KesehatanGaya HidupInspirasi

Makanan Ibu Hamil yang Bisa Menjamin Kesehatan Hingga Persalinan

Tentu tidak ada yang pasti. Akan tetapi, setidaknya ada upaya yang bisa dilakukan agar masa kehamilan bisa berjalan lancar hingga persalinan. Dan upaya yang dimaksud adalah dengan mengkonsumsi makanan ibu hamil yang tepat.

Baca Juga: Ada Lho Sisi Positif Dalam Gaya Hidup Sosialita

Beberapa ibu hamil akan mulai skeptis jika mendengar hal ini. Pasalnya, sudah menjadi stigma yang umum dirasakan dimana makanan untuk ibu hamil itu tidak enak. Banyak sekali makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Lebih banyak pantangan daripada yang boleh dimakan.

Anggapan semacam itu bukan tanpa alasan. Memang ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Akan tetapi, bukan berarti makanan ibu hamil itu tidak enak. Ada kok menu makanan yang sehat dan enak untuk ibu hamil. Dan yang pasti, makanan tersebut sangat menentukan bagaimana masa kehamilan hingga persalinan nanti. 

Menu Makanan yang Paling Direkomendasikan Saat Hamil

Lalu, apa saja makanan ibu hamil yang dimaksud? Setidaknya 4 menu makanan ini harus dikonsumsi mulai dari awal proses kehamilan. 

1. Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan Buah-Buahan - Makanan Ibu Hamil

Sebenarnya, tidak hanya ibu hamil saja yang harus makan sayuran dan buah-buahan. Akan tetapi, saat hamil, makanan harus lebih ditekankan. Selain mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan, sayuran dan buah-buahan juga mengandung serat.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan. Dan cara pencegahan yang paling baik adalah memastikan serat terpenuhi.

Dokter sangat menyarankan agar setiap ibu hamil mengkonsumsi 5 porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Sayur bisa dimasak seperti biasa. Sementara itu, buah-buahan bisa dijadikan camilan agar mencapai 5 porsi setiap hari.

Sayuran serta buah-buahan juga harus bervariasi. Alasannya, tidak semua vitamin dan nutrisi itu ada di setiap buah-buahan dan sayuran. Untuk memastikan semua nutrisi ibu hamil terpenuhi, maka sayuran dan buah-buahan harus variatif. Jangan monoton. 

2. Daging

Daging - Makanan Ibu Hamil

Ini juga termasuk makanan ibu hamil. Di dalam daging, terdapat kandungan protein tinggi, terutama daging sapi. 

Apa fungsi protein? Kandungan protein ini tidak hanya baik untuk ibu hamil tapi juga perkembangan janin. Bahkan ketika janin masih dalam usia beberapa hari. Protein sangat dibutuhkan untuk memastikan perkembangan saraf bayi di dalam kandungan baik.

Selain itu, dokter juga sangat menyarankan agar ibu hamil makan daging. Khususnya bagi bayi yang berat badannya rendah. Daging akan membantu menaikkan berat badan bayi. 

Akan tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan. Daging menjadi makanan yang sangat baik untuk ibu hamil ketika dimasak secara matang. Daging yang tidak dimasak secara matang justru buruk bagi kehamilan. Ada kemungkinan masih ada bakteri yang menempel di daging. Dan itu bisa berbahaya sekali bagi perkembangan janin.

Maka dari itu, hindari mengkonsumsi daging yang dimasak setengah matang seperti sate. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi daging yang benar-benar matang.

3. Ikan

Ikan - Makanan Ibu Hamil

Selain daging, protein juga ada di dalam ikan. Namun, bukan itu saja kandungan yang ada pada ikan. Ada omega 3 yang sangat membantu mengoptimalkan perkembangan saraf. Menurut dokter, omega 3 di dalam ikan ini bisa menurunkan risiko bayi lahir dalam kondisi cacat otak.

Akan tetapi, setiap ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih ikan. Semua ikan berpotensi mengandung merkuri. Pastikan merkuri pada ikan yang dipilih sedikit. Dan ikan sebaiknya dimasak secara matang agar merkuri benar-benar bisa dihilangkan.

4. Kacang-Kacangan

Bubur Kacang Hijau - Makanan Ibu Hamil

Jika ingin mendapatkan protein yang aman, maka sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi kacang-kacangan. Tidak ada kandungan merkuri seperti di dalam ikan. Tidak juga mengandung bakteri seperti pada daging sapi. Kacang-kacangan mengandung protein nabati yang sangat sehat dan aman untuk ibu hamil.

Kacang-kacangan bisa dijadikan cemilan dan juga makanan ibu hamil. Misalnya saja oseng kacang panjang, sup kacang panjang, bubur kacang hijau, dan lain sebagainya.

Bagi ibu hamil yang mengalami wasir, kacang-kacangan juga bisa menjadi obat wasir yang paling aman selama kehamilan. Begitu juga dengan ibu hamil yang berisiko mengalami diabetes gestasional.

Itulah beberapa menu makanan ibu hamil yang sehat dan juga aman untuk dikonsumsi. Selain memilih makanan yang aman, ibu hamil juga perlu memperhatikan pola makan setiap hari. 

Pola Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui makanan ibu hamil, selanjutnya ibu hamil harus tahu bagaimana menjalankan pola makan yang baik. Ada sedikit perbedaan antara sebelum dan saat hamil. 

Yang pertama, ibu hamil harus lebih sering makan. Jika biasanya makan 3 kali sehari, ibu hamil harus makan lebih dari 3 kali sehari. Mengapa? Karena kebutuhan gizi lebih banyak. Ingat. Bukan hanya ibu hamil yang membutuhkan nutrisi, tapi juga sang buah hati yang ada di dalam kandungan. Inilah yang menjadi alasan mengapa makanan ibu hamil harus lebih dari 3 kali.

Dokter menyarankan agar mengikuti jadwal makan berikut ini:

  • Sarapan pada pukul 6 pagi
  • Snack time jam 9 pagi
  • Makan siang jam 12 siang
  • Snack time di siang hari pada jam 3
  • Dan makan malam pada jam 7 malam

Yang kedua, porsi makan harus dikurangi. “Lho, bukannya kandungan nutrisi harus diperbanyak?” Betul sekali. Dan itu sudah tercukupi jika ibu hamil mengkonsumsi makanan ibu hamil sesuai dengan jadwal tersebut di atas. Hanya saja, porsi harus dikurangi. Pasalnya, makan dengan porsi terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan, seperti perut sebah, konstipasi, dan lain sebagainya.

Yang ketiga, sesuaikan makanan dengan usia kehamilan. Setiap tahap kehamilan, janin memerlukan nutrisi yang beda dalam takaran yang berbeda pula. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini. Pasalnya, kondisi janin di setiap tahap kehamilan bisa saja berbeda-beda.

Wajibkah Minum Susu Kehamilan?

Sekarang ini, sudah ada susu untuk ibu hamil. Pertanyaannya, apakah itu wajib? Bisa wajib, bisa juga tidak. Wajib jika ibu hamil tidak yakin mampu memastikan nutrisi setiap hari terpenuhi. Tidak wajib jika ibu hamil sudah mengkonsumsi makanan ibu hamil dan yakin kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Dokter biasanya yang memutuskan. Namun, agar lebih yakin, sebaiknya menu makanan sehat dikonsumsi dan disempurnakan dengan susu kehamilan. Karena di dalam susu, sudah ada hampir semua nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan. Kadarnya memang sedikit. Namun, setidaknya ibu hamil mendapatkan nutrisi harian dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga: Mau Liburan Sendiri? Baca Dulu Tips Traveling untuk Wanita Ini

Nah, itulah beberapa hal yang penting untuk setiap ibu hamil lakukan. Pada dasarnya, tugas utama seorang ibu hamil adalah memastikan bayi di dalam kandungan berkembang dengan baik. Dan ini sangat terkait dengan nutrisi yang diberikan. Ini menjadi alasan yang digunakan agar saat hamil seorang ibu mengkonsumsi makanan ibu hamil. Sempurnakan dengan minum susu ibu hamil. Dan satu lagi. Jaga kondisi kesehatan dengan cara berolahraga ringan yang tepat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan