KesehatanGaya Hidup

Cara Cepat Untuk Mengatasi Sesak Nafas Karena Asam Lambung

3 Cara Mengatasi Asam Lambung Dengan Cepat Mengatasinya

Meningkatnya asam lambung bisa mengakibatkan kesulitan bernapas. Keluhan ini bisa terjadi kapan pun. Namun tahukah Kamu bagaimana cara untuk mengatasi sesak nafas karena asam lambung tersebut?

Baca Juga: Genre Musik Populer Di Indonesia Beserta Ciri Khasnya

Mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan upaya pencegahan maupun penanganan penyakit tentu lebih bijaksana. Sewaktu mengalami keluhan, minimal Kamu tidak bisa memberikan pertolongan pertama. Lebih-lebih, bisa menuntaskannya tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Masalahnya, tidak semua orang mempelajarinya. Terlebih ketika seseorang memang jarang atau tidak pernah menderita penyakit yang dimaksud. Praktis, seseorang akan melewatkan pengetahuan tentang penanganannya.

Sebagai tindakan antisipasi, Kami sarankan agar Kamu juga mempelajari bagaimana mengatasi sesak nafas karena asam lambung. Alasannya, keluhan ini paling sering muncul. Artinya, setiap orang memiliki risiko yang sama besar.

Kaitannya Asam Lambung dengan Sesak Nafas

Melatih Pernapasan - Asam Lambung

Reaksi tubuh merupakan bentuk dari perlindungan diri. Ini terjadi secara alamiah. Tentu saja, memiliki keuntungan tersendiri bagi manusia.

Lambung sendiri memiliki peran penting dalam tubuh. Didalamnya terkandung sebuah enzim yang terus diproduksi. Orang menyebutnya sebagai asam lambung.

Fungsi utamanya untuk membantu dalam pencernaan. Yakni memecah makanan agar mudah dicerna oleh organ pencernaan. Bahkan, membantu dalam penyerapan makanan sehingga tubuh memperoleh nutrisi sebagaimana mestinya.

Sebagai pemecah makanan, asam lambung tentu memiliki tingkat keasaman yang kuat. Secara tidak langsung, asam ini tidak seharusnya masuk ke organ lain. Karena jika memasuki organ seperti kerongkongan dan paru-paru, asam ini bisa melarutkan dindingnya.

Masalahnya, kejadian ini bisa saja terjadi. Asam lambung akan naik ke organ tersebut setelah penutup di lambung terbuka.

Sebagai bentuk perlindungan, tubuh akan bereaksi. Syaraf akan mempersempit saluran udara. Tujuannya agar cairan asam tersebut tidak memenuhi organ yang tidak semestinya. Bahkan membantu dalam mengeluarkannya.

Meskipun begitu, terdapat dampak yang akan dirasakan oleh seseorang. Pengaruhnya ialah muncul sesak napas. Misalnya munculnya sesak di dada, sensasi terbakar dan semacamnya.

Gejala Sesak Nafas Akibat Maag

Sesak Napas - Asam Lambung

Kesulitan dalam bernapas bisa menjadi indikasi dari masalah yang lebih serius. Kamu perlu menyadarinya agar tidak salah dalam memberikan penanganan. Karena bisa saja masalah tersebut merupakan tanda awal terjadinya serangan jantung.

Supaya tidak salah memahaminya, sadari masalah yang terbilang dapat ditangani di rumah. Yakni sesak nafas yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung.

Ciri utamanya adalah munculnya sensasi terbakar pada area dada atau perut bagian atas. Hal ini disebabkan oleh organ tersebut teraliri oleh asam. Cairan tersebut menyebabkan iritasi sekaligus memicu munculnya sensasi tersebut.

Terkadang, sensasi ini juga tidak dirasakan oleh penderita. Meskipun begitu, Kamu masih bisa mengenalinya dengan ciri tambahannya.

Di antara ciri yang menandainya adalah perut terasa kembung, mengalami cegukan, sulit menelan, bau mulut, tenggorokan terasa sakit hingga sering sendawa. Kalau tanda ini muncul, ini pertanda bahwa asam lambung sedang naik menuju ke kerongkongan atau organ lain di atasnya.

Cara Menangani Sesak Nafas Karena Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambung harus segera ditangani. Jangan sampai kondisinya menjadi lebih parah. Kamu bisa mengatasi sesak nafas karena asam lambung dengan beberapa tips berikut.

1. Latihan Pernapasan

Latihan Pernapasan - Asam Lambung

Sesak napas yang muncul disebabkan oleh adanya cairan yang memenuhi paru-paru. Untuk itu, Kamu perlu mengeluarkannya supaya tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Caranya cukup dengan melatih pernapasan. Latihan ini berguna untuk memenuhi organ tersebut dengan udara/oksigen. Penuhnya oksigen memungkinkan cairan dapat keluar dan kembali ke lambung.

Penerapannya dengan cara duduk secara tegak sembari menghirup dan mengeluarkan udara secara perlahan. Udaranya nanti dikeluarkan melalui mulut.

Awalnya, Kamu bisa menarik udara sebanyak mungkin. Tandanya ialah dengan perut terasa mengembang. Agar bisa terlihat, letakkan tangan persi di atas perut.

Tahan dalam hitungan 5-10 detik. Baru kemudian, hembuskan udara tersebut secara perlahan melalui mulut.

Lakukan metode ini beberapa kali. Biasanya, rasa nyaman yang dirasakan sebelumnya mulai mereda. Ini menandai bahwa asam tersebut tidak lagi berada di paru-paru.

Untuk mendukung latihan yang sempurna, baiknya keluar dari rumah. Usahakan agar mendapatkan udara yang melimpah dan segar. Dengan begitu, latihan cepat memberikan hasil.

2. Posisikan Kepala ke Atas saat Istirahat

Tidur Menghadap Atas - Asam Lambung

Rasa tidak nyaman terkadang membuat Kamu ingin istirahat. Selama istirahat, Kamu perlu mengatur posisi kepala.

Usahakan agar kepala berada di posisi atas. Setidaknya, posisi perut tidak rata dengan kepala. Karena dikhawatirkan, asam masih bisa kembali lagi.

Jika Kamu menerapkannya, tidak ada celah yang membuat asam naik. Malahan, ini bisa menjadi metode paling murah untuk meredakannya.

3. Konsumsi Obat

Konsumsi Obat - Asam Lambung

Cara lain untuk mengatasi sesak nafas karena asam lambung ialah memaksimalkan keberadaan obat. Kamu bisa menyediakan obat tersebut di rumah. Khususnya bagi yang sering mengalami keluhan tersebut.

Obat tersebut bisa dibeli di apotek. Atau, Kamu bisa memanfaatkan bahan alami untuk menurunkan asam lambung.

Bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan ialah kunyit, jahe atau pun madu. Bahan alami tersebut mampu menyeimbangkan asam lambung. Bahkan membantu tubuh dalam memaksimalkan fungsinya.

Cara Mencegah Sesak Nafas Karena Asam Lambung

Mengatasi Sesak Napas - Asam Lambung

Pencegahan tentu menjadi metode yang terbaik. Apalagi kondisinya tidak membutuhkan biaya. Nah, bagaimana cara meminimalkan keluhan sesak nafas akibat asam lambung tersebut?

Pertama kalinya, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Ini sudah menjadi kaidah umum untuk mendukung Kesehatan. Jadi, penting bagi setiap orang untuk menerapkannya.

Dalam pemilihan makanan, Kamu juga harus lebih selektif. Usahakan untuk menghindari jenis makanan yang memicu naiknya asam lambung. Contohnya adalah makanan yang memiliki kandungan asam tinggi.

Kedua kalinya, biasakan untuk berhenti sebelum kenyang. Ini menjadi metode sederhana yang tampaknya tidak banyak dilakukan. Karena, kebanyakan orang sulit berhenti ketika mendapati hidangan yang nikmat.

Berhenti sebelum kenyang bermanfaat untuk menghindari perut terlalu penuh. Ketika penuh, resikonya adalah munculnya tekanan. Terkadang, asam lambung yang berupa cairan akan lebih mudah naik.

Untuk mendukung kebiasaan tersebut, biasakan makan dalam porsi kecil. Atau, Kamu bisa mengonsumsi makanan secara perlahan. Tujuannya agar tubuh dapat memperoleh sinyal kenyang secara tepat.

Ketiga kalinya, jagalah berat badan. Usahakan agar tubuh tidak kelebihan lemak sehingga memicu munculnya berbagai penyakit.

Alasannya sangat sederhana. Berat yang berlebihan bisa menimbulkan tekanan pada perut. Sebagai dampaknya, pintu penutup asam lambung terbuka. Akhirnya, cairan ini naik ke kerongkongan dan organ lain.

Untuk memastikan berat tersebut ideal atau tidak, Kamu bisa menghitungnya. Jika kedapatan memiliki berat berlebih, usahakan untuk menguranginya. Tentunya dengan metode yang aman.

Metodenya bisa dengan olahraga, rajin mengonsumsi makanan sehat, hingga diet yang disarankan. Tidak masalah jika penurunannya lambat. Yang terpenting, tujuan tercapai tanpa membebani diri sendiri.

Baca Juga: Keputihan Berlebihan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Kesimpulannya, mengatasi sesak nafas karena asam lambung bisa dilakukan dengan mudah dan berbiaya minim. Cukup lakukan pernapasan dengan benar, maka cairan akan turun dan sesak napas mulai mereda.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan