TravelingGaya HidupWisata

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman – Travelling adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dengan melakukannya, kita bisa menyegarkan pikiran, badan serta sejenak keluar dari penatnya aktivitas sehari-hari. Namun, sebelum perjalanan berlangsung, penting bagi kamu untuk melakukan persiapan travelling. Supaya pada pelaksanaannya nanti, semua berjalan sesuai rencana dan tentunya menyenangkan. 

Baca Juga: Inilah Berbagai Rekomendasi Wisata Lombok Harus Kamu Tahu

Persiapan Travelling yang Harus Kamu Tahu

Jadi, apa saja persiapan travelling yang sebaiknya kita lakukan sebelum keberangkatan? Ini dia:

1. Riset Kota Tujuan Liburan 

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Sebelum berangkat, pasti kita telah menentukan kota atau tempat tujuan. Baiknya, langkah persiapan travelling yang pertama adalah dengan melakukan riset mengenai lokasi tujuan dan kemana saja kita akan berkunjung. Misal, jika kamu akan pergi ke Kota Bandung, mulailah cari informasi mengenai wisata, kuliner, penginapan dan lain sebagainya beserta biaya yang dibutuhkan. 

Informasi tersebut bisa kamu dapatkan dengan mencari tahu di internet, maupun lewat kerabat yang tinggal disana. Bahkan, ada pula beberapa komunitas atau forum bagi traveller yang biasa berbagi cerita.

Selain lokasi wisata maupun penginapan, kita pun bisa mencari informasi mengenai event yang akan atau sedang berlangsung di tempat tujuan. Karena berkunjung ke event khusus, terutama yang khas di daerah tersebut akan membawa kesan dan pengalaman tersendiri yang tak akan terlupakan.

2. Pastikan Sudah Booking Penginapan

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Setelah melakukan riset, tentu kita sudah mengetahui tujuan dari keberangkatan nanti, kemudian pilihlah penginapan di daerah yang strategis atau kamu rasa lokasinya dekat dengan tempat tujuan utama. Setelah itu, lakukanlah booking mulai dari alat transportasi yang digunakan serta penginapan. Tujuannya, untuk memastikan persiapan travelling kita berjalan baik dan menghindari tiket yang terjual habis.

3. Siapkan Barang-Barang Bawaan

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Persiapan travelling berikutnya adalah packing. Jangan sampai ada barang yang tertinggal, terutama tiket ataupun bukti booking baik transport ataupun penginapan. Kalau kedua hal tersebut lupa, bisa-bisa perjalanan menjadi terganggu atau bahkan kacau. Selanjutnya, siapkan barang-barang pendukung aktivitas kamu di tempat tujuan, seperti:

  • Pakaian dan Sepatu/Sandal Cadangan

Untuk perjalanan travelling terutama dalam waktu yang cukup lama, tentu pakaian menjadi item penting yang harus disiapkan. Bawalah sesuai estimasi kebutuhan dan usahakan untuk menatanya dengan rapi pada saat packing.

Jangan lupa juga membawa sepatu atau sandal. Penggunaan sepatu atau alas kaki ini dapat disesuaikan dengan lokasi dan keadaan tempat tujuan kita travelling. Bawa sepatu atau sandal cadangan pun akan berguna saat kita membutuhkannya.

  • Tumbler (Botol Minum)

Pada saat perjalanan nanti, kita pasti akan membutuhkan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dan untuk menghilangkan rasa haus. Supaya memudahkan dan memastikan lebih terjaga kebersihannya, sebaiknya kita membawa tumbler atau tempat minum sendiri.

  • Charger dan Headphone atau Earphone

Charger sekarang sudah menjadi barang penting yang harus kita bawa ketika melakukan perjalanan. Terutama dalam jarak jauh yang berlangsung beberapa hari. Karena ketika gadget, baik handphone maupun kamera kita dalam keadaan lowbat, barang ini tentu menjadi hal yang sangat kita butuhkan. Jangan sampai tertinggal, kalau tak ingin kerepotan nantinya.

Kamu juga bisa membawa earphone atau headphone saat travelling. Benda ini akan menemani kita selama perjalanan untuk menghilangkan kantuk atau rasa bosan. Melakukan perjalanan sambil mendengarkan music akan menjadi suatu hal yang menyenangkan, bahkan bisa menambah gairah saat perjalanan.

  • Skin care/ Makeup/ Sunblock

Perlindungan kulit itu penting, maka tak heran jika skin care atau sunblock masuk ke daftar barang bawaan penting saat persiapan travelling. 

  • Buku/ Jurnal dan Kamera 

Untuk meminimalisir lupa, kita bisa mencatat hal-hal penting, termasuk ide yang didapat ketika di perjalanan. Dan buku jurnal akan membantu kita untuk ‘merekam’ hal-hal tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membawa kamera saat travelling. Ambillah setiap moment yang kita rasakan di sana untuk dikenang atau dibagikan kembali di media sosial nantinya. Dan kamera dapat menjadi alat yang membantu kita untuk mengabadikan perjalanan di tempat tujuan tersebut.

  • Obat-Obatan Pribadi

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penting bagi kita, terutama beberapa orang yang biasa mengkonsumsi obat pribadi sebelum persiapan travelling, untuk tak melupakan barang bawaan ini. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan seperti hand Sanitizer, tissue, dan masker. 

Travelling di masa pandemi tentu kita harus melakukan persiapan ekstra lebih dari biasanya. Termasuk untuk barang-barang ini yang satu ini. Persiapkanlah beberapa masker untuk kita gunakan selama di tempat tujuan agar tetap aman dan meminimalisir resiko terpaparnya virus.

4. Cek Barang Bawaan

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Setelah menyiapkan berbagai hal tersebut, lakukanlah pengecekkan kembali untuk memastikan semua sudah aman dan sesuai. Karena saat ini kita masih harus menetapkan protokol kesehatan secara ketat di masa pandemi ini, siapkanlah masker untuk ganti, tissue basah serta hand sanitizer, pakaian dan alas kaki yang memadai. 

Untuk pakaian sendiri, sebetulnya kita bisa siapkan menyesuaikan dengan cuaca atau suasana disana. Terlebih jika kita travelling dengan anak-anak. Maka persiapannya harus jauh lebih matang. Mulai dari diapers, pakaiannya, alat mandi dan lain sebagainya.

Pastikan kesemuanya susah sesuai dan tak ada yang tertinggal ya. Selain itu, taruhlah barang berdasarkan prioritas kebutuhan atau penggunaannya. Misalkan, tumbler di taruh di tempat/ tas yang paling mudah terjangkau, lalu topi di bagian atas tas dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk semakin memudahkan perjalanan kamu nantinya.

5. Dokumen Identitas Penting

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Kita pasti akan siapkan dokumen penting sebelum perjalanan, seperti misalnya kartu identitas, paspor dan lain sebagainya. Selain itu, untuk antisipasi kita dapat mengirimkan soft file dokumen penting tersebut ke e-mail. Seperti misalnya asuransi, kartu identitas, paspor dan lain sebagainya, karena bisa saja kita akan membutuhkannya.

6. Cek Cuaca

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Seperti yang sudah sempat diulas sebelumnya, untuk menyesuaikan barang bawaan serta pakaian yang dibutuhkan, kita bisa mengecek terlebih dahulu cuaca dari tujuan travelling nantinya. Selain untuk kebutuhan barang bawaan, mengecek cuaca pun bisa berpengaruh pada pilihan tempat yang akan kita kunjungi.

7. Selesaikan Semua Tugas dan Pekerjaan

Poin penting yang harus kita lakukan sebagai bagian dari persiapan travelling adalah menyelesaikan tugas atau pekerjaan terlebih dahulu. Kebayang, kan gimana rasanya pergi travelling dengan tugas yang masih menumpuk? Pasti rasanya kurang nyaman dan kemungkinan kamu masih bisa dihubungi oleh teman sekolah/kantor/kampus untuk menyelesaikannya. Dan kalau sudah begitu, rasanya pasti nggak nyaman banget.

8. Gunakan Petunjuk Arah

Persiapan Travelling yang Harus Dilakukan Agar Seru dan Aman

Saat hendak berkunjung ke suatu tempat, kamu bisa sedikit mempelajari wilayah tersebut dan arah tujuan melalui petunjuk arah. Kini, petunjuk tersebut bisa semakin mudah kita dapatkan melalui aplikasi digital.

Nah, itulah beberapa persiapan travelling yang harus kamu lakukan. Dengan persiapan yang matang, liburan akan menyenangkan dan sesuai rencana. Selain itu, jadikan travelling ini sebagai waktu yang berkualitas. Sebaiknya, kurangi penggunaan gadget untuk hal-hal yang kurang penting. 

Baca Juga: Gaya Pakaian Pria Tahun 80-an Kembali Ngetren di Tahun 2021

Manfaatkanlah untuk memotret momen atau suasana yang bisa dikenang suatu hari nanti. Percayalah, jika kita bisa menikmati waktu travelling tersebut dengan baik, momen yang kita lewati dapat menjadi energi baru bagi diri kita.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Traveling