MusikGaya HidupInspirasi

Waspada, Inilah Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur!

Waspada, Inilah 2 Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur!

Bahaya mendengarkan musik saat tidur nyatanya cukup mengkhawatirkan. Sayangnya, sebagian orang belum menyadarinya. Alhasil, terjadilah masalah kesehatan yang tidak diharapkan.

Baca Juga: Resep Makanan Eropa Yang Mudah Dibuat Dengan Rasa Nikmat

Risiko bahaya mendengarkan musik ini berlaku bagi siapa saja yang mengenakan earphone sewaktu memutar musik. Pasalnya, perlengkapan ini tidak memungkinkan adanya sirkulasi udara.

Sebaliknya orang yang tidak menggunakannya, kegiatan tersebut dinilai bermanfaat. Tentunya, seseorang juga harus membatasinya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan menunjukkan sisi manfaat dan bahaya mendengarkan musik. Selain itu, Kami bagikan tentang waktu terbaik untuk memutar musik. Untuk selengkapnya, mari perhatikan ulasannya berikut ini.

Manfaat Mendengarkan Musik Menjelang Tidur

Manfaat Mendengarkan Musik Menjelang Tidur - Bahaya Mendengarkan Musik

Sebenarnya, mendengarkan alunan musik sebelum tidur cukup membantu seseorang. Kegiatan ini syarat akan manfaat. Hanya saja, seseorang perlu mengaturnya agar tidak melewati batas.

Ketika dilakukan secara benar, manfaatnya sangat luar biasa. Betapa tidak, musik bisa menjadi sarana untuk relaksasi otak. Relaksasi sendiri dibutuhkan setelah Kamu bekerja keras di siang hari.

Ketegangan yang terjadi sehabis aktivitas akan mengendur. Efeknya menjadi lebih santai dan tenang. Pada akhirnya, seseorang dapat istirahat secara maksimal.

Kemudian, musik yang menenangkan dapat membantu seseorang dalam mencegah gangguan tidur. Gangguan ini paling sering muncul pada orang dewasa. Karena, kesibukan terkadang menimbulkan tekanan yang mana terbawa hingga ke rumah.

Contoh gangguan tidur adalah insomnia. Penyebabnya bisa berasal dari mana saja. Mulai dari banyaknya pikiran hingga meminum minuman yang berkafein. Pasalnya, dua hal ini biasanya melekat pada diri orang dewasa.

Beruntungnya, Kamu bisa menenangkannya dengan memutar lagu. Alasannya, alunan nadanya yang lambat membuatmu lebih nyaman. Irama ini pastinya akan dicermati oleh otak. Ketika iramanya tenang, ketegangan otak akibat tekanan akan mengendur. Pada akhirnya, seseorang mampu melepaskan diri dari stres yang nantinya memudahkannya untuk tidur lebih pulas.

Menariknya, kualitas tidur akan didapatkan. Ini dibuktikan dengan lebih bugarnya seseorang ketika bangun dari tidurnya. Dengan begitu, seseorang akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja atau Pendidikan.

Risiko Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur

Perlu digaris bawahi bahwa pemanfaatan musik secara berlebihan bisa menimbulkan risiko. Terdapat bahaya mendengarkan musik saat tidur yang cukup riskan. Kamu seharusnya lebih peka dan sebisa mungkin menghindarinya. Di antara bahayanya adalah sebagai berikut.

1. Kerusakan Telinga Secara Permanen

Gangguan Pendengaran - Bahaya Mendengarkan Musik

Ancaman cukup nyata berhubungan dengan indra pendengaran. Ini disebabkan oleh penggunaan earphone berlebihan saat istirahat.

Awalnya, fungsi pendengaran akan menurun. Penyebab utamanya adalah terlalu kerasnya volume musik yang diputar. Dan ini berlaku dalam penggunaan earphone.

Ketika volumenya terlalu keras, sel rambut dalam telinga tidak dapat bekerja secara maksimal. Akibatnya, fungsinya sebagai pembersih akan hilang dan menyebabkan turunnya fungsi pendengaran.

Kemudian, infeksi pada indra tersebut juga sangat memungkinkan. Hal ini berawal dari memadatnya kotoran lantaran tidak adanya sirkulasi udara di dalamnya.

Bahaya mendengarkan musik ini yang menyebabkan memadatnya kotoran membuat bakteri atau kuman tinggal dengan nyaman. Ketika dibiarkan, kuman inilah yang mengakibatkan munculnya infeksi. Biasanya, seseorang akan merasakan nyeri atau telinganya berdengung cukup lama.

Sedangkan bahaya mendengarkan musik paling fatal adalah terjadinya kerusakan indera pendengaran secara permanen. Penyebabnya adalah organ tersebut sudah tidak kuat lagi menahan getaran atau suara yang kencang dalam durasi yang lama.

Permasalahan ini biasanya dialami oleh remaja dan anak muda. Karena para remaja inilah yang lebih sering melakukan kesalahan tersebut.

2. Kerusakan Sel Otak

Sel Otak - Bahaya Mendengarkan Musik

Sudah semestinya Kamu menyadari bahaya mendengarkan musik saat tidur sejak dini. Ada kalanya, Kamu perlu membatasi atau pun menghentikannya untuk sementara waktu.

Alasannya, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada sel otak. Jika ini terjadi, penanganannya akan lebih serius. Bahkan, Kamu perlu pengobatan yang memakan biaya cukup besar.

Permasalahan bahaya mendengarkan musik ini dilatarbelakangi oleh penggunaan earphone yang berlebihan. Penggunaannya untuk mendengar lagu memaksa otak untuk terus bekerja. Padahal, otak butuh istirahat setelah bekerja selama sehari penuh.

Selain itu, hantaran elektromagnetik yang berlangsung terus menerus menjadi pemicu yang utama. Untuk itulah, Kamu perlu membalasnya agar kerusakan sel ini tidak pernah terjadi dalam dirimu.

Waktu Terbaik untuk Memutar Musik

mendengarkan musik menjelang tidur - Bahaya Mendengarkan Musik

Irama lagu dapat menjadi penghantar tidur yang cukup menenangkan. Hal ini membuat sebagian orang ketagihan. Bahkan terlanjur menjadi kebiasaan di tiap malamnya.

Untuk bisa menikmatinya tanpa khawatir dari bahaya mendengarkan musik saat tidur ini, Kamu harusnya lebih cerdas dalam menentukan waktunya. Setidaknya, pengaturan ini bisa sedikit membantu.

Pengaturan pertama ialah dengan hanya memutar musik beberapa menit menjelang tidur. Waktu ini termasuk ideal. Karena, otak bisa difokuskan sekaligus ditenangkan dari berbagai tekanan rutinitas harian.

Tidak masalah jika Kamu menggunakan earphone. Penggunaannya masih bisa ditolerir. Asalkan, Kamu memanfaatkannya beberapa menit sebelum akhirnya tidur. Jika sudah sangat mengantuk, sebaiknya matikan playlist lagu.

Sementara pengaturan kedua, berikan jeda beberapa menit setelah memutar lagu menggunakan earphone. Misalnya Kamu memutarnya 30 menitan, maka lepaskan dulu earphone di telinga sekitar 10 menit.

Jeda ini membuat indra pendengaran tidak terbebani. Sirkulasi udara akan lebih lancar. Pada akhirnya, bagian dalam organ tersebut tidak kesulitan dalam menjalankan fungsinya.

Kemudian yang ketiga adalah memastikan volumenya dalam ambang wajar. Sebaliknya, minimalkan penggunaan musik yang terlalu keras. Karena meskipun sebentar, telinga bagian dalam terpaksa menahan getaran.

Intinya, manfaatkan musik secara bijak. Dan jika ingin dimaksimalkan untuk mendukung kualitas istirahat, usahakan untuk memutarnya beberapa menit menjelang tidur tiba.

Jenis Musik Pengantar Tidur Terbaik

musik pengantar tidur - Bahaya Mendengarkan Musik

Sebagian orang terkadang butuh teman untuk menghantarkan tidurnya. Semasa kecil, mendengarkan dongeng tampaknya sering dilakukan. Tetapi ketika dewasa, tidak ada yang mau menceritakannya. Makanya, alternatif untuk mengantarnya ialah dengan mendengarkan lagu.

Dari sebagian genre musik, Kamu bisa menentukan salah satunya. Opsi terbaiknya ialah memutar lagu klasik.

Genre ini memiliki ciri khas beat yang lambat. Begitu pula, nadanya lebih ringan. Hal inilah yang membuat otak lebih tenang.

Musik seperti ini seakan membuat suasananya lebih hening. Kamu akan teringat oleh suasana haru. Tak pelak jika tekanan dalam hidup terasa lebih ringan sehingga Kamu lebih mudah untuk terlelap.

Sementara alternatifnya, Kamu bisa mendengarkan musik Jazz. Jenis ini juga cocok untuk diputar manakala Kamu sudah berada di tempat tidur.

Iramanya sangat menenangkan. Iramanya membuat detak jantung lebih stabil. Pada akhirnya, Kamu bisa terhanyut dalam suasana yang tenang serta nyaman.

Setelah terasa mengantuk, matikan perangkat untuk memutar musik. Jauhkan dari tempat tidur. Dan istirahatlah sebagaimana mestinya. Maka, Kamu akan merasakan nyenyaknya tidur sehingga Kamu bisa bangun dalam keadaan segar.

Baca Juga: Orang Yang Tepat Mendengarkan Musik Saat Belajar

Kesimpulannya, pemutaran musik bisa memberi manfaat dan bahaya. Tergantung pada bagaimana Kamu dalam menyikapinya. Jika Kamu bisa menggunakannya secara bijak, Kamu bisa terhindar dari bahaya mendengarkan musik saat tidur yang cukup pelik.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Musik