MusikGaya HidupInspirasi

Genre Musik Populer Di Indonesia Beserta Ciri Khasnya

7 Genre Musik Populer Di Indonesia Beserta Ciri Khasnya

Mendengarkan musik sudah menjadi hiburan tersendiri di tanah air. Keberadaan pementasan musik biasanya dipadati oleh penikmatnya. Namun dari sekian banyaknya jenis, tentu ada beberapa genre musik populer di Indonesia. Nah, tahukah Kamu mengenai genre yang paling diminati di tanah air?

Baca Juga: Penyebab Keputihan Berlebihan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Kecanggihan teknologi membuat pemasaran konten genre musik lebih cepat meluas. Pemusik yang mendalami genre tertentu tidak segan untuk menawarkan kontennya. Tak pelak jika penyebaran musik tersebut cukup cepat hingga penjuru dunia.

Di tanah air sendiri, terdapat beberapa genre yang sudah dinikmati oleh masyarakat.

Di antara yang Genre Musik terpopuler adalah sebagai berikut ini.

Dangdut

Genre Musik Dangdut

Tidak ada yang menampik bahwa dangdut menjadi salah satu genre musik populer di Indonesia. Jenis ini memiliki ciri khas pada alunan suara kendang dan suling. Paduan alat musik tersebut membuat iramanya cukup menggugah pendengarnya agar bergoyang.

Dahulu, penikmatnya hanya sebatas masyarakat umum. Tetapi seiring perkembangan zaman, musik dangdut nyatanya bisa dinikmati oleh setiap kalangan. Tentunya, peminatnya sangat besar seperti dicontohkan dengan ramainya kunjungan ketika konser berlangsung.

Dangdut sendiri juga sudah mengikuti zaman. Iramanya sedikit berubah tetapi tidak melepaskan ciri utamanya. Perubahan ini dikenal dengan sebutan dangdut Koplo.

Penamaan ini merujuk pada kondisi di mana pendengar terasa lebih rileks dan melayang ketika mendengarkan genre musiknya. Pendengarnya merasa terbawa oleh suasana. Yakni tubuhnya secara otomatis bergerak mengikut iramanya.

Menariknya lagi, genre musik yang membumi di tanah air nyatanya sudah didengar ke kancah Internasional. Bahkan, cukup banyak orang luar yang mulai mempelajarinya. Malahan, sangat tertarik dengan alunan nada hingga hafal tentang lirik lagunya.

Ini tentu saja sedikit memberi gambaran bahwa dangdut menjadi musik rakyat yang mendunia. Jadi, Kamu seharusnya berbangga lantaran memiliki musik sendiri yang diminati oleh masyarakat hingga penjuru dunia.

Pop

Genre Musik Pop

Sama seperti dangdut, musik Pop tidak ada matinya. Peminatnya sangat besar. Bahkan terus bertambah setiap tahunnya.

Ciri khasnya adalah melodinya sangat mudah dicerna. Sementara lirik lagunya biasanya lebih sederhana. Bahkan, terkadang liriknya seputar isu yang sedang tren di masyarakat.

Keunikan genre ini adalah cukup mudah dikombinasikan dengan genre lain. Kombinasi ini membuat musik tersebut lebih mudah diterima. Makanya, jenis tersebut lebih cepat populer hingga ke penjuru dunia.

Di tanah air sendiri, genre ini juga banyak peminatnya. Cukup banyak penyanyi atau band musik yang mengambil aliran tersebut. Salah satunya ialah Noah yang memiliki fanbase cukup besar.

Lagu-lagunya banyak yang populer. Apalagi didukung dengan penampilan yang luar biasa dari penyanyinya. Sontak, band tersebut menjadi salah satu yang terbaik dan sering ditunggu oleh penggemarnya.

Rock

Genre Musik Rock

Genre musik populer di Indonesia yang punya penggemar luar biasa ialah Rock. Aliran musik ini pernah berjaya di masa lampau. Terlebih cukup banyak lahirnya band kenamaan seperti Jamrud.

Musik ini mampu menyajikan irama yang mengentak. Ciri khasnya adalah alunan nadanya yang naik turun. Kemudian, Instrumen Gitar tampaknya lebih menonjol.

Awalnya, genre musik tersebut dikenal pada era tahun 50an. Setelah itu mengalami perkembangan pesat di tahun berikutnya. Hingga akhirnya dikenal luas pada era 70-90an.

Karir pemusik yang mengambil aliran ini juga sangat menjanjikan. Dunia tampaknya dihebohkan dengan nadanya yang cukup keras. Apalagi ditonjolkan dengan performa penyanyi yang sangat energik.

Kombinasi ini membuat masyarakat kagum. Bahkan, alunan iramanya sangat dirindukan hingga saat ini. Contohnya ialah masih banyak masyarakat modern yang suka menyenandungkan lagu dari band rock seperti Gun N Roses atau semacamnya.

Melayu

Genre Musik Melayu

Masyarakat tanah air yang besar di tahun 90an tentu tidak asing dengan irama melayu. Musik jenis ini sangat diminati. Bahkan, berbagai media penyiaran hampir selalu mendendangkan lagu khas melayu.

Ciri utamanya adalah alunannya disematkan cengkok atau meliuk. Syairnya berupa kalimat sajak yang identik dengan karya sastra. Bahkan, mengandung pesan moral sehingga pantas jika banyak orang yang menyukainya.

Sejauh ini, musik tersebut masih banyak dicari oleh penikmat musik. Terlebih bagi masyarakat yang pernah mendengarkan merdunya suara penyanyi melayu. Karena, iramanya sangat merdu dan memberikan kesan menenangkan.

Reggae

Genre Musik Reggae

Kebebasan, merupakan sebuah ungkapan yang mencirikan genre musik Reggae. Betapa tidak, jenis ini meluapkan ekspresi tentang hidup bebas tanpa beban.

Alunan iramanya sangat santai. Memberikan kesan ketenangan yang mendalam. Bahkan, memunculkan kesan hidup yang lebih bebas.

Ciri khasnya terletak pada temponya yang lambat. Kemudian, musik ini memiliki ketukan dengan ritme khusus. Alat yang digunakan adalah Djembe yang merupakan alat perkusi dari tanah Afrika.

Tentu saja, ada instrumen pendukung lain yang digunakan. Mulai dari gitar, keyboard, drum dan lain sebagainya.

Menariknya, genre musik populer di Indonesia ini memiliki alunan nada yang mirip di tiap negara. Jadi, Kamu akan langsung mengenali jenis musiknya ketika iramanya terdengar.

Tema yang diambil dalam lagunya meliputi kebebasan, politik, sosial hingga percintaan. Masing-masing ditawarkan dengan lirik sederhana namun dilantunkan dengan cara yang menyenangkan.

Biasanya, pemusik yang mengambil aliran ini akan menggunakan atribut khusus. Topi warna-warni, pakaian agak longgar serta rambut gimbal. Itu sudah menjadi ciri khas dari penganut aliran reggae.

Campursari

Genre Musik Campursari

Campursari merupakan genre musik tradisional dari Jawa. Jenis tersebut mengacu pada beberapa genre kontemporer di tanah air. Menghasilkan irama khas yang notabenenya memainkan alat musik tradisional seperti gamelan.

Jenis ini mulai populer pada tahun 80an. Setelah mengalami perkembangan dengan banyaknya instrumen yang digunakan, Campursari menuai perhatian dari berbagai kalangan.

Salah satu yang mempopulerkan genre musik ini adalah Manthous dan Didi Kempot. Nama terakhir malahan mendapatkan apresiasi tinggi di mata masyarakat.

Pada era 2000an, penampilan dari Didi Kempot sangat ditunggu. Selain disebabkan lirik lagunya yang mudah dicerna, penampilan khasnya yang kalem dan ramah menjadi daya tarik tersendiri.

Masyarakat perkotaan yang notabenenya kurang memahami bahasa Jawa pun bisa mendendangkan lagu tersebut. Bahkan, masyarakat dari luar negeri pun ada yang menyukai lagu serta iramanya.

Jazz

Genre Musik Jazz

Genre ini dikenal dengan sajian yang elegan nan berkelas. Iramanya lambat dengan permainan instrumen yang menawan.

Kebanyakan, jenis ini disukai oleh beberapa kalangan saja. Namun, bukan berarti bahwa genre musik tersebut tidak populer.

Terbukti dengan pementasan musik tersebut yang selalu dipenuhi dengan penggemar. Bahkan ketika konser dilakukan dalam ruang tertutup.

Di Indonesia sendiri, musik ini masuk pada tahun 1930 an. Beberapa nama pernah tenar lantaran membawa musik tersebut. Sebut saja Indra Lesmana dan Mus Mujiono.

Saat ini, musik ini hadir secara eksklusif. Biasanya, penggemarnya akan mendengarkannya sebagai lagu kenangan di masa lampau. Tentu saja, kesan yang didapatkan ialah lebih santun dan elegan.

Baca Juga: Resep Makanan Anak Kos dengan Rice Cooker Mudah dan Bergizi

Itulah beberapa genre musik populer di Indonesia. Dari sebagian jenis musik, Dangdut tentu menjadi yang terbaik. Hingga sekarang, genre ini ditawarkan sebagai hiburan murah namun syarat akan keceriaan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Musik