KesehatanGaya HidupInspirasi

Tidak Sulit untuk Bisa Tetap Bugar dan Sehat di Usia Senja

6 Usia Senja Tidak Sulit untuk Bisa Tetap Bugar dan Sehat

Hanya beberapa orang saja yang tetap bugar dan sehat di usia senja. Dan mereka biasanya dari pedesaan. Mereka orang desa yang dari dulu bekerja sebagai petani biasa.

Baca Juga: Perawatan Memutihkan Badan dengan Hasil yang Sangat Cepat

Namun, bagaimana dengan mereka yang tinggal di perkotaan? Tentu tidak bisa digeneralisasi. Akan tetapi, banyak orang kota yang kurang sehat di usia senja. Mereka mungkin pensiunan pegawai atau karyawan yang kemudian sering sakit-sakitan di saat sudah tua.

Padahal, seharusnya tidak ada bedanya antara orang yang tinggal di pedesaan dengan perkotaan, bukan?

Sebenarnya, menjalankan pola hidup sehat itu mudah. Hanya saja, karena tidak terbiasa mulai dari ketika masih muda, maka penerapan ini terasa sangat sulit. Lain hal dengan petani di desa yang sudah menerapkan mulai dari awal meskipun mereka tidak merasa melakukannya. Misalnya saja kebiasaan jalan kaki dari rumah ke sawah, beraktivitas di kebun hingga berkeringat, lalu mengkonsumsi sayuran hijau tanpa pestisida. Ini merupakan pola hidup sehat yang jadi kebiasaan petani di desa.

Bagaimana dengan mereka yang ada di kota? 

6 Kebiasaan Sederhana agar Tetap Sehat di Usia Senja 

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membuat siapa saja tetap sehat di usia senja. Dan kebiasaan ini sangat mudah untuk dilakukan. Apa saja itu?

1. Jaga Pola Makan

Jaga Pola Makan - Usia Senja

Di usia senja, seseorang tidak boleh sembarangan makan. Makan tidak boleh berlebihan. Tidak boleh juga kurang. Kandungan gizi harus seimbang.

Makanya, saat usia sudah tidak lagi muda, dokter selalu menyarankan agar makan cukup. Makan tidak boleh berlebihan. Makan 2x sehari tidak masalah asalkan kandungan nutrisinya seimbang. Sangat disarankan agar makanan yang dikonsumsi variatif. Semakin variatif makanan, kemungkinan besar gizi yang didapatkan. 

Ada beberapa hal yang sangat dianjurkan oleh para dokter agar tetap sehat di usia senja. 

  • Mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat 3 porsi setiap hari
  • Sayuran harus ada setiap hari
  • Daging setidaknya 1 porsi setiap hari
  • Kandungan garam tidak boleh lebih dari 4 sdm setiap hari
  • Air putih 8 gelas tiap hari

Sebaiknya, orang yang sudah di usia senja tidak asal saat makan. Pastikan makan tempat waktu. Karena jika telat, tubuh pasti kekurangan nutrisi. Ini bisa memicu munculnya penyakit.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Kolesterol Tinggi

Makanan kolesterol tinggi - Usia Senja

Selain menjaga keseimbangan pola makan, hindari juga makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Mengapa? Karena tubuh yang tidak lagi muda tidak bisa secara efektif mengolah kolesterol.

Dokter mengatakan kolesterol ini memicu berbagai penyakit kritis, termasuk jantung dan stroke. Apa saja makanan berkolesterol? 

  • Fast food 
  • Jeroan 
  • Kuning Telur

Setidaknya tiga makanan tersebut yang mengandung kolesterol sangat tinggi.

3. Olahraga Teratur

Olahraga Teratur - Usia Senja

Meskipun sudah tua, tubuh harus terus bergerak. Bukan berarti ketika organ tubuh sudah lemah maka tidak perlu bergerak. Semakin tidak bergerak, tubuh akan semakin melemah. 

Dan olahraga untuk mereka yang sudah berada di usia senja tidak perlu yang berat. Cukup pilih yang ringan. Contohnya saja jalan sehat. Lakukan jalan sehat setidaknya 20 hingga 30 menit setiap hari. Itu sudah sangat cukup untuk menguatkan otot serta tulang.

Selain itu, olahraga juga menyehatkan pikiran. Harus dipahami bahwa salah satu faktor sehat di usia senja adalah kondisi pikiran yang baik. Karena saat pikiran sehat, maka organ tubuh juga mendapatkan pengaruh yang positif. Pikiran fresh membuat kehidupan terasa lebih indah. Dan ini memberikan energi positif untuk jiwa dan raga.

Maka dari itu, percuma saja makanan sudah lengkap dan bergizi. Tapi jika pikiran tidak tenang atau bahkan lebih sering stres, kesehatan akan memburuk. 

4. Jaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan - Usia Senja

Menjaga kesehatan tidak hanya cukup dengan cara mengkonsumsi makanan yang baik dan olahraga. Harus ada juga pencegahan terhadap munculnya penyakit.

Orang yang dalam usia senja memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak begitu kuat. Ketika ada kuman, bakteri, atau virus menyerang, tubuh bisa sakit. Oleh sebab itu, harus ada proteksi dari hal buruk tersebut. Bagaimana caranya? Dengan menjaga kebersihan.

Sebelum makan, tangan harus dicuci dengan sabun. Pasalnya, tangan biasanya menjadi sumber bakteri. Begitu juga dengan kesehatan badan lainnya. Dan yang tak kalah penting lagi adalah kebersihan lingkungan. Karena jika lingkungan bersih, maka orang yang tinggal di lingkungan tersebut akan sehat.

5. Istirahat

Istirahat - Usia Senja

Di usia senja, kebanyakan penyakit yang menyerang adalah jantung. Dan untuk menghindari masalah yang satu ini, orang yang sudah lansia harus banyak istirahat. Setidaknya mereka harus tidur dua kali setiap hari, yaitu di siang dan di malam hari.

Harus dipastikan juga tidurnya berkualitas. Tidur harus nyenyak. Karena ini menjadi syarat agar semua organ tubuh juga beristirahat. Jantung tidak bekerja terlalu keras ketika sedang tidur pulas.

6. Coba Kegiatan Baru

Mencoba Kegiatan Baru - Usia Senja

Biasanya, orang yang sudah di masa senja memiliki kekhawatiran. Dan itu bisa mengganggu pikiran. Pikiran akan penuh dengan hal negatif. 

Agar sehat di usia senja, pikiran harus positif. Dengan cara bagaimana? Dengan tidak membiarkan pikiran dipenuhi oleh hal-hal negatif.

Cobalah untuk melakukan hal yang baru. Tentu saja hal baru yang sangat mungkin bisa dilakukan. Misalnya saja membuat karya tertentu. Jika selama masih muda tidak terbiasa menulis, usia senja bisa diisi dengan menulis blog. Kegiatan menulis akan mengaktifkan otak sehingga otak tetap dalam kondisi sehat.

Atau bisa juga membuat makanan ringan, membuat prakarya, dan lain sebagainya. melakukan kegiatan baru membuat seseorang harus belajar. Dan saat proses belajar terjadi, otak aktif. Inilah yang diperlukan.

Mudah, bukan? Siapa saja bisa menerapkan tips sehat di usia senja tersebut di atas. Tentu tidak semua tips harus dilakukan secara bersamaan. Semua bisa dimulai dari hal yang kecil dan mudah terlebih dahulu.

Hal Lain yang Juga Perlu Dilakukan 

Selain menerapkan tips tersebut di atas, penting juga bagi orang yang sudah tua untuk melakukan medical check up. Setidaknya satu kali dalam satu tahun, medical check up secara keseluruhan harus dilakukan. Meskipun tidak ada gejala yang mengkhawatirkan, medical check up bisa dijadikan cara untuk mengantisipasi jika ada potensi berbahaya.

Selain itu, konsultasi dengan dokter keluarga secara berkala juga sangat penting. Saat kondisi tubuh terasa kurang bagus, sebaiknya segera ke dokter untuk melakukan pengecekan. Ini jauh lebih baik daripada membiarkan hal tersebut terjadi meskipun akhirnya sembuh dengan sendirinya. Tidak ada yang tahu jika itu merupakan gejala ringan paling awal yang bisa menjadi pertanda masalah serius lainnya.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Jogja Terbaru yang Layak untuk Kamu Kunjungi

Dengan menerapkan beberapa tips dan anjuran tersebut di atas, tetap bugar dan sehat di usia senja bukan hal yang mustahil. Toh sudah banyak contohnya. Ada kakek-kakek usia 90 an yang masih aktif dan terlihat sangat sehat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan