Kesehatan

Berpuasa Bagi Penderita Maag, Hindari Melakukan Hal–Hal ini!

Selama kita berpuasa selama satu bulan penuh, tentunya tubuh kita akan mengalami perubahan karena kita mengubah pola makan dan minum. Dalam waktu satu bulan ini perut kita akan berada dalam fase tanpa asupan nutrisi selama sekitar 14 hingga 15 jam sampai waktu berbuka puasa tiba. Berikut ini kita akan mengetahui tips berpuasa bagi penderita maag.

Baca Juga: Program Diet Makan Sehat saat Puasa yang Wajib Diketahui

Apakah penyebab penyakit maag?

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit penderita maag timbul karena terlambat makan atau malas makan sehingga disinyalir kebiasaan ini mampu membuat produksi asam lambung  naik dan akhirnya menimbulkan gejala sakit pada perut. 

Bagi para penderita penyakit lambung atau yang biasa disebut maag ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan serta beberapa pantangan yang harus dihindari selama 1 bulan berpuasa agar penyakit maag dapat dikendalikan.

Dalam kanal Youtube dari dokter umum bernama Saddam Ismail, beliau memberikan beberapa tips berpuasa bagi penderita maag yang dapat kita ikuti. Berikut ini adalah tips – tips nya:

Cara Berpuasa Bagi Penderita Maag

1. Hindarilah Memakan Makanan Pedas, Asam Dan Berlemak

Makanan Berminyak - Penderita Maag

Tips berpuasa bagi penderita maag yang pertama adalah hindari segala macam makanan yang pedas, berlemak dan asam. Bagi penderita penyakit maag, pantangan ini tidak hanya berlaku pada bulan puasa saja namun harus dihindari setiap waktu. Pasalnya, makanan – makanan tersebut dapat memicu peningkatan tekanan pada asam lambung. Hindarilah segala macam makanan yang mengandung bumbu merica, cuka, makanan gorengan ataupun makan coklat.

2. Jangan Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Dapat Membuat Perut Bergas

Makanan dan Minuman Bergas - Penderita Maag

Anda wajib untuk menghindari segala macam makanan serta minuman yang dapat membuat perut memproduksi gas untuk mencegah penderita maag datang kembali. Makanan dan minuman yang mengandung gas yaitu minuman bersoda, sayur sawi, nangka, produk tomat, daging olahan, daging mentah, makanan asin, makanan kering dan sayur kol.

3. Stop Mengkonsumsi Minuman Berkafein

Minuman Kafein - Penderita Maag

Saat dalam bulan puasa, sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman seperti kopi dan minuman – minuman lain yang mengandung kafein. Selain itu, hindari juga minuman yang mengandung alkohol dan juga susu full cream. Tips berpuasa bagi penderita maag ini harus kita patuhi agar asam lambung tidak naik sehingga menyebabkan sakit maag kambuh lagi.

4. Jangan Balas Dendam Saat Berbuka Puasa

Balas Dendam Saat Buka Puasa - Penderita Maag

Ada beberapa orang yang mempunyai pemikiran bahwa waktu puasa merupakan waktu untuk memendam nafsu makan karena mereka tidak dapat makan dan minum sesuka hati. Alhasil pada saat berbuka puasa, mereka akan langsung “balas dendam” dengan cara menyantap makanan dan minuman dengan tidak terkendali untuk memuaskan nafsu makan yang menggebu – gebu. 

Padahal makan secara berlebihan itu tidak baik untuk tubuh terutama jika anda memiliki penyakit maag. Memakan makanan dalam porsi yang besar dalam satu kali duduk dapat membuat lambung bekerja keras untuk memproses banyak makanan yang datang, sehingga dapat meningkatkan resiko kambuhnya penyakit maag.

5. Konsumsi Cukup Buah Dan Sayuran

konsumsi buah dan sayuran - Penderita Maag

Saat berpuasa, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi cukup buah dan sayuran. Jika bisa, usahakan untuk menyediakan menu sayur dan buah – buahan, baik pada saat sahur dan juga pada saat berbuka puasa. Sayur dan buah memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, serat juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

minum 8 gelas air putih - Penderita Maag

Tips berpuasa bagi penderita maag yang tidak boleh anda lewatkan adalah untuk tetap memperhatikan serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sangat disarankan bagi anda untuk minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Anda dapat menggunakan teknik 2-4-2.

Teknik 2-4-2 yaitu minum 2 gelas air saat sahur, 4 gelas air pada saat berbuka dan juga 2 gelas air pada malam hari. Tubuh kita terdiri dari air sehingga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh agar tercipta keseimbangan serta mencegah penyakit maag datang.

7. Jangan Merokok

Jangan Merokok - Penderita Diabetes

Tips berpuasa bagi penderita maag yang lain adalah dengan tidak merokok. Biasanya, banyak orang yang memilih untuk menikmati rokok dengan segera setelah waktu berbuka puasa tiba. Padahal, konsumsi tembakau ada kaitan erat dengan masalah tukak lambung dan juga penyakit maag. Mulai sekarang, hindari rokok dan jangan pernah merokok lagi. Selain dapat mencegah maag, berhenti merokok juga dapat menyehatkan paru – paru serta menghemat pengeluaran uang anda.

8. Minum Obat Maag

Obat Maag - Penderita Maag

Jika penyakit maag anda sudah dalam taraf mengganggu ibadah puasa anda, sangat disarankan untuk meminum obat maag untuk meredakan sakit maag yang anda alami. Obat maag sebaiknya anda minum sebelum tidur di malam hari. Tetapi jika anda diberikan dua jenis dosis atau dua jenis obat maag oleh dokter, maka anda perlu mengonsumsi obat maag tersebut sebelum tidur malam dan sebelum santap sahur. Anda tetap harus melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar aman.

9. Hindari Stress

Hindari Stres - Penderita Maag

Saat anda berpuasa, anda menahan diri dari makan dan minum. Namun selain itu, anda juga perlu menahan diri dari meluapkan emosi anda dan anda juga harus mengendalikan stress dengan cara yang lebih baik. Tips berpuasa bagi penderita maag ini perlu anda lakukan karena stress merupakan pemicu sakit maag datang. Gunakanlah waktu anda untuk melakukan teknik relaksasi pikiran, yoga dan juga latihan pernapasan untuk menurunkan emosi dan stress.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar terhindar dari penyakit penderita maag yang kambuh di bulan puasa. Namun selain melakukan hal di atas, anda perlu menjaga daya tahan tubuh anda agar tubuh dapat melawan berbagai macam penyakit, termasuk maag.

Tips tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh

Untuk dapat tetap menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya kurangilah konsumsi gula. Selain itu juga disarankan untuk  meminum suplemen atau vitamin  yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh. Suplemen yang disarankan untuk diminum pada bulan puasa adalah vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, zat besi dan kalsium.

Selain minum suplemen, anda juga perlu tidur yang cukup. Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kesehatan mental dan tubuh, termasuk memperburuk penyakit penderita maag anda. Tidurlah minimal tujuh jam semalam untuk menyehatkan tubuh dan pikiran.

Olahraga selama bulan puasa juga dianjurkan agar dapat menyehatkan tubuh. Lakukanlah olahraga yang ringan dan tidak memberatkan puasa seperti jogging dan jalan cepat selama kurang lebih 15 menit per hari.

Baca Juga: Protokol Persiapan Puasa Sebelum Operasi Caesar

Jadi itulah beberapa tips berpuasa bagi penderita maag. Semoga penyakit maag anda dapat cepat sembuh atau setidaknya anda dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari penyakit maag di bulan puasa.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan