Musik

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia – Musik adalah pilihan terbaik untuk menemani setiap aktivitas yang kita lakukan. Dengan musik suasana bekerja, bersantai, berkumpul dan bercengkrama dengan kerabat dan sahabat juga akan semakin meriah. Musik juga merupakan penghayatan isi hati yang diungkapkan melalui melodi yang indah.

Istilah musik ternyata berasal dari bahasa Yunani yaitu musike atau muse-muse yang berarti sembilan dewa Yunani dibawah dewa Apollo yang melindungi ilmu pengetahuan juga seni. Musik tersebut juga berarti cukup dalam sebagai keindahan yang berasal dari kemurahan hati para dewa dan  diwujudkan menjadi bakat.

Baca juga: Gaya Jas Pernikahan Pengantin Pria Agar Gagah dan Elegan

Namun hal tersebut kemudian juga ditegaskan kembali oleh Pythagoras yaitu bahwa musik bukanlah sekedar dari hadiah berupa bakat para dewa melainkan juga merupakan penerapan dari berbagai teori yang telah banyak dipelajari. Banyak perubahan terjadi apalagi terkait dengan musik kekinian modern saat ini yang semakin kreatif.

Musik juga memiliki unsur tersendiri yang berasal dari kelompok dan secara bersama akan menjadi satu kesatuan juga membentuk suatu lagu atau biasa juga dikenal sebagai komposisi musik. Unsur tersebut tentunya banyak komponen seperti harmoni yang berarti keselarasan bunyi juga gabungan nada yang tinggi rendahnya juga cukup berbeda.

Harmoni ini berupa gabungan nada yang dibunyikan dengan serempak serta berurutan atau biasa disebut arpegio. Kemudian terdapat pula irama yaitu bunyi  dengan bermacam panjang pendek not dan tekanan atau juga aksen pada not. Unsur ini cukup penting untuk merangkai musik kekinian yang sering kita denger.

Irama sebagai ritme berupa susunan panjang pendek nada serta tergantung pada nilai titik nada. Irama adalah rangkaian gerak dasar pada musik, sehingga nada yang diinginkan dapat tercipta dengan baik. Yang ketiga melodi berupa susunan rangkaian nada yang terdengar berurutan untuk mengungkapkan suatu gagasan. Melodi ini digunakan sebagai vokal ini dalam susunan lagu sebagai isian yang kompleks.

Selanjutnya ialah struktur lagu berupa susunan unsur musik pada suatu lagu, sehingga akan menghasilkan komposisi yang bermakna. Lagu ternyata juga baru bisa kita dengarkan saat semua strukturnya telah terbentuk dengan jelas. Struktur lagu memiliki peran yang penting sebagai langkah awal penciptaan karya seni. Adapun tanda tempo yaitu kecepatan saat memainkan lagu dan perubahan pada kecepatan tersebut.

Tanda tempo ini sebenarnya telah dibagi menjadi tiga bagian berupa tempo yang lambat, tempo yang sedang, serta tempo yang cepat. Tempo ini cukup rentan dan menjadi tantangan tersendiri pada musik. Selanjutnya pada musik kekinian juga harus terdapat ekspresi yang berupa suatu ungkapan pikiran juga perasaan yang meliputi tempo, dinamik, serta warna.

Ekspresi tentunya sangat diperlukan pada pementasan sebuah karya musik dan seni. Unsur ekspresi ini perlu dikuasai oleh semua pemain musik, terutama oleh seorang vokalis. Terakhir ialah timbre yang berarti kualitas dari warna bunyi yang sedang diproses. Keberadaan dari timbre ini juga cukup penting dan dipengaruhi dengan sumber bunyi serta cara bergetar dari bunyi tersebut.

Indonesia juga beragam jenis musik yang terkadang diikuti dengan tarian serta pentas tradisional. Musik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup masyarakat, dengan musik kita juga akan merasa lebih nyaman saat beraktivitas. 

Meski kita masing-masing akan memiliki selera tersendiri soal musik, tapi pasti semuanya menyukai lagu dari genre pop. Lagu-lagu tersebut sepertinya juga menjadi genre musik yang paling disukai serta banyak diputar pada aplikasi musik. Beberapa lagu pop Indonesia sebagai musik kekinian berikut juga sempat menapaki chart trending lagu terbaru terpopuler yang banyak didengarkan dan menjadi favorit banyak orang.

Berikut 11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

1. Lagu 365

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Yang dinyanyikan oleh Tiara Andini. Lagu ini menceritakan tentang perasaan mendalam seseorang yang belum bisa move-on dari masa lalunya.

2. Lagu Makna Cinta

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Rizky Febian yang ternyata merupakan lagu penutup dari project triloginya Garis Cinta, setelah dua lagu sebelumnya Cuek juga Mantra Cinta yang telah lebih dulu dirilis.

3. Vidi Aldiano x Prilly Latuconsina – Tak Bisa Bersama.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Alasan Vidi memilih Prilly sebagai teman duetnya di lagu ini ternyata cukup unik yaitu karena Prilly cukup bucin sehingga cocok untuk membawakan lagu tersebut.

4. Fatin – Pelangi dan Hujan.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Mengusung konsep berbeda, fatin memasukkan nuansa kartun Jepang pada lagu terbarunya. Lagu ini bercerita tentang bagaimana indahnya pasangan yang sedang kasmaran.

5. Di Sepertiga Malam – Rey Mbayang.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Lagu ini terinspirasi dari perjalanan cintanya ketika bertemu sang istri. Menurutnya Dinda adalah jawaban dari setiap sujudnya di sepertiga malam. Musik kekinian ini juga langsung menjadi favorit banyak orang karena kisah cinta mereka yang cukup menggemparkan.

6. Salah Tapi Baik – Cakra Khan.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Lagu terbaru dari Cakra Khan ini dirilis pada 18 Desember 2020 lalu dan merupakan single penanda dari sepuluh tahun Cakra Khan berkarya di industri musik tanah air.

7. Tak Lagi Cinta – Ada Band.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Tampil dengan vokalis terbarunya Naga yang dulu juga pernah menjadi vokalis dari Lyla Band, lagu ini membawa warna tersendiri bagi grup musik legend tersebut.

8. Ku Yakin Bahagia – Rey Mbayang ft. Dinda Hauw.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Rey dan Dinda akhirnya merilis lagu duet pertama mereka berjudul Ku Yakin Bahagia.

9. Jika Nanti – Samsons.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Setelah cukup lama vakum di industri musik, akhirnya Samsons juga mengeluarkan album terbaru pada 18 Desember 2020. Single bertajuk V ini baru saja dirilis dan langsung masuk pada jajaran playlist Pop Rising Indonesia di Spotify loh.

10. Terlanjur Benci – The Potters.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Group band The Potters yang sempat populer dengan lagu Keterlaluan sekitar 10 tahun lalu, kali ini mempunyai lagu terbaru yang cukup menyayat hati yaitu Terlanjur Benci.

11. Orang Kedua – The Winner.

11 Daftar Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia

Lagu ini menandai kembalinya The Winner pada  industri musik Indonesia. Seperti kebanyakan lagu The Winner yang lainnya, lagu Orang Kedua tersebut juga diciptakan oleh Posan Tobing.

Industri musik kekinian ternyata juga ikut terdampak pandemi Covid-19. Hal tersebut diselaraskan dari data World Economic Forum yang menunjukkan keuntungan dari industri musik dunia adalah berasal dari 2 jalur utama yaitu pertunjukan, konser serta rekaman juga termasuk streaming, penjualan album, dan lisensi.

Dampak terbesar akibat dari pandemi Covid-19 bagi industri musik ialah berasal dari sisi pertunjukan seperti konser dan lain sebagainya. Koalisi Seni Indonesia mencatat pada Maret 2020 saat corona mulai menyebar di Indonesia, terdapat sekitar 40 konser, tur, dan festival musik yang batal untuk tampil. Banyak agenda musik lain juga terpaksa ditunda dan harus dialihkan menjadi pertunjukan secara online karena tidak boleh ada kerumunan.

Sekian ulasan mengenai daftar musik kekinian yang sedang tren di Indonesia. Dilihat dari sejarahnya, musik ternyata memang cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat kita bahkan sejak dulu. Semoga ulasannya bisa bermanfaat dan menjadi referensi terkait dengan musik kekinian saat ini sedang tren di Indonesia.

Apabila kalian ingin melihat sesuatu yang terbaru dari gadget, kalian bisa lihat di link ini morning.computer

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

1 Comment

  1. […] Baca juga: Musik Kekinian Paling Tren Di Indonesia […]

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Musik