MusikGaya HidupInspirasi

Manfaat Bernyanyi Bukan Hanya untuk Meredakan Stres Lho

5 Manfaat Bernyanyi Bukan Hanya untuk Meredakan Stres Lho

Sudah banyak sekali yang membahas mengenai bagaimana manfaat bernyanyi untuk mengatasi stres. Namun, apakah itu saja manfaat dari kegiatan yang satu ini? Tentu saja tidak. Ada banyak manfaat bernyanyi.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa Sukses Berwirausaha yang Memulai Bisnis Super

Mungkin kamu seseorang yang merasa tidak pandai bernyanyi. Kamu merasa suara kurang bagus dan fals sehingga enggan menyanyi. Boleh saja kamu beralasan semacam itu. Akan tetapi, setelah kamu tahu beberapa manfaat menyanyi berikut ini, kamu mungkin akan lebih senang untuk bersenandung. Apalagi ada tujuan tertentu yang mana bisa kamu capai dengan cara yang mudah ini. 

5 Manfaat Bernyanyi Melakukan Kegiatan Nyanyi

Ada banyak sekali manfaat bernyanyi selain meredakan stres. Dan 7 manfaat berikut ini yang sering tidak disadari oleh banyak orang. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Imun Tubuh - Manfaat Bernyanyi

Kelihatannya tidak ada kaitan antara menyanyi dan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Namun, ada penjelasan ilmiah mengapa dua hal ini saling berkaitan.

Penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan produksi imunoglobulin A ketika seseorang suka menyanyi. Apa itu immunoglobulin A? Ini merupakan antibodi, yaitu sesuatu yang akan melawan adanya infeksi atau hal yang berbahaya di dalam tubuh.

Mungkin ini juga yang banyak orang tanyakan mengapa orang yang bergembira dengan cara bernyanyi itu tidak mudah sakit. Bukan hanya karena stres bisa diredam tapi juga adanya sistem kekebalan tubuh yang meningkat ketika suka bernyanyi.

Ini pula yang mungkin menjadi alasan mengapa orang-orang yang sudah tua yang sakit-sakitan disarankan untuk mendengarkan musik sekaligus bernyanyi. Karena tidak ada yang lebih baik dari mencegah penyakit selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, sistem kekebalan tubuh juga bisa meningkat dengan melakukan kegiatan manfaat bernyanyi.

Jadi, sudah jelas kan kalau ada hubungan antara manfaat bernyanyi dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh?

2. Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Ngorok - Manfaat Bernyanyi

Apakah kamu suka mendengkur? Atau barangkali ada saudara kamu yang selalu ngorok saat tidur? Jika ya, menyanyi bisa menjadi solusi. Hal ini ada kaitannya dengan otot di rongga tenggorokan. Otot selalu dilatih ketika kamu sedang bernyanyi sehingga otot menjadi lebih kuat.

Dalam hal ini, kamu harus tahu mendengkur itu disebabkan otot-otot melemah. Dan ini sangat wajar. Karena saat kamu tidur, otot lemas, terutama otot tenggorokan. Akibatnya, otot mengganggu sirkulasi udara. Ketika ada udara keluar atau masuk saat kamu bernapas, otot yang lemas akan bergetar. Keluarkan suara dengkuran.

Melatih otot tenggorokan dengan cara bernyanyi akan membuat otot semakin kuat. kebiasaan mendengkur pun akan berkurang atau bahkan hilang.

Jika itu alasannya, sebenarnya tidak hanya menyanyi saja yang bisa mengatasi kebiasaan mendengkur. Ada juga yang lain seperti memainkan alat musik tiup. Sama-sama membuat otot tenggorokan kuat, bukan?

3. Meningkatkan Daya Memori Otak

Meningkatkan Daya Memori Otak- Manfaat Bernyanyi

Selama ini mungkin kamu hanya tahu bahwa memori otak itu terkait dengan nutrisi. Dan nutrisi ini tentu saja berkaitan dengan makanan. Ada makanan tertentu yang membantu menutrisi otak agar bekerja lebih baik.

Namun, siapa sangka jika salah satu manfaat bernyanyi itu untuk meningkatkan kemampuan otak dalam merekam atau menghafal. Mengapa? Ini ada kaitannya dengan stres atau depresi. Ketika seseorang depresi, ia akan sangat sulit mengoptimalkan otak. Bahkan, otak tidak bisa bekerja maksimal sehingga tidak bisa menghafal.

Lihat saja apa yang terjadi pada siswa atau mahasiswa yang stres karena suatu hal. Saat itulah ia tidak bisa belajar dengan baik. Hal ini disebabkan stres atau depresi menguasai otak. Mood menjadi buruk dan otak susah untuk menghafal.

Dan ternyata menyanyi bisa mengatasi mood yang buruk serta meredakan depresi. Inilah cara kerja kebiasaan menyanyi untuk meningkatkan daya memori otak. Jadi, menyanyi bisa mengatasi depresi lalu otak akan lebih optimal untuk bekerja. Sangat masuk akal, bukan?

4. Membuat Mood Bagus

Mood Bagus - Manfaat Bernyanyi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menyanyi akan memperbaiki mood. Karena saat kamu menyanyi, kamu sedang mengekspresikan atau melepaskan beban di dalam diri sendiri. Kamu akan merasa lega setelah semuanya terlupakan melalui nyanyian. Mood yang buruk pun akan tergantikan dengan mood yang baik. 

Jadi, saat mood kamu sedang kurang bagus, kamu tidak perlu pergi kemanapun. Kamu bisa pulang ke rumah dan masuk ke kamar. Putar lagu dan bernyanyilah. Atau kamu bisa ajak teman untuk berkaraoke bersama.

5. Cara Belajar Bahasa Asing yang Efektif

Manfaat Bernyanyi

Apakah kamu sedang mencoba mempelajari Bahasa asing seperti Bahasa Inggris? Lupakan les. Lupakan juga cara-cara yang lain. Tentu saja cara tersebut boleh kamu lakukan. Akan tetapi, jika kamu ingin lebih efektif dalam proses belajar Bahasa Inggris, dengarkan lagu. Lalu nyanyikan. 

Ada dua manfaat yang sekaligus bisa kamu rasakan. Yang pertama, kamu mengerti makna dari setiap lirik lagu. Yang kedua, kamu sekaligus bisa mengucapkan setiap kalimat dalam Bahasa Inggris sesuai dengan suara native speaker. Bukankah yang paling penting dalam belajar Bahasa Asing itu kamu bisa mengucapkan kalimat dengan tepat?

Apalagi jika kamu memilih lagu yang kamu sukai. Kamu tidak akan terasa seperti sedang belajar Bahasa Inggris. Tanpa kamu sadari, pronunciation kamu bagus, kosakata kamu bertambah banyak, dan kamu mulai mahir berbahasa Inggris. 

Nah, itulah beberapa manfaat bernyanyi. Jelas kan bahwa bernyanyi itu tidak hanya untuk mengatasi stres?

Pilih Lagu Sedih atau Lagu Bahagia?

Mungkin kamu juga berpikir mana yang lebih baik antara menyanyikan lagu sedih atau bahagia. Ada yang bilang lebih baik bernyanyi lagu bahagia karena ini akan memberikan efek bahagia. Berbeda dengan lagu mellow yang membuat kamu sedih.

Benarkah demikian? Dalam hal ini, ada perdebatan yang sengit. Ternyata, tidak semua lagu mellow itu bisa membuat seseorang sedih. Atau lagu mellow tidak lantas membuat seseorang semakin dalam terpuruk dalam kesedihan.

Ada satu alasan yang kuat. Manfaat bernyanyi itu berekspresi. Dengan mengekspresikan perasaan, maka perasaan akan lega. Dan kesedihan akan hilang kemudian tergantikan dengan kebahagiaan. Inilah yang menjadi alasan mengapa kurang tepat jika menganggap lagu mellow itu kurang bagus.

Kamu bisa memilih lagu apa saja. Yang terpenting, kamu harus ikut bernyanyi agar kamu mendapatkan manfaat bernyanyi. Sesuaikan juga dengan tujuan kamu. Jika kamu ingin menguasai Bahasa Inggris, tentu saja kamu harus lebih sering menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

Pilih juga lagu yang paling kamu sukai. Apapun aliran musik yang kamu pilih, pastikan kamu menyukainya. Karena dengan cara ini, akan ada semangat bagi kamu untuk mulai membiasakan bernyanyi.

Baca Juga: Pentingnya Menentukan Ide Membuat Startup Sebelum Eksekusi

Jadi, sudah tahu kan apa saja manfaat bernyanyi? Ini terlihat kegiatan sepele. Namun, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan sepele ini. Semoga setelah kamu tahu manfaat-manfaat tersebut, kamu akan lebih termotivasi untuk bernyanyi. Jangan terlalu pedulikan dengan suara kamu yang kurang bagus. Suara yang bagus hanya sebagai syarat bagi penyanyi profesional. Untuk kamu, cukup bernyanyi saja dan dapatkan manfaatnya untuk diri sendiri.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Musik