KecantikanGaya HidupInspirasi

Treatment untuk Wajah Kusam yang Paling Cepat Bisa Dilihat Hasilnya?

Treatment untuk Wajah Kusam yang Paling Cepat Bisa Dilihat Hasilnya?

Memiliki wajah kusam memang sangat tidak menyenangkan. Kamu pasti kurang percaya diri di depan banyak orang. Pasalnya, wajah terlihat kurang segar dan kurang enak dipandang mata. Makanya, kamu perlu tahu mengenai treatment untuk wajah kusam agar kamu bisa memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi lagi.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Menghilangkan Bruntusan yang Membandel?

Dibandingkan dengan masalah wajah yang lain, seperti wajah berjerawat atau bruntusan, masalah kulit wajah kusam itu terdengar sepele. Saking sepelenya, banyak orang yang tidak terlalu peduli. Padahal, masalah kulit kusam mini sering menjadi pintu masuk masalah-masalah di wajah lainnya.

Kebanyakan kulit wajah yang kusam itu menimbulkan masalah aging atau penuaan dini. Dan ini pasti bukan masalah yang sepele, bukan? Jadi, penting sekali bagi kamu untuk tahu bagaimana tips mengatasi wajah kusam agar kamu tidak mengalami masalah pada kulit wajah yang serius lainnya. Setuju, kan?

Jangan Selalu Menyalahkan Sinar UV

Jangan Selalu Menyalahkan Sinar UV - Wajah Kusam

Coba apa jawabanmu jika ditanya apa yang membuat wajah kusam? Kemungkinan besar sinar matahari atau sinar UV. Kebanyakan orang menyalahkan sinar UV ketika wajah kusam.

Apakah itu benar? Sebenarnya bukan salah jika kamu mengatakan wajah kusam disebabkan terkena paparan sinar matahari. Akan tetapi, satu hal yang harus dijadikan catatan. Paparan sinar matahari tidak hanya menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab wajah kusam. Persentasenya pun tidak begitu tinggi.

Ada faktor lain yang sangat berpengaruh, seperti penggunaan kosmetik yang salah. Ada banyak sekali kosmetik yang dijual di pasaran. Sayangnya, tidak banyak yang mau meneliti apakah kosmetik tersebut mengandung bahan yang aman. Biasanya, kosmetik hanya ditunjukkan dari segi manfaatnya saja, seperti kosmetik memutihkan wajah atau kosmetik untuk membuat wajah glowing. Mereka tidak sempat untuk melihat apa saja kandungan di dalam kosmetik tersebut.

Belum lagi faktor yang lain, seperti faktor makanan yang dikonsumsi, gaya hidup yang kurang sehat, dan lain sebagainya. Terlepas dari banyaknya faktor penyebab tersebut, ada treatment untuk mengatasi wajah kusam yang bisa mengatasi masalah yang satu ini, apapun faktornya. 

Perawatan Wajah Kusam yang Diperlukan 

Pada intinya, masalah wajah kusam itu disebabkan karena kelembaban tidak terjaga. Maka dari itu, intinya adalah bagaimana kamu menjaga kelembaban. Nah, tips berikut ini bisa kamu lakukan untuk menjaga agar kelembaban wajah selalu terjaga:

1. Cuci Muka Pakai Air Hangat

Cuci Muka Pakai Air Hangat - Wajah Kusam

Ada baiknya kamu mulai menggunakan air hangat saat mencuci muka. Ternyata, air hangat bisa lebih melembabkan daripada air dingin. Tentu saja kamu tidak harus terus menerus menggunakan air hangat. Mungkin kamu bisa cuci muka dengan air hangat di malam hari sebelum tidur. Sementara itu, di lain waktu, kau bisa tetap menggunakan air dingin. 

Akan tetapi, setelah kamu mencuci muka dengan air hangat, jangan mengeringkan dengan handuk yang terlalu kasar. Kulit wajah kamu sangat lembut pada waktu. Sebaiknya, gunakan handuk yang kering. Itupun jangan digosok-gosokkan. Cukup tepuk-tepukkan saja dengan pelan-pelan.

2. Pakai Pelembab yang Tepat

Pakai Pelembab yang Tepat - Wajah Kusam

Kulit memiliki pelembab alami sendiri. Hanya saja, terkadang pelembab yang dibutuhkan masih kurang. Maka dari itu, wajah butuh pelembab tambahan. Gunakan produk pelembab agar wajah terjaga kelembabannya.

Sangat disarankan agar kamu menggunakan pelembab yang juga berperan sebagai pelindung. Produk semacam ini mengandung SPF yang melindungi wajah dari terpaan sinar matahari. Jadi, di satu sisi, produk tersebut dipakai untuk melembabkan. Di sisi lain, perannya juga sangat penting agar kulit tidak kering karena adanya proteksi dari sinar UV.

Pelembab sebaiknya digunakan secara berkala. Tidak harus setiap pagi saja. Jika di siang hari begitu terik dan wajah terasa kasar dan kering, kamu bisa oleskan pelembab tipis-tipis. Ini tips treatment untuk wajah kusam yang sepele tapi sangat penting.

3. Gunakan Masker Alami

Gunakan Masker Alami - Wajah Kusam

Produk pelembab sebaiknya kamu gunakan setiap hari. Sementara itu, sekali atau dua kali dalam satu minggu, kamu bisa melembabkan kulit dengan menggunakan masker. Masker apa yang bagus untuk kulit kusam?

Ada 3 masker yang mudah untuk kamu buat dan untuk diaplikasikan. Yang pertama adalah masker madu. Kamu tidak perlu meracik apapun. Cukup beli madu yang asli lalu oleskan pada wajah. Ini termasuk treatment untuk wajah kusam yang aman untuk dilakukan.

Madu akan melembabkan wajah dengan baik. Lalu, wajah akan terasa kenyal dan lembut. Kandungan antibakteri di dalamnya juga mampu menghilangkan bakteri yang mungkin bersembunyi untuk menyebabkan masalah wajah lainnya seperti jerawat.

Yang kedua adalah masker lidah buaya. Ini juga tak kalah simpel. Cukup ambil lidah buaya, potong, dan ambil gel-nya. Hanya saja, sekarang ini tidak mudah untuk mendapatkan lidah buaya. 

Yang ketiga masker yogurt. Ini bahan yang paling mudah ditemukan di pasaran. Kamu bisa oleskan yogurt ke wajah sebagai masker. Nah, kira-kira masker mana yang akan kamu pilih?

4. Memberikan Nutrisi dari Dalam

Memberikan Nutrisi dari Dalam - Wajah Kusam

Setelah membahas treatment untuk wajah kusam dari luar, saatnya perawatan dari dalam. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, wajah kusam itu disebabkan karena kelembaban kulit tidak terjaga. Makanya kulit butuh pelembab. 

Pelembab yang dibutuhkan tidak hanya diperoleh dari luar, seperti dari produk kecantikan atau dari bahan alami yang digunakan untuk membuat masker. Tubuh juga butuh pelembab dari dalam. Yaitu dari nutrisi makanan yang bergizi.

Jika kamu ingin segera mengatakan selamat tinggal dengan kulit kusam, perbanyaklah minum air. Konsumsi juga sayuran hijau dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C-nya. Itulah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kulit wajah kamu.

Nah, mudah kan untuk mengatasi masalah wajah kusam? Yang sulit biasanya adalah konsistensi dalam menerapkan tips tersebut. 

Mengatasi Kulit Kusam dengan Berolahraga

Mengatasi Kulit Kusam dengan Berolahraga

Selain perawatan tersebut di atas, kamu juga perlu berolahraga. Faktanya, kulit kusam itu bisa diatasi dengan cara melakukan olahraga. Tidak percaya?

Memang ini terdengar tidak masuk akal. Bagaimana bisa olahraga ada hubungannya dengan kulit kusam. Jika ditinjau dari medis, hubungannya jelas ada. Saat kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat. Karena keringat itu sendiri juga sudah melembabkan kulit. Selain itu, saat kamu berkeringat, pori-pori kulit terbuka. Ini akan menstimulasi produksi pelembab alami di dalam tubuh.  

Itulah mengapa treatment untuk wajah kusam harus juga dibarengi dengan olahraga. Pilihlah jenis olahraga yang paling kamu suka dan yang membuat kamu banyak mengeluarkan keringat. Kamu bisa jogging di pagi hari, aerobik dengan teman-teman pecinta aerobik, pergi ke gym, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Rekomendasi Klinik Kecantikan di Surabaya Terbaik untuk Dijajal

Masalah wajah kusam itu bisa dialami oleh siapa saja. Hanya mereka yang bisa merawat wajah dengan baik mampu mengatasinya. Lakukan antisipasi jika kamu merasa wajah kamu mulai kering dan kusam. Lakukan perawatan secukupnya yang bisa menjaga kelembaban. Itulah poin pentingnya.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan