Kesehatan

Mengurangi Gula Bukan Satu-Satunya Cara Mencegah Diabetes yang Efektif

Saat seseorang mengalami diabetes, biasanya yang disalahkan adalah gula. Ia mulai meninggalkan makanan dan minuman mengandung gula. Padahal, bukan itu saja cara mencegah diabetes.

Baca Juga: Mau Liburan di Jepang Saat Pandemi?

Akan tetapi, sangat bisa dimaklumi jika banyak masyarakat yang langsung menyalahkan gula. Mereka mulai anti terhadap makanan atau minuman yang manis.

Tentu itu bukan hal yang salah. Bahkan, itu sangat dianjurkan ketika ia sudah divonis mengalami diabetes. Namun, satu hal yang harus menjadi catatan. Meninggalkan makanan dan minuman yang mengandung gula tidak selalu membuat seseorang terbebas dari penyakit diabetes.

Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara mencegah diabetes, harus dipahami bahwa makanan yang mengandung gula itu juga ada manfaatnya. Di sisi lain, gula di dalam makanan seperti itu bisa menjadi penyebab diabetes. Namun, di saat yang sama, gula dibutuhkan oleh tubuh.

Maka dari itu, akan lebih bijak jika kamu mencari tahu lebih dalam lagi apa itu diabetes dan bagaimana tips mencegah penyakit diabetes ini.

Langkah Lebih Bijak Mencegah Diabetes 

Secara sederhana, diabetes memang dianggap sebagai penyakit di mana gula di dalam darah terlalu tinggi. Akan tetapi, apakah kamu yakin mengurangi asupan makanan yang tinggi gula bisa langsung menurunkan kadar gula di dalam darah?

Yang paling tepat seharusnya adalah bagaimana kamu mengontrol gula di dalam darah. Karena gula juga dibutuhkan oleh tubuh. Gula itu sumber energi. Insulin yang menjadi “petugas” di dalam tubuh untuk memecah gula lalu mengubahnya menjadi energi. Kemudian, energi ini yang akan membuat kamu bisa beraktivitas dengan baik. 

Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mengontrol gula dalam darah? Berikut ini yang harus kamu lakukan:

1. Olahraga Rutin Adalah Cara Mencegah Diabetes

Olahraga Rutin - Mencegah Diabetes

Agar gula di dalam darah tidak berlebihan, maka tubuh harus menjaga stabilitas gula. Caranya dengan melakukan olahraga rutin.

Akan tetapi, bukan sembarang olahraga yang bisa kamu lakukan. Jika kamu merasa ada gejala diabetes, olahraga kardio yang disarankan. Ini jenis olahraga yang membuat denyut jantung lebih cepat sehingga memompa darah ke lebih baik.

Jangan melakukan olahraga yang membuat massa otot meningkat. Tentu itu bukan hal yang salah. Akan tetapi, kamu harus ingat fokus utamanya adalah bagaimana cara mencegah diabetes, bukan membentuk otot atau membuat perut sixpack.

Lalu, olahraga apa saja yang disarankan? Yang paling mudah adalah jalan cepat. Kamu bisa lakukan jalan cepat satu atau dua kali setiap minggu. Atau kamu juga bisa mengganti dengan hiking. Olahraga ini akan sangat memacu detak jantung.

Beberapa orang tidak begitu tertarik dengan jalan cepat. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mencari alternatif lain. Yang jelas, kamu harus ingat bahwa olahraga yang kamu pilih adalah olahraga kardio, seperti senam, bersepeda, dan berenang.

Sebenarnya, olahraga angkat beban juga bagus. Karena dengan menambah massa otot, maka gula darah juga lebih mudah untuk dikendalikan. Hanya saja, ada risiko cedera yang bisa kamu alami. Itulah mengapa sebaiknya olahraga beban tidak kamu pilih. Walaupun kamu menginginkannya, pastikan kamu melakukannya dengan pengawasan dokter.

2. Stress Management

Stress Management - Mencegah Diabetes

Apa hubungannya antara stres dengan diabetes? Terdengar tidak ada hubungannya. Namun, kaitannya sangat kuat.

Saat kamu stres, tubuh mengeluarkan hormon yang oleh tenaga kesehatan dinamakan dengan kortisol. Ini adalah hormon stres yang membuat kadar gula dalam darah meningkat.

Itulah mengapa dari awal ada penjelasan bahwa mengurangi makanan dan minuman manis bukan satu-satunya cara mengatasi diabetes yang tepat. Karena faktanya meningkatnya gula darah bukan hanya karena faktor makanan, tapi juga stres.

Oleh sebab itu, salah satu cara mencegah diabetes adalah dengan melakukan stress management. Stres tidak bisa dihindari. Apalagi jika kamu seseorang yang terus dalam tekanan pekerjaan. Hanya saja, stres itu bisa dihandle.

Bagaimana caranya? Mulailah dengan cara yang sederhana. Atur waktu dengan baik. Maka kamu akan bisa dengan sangat mudah mengatur serta mengontrol stres. Harus ada waktu di mana kamu bekerja. Tapi, sisihkan waktu di mana pikiran dan juga tubuh kamu istirahat.

Selain itu, cara mencegah diabetes refresh pikiran dengan cara liburan, olahraga, atau sekedar melakukan me time. Ini cara yang paling mudah untuk mengatur stres. Dan satu lagi. Saat kamu menghadapi situasi yang sangat sulit, kamu pasti akan stres. Saat itulah kamu harus menarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan. Cara ini akan menurunkan stres meskipun hanya bersifat sementara. Namun, setidaknya ini membuat stres tidak semakin parah dan sulit dikontrol.

3. Rutin Cek Gula Darah

Cek Gula Darah - Mencegah Diabetes

Ini memang tidak secara langsung menjadi cara mencegah diabetes. Akan tetapi, lebih bersifat antisipasi saja. Karena ketika kamu rutin cek gula darah, kamu tahu tindakan apa yang harus dilakukan.

Jika hasilnya tidak begitu mengkhawatirkan, kamu bisa terus mempertahankan melakukan pola hidup yang sehat. Namun, jika hasilnya cukup mengkhawatirkan, kamu harus memperketat lagi kebiasaan baik yang selama ini sudah kamu lakukan.

Namun, jika sudah dipastikan kamu terkena diabetes, tentu bukan hanya menjalankan pola hidup sehat saja yang harus dilakukan. Kamu juga harus mendapatkan pengobatan agar cara mencegah diabetes.

4. Pola Makan yang Lebih Sehat

Pola Makan yang Lebih Sehat - Mencegah Diabetes

Apa yang dimaksud dengan pola makan yang sehat? Yang jelas ini bukan berarti kamu harus menjauhi makanan yang mengandung gula. Sekali lagi, gula juga diperlukan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Yang tepat adalah jangan biarkan gula berlebihan. Jangan sampai pula tubuh kekurangan gula. 

Makanya, pola makan yang sehat adalah pola makan salah satu cara mencegah diabetes yang membuat semua asupan gizi seimbang. Vitamin, mineral, protein, kalsium, dan termasuk gula harus terpenuhi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Cara menerapkan pola makan yang sehat sangat mudah. Dua kunci utamanya, yaitu makanan yang baik dan variatif. Makanan yang baik adalah makanan kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu, makanan yang variatif dibutuhkan agar tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Kamu harus tahu di satu makanan tidak mengandung semua nutrisi yang tubuh butuhkan. Maka dari itu, semakin variatif makanan yang kamu konsumsi, maka itu jauh lebih baik.

Nah, itulah beberapa cara mencegah diabetes yang tepat. Siapa saja khawatir dengan penyakit yang satu ini. Apalagi diabetes termasuk penyakit yang paling berbahaya. Lebih berbahaya dibandingkan dengan penyakit jantung karena pasien diabetes meningkat. Dan kebanyakan mereka berakhir dengan kematian.

Kematian memang hal yang wajar. Semua orang akan meninggal pada waktunya. Akan tetapi, meninggal karena kesalahan yang dibuat sendiri tentu bukan pilihan yang tepat. Jangan sampai kamu meninggal karena kurang memperhatikan kesehatan. Sebisa mungkin kamu harus menjaga kesehatan.

Baca Juga: Wisata Bandung yang Lagi Hits

Menerapkan cara mencegah diabetes menjadi salah satu bukti bahwa kamu menjaga kesehatan. Dan sebenarnya menerapkan pola hidup sehat itu tidak sulit. Kamu hanya perlu komitmen yang kuat saja untuk melakukan hal tersebut.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan