KesehatanKecantikan

Cara Sederhana Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Jerawat di Dahi

Cara Sederhana Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Jerawat di Dahi

Biasanya, jerawat itu muncul di pipi atau area yang dekat dengan hidung. Pasalnya, kulit di sekitar itu sangat sensitif. Namun, bisa saja muncul jerawat di dahi. Dan jerawat yang muncul di dahi ini justru perlu perhatian lebih intens. Pasalnya, jerawat yang ada di dahi biasanya sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga: Tips Perawatan Wajah Remaja Korea agar Putih dan Sehat

Selain itu, jerawat yang muncul di dahi biasanya menimbulkan rasa sakit. Apalagi jika jerawat tersebut membantu. Ketika jerawat berhasil dihilangkan, biasanya akan muncul bekas jerawat berwarna kehitam-hitaman.

Beberapa Penyebab Jerawat di Dahi

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi jerawat yang muncul di dahi, kamu perlu ketahui lebih dulu apa penyebabnya. Mungkin kamu berpikir bahwa ini disebabkan oleh kotoran yang menghalangi keluarnya minyak dari dalam. Itu memang benar. Hanya saja, itu bukan faktor utamanya.

Ditemukan fakta bahwa jerawat di dahi ini juga sangat dipengaruhi oleh penggunaan minyak rambut. Mengapa? Minyak rambut yang mengandung minyak kelapa sangat kurang bagus untuk kulit wajah. Dan bagian yang mungkin terkena minyak tersebut adalah dahi. Ketika itu terjadi, maka dahi mudah sekali berminyak kemudian risiko berjerawat sangat tinggi.

Namun, bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan minyak rambut. Yang perlu kamu lakukan, kamu harus berhati-hati. Pastikan kamu keramas setiap hari. 

Di sisi lain, harus dipahami juga jerawat yang ada di dahi itu juga disebabkan oleh faktor hormonal. Sama halnya dengan masalah wajah yang lainnya. Ketika terjadi perubahan hormon di dalam tubuh, sering kali muncul masalah di wajah. Salah satunya jerawat. Kamu bisa lihat anak remaja yang dalam masa puber. Saat itu tubuhnya mengalami perubahan hormon. Biasanya, wajah remaja tersebut berjerawat. 

Dari beberapa faktor tersebut, tidak ada yang tahu persis mengapa jerawat muncul di dahi. Yang pasti, kamu harus melakukan perawatan khusus jika ingin menghilangkan jerawat tersebut. 

Tips Cepat Menghilangkan Jerawat di Dahi

Nah, sekarang kamu bisa mulai pelajari bagaimana cara menghilangkan jerawat di dahi. Sebenarnya, caranya tidak sulit. Mengapa? Karena kulit di bagian dahi itu tidak begitu tipis. Tidak pula sensitif. Jadi, menghilangkan jerawat jauh lebih mudah. Tidak seperti jerawat di bagian pipi yang kulitnya lebih tipis dan sensitif. Cara perawatan yang salah tidak hanya membuat jerawat gagal dihilangkan tapi juga muncul masalah baru. Misalnya saja jerawat semakin menyebar atau jerawat bernanah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat yang ada di dahi? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Cobalah Menggunakan Bahan Alami

Cobalah Menggunakan Bahan Alami - jerawat di dahi

 

Lupakan dulu menggunakan produk-produk perawatan wajah yang dijual di pasaran. Kamu sebaiknya coba dulu bahan-bahan dari alam. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Misalnya saja madu. 

“Kok bisa?” Tentu saja bisa. Di dalam madu, terdapat kandungan antioksidan yang bisa menghilangkan jerawat. Selain itu, madu juga mencegah peradangan yang sangat mungkin terjadi ketika wajah kamu berjerawat. 

Cukup oleskan madu murni di bagian dahi yang berjerawat. Kamu bisa mengoleskannya di siang hari sambil bersantai di depan TV atau di malam hari sebelum tidur.

Selain madu, kamu bisa coba kayu manis. Ini juga termasuk bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk hilangkan jerawat di dahi. Dalam hal ini, kamu harus membuat masker yang terbuat dari kayu manis.

Caranya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menghaluskan kayu manis dan tambahkan sedikit air. Jika teksturnya sudah lembek, oleskan pada dahi yang berjerawat. Biarkan kurang lebih 5 hingga 10 menit. Baru kemudian kamu bisa bilas dengan menggunakan air bersih.

Cara apapun bisa kamu coba. Yang terpenting adalah konsistensi. Kamu tidak akan bisa mengatasi jerawat yang ada di dahi dengan hanya melakukan satu atau dua kali perawatan. Kamu harus mengaplikasikan tips ini berkali-kali hingga akhirnya jerawat mulai mengecil lalu menghilang.

Jangan sering menyentuh apalagi mencoba untuk memencet jerawat. Karena itu bukan solusi yang tepat. Memencet jerawat justru meningkatkan risiko jerawat menyebar ke bagian yang lain. Selain itu, besar kemungkinan jerawat bisa membekas ketika sudah sembuh nanti. Kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

2. Hentikan Menggunakan Produk Perawatan Rambut untuk Sementara

Hentikan Menggunakan Produk Perawatan Rambut untuk Sementara - jerawat di dahi

Selain melakukan perawatan dengan bahan alami, sebaiknya juga kamu hentikan penggunaan produk perawatan rambut. Misalnya saja kamu menggunakan minyak rambut. Sebelum jerawat di dahi hilang, alangkah baiknya kamu hentikan untuk sementara waktu.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu faktor penyebab jerawat muncul di dahi adalah minyak rambut. Kandungan minyak turun ke dahi lalu membuat dahi berminyak. Hal itulah yang kemudian memicu munculnya jerawat.

Tentu itu bukan faktor pasti yang menyebabkan kamu berjerawat di dahi. Namun, akan lebih baik jika kamu menutup kemungkinan yang ada yang disinyalir menyebabkan jerawat. 

3. Gunakan Obat Oles Jerawat

Gunakan Obat Oles Jerawat - jerawat di dahi

Terkadang, jerawat di dahi itu mengeras atau yang sering disebut dengan jerawat membatu. Ada juga yang mengalami jerawat kecil-kecil keras yang jumlahnya banyak. Ini sangat menyakitkan. Bisa juga jerawat ini menyebabkan peradangan.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa oleskan obat jerawat. Biasanya, ini berupa krim. Kandungannya biasanya berupa asam salisilat, benzoil peroksida, atau retinoid. Ketiga kandungan itu berperan untuk memecah sel kulit kemudian membersihkan pori-pori. Kandungan semacam itu relatif sangat aman untuk diaplikasikan pada dahi.

4. Lebih Rajin Membersihkan Rambut

Lebih Rajin Membersihkan Rambut - jerawat di dahi

Kamu tetap bisa menjaga penampilan keren rambut. Namun, tidak dengan mengoleskan minyak melainkan membersihkan dengan menggunakan shampoo. Bahkan, ini juga sangat disarankan untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat di dahi. 

Sekilas, tips yang satu ini tidak ada kaitannya dengan jerawat yang ada di dahi. Namun, ada kaitannya yang begitu jelas. Meskipun kamu tidak menggunakan minyak rambut, kulit rambut kamu tetap mengeluarkan minyak dan juga keringat. Minyak serta keringat tersebut bisa saja turun ke dahi. Dan ketika ada bakteri, dahi bisa terkena masalah. Jerawat bisa muncul.

Untuk itu, kurangi risiko buruk tersebut dengan cara lebih rajin membersihkan rambut. Terutama setelah kamu beraktivitas di luar yang membuat rambut kamu berkeringat hebat. Segera mandi dan keramas.

5. Jepit Rambut Kamu

Jepit Rambut Kamu - jerawat di dahi

Jika rambut kamu panjang, jepit rambut kamu ke belakang. Jangan biarkan rambut kamu sering menutupi dahi. Sama seperti penjelasan sebelumnya, ada potensi di mana rambut kamu menjadi penghantar minyak dan juga bakteri ke dahi. Dan kemudian itu menyebabkan jerawat di dahi. Kamu bisa membuat ponytail agar wajah kamu terbuka dan rambut kamu tidak menutupi wajah.

Baca Juga: Rekomendasi Jam Tangan Wanita Alexandre Christie Terbaik

Itulah beberapa tips untuk mengatasi jerawat yang ada di dahi. Tidak sulit, bukan? Dan seharusnya tips tersebut seharusnya kamu jadikan perawatan setiap hari. Dengan cara ini, kamu tidak akan lagi punya masalah dengan jerawat di dahi. Bukankah itu yang kamu inginkan?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan