MusikGaya HidupInspirasi

Pahami Dulu Aturan Cover Lagu Sebelum Upload di Channel Youtube

Sekarang ini, banyak sekali penyanyi yang terkenal setelah melakukan cover lagu yang kemudian di upload di channel Youtube. Namun, ada juga yang tersandung masalah hukum. Hal ini disebabkan ada aspek hukum ketika seseorang mengcover lagu.

Baca Juga: Resep Makanan Bahan Dasar Tempe yang Beda dari Biasanya

Tidak hanya aspek hukum. Ini juga ada kaitannya dengan aspek moral dan juga bisnis. Karena bagaimanapun juga, penyanyi asli itu menyanyi karena profesionalitasnya sebagai penyanyi. Dan ia harus dibayar. Di sisi lain, ini kurang baik dalam hal etika jika ada orang yang mengcover lagu milik orang lain tanpa ijin. Ini sama seperti meminjam barang tanpa permisi.

Sudah banyak sekali penyanyi cover yang akhirnya berakhir di meja hukum. Mereka terkena denda administrasi. 

Jika kamu juga suka melakukan cover lagu, ada baiknya kamu pahami aspek hukum mengenai hal ini. Mengapa? Karena ini bisa menjadi cara untuk mewaspadai hal-hal buruk yang mungkin bisa menimpa kamu. 

Aturan Hukuman cover Lagu

Hukuman Cover Lagu

Ada yang disebut dengan hak cipta. Sama seperti penulis yang menulis buku. Ketika buku diterbitkan, ada hak cipta yang ia miliki. Begitu juga dengan pencipta lagu dan juga penyanyi. Dengan adanya hak cipta, orang lain tidak bisa seenaknya sendiri menggandakan lagu atau menggandakan buku jika kasusnya terkait dengan penulis buku.

Hak cipta ini sudah diundang-undangkan. Tujuannya agar melindungi karya dari seorang musisi. Jadi, ketika lagu sudah diciptakan dan sudah didaftarkan hak ciptanya, maka lagu tersebut milik sang musisi. Orang lain tidak bisa menggunakan seenaknya sendiri. Apalagi lagu dicover lalu di upload di Youtube dan menghasilkan banyak uang. Jelas ini melanggar hukum. Ujung-ujungnya bisa perdata atau bahkan pidana.

Nah, agar kamu tidak terkena masalah hukum, setidaknya dua hal yang harus kamu lakukan. Yang pertama, mencantumkan nama penyanyi asli. Akan lebih baik juga jika kamu juga cantumkan nama pecinta lagunya.

Namun, itu tidak cukup. Ada yang lebih penting lagi, yaitu meminta izin atau yang sering disebut dengan lisensi. Dengan mendapatkan lisensi, kamu sudah mendapatkan izin untuk melakukan cover lagu. Apalagi jika kamu ingin monetisasi channel Youtube kamu dengan adsense atau dengan yang lainnya. Jelas sekali lisensi harus kamu dapatkan terlebih dahulu.

Dalam hal ini, ada dua jenis lisensi yang harus kamu pahami.

  1. Lisensi atas Hak Mekanikal 
  2. Lisensi Mengumumkan 

Yang dimaksud dengan lisensi atas hak mekanikal adalah lisensi untuk menggandakan dan merekam komposisi lagu. Sementara itu, yang dimaksud dengan lisensi mengumumkan atau performing rights adalah izin untuk menyanyikan sebuah lagu. 

Lantas, berapa harga yang harus disiapkan untuk mendapatkan lisensi semacam itu? Sebenarnya, bukan harga yang harus diberikan tapi royalti. Sama seperti ketika ada yang menyanyikan lagu di sebuah panggung yang sifatnya komersial. Maka penyanyi dan juga pencipta lagu berhak mendapatkan royalti sebesar 2%.

Namun, bagaimana dengan lagu yang dicover di Youtube? Ini sudah ada aturan tersendiri yang dibuat oleh Youtube.

Tips Mengcover Lagu di Youtube

Kamu sudah mengetahui aturan legal formal mengenai cara cover lagu. Dan jika kamu ingin upload lagu yang kamu cover di channel Youtube, berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan:

1. Dapatkan Lisensi

Dapatkan Lisensi - Cover Lagu

Ini hal pertama yang wajib kamu lakukan, yaitu mendapatkan lisensi dari penyanyi atau pencipta lagu. 

Apakah itu artinya kamu harus menghubungi penyanyi asli atau pencipta lagu? Itu salah satu caranya. Akan tetapi, sekarang kebanyakan semua masalah terkait dengan bisnis lagu itu diserahkan pada pihak ketiga, yaitu publisher. Jadi, kamu tinggal menghubungi publisher yang memproduksi lagu.

Setiap publisher menetapkan aturan tersendiri terkait dengan bagaimana cara agar mendapatkan lisensi. Jadi, tidak ada aturan baku. Hanya saja, aturannya hampir sama. Yang beda biasanya nominal atau persentase royalti. 

2. Tuliskan Data yang Dibutuhkan

Data Yang Dibutuhkan - Cover Lagu

Sudah mendapatkan lisensi? Jika sudah, kamu bisa lebih tenang untuk cover lagu. Namun, ketika kamu mengupload, pastikan kamu menuliskan di bagian deskripsi mengenai pernyataan bahwa ini lagu cover dan sudah mendapatkan izin. 

Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah untuk melakukan banding ketika Youtube nyemprit channel kamu karena kamu cover lagu. Kamu bisa dengan percaya diri mengatakan bahwa kamu sudah mendapatkan lisensi.

Pernyataan ini juga penting untuk menghadapi para netizen. Sekarang ini, netizen sudah mulai cerdas. Mereka sering usil jika ada yang cover lagu dan terkenal. Mereka sering meninggalkan komentar sini di channel seperti “sudah dapat lisensi belum?” dan sebagainya. Karena kamu sudah membuat pernyataan di kolom deskripsi, tidak akan ada netizen yang usil seperti itu.

3. Jangan Mengubah Lirik

Tidak Mengubah Lirik - Cover Lagu

Saat kamu melakukan cover lagu, boleh saja kamu melakukan improvisasi. Misalnya saja kamu ubah sedikit nada dan cengkok agar sesuai dengan karakter suara kamu. Itu sangat diperbolehkan. Asalkan tidak ada keluhan dari penyanyi atau pencipta lagu. Karena ada juga pencipta dan penyanyi yang tidak mau lagunya diubah terlalu ekstrem.

Yang pasti, jangan mengubah lirik. Ini hal yang sama sekali tidak diperbolehkan. Sekalipun itu hanya satu kata saja, sebaiknya jangan.

Jika kamu ingin mengubah lirik, ada baiknya kamu minta izin ke pencipta lagu. Seperti yang dilakukan oleh Erix Soekamti yang mengubah lagu Didi Kempot yang berbahasa Jawa menjadi Bahasa Indonesia. Sebelum mengubah dan meng cover, ijin dari Didi Kempot harus didapatkan terlebih dahulu.

4. Lakukan Monetisasi sesuai Aturan

Monetisasi Sesuai Aturan - Cover Lagu

Sekalipun kamu sudah mendapatkan lisensi, belum tentu kamu bisa monetisasi di Youtube. Karena ada aturan lainnya dari Youtube yang kamu harus ikuti. 

Nah, karena kamu mengupload di Youtube, Youtube sudah memiliki sistem di mana pembayaran royalti akan secara langsung dikirimkan kepada pencipta lagu atau perwakilannya. Namun, kamu harus pastikan dulu cover lagu kamu di approve. Dan itu artinya kamu harus pastikan semua aturan dan Youtube sudah terpenuhi.

5. Pastikan Rekaman Bagus

Rekaman - Cover Lagu

Percuma saja jika kamu sudah mendapatkan lisensi tapi view channel Youtube kamu sedikit. Agar viewnya banyak, suara harus bagus. Itu pasti. Rekaman juga harus bagus. Dalam hal ini, bukan hanya audio tapi juga video. Video Grafisnya juga tak boleh dilupakan. Karena orang tidak hanya mendengarkan lagu tapi juga menonton video.

Nah, itulah beberapa aturan melakukan cover lagu. Ribet? Sebenarnya tidak. Aturan sudah ditetapkan. Kamu hanya perlu mengikutinya saja. Apalagi platform Youtube juga sudah bekerja sama dengan publisher. Jadi, asalkan kamu sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh Youtube, itu artinya kamu sudah tidak lagi mendapatkan masalah hukum.

Baca Juga: Inilah Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur!

Di sisi lain, kamu juga tidak boleh puas ketika cover lagu kamu terkenal. Anggap saja ini menjadi satu tangga kesuksesan kamu di dunia tarik suara. Bagaimanapun juga, kamu tidak boleh terus menerus jadi pengcover lagu. Suatu saat ini, kamu harus menyanyikan lagu sendiri.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Musik