MusikGaya HidupInspirasi

5 Alat Musik Aneh dan Jarang Orang Bisa Menguasai

5 Alat Musik Aneh dan Jarang Orang Bisa Menguasai

Kalau kamu suka sekali bermain alat musik, mungkin kamu akan merasa lebih tertantang jika bisa memainkan alat musik aneh. Instrumennya memang susah untuk ditemukan. Bahkan, beberapa alat musik yang aneh tersebut harus dipesan dari daerah asal terlebih dahulu.

Baca Juga: Kenali Tentang Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya

Namun, jika kamu mampu menguasai alat musik yang aneh tersebut, kamu bisa membuat musik yang beda. Kamu bisa terkenal lantaran alat musik yang kamu mainkan lain daripada yang lainnya.

5 Alat Musik Aneh yang Ada di Dunia 

Sebenarnya, banyak sekali alat musik yang aneh di dunia. Hanya saja, beberapa alat tersebut tidak terekspos. Setidaknya 5 alat musik berikut ini yang paling aneh dan masih dimainkan oleh para seniman tertentu. Apa saja itu?

1. Nyckelharpa

Nyckelharpa - Alat Musik Aneh

Mungkin nama instrumen yang satu ini asing di telinga. Namun, kamu pasti familiar dengan alat musik bernama harpa, bukan? Sebenarnya, ini mirip dengan harpa yang sekarang lazim dipakai. Hanya saja, bentuknya saja sedikit berbeda. Ada unsur estetik kekunoan pada instrumen yang satu ini

Nyckelharpa berasal dari Swedia. Di sana, masyarakat masih memainkan alat musik yang satu ini, terutama orang-orang yang cinta sekali dengan budaya mereka.

Menurut sejarah, alat musik aneh ini ditemukan pada abad ke 14. Terdapat 16 senar dan 37 kunci. Sampai saat ini, ada sekitar 4 varian nyckelharpa yang masih dimainkan, terutama orang asli Swedia. Setiap varian memiliki jumlah kunci dan juga senar sendiri. Sementara itu, secara umum bentuk dari nyckelharpa sama. 

Ada perbedaan mencolok antara varian nyckelharpa kuno dengan modern. Yang modern, terdapat 3 baris kunci untuk 3 melodi senar dan satu senar bass. Akan tetapi, terkadang ada juga nyckelharpa yang dibuat dari 4 bahkan 5 baris kunci.

Sekarang ini, seniman sering kali memainkan salah satu alat musik aneh ini di acara-acara tertentu. Misalnya saja di perayaan hari kemerdekaan Swedia, di cara budaya, dan event-event khusus lainnya. Beberapa kali alat musik ini dibawa ke atas panggung seniman yang ditonton jutaan orang di seluruh dunia. Hanya saja, sampai saat ini instrumen ini kurang begitu diminati oleh seniman muda. Kebanyakan seniman tua dan dari Swedia saja yang memainkannya.

Hal ini bukan tanpa alasan. Selain susahnya mendapatkan alat musik ini, mereka juga kesulitan untuk memainkannya. Bahkan, harpa biasa saja hanya beberapa gelintir orang yang memainkannya. Tidak seperti alat musik umum seperti gitar, bas, dan drum yang banyak orang yang bisa menguasai.

2. Hydraulophone

Hydraulophone - Alat Musik Aneh

Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak ini jelas alat musik aneh di dunia. Kebanyakan alat musik justru rusak ketika terkena air. Justru alat ini baru bisa dinaikkan ketika ada airnya. Namanya saja hydraulophone. Sudah bisa dipastikan ada unsur airnya.

Ini merupakan instrumen musik akustik yang harus bersinggungan langsung dengan air. Kalaupun tidak ada air, harus ada cairan tertentu yang harus digunakan. Itulah mengapa ini disebut sebagai instrumen yang bisa dimainkan dengan aliran air.

Bagaimana cara alat ini memproduksi suara? Air akan didorong atau dipompa. Kemudian, ada banyak sekali lubang pada hydraulophone ini. Lubang itulah yang kemudian ditutup dan dibuka dengan menggunakan jari agar memproduksi suara tertentu.

Satu alat musik aneh ini tidak hanya bisa dimainkan oleh satu orang. Satu alat bisa dimainkan oleh dua orang. Ini seperti piano di mana satu alat musik bisa dimainkan dua pemain. 

Meskipun ini alat musik yang kuno dan aneh, beberapa universitas membuka kelas musik khususnya mempelajari hydraulophone ini. Beberapa perhelatan musik juga menampilkan seniman yang memainkan musik dengan alat yang satu ini.

Tertarik untuk memainkan alat yang ada airnya ini?

3. Didgeridoo

Didgeridoo - Alat Musik Aneh

Ini merupakan instrumen angin. Pasalnya, instrumen ini bisa dimainkan dengan cara ditiup. Persis seperti seruling atau terompet. Hanya saja, bentuknya panjang sekali. Panjangnya bisa mencapai dua meter lebih. Ini merupakan alat musik aneh suku Aborigin di Australia.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, suku ini sudah hampir punah. Generasi sekarang pun kurang begitu memperhatikan budaya mereka, terutama alat musik yang menjadi bagian dari budaya. 

Cara memainkan Didgeridoo ini mirip seperti bagaimana memainkan terompet. Kamu harus meniupnya lalu menggetarkan lidah agar memproduksi suara. Orang aborigin menggunakan teknik bernafas yang khusus agar bisa memproduksi suara secara terus menerus.

Menurut penelitian, dengan mempelajari salah satu alat musik aneh yang satu ini, seseorang bisa mengurangi kebiasaan mendengkur saat tidur. Hal ini disebabkan saat memainkan alat musik aneh ini, otot di sekitar saluran pernafasan dilatih sehingga lebih kuat. Inilah yang membuat efek mendengkur bisa dikurangi.

4. Lur

Lur - Alat Musik Aneh

Instrumen yang satu ini dianggap sebagai terompet panjang tanpa lubang jari. Bentuknya bisa lurus panjang dan bisa juga melengkung. Hanya saja, kebanyakan bentuk lur itu melengkung seperti huruf U. Karena lur yang melengkung itu lebih mudah untuk dibawa ke mana saja.

Awalnya, lur ini terbuat dari perunggu. Akan tetapi, bahan tersebut semakin kurang diminati. Sekarang, lebih banyak lur yang terbuat dari kayu. Selain lebih ringan untuk dibawa, bahan kayu juga jauh lebih terjangkau harganya. Harga lur pun tidak terlalu mahal.

Alat musik yang satu ini paling mudah didapatkan di Norwegia, Denmark, dan Jerman. Swedia juga termasuk negara di mana banyak masyarakat yang masih memainkan alat musik yang satu ini.

5. Harpsichord

Harpsichord - Alat Musik Aneh

Tidak salah jika ini termasuk salah satu alat musik aneh di dunia saat ini. Ukurannya sangat besar. Sekilas, ini seperti terompet raksasa. Instrumen ini dibuat oleh komposer asal Inggris bernama Henry Dagg.

Siapa sangka jika alat ini awalnya ingin dibuat sehingga menjadi patung suara interaktif. Patung rencananya dipasang di sebuah taman. Akan tetapi, patung tersebut mengeluarkan suara yang luar biasa sehingga sering digunakan untuk konser musik di acara-acara besar kala itu.

Alat musik ini terbuat dari baja. Kabarnya, baja yang digunakan tahan terhadap korosi. Dengan memainkan alat ini, seorang komposer bisa membuat keseluruhan musik sendiri. Caranya dengan memasang pin di lubang tertentu sesuai dengan hasil suara yang ingin dikehendaki.

Nah, itulah beberapa alat musik aneh yang ada di dunia saat ini. Beberapa alat musik tersebut masih dimainkan. Hanya saja, hanya beberapa seniman saja yang mampu memainkannya. 

Mungkin kamu berencana membuat musik yang beda atau membuat lagu yang unik. Salah satu alat tersebut bisa kamu gunakan agar masuk di salah satu bagian dari lagu karya kamu.

Baca Juga: Yuk Catat Daftar Makanan yang Bikin Gemuk tapi Sehat

Namun, kamu harus pastikan dulu bahwa kamu menguasai bagaimana cara memainkan alat musik aneh tersebut. Kamu mungkin perlu bertemu dengan seseorang yang memang sudah mahir memainkannya.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Musik