KesehatanGaya HidupInspirasi

Kenali Lebih Jelas Tentang Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya

Kenali Tentang 4 Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya

Diabetes menjadi penyakit yang paling menakutkan saat ini. Pasalnya, penyakit ini sering tidak disadari. Tiba-tiba saja mereka divonis terkena diabetes. Untuk itu, penting bagi kamu untuk tahu apa saja gejala awal diabetes dan pencegahannya. 

Baca Juga: Yuk Catat Daftar Makanan yang Bikin Gemuk tapi Sehat

Meskipun kamu bukan dokter atau bukan orang yang memiliki background pendidikan kesehatan, kamu juga bisa tahu kok apa gejala awal diabetes. Setidaknya gejala-gejala yang awal muncul tanpa perlu kamu melakukan tes darah di klinik.

Tentu yang bisa memastikan apakah seseorang mengalami diabetes atau tidak itu adalah dokter. Dan itu harus melewati serangkaian tes. Namun, setidaknya kamu sudah tahu apa saja gejala awal diabetes dan pencegahannya. Dengan harapan, kamu sudah melakukan antisipasi terlebih dahulu.

Gejala Awal Diabetes yang Tidak Menyadarinya

Mungkin kamu tidak merasa terkena diabetes. Namun, tidak ada salahnya jika kamu memahami hal-hal terkait dengan penyakit yang satu ini. Setidaknya kamu tahu apa gejala awal diabetes yang sering muncul. 

1. Sering ke Kamar Kecil

Kamar Kecil - Awal Diabetes

Penderita diabetes sering sekali merasa ingin ke kamar kecil untuk buang air kecil. Menurut dokter, hal ini ada kaitannya dengan kadar gula dalam darah. 

Seperti yang kamu sudah pahami, diabetes itu disebabkan kelebihan kadar gula dalam darah. Hal ini bisa dikarenakan konsumsi makanan tertentu yang mengandung banyak gula. 

Ketika kadar gula dalam darah tinggi, tubuh secara otomatis menginstruksikan agar gula tersebut dikeluarkan. Salah satunya melalui urin. Hal inilah yang membuat pasien diabetes itu sering buang air kecil.

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan adalah berapa kali sehari sehingga dikatakan sering buang air kecil. Dalam dunia medis, normalnya orang itu buang air kecil 6-7 kali setiap hari. Jika lebih, sebenarnya ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa ada gejala awal diabetes.

Jadi, seberapa sering kamu buang air kecil setiap hari? Coba perhatikan lagi.

2. Mudah Merasa Haus

Haus - Awal Diabetes

Gejala awal diabetes yang satu ini ada kaitannya dengan yang pertama. Bayangkan jika kamu sering buang air kecil. Cairan di dalam tubuh pasti keluar dalam jumlah yang banyak. Apa akibatnya? Kamu pasti mudah sekali merasa haus. Inilah penjelasan sederhana mengapa penderita diabetes mudah haus.

3. Berat Badan Turun Drastis

Berat Badan Turun - Awal Diabetes

“Bukannya diabetes itu dialami oleh orang dengan berat badan yang tinggi?” Tidak selalu. Dan salah besar jika menganggap orang gemuk itu lebih mudah terkena diabetes. Faktanya, tidak sedikit orang kurus yang ternyata mengidap diabetes.

Di sisi lain, dokter juga memiliki penjelasan mengapa justru orang dengan penyakit diabetes mengalami penurunan berat badan. Di dalam tubuh penderita diabetes, kebutuhan insulin tidak bisa dipenuhi. apa yang terjadi? Glukosa di dalam darah tidak mampu dikonversi menjadi energi.

Secara otomatis, tubuh mencari bahan lain untuk menggantikannya. Karena tetap saja tubuh membutuhkan energi agar kamu bisa beraktivitas. Bahan lain yang dimaksud adalah lemak. Dan jika lemak terus diambil, bisa dibayangkan sendiri tubuh akan menjadi kurus. Berat badan akan turun cukup signifikan.

4. Infeksi Sering Terjadi

Luka - Awal Diabetes

Sebelum membahas tentang gejala awal diabetes yang satu ini, apakah kamu tahu kenapa seseorang mengalami infeksi? Sebenarnya, tubuh itu memiliki sistem sendiri yang mampu menangani masalah seperti luka. Jadi, untuk luka kecil, tubuh bisa mengatasinya sendiri.

Akan tetapi, terkadang proses penyembuhan sendiri tersebut terhambat. Misalnya saja ketika sistem kekebalan tubuh kurang bagus. Dan inilah yang terjadi ketika kadar gula dalam darah tinggi. Sistem kekebalan tubuh menjadi menurun dan ditambah lagi meningkatkan jumlah kuman. Akibatnya, ketika tubuh mengalami luka kecil, mudah sekali luka tersebut menjadi infeksi.

Itulah mengapa penderita diabetes harus sangat hati-hati. Luka kecil saja bisa berbahaya karena bisa menyebabkan infeksi. Dan jangan salah. Banyak sekali penderita diabetes yang terkena infeksi yang akhirnya meninggal dunia.

Itulah beberapa gejala awal diabetes yang harus kamu pahami. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan pencegahan dini. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk anggota keluarga kamu lainnya.  

Tanda Diabetes yang Sudah Menunjukkan Level Bahaya

Selain gejala awal diabetes dan pencegahannya, kamu juga perlu tahu tanda diabetes yang sudah tidak boleh dianggap remeh lagi. Setidaknya ada dua. Yang pertama luka yang tidak kunjung sembuh. Jika kamu jauh lalu terluka tapi luka tidak kunjung sembuh atau justru semakin parah, itu bisa jadi tanda diabetes.

Ini ada kaitannya dengan apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu mengenai infeksi. Infeksi ini disebabkan tubuh tidak bisa melakukan perbaikan sendiri jaringan yang rusak. Mengapa? Karena sistem kekebalan tubuh tidak bisa bekerja efektif lantaran kadar gula dalam darah yang tinggi menjadi penghambat.

Begitu juga ketika luka yang kamu alami susah sembuh. Ini bukan lagi jadi gejala awal diabetes tapi gejala diabetes yang perlu untuk diperiksakan ke dokter.

Yang kedua, ketika kamu sering merasa kesemutan. Sebenarnya, kesemutan itu hal yang wajar. Ketika aliran darah tidak lancar, maka muncullah kesemutan. Akan tetapi, jika itu terjadi terlalu sering, bisa saja itu adanya kerusakan saraf yang disebabkan oleh tingginya gula dalam darah.

Jika muncul dua gejala tersebut, maka kamu tidak boleh menganggap remeh. Segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kadar gula dalam darah. Dan segera lakukan pola hidup yang sehat sebagai pencegahan diabetes.

Langkah Pencegahan Diabetes Sebelum Semakin Parah

Sebenarnya, tidak sulit untuk mencegah diabetes. Ada tiga hal yang sangat disarankan oleh dokter. Apa saja itu?

1. Kurangi Konsumsi Gula

Minuman Manis - Awal Diabetes

Seperti yang sudah banyak diketahui, diabetes itu disebabkan karena kadar gula terlalu tinggi dalam darah. Lalu, bagaimana cara pencegahannya? Tentu saja kurang konsumsi gula.

Ini tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mengurangi atau stop minum minuman manis. Ada juga yang lain. Kurang makanan seperti nasi karena kadar gula di dalam nasi juga tinggi.

Lebih mudahnya, kurangi porsi makan nasi setiap hari. Yang penting makan teratur, yaitu 3 kali sehari. Porsinya saja yang harus diatur.

2. Sering Mengkonsumsi Air Putih

Konsumsi Air Putih - Awal Diabetes

Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, perbanyaklah minum air putih. Jadi, di satu sisi kamu harus kurang minuman manis, ganti dengan air putih. Fair enough?

3. Olahraga Ringan tapi Teratur

Sering Olahraga - Awal Diabetes

Olahraga itu sangat baik untuk kesehatan. Namun, apakah kamu tahu kaitan antara olahraga dengan diabetes? Ternyata, olahraga itu bisa menaikkan sensitivitas insulin. Dengan cara ini, kadar gula di dalam darah bisa lebih terkontrol.

Meskipun demikian, tidak semua jenis olahraga itu disarankan. Olahraga ringan yang paling disarankan untuk dilakukan seperti jalan santai, jalan cepat, bersepeda, serta yoga. Yang terpenting, olahraga tersebut dilakukan secara rutin.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan dengan Makanan untuk Diet Sehat

Nah, itulah informasi lengkap mengenai gejala awal diabetes dan pencegahannya. Jadi, jika kamu ingin terhindar dari penyakit yang satu ini, sudah tahu kan apa yang perlu dilakukan?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan