanan anak kos itu harus dihilangkan. Sebagai anak kos, kamu tidak harus selalu makan mie instan setiap hari. Harus ada alternatif makanan sehat.

Kamu tidak perlu khawatir dengan harga atau biaya. Makanan bergizi tidak harus mahal lho. Apalagi makanan tersebut bisa kamu masak sendiri. Jelas tidak akan membuat kantong kamu bolong.

6 Resep Masakan Bergizi Makanan Anak Kos dengan Rice Cooker 

Berikut ini 5 resep makanan anak kos dengan rice cooker yang bisa kamu coba masak sekarang juga. Apa saja itu?

1. Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan - Makanan Anak Kos

Sebenarnya, nasi ayam Hainan ini makanan khas Singapura. Banyaknya orang Indonesia yang tinggal atau melancong ke Singapura sangat mengenal makanan yang satu ini. Setelah pulang ke Indonesia, banyak dari mereka yang membuat sendiri di rumah. Rasanya yang gurih menjadi daya tariknya.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri di kamar kos. Kamu tidak perlu dapur yang besar. Cukup siapkan rice cooker dan beberapa bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Bawang Putih
  • Jahe
  • Garam
  • Kaldu ayam
  • Beras

Setelah bahan-bahan tersebut siap, kamu perlu bersihkan bahan yang perlu dibersihkan terlebih dahulu. Misalnya saja beras, bawang putih, dan jahe. Kupas dua siung bawang putih. Ambil jahe sedikit lalu kupas. 

Jika sudah siap, tinggal colokkan rice cooker ke sumber listrik. Masukkan air dan beras layaknya kamu menanak nasi. Setelah air mulai panas, masukkan semua bahan-bahan tersebut di atas. Masak hingga air habis. Itu tanda nasi ayam Hainan sudah matang dan siap untuk dihidangkan. 

2. Sarden Rice Cooker

Sarden Rice Cooker - Makanan Anak Kos

Sekarang, sudah ada sarden kaleng. Namun, kamu harus memasaknya terlebih dahulu dengan cara menggoreng. Kalau tidak ada penggorengan, kamu bisa gunakan rice cooker saja.

Agar sarden lebih enak, ada beberapa hal yang perlu kamu tambahkan, seperti gula, saus sambal, tomat dan sedikit bawang putih. Jadi, buka kaleng sarden lalu tuangkan ke dalam rice cooker. Pencet tombol cook. Sambil menunggu rice cooker panas, tambahkan tomat, sambal saus, dan gula serta bawang putih. Aduk hingga rata.

Namun, sebelum kamu memasak sarden, sebaiknya kamu gunakan dulu rice cooker untuk menanak nasi ya. Jadi, setelah sarden sudah siap, nasi juga sudah siap untuk dimakan.

3. Sop Ayam

Sop Ayam - Makanan Anak Kos

Kandungan dalam menu makanan yang satu ini sangat baik untuk tubuh. Terutama protein di dalam daging ayam. Dan siapa bilang sup ayam hanya untuk orang-orang yang sudah mapan. Anak kos juga bisa membuat sup ayam sendiri dengan biaya yang ringan.

Yang diperlukan hanya ayam. Agar lebih lezat, kamu juga bisa membeli wortel sedikit saja. Sementara itu, bumbu yang dibutuhkan adalah banyak sekali. Tapi, tidak perlu khawatir. Sekarang kan sudah ada bumbu sachet sop ayam. Kamu tidak perlu membeli bumbu satu persatu lalu menghaluskannya. 

Masukkan air ke dalam rice cooker. Biarkan mendidih. Lalu, kamu bisa mulai memasukkan ayam ke dalamnya. Rebus hingga daging ayam benar-benar empuk. Baru kemudian kamu masukkan wortel dan juga bumbu sop ayam instannya. Mudah, bukan?

4. Kari Ayam

Kari Ayam - Makanan Anak Kos

Kari ayam memang termasuk makanan yang cukup ribet untuk dimasak sendiri. Bahkan, tidak semua ibu bisa memasak masakan yang satu ini. Akan tetapi, untuk makanan anak kos yang ingin makan kari yang sedikit lebih enak, mereka bisa membuatnya sendiri di kamar kos. Ini juga termasuk resep makanan anak kos dengan rice cooker yang mudah dibuat lho.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya, seperti ayam, bumbu kari, merica, jinten, dan santan. Jika bahan sudah siap, proses memasak bisa mulai dilakukan.

Masukkan air dan daging ayam yang sudah dipotong dadu ke dalam rice cooker. Setelah itu, tekan tombol cook untuk mulai memasak. Setelah air mulai mendidih, masukkan bumbu dan juga bahan-bahan tersebut di atas. Tutup rice cooker dan tunggu hingga masakan matang. Tambahkan sedikit garam dan gula. Jika sudah matang, kari siap untuk dihidangkan.

5. Spaghetti Bolognaise

Spaghetti Bolognaise - Makanan Anak Kos

Mau makan makanan mewah di kos? Bisa sekali. Resep makanan anak kos dengan rice cooker yang satu ini ala Italia, yaitu Spaghetti. Caranya mudah sekali.

Kamu harus siapkan bahan utamanya, seperti bumbu spaghetti instan yang bisa kamu beli di minimarket terdekat, 100 gr spaghetti, daging cincang, bawang Bombay, garam, minyak goreng, dan keju. Jika bahan-bahan sudah siap, saatnya mulai memasak.

Pertama-tama, kamu harus rebus spaghetti dengan menggunakan rice cooker. Ketika sudah matang, angkat dan tiriskan. Agar spaghetti memiliki tekstur yang kenyal, bilas dengan air dingin.

Selanjutnya, bersihkan rice cooker karena rice cooker akan digunakan lagi untuk memasak bumbunya. Setelah rice cooker bersih, masukkan minyak lalu tekan tombol cook. Ketika minyak sudah mulai panas, masukkan bawang Bombay yang sudah diiris sesuai selera. Tumis hingga keluar aroma harum.

Lalu, masukkan daging cincang. Aduk hingga rata. Masukkan juga bumbu spaghetti instan dan tunggu hingga semua matang.

Setelah selesai, tuangkan bumbu ke atas spaghetti yang sudah kamu siapkan ke atas piring. Spaghetti ala makanan anak kos-kosan siap disantap.

6. Jasuke

Jasuke - Makanan Anak Kos

Menu makanan tidak harus berupa nasi. Ada kok sumber karbohidrat lainnya selain nasi. Misalnya saja jagung. Tapi, kali ini kamu tidak membuat nasi jagung biasa.

Namanya Jasuke. Ini singkatan dari jagung susu keju. Jadi, bahan utamanya berupa tiga bahan tersebut. 

Bagaimana cara membuatnya? Pertama-tama, masukkan air secukupnya ke dalam rice cooker. Tekan tombol Cook dan tunggu hingga air mendidih. Setelah air mendidih, masukkan jagung ke dalamnya. Tambahkan sedikit gula agar jagung terasa manis. Kecuali jika kamu sudah menggunakan jagung manis. Kamu tidak perlu lagi menambahkan gula. 

Jika jagung sudah empuk, angkat dan tiriskan. Masukkan ke dalam wadah, entah itu gelas atau mangkok. Tambahkan susu kental manis diatasnya serta parutan keju secukupnya. Jasuke siap untuk kamu jadikan menu sarapan di pagi hari.

Itulah beberapa resep makanan anak kos dengan rice cooker yang bisa kamu coba masak sendiri di kos-kosan. Makanan yang enak dan lezat tidak harus mahal. Makanan tersebut juga tidak selalu susah dimasak sendiri.

Baca Juga: Kenali Lebih Jelas Tentang Gejala Awal Diabetes

Alangkah lebih baik jika kamu gunakan uang bulanan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi. Karena ini jauh lebih hemat dibandingkan kamu sakit dan harus berobat. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati? Jika prinsip ini juga yang kamu yakini, maka tidak salah kalau mulai sekarang kamu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Mulailah dengan mencoba resep makanan anak kos dengan rice cooker seperti yang sudah dijelaskan di atas.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *