Musik

Selain Didi Kempot, Ini Dia Deretan Penyanyi Lagu Jawa Kondang

Selain Didi Kempot, Ini 5 Deretan Penyanyi Lagu Jawa Kondang

Didi Kempot sudah meninggal. Akan tetapi, lagu-lagunya masih selalu terdengar. Karya beliau terus dinyanyikan oleh para fans. Di sisi lain, terus bermunculan para penyanyi lagu jawa selain Didi Kempot.

Baca Juga: Mau Tahu Rumus Sukses ala Bob Sadino? Pelajari Sekarang Juga

Lagu jawa kini semakin diterima. Ini berkat Didi Kempot yang terus menciptakan lagu. Hingga akhirnya beberapa lagunya hits. Orang tidak lagi menganggap remeh atau rendah lagu jawa.

Saat di puncak karier, Didi Kempot dipanggil yang maha kuasa. Namun, lagu jawa justru semakin diterima. Semakin banyak penyanyi lagu jawa bermunculan.

Jadi, mereka para penyanyi yang menyanyikan lagu jawa pasti berterima kasih dengan Didi Kempot. Karena beliaulah yang membuat lagu jawa atau campursari naik level. Ini tidak lagi dianggap sebagai genre musik yang rendah.  

5 Penyanyi Lagu Jawa Kondang Didi Kempot

Lalu, siapa saja penyanyi jawa yang kondang setelah sepeninggalan Didi Kempot? Berikut ini 5 penyanyi yang kondang dengan lagu jawanya:

1. Denny Caknan

Deny Caknan - Didi Kempot

Siapa yang tidak tahu Denny Caknan. Bahkan, mereka yang awalnya tidak tahu atau tidak suka campursari akhirnya tahu lagu Caknan yang berjudul Kartonyono Medot Janji. Ini lagu yang booming yang pertama diciptakan.

Ada banyak sekali orang yang mengcover lagu tersebut. Bukan hanya dari kalangan musisi jawa dan campursari, melainkan juga dari genre lain. Beberapa musisi mengcover dengan genre yang berbeda.

Setelah berhasil dengan lagu Kartonyono Medot Janji, pria dari Jawa Timur terus berkarya. Karya berikutnya yang juga booming adalah Los Dol, Satru, dan Sugeng Dalu.

Sebenarnya, Denny Caknan ini sudah terkenal sebelum Didi Kempot meninggal dunia. Lagu Kartonyono Medot Janji menjadi lagu populer selain lain ciptaan Didi Kempot seperti Cidro. Bahkan, beberapa pengamat musik mengatakan Denny Caknan bisa menjadi The Godfather selanjutnya penerus Didi Kempot.

Mungkin terlalu berlebihan jika membandingkan Didi Kempot dengan Caknan. Pasalnya, Caknan ini penyanyi lagu jawa baru. Baru beberapa karya saja berhasil diciptakan. Sementara itu, Didi Kempot sudah menghasilkan ratusan karya. Ada yang sudah dirilis. Ada juga yang belum.

2. Woro Widowati

Woro Widowati - Didi Kempot

Siapa yang tidak kenal Woro Widowati. Memang ia bukan penyanyi yang membawakan lagu sendiri. Ia lebih dikenal sebagai penyanyi cover. Namanya melambung tinggi setelah ia mengcover beberapa lagu hits. Salah satunya lagu milik Didi Kempot.

Beberapa lagu jawa juga terkenal setelah dicover oleh Woro. Misalnya saja Sebatas Teman yang aslinya dinyanyikan oleh Guyonwaton. Lagu ini memang sudah terkenal. Namun, lagu ini semakin terkenal setelah dinyanyikan atau dicover oleh Woro.

Begitu juga dengan lagu miliki Happy Asmara. Pernah di satu ketika Woro dan Happy Asmara akhirnya berduet bareng. Lagu Happy dinyanyikan oleh Woro dan mendapatkan lebih banyak perhatian dari pecinta campursari.

3. Happy Asmara

Happy Asmara - Didi Kempot

Ini juga salah satu penyanyi lagu jawa dari Jawa Timur. Ia terkena dari beberapa lagu, terutama yang berjudul Dalan Liyane. Sekarang, ia sudah menelurkan lebih banyak lagi karya, seperti Wes Tatas dan yang paling ngehits Apa Itu Cinta.

Penyanyi wanita ini kini menjalin asmara dengan Denny Caknan. Mungkin mereka berdualah pasangan yang sama-sama menjadi penyanyi jawa. 

Sebenarnya, Happy Asmara sudah menjadi penyanyi saat masih kecil. Hanya saja, namanya tidak terlalu terkenal. Ketika ia dewasa, namanya baru muncul di permukaan. Dan boomingnya ketika ia melantunkan lagu Dalan Liyane.

Selain menyanyikan lagu sendiri, ia juga beberapa kali mengcover lagu milik penyanyi lainnya. Misalnya saja Cidro 2 milik Didi Kempot.

4. Nella Kharisma

Nella Kharisma - Didi Kempot

Sebelum ada nama Denny Caknan, Woro, dan Happy Asmara, nama Nella Kharisma sudah melejit tinggi. Ia juga lebih sering dikenal sebagai penyanyi cover.

Sekarang, ia sudah memiliki beberapa lagu sendiri. Awalnya, ia terkenal sebagai penyanyi panggung. Tidak hanya membawakan lagu campursari, ia juga menyanyikan lagu dangdut.

Saat ini, Nella Kharisma menjadi istri dari Dory Harsa yang tidak lain adalah penabuh kendang Didi Kempot. Wanita asli Surakarta awalnya dikabarkan menjadi seorang istri dari penabung kendang bernama Cak Malik. Beberapa kali Nella tertangkap kamera mencium tangan Cak Malik sebelum manggung. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa mereka berdua adalah pasangan suami istri.

Tidak ada konfirmasi dari kedua belah pihak. Yang pasti, Nella menikah dengan Dory. Sementara itu, Cak Malik memiliki istri bernama Yuli Ana.

5. Via Vallen

Via Vallen - Didi Kempot

Pesaing terberat Nella adalah Via Vallen. Keduanya muncul di dunia entertainment secara bersamaan. Jadi, popularitas mereka berdua bareng-barang menanjak kala itu.

Akan tetapi, keduanya memiliki jalan sendiri. Nella terkenal dari panggung ke panggung. Sementara itu, Via Vallen sudah masuk TV. Bahkan, Via Vallen didapuk menjadi penyanyi official song untuk Asian Game yang begitu terkenal.

Selain menyanyikan lagu sendiri, Via Vallen juga sering mengcover lagu. Yang banyak menyita perhatian adalah ketika ia mengcover lagu milik SID yang tidak direstui oleh drummer SID.

Itulah lima penyanyi lagu jawa yang kondang saat ini. Bukan tidak mungkin akan banyak lagi berdatangan penyanyi lainnya. Pasalnya, lagu campursari kini semakin booming. Tidak hanya di kalangan orang Jawa tapi juga orang dari daerah lain. 

Mengapa Lagu Campursari Diterima Masyarakat?

Campursari merupakan salah satu lagu asli Indonesia. Tepatnya ini lagu berasal dari Jawa. Jadi, ini bisa dikatakan lagu daerah.

Namun, tidak seperti lagu daerah lainnya. Campursari diterima masyarakat secara luas. Bahkan, mereka yang bukan orang Jawa pun suka dengan lagu campursari. Pertanyaannya adalah bagaimana ini bisa terjadi?

Tentu setiap orang punya alasan sendiri. Namun, satu alasan yang pasti. Lagu-lagu campursari sangat dekat dengan masyarakat. Lagu Jawa mampu merepresentasikan perasaan kebanyakan orang. Apalagi lirik-liriknya begitu dalam karena diksi Bahasa Jawa memang sangat dalam. Terutama untuk menggambarkan perasaan sedih. Lagu Jawa sangat bisa merepresentasikan perasaan tersebut.

Di sisi lain, lagu Jawa itu unik. Seperti halnya lagu Didi Kempot. Kebanyakan lagu yang beliau ciptakan itu lagu sedih. Hanya saja, justru orang yang mendengarkan merasa semangat. Itulah yang membuat para fans disebut dengan Sobat Ambyar. Yaitu orang yang sedang sedih tapi kesedihan tersebut tidak boleh membuat mereka larut. Ada satu kutipan menarik. Jika sakit hati, ayo dijogeti. 

Makanya, saat mendendangkan lagu sedih Didi Kempot, penonton justru joget atau menari seolah melupakan kesedihan meskipun lagunya bertemakan kesedihan.

Selain itu, musik campursari juga enak. Enak didengar dan juga enak untuk dipakai untuk berjoget. Ada ketipung yang membuat seseorang sulit untuk tidak ikut joget.

Baca Juga: Wanita Hamil Tapi Haid? Ini Dia 7 Penjelasan Medisnya

Apakah kamu punya alasan lain? Jika kamu pecinta lagu jawa, mungkin kamu memiliki alasan lain. Yang pasti, semakin banyak orang yang suka lagu jawa. Semakin banyak juga penyanyi lagu jawa bermunculan di masa yang akan datang. Semoga saja kualitas lagu Bahasa Jawa semakin baik lagi. Lirik semakin kuat dan lagu Jawa semakin diterima oleh masyarakat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Musik