Kesehatan

Catat! Ini Dia Ciri Benjolan Kanker Payudara

Tidak semua benjolan pada payudara itu pertanda kanker. Namun, kebanyakan wanita menganggap setiap ada benjolan di payudara mereka itu gejala kanker. Agar kamu tidak salah menilai, kamu perlu tahu apa ciri benjolan kanker payudara.

Baca Juga: Liburan di Taman Wisata MBS

Sayang bisa dipahami jika kebanyakan dari mereka menganggap benjolan itu tanda kanker payudara. Pasalnya, mereka sangat khawatir. Mereka tahu jika banyak sekali wanita mengalami penyakit yang satu ini. Dan kanker payudara bagi wanita menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Banyak yang akhirnya meninggal setelah mendapatkan perawatan seperti kemoterapi.

Namun, setiap wanita juga tidak perlu terlalu panik jika muncul benjolan pada payudara. Kepanikan justru bisa memperburuk keadaan. Toh benjolan di payudara tidak selalu menjadi pertanda bahwa itu kanker.

Bagi kamu kaum hawa, sangat penting sekali untuk mengetahui apa saja mengenai kanker payudara, terutama bagaimana ciri benjolan kanker payudara. Karena dengan cara ini, kamu tidak salah menilai. Kemudian, kamu bisa melakukan langkah antisipasi lebih dini jika ternyata itu adalah kanker.

Yang Menjadi Tanda Benjolan Kanker Payudara

Tidak semua benjolan kanker payudara itu terlihat. Terkadang, benjolan tersebut hanya di dalam. Hanya dengan meraba dan sedikit menekan payudara bisa merasakan benjolan tersebut ada.

Namun, sekali lagi, tidak semua benjolan itu pertanda kanker. Ada beberapa ciri benjolan kanker payudara. Misalnya saja tekstur yang keras. Selain itu, permukaan pada benjolan juga tidak rata. Jika di payudara kamu ada benjolan, coba raba dan tekan. Apakah teksturnya keras dengan bagian atas tidak rata?

Mungkin kamu masih belum bisa memastikan terhadap benjolan kanker payudara. Coba lakukan observasi sendiri lagi. Berapa jumlah benjolan tersebut? Kebanyakan kanker payudara itu ditandai oleh hanya satu benjolan. Tidak lebih. Dan benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit meskipun ditekan cukup keras. 

Jika ciri-ciri tersebut muncul, besar kemungkinan itu adalah kanker payudara. Apabila kamu tidak yakin, sebaiknya segera periksa ke dokter. Ini diperlukan untuk memastikan apakah benjolan tersebut tanda kanker atau tidak.

Atau kamu juga bisa lihat tanda-tanda lain selain benjolan itu sendiri. Pasalnya, kanker payudara tidak hanya ditandai dengan munculnya benjolan. Ada gejala lain yang juga perlu diperhatikan.

Tanda-Tanda Lain Kanker Payudara

Selain benjolan, setidaknya ada 5 tanda lain yang menunjukkan bahwa itu adalah kanker payudara. Apa saja kelima tanda tersebut?

1. Perubahan Kulit

Perubahan Kulit - Benjolan kanker payudara

Selain benjolan, payudara juga berubah. Ketika kanker sudah cukup parah menyerang, biasanya muncul lubang-lubang pada payudara. Ini terlihat seperti lubang yang ada di kulit jeruk ketika dimasuki oleh ulat.

Selain itu, kulit pada payudara juga terlihat lebih tebal. Terkadang, kondisi ini membuat payudara sering terasa gatal.

Secara medis, kondisi seperti ini bisa dijelaskan. Menurut penelitian medis, kondisi semacam ini disebabkan adanya peradangan. Peradangan ini sebagai konsekuensi ketika sel-sel kulit pada payudara diserang oleh kanker.

2. Munculnya Cairan Kental

 Munculnya Cairan Kental - Benjolan kanker payudara

Selain peradangan, terkadang keluar juga cairan yang kental. Cairan tersebut keluar dari puting. Warna merah kehitam-hitaman seperti darah.

Para dokter memang sudah mengatakan bahwa cairan semacam itu tidak selalu menjadi ciri kanker payudara. Bisa saja cairan tersebut pertanda terjadinya infeksi. 

Akan tetapi, jika muncul ciri benjolan kanker payudara yang disertai dengan keluarnya cairan semacam itu, sebaiknya kamu segera ke dokter. Biarkan dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena besar kemungkinan itu adalah tanda kanker payudara.

3. Besar Sebelah

Besar Sebelah - Benjolan kanker payudara

Memang bukan hal yang aneh jika payudara itu besar sebelah. Hampir semua wanita memiliki payudara yang salah satunya sedikit lebih besar. Akan tetapi, jika perbedaannya begitu mencolok, ada yang perlu kamu waspadai. Bisa saja itu tanda kanker payudara.

4. Terjadi Pembengkakan

Terjadi Pembengkakan - Benjolan kanker payudara

Tanda yang satu ini ada kaitannya dengan poin nomor 3. Mungkin kamu bertanya mengapa salah satu payudara lebih besar saat kanker. Ini disebabkan payudara mengalami pembengkakan.

Bertambah besarnya salah satu payudara yang cukup signifikan ini akibat terjadinya pembengkakan. Pembengkakan ini bisa jadi menjadi respons setelah sel yang diserang oleh kanker. 

5. Puting Hilang

Puting Hilang - Benjolan kanker payudara

Ada yang bilang kanker itu membuat puting hilang. Bukan hilang. Lebih tepatnya puting ditarik masuk ke dalam payudara. Akhirnya puting tidak terlihat atau hilang.

Nah, itulah ciri benjolan kanker payudara lengkap dengan tanda-tanda lain yang menyertai. 

Pelajari Cara Melakukan SADARI 

Apa itu SADARI? Ini merupakan singkatan dari Pemeriksaan Payudara Sendiri. Ini teknik yang setiap wanita bisa lakukan sendiri untuk mengecek apakah mereka terkena kanker payudara atau tidak. Dan setiap wanita seharusnya melakukan SADARI entah itu muncul ciri benjolan kanker payudara atau tidak. Karena ini menjadi langkah antisipasi yang mereka harus lakukan.

Lalu, bagaimana cara melakukan SADARI?

Pertama-tama, kamu harus menghadap ke cermin. Gunakan cermin yang membuat kamu bisa dengan jelas melihat kedua payudara kamu. Setelah itu, perhatikan apakah ada salah satu payudara kamu yang lebih besar atau tidak.

Lakukan langkah berikutnya agar semakin yakin. Berdirilah dan julurkan kedua tangan kamu ke bawah seolah-olah kamu bersiap saat upacara. Lihat lagi ukuran kedua payudara. Apakah berbeda sangat signifikan?

Langkah berikutnya, letakkan tangan ke pinggang. Lalu, tekan agar otot dada mengencang. Coba lihat lagi payudara kamu apakah ada yang lebih besar atau tidak. Jika masih kurang yakin, kamu bisa membungkuk. Biarkan payudara menggantung ke bawah. Kamu bisa melihat atau sekaligus peraba untuk merasakan apakah ada hal yang aneh atau tidak.

Yang terakhir, cek apakah puting mengeluarkan cairan merah kehitaman atau tidak. Bagaimana cara melakukannya? Gunakan jempol dan jari telunjuk untuk menekan bagian puting. Jika keluar cairan dan kamu merasakan ada seperti batu yang menjadi ciri benjolan kanker payudara, mungkin kamu memang mengalami kanker payudara.

Mudah, kan? Sekarang kamu bisa melakukan pemeriksaan sendiri dengan SADARI.

Kapan Harus Konsultasi dengan Dokter?

Memang setiap wanita sudah bisa melakukan pengecekan sendiri. Akan tetapi, tetap saja pemeriksaan lab yang menentukan dan memastikan apakah itu kanker atau tidak.

Maka dari itu, jika muncul beberapa ciri kanker payudara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Ia akan melakukan serangkaian tes dan juga pemeriksaan medis untuk memastikan apakah itu ciri kanker payudara atau masalah infeksi biasa.

Jika memang positif kamu terkena kanker payudara, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Dunia medis sudah sangat canggih. Sudah ada alat serta metode pengobatan yang efektif. Hanya saja, terkadang kanker tidak bisa 100% dihilangkan. Masih ada sel tertinggal sehingga suatu saat nanti kanker muncul kembali.

Baca Juga: Spot Melihat Matahari Terbit Terindah yang Ada Di Jawa

Untuk itu, perlu sekali bagi kamu untuk mengetahui ciri benjolan kanker payudara. Lakukan pemeriksaan sendiri dengan menerapkan metode SADARI. Terapkan pola hidup sehat karena inilah cara pencegahan yang terbaik. Bukankah mencegah jauh lebih baik daripada mengobati?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan