KecantikanGaya HidupInspirasiTren Fashion Terbaru

Siapa Bilang Merawat Muka Berminyak Itu Sulit?

4 Siapa Bilang Merawat Muka Berminyak Itu Sulit?

Harus bisa dibedakan ya antara muka berminyak dengan glowing. Jika wajah kamu berminyak, itu artinya kamu punya masalah. Dan ini bukan masalah yang sepele. Kamu perlu tahu bagaimana cara merawat muka berminyak. 

Baca Juga: Traveling Hemat yang Biasa Dilakukan Mahasiswa

Perawatan yang dimaksud bukan hanya sekedar menghilangkan minyak di wajah untuk sementara. Perawatan tersebut harus mampu menurunkan produksi minyak. Karena dengan cara inilah masalah muka berminyak bisa diatasi langsung dari akar penyebabnya.

Dan ternyata tidak sulit. Melakukan perawatan yang tepat sekaligus berhenti melakukan kebiasaan yang menyebabkan wajah berminyak menjadi kuncinya.

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Penyebab Wajah Berminyak 

Sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang ternyata menyebabkan masalah muka berminyak. Dan kebiasaan tersebut banyak yang tidak disadari. Misalnya saja terlalu sering mencuci muka. Alih-alih membuat wajah bersih, terlalu sering cuci muka memicu produksi minyak berlebihan di wajah. 

Begitu juga dengan menyepelekan mengaplikasikan pelembab. Mungkin kamu salah satu orang yang sering ketiduran di malam hari. Terlalu lelah setelah beraktivitas seharian membuat kamu mudah tertidur. Dan kamu tidak sempat cuci muka dan mengaplikasikan pelembab sebelum tidur. Ini pula yang menyebabkan wajah berminyak lho.

Dan satu lagi, yaitu kebiasaan menggunakan makeup yang terlalu tebal. Sebaiknya Untuk merawat muka berminyak, makeup yang tebal sebaiknya kamu gunakan di momen-momen tertentu saja. Untuk kegiatan sehari-hari, gunakan makeup sederhana saja yang tidak menutup pori-pori. Karena makeup yang menutup pori-pori memicu produksi minyak. Karena kulit merasa butuh pelembab di saat yang sebenarnya kulit tidak membutuhkan terlalu banyak pelembab.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut harus kamu hentikan jika ingin mengatasi masalah muka berminyak. Setelah itu, kamu bisa lakukan program merawat muka berminyak. 

Perawatan untuk Merawat Muka Berminyak

Lalu, poin utamanya adalah bagaimana cara merawat muka berminyak. Berikut ini tips mengatasi muka berminyak:

1. Selektif Memilih Produk untuk merawat muka berminyak

Selektif Memilih Produk untuk merawat muka berminyak

Ini tips yang sangat tepat jika ditaruh di nomor 1. Pasalnya, banyak orang yang asal dalam memilih produk perawatan wajah. Mereka tetap ingin tampil menawan sambil mencoba menghilangkan masalah muka berminyak.

Tentu tidak salah jika kamu ingin tetap memiliki penampilan yang cantik lalu kamu menggunakan produk kecantikan. Yang kamu perlu perhatikan adalah kandungan di dalamnya. Pilihlah produk kecantikan yang tidak memburuk kondisi wajah kamu.

Dua jenis produk yang harus kamu hindari. Yang pertama, produk yang bahannya minyak. Pastikan kamu memilih produk yang bahannya bukan minyak. Biasanya, di labelnya tertulis non-oil. Yang kedua, hindari produk comedogenic. Biasanya ini ada di dalam produk pelembab wajah. Jika di label produk tertulis non comedogenic, itu aman untuk kamu gunakan.

2. Memanfaatkan Toner 

Memanfaatkan Toner - Merawat Muka Berminyak

Apakah kamu sudah menggunakan toner sebagai rangkaian perawatan wajah selama ini? Jika belum, sebaiknya kamu harus mulai menggunakan toner. Alasannya sangat jelas. Toner mampu mengurangi produksi minyak di wajah. 

Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa sembarangan memilih toner. Toner yang terbaik untuk merawat muka berminyak adalah toner yang kandungan alkoholnya rendah. Atau bahkan lebih baik jika kamu memilih toner yang tanpa ada kandungan alkohol di dalamnya.

Toner mengandung AHA juga sangat dianjurkan untuk kamu pilih. AHA ini mirip dengan asam salisilat, yaitu berperan mengurangi produksi minyak di dalam kulit. Di saat yang sama, kandungan ini juga mampu membersihkan pori-pori. Kotoran yang menempel di pori-pori bisa diangkat dan masalah kulit berminyak benar-benar bisa diatasi.

3. Menggunakan Masker untuk merawat muka berminyak

Menggunakan Masker untuk merawat muka berminyak

Siapa bilang masker hanya diperlukan untuk masalah kulit kusam. Ada lho masker untuk wajah berminyak. Jadi, masker tidak hanya melembabkan tapi ada juga yang berperan untuk mengontrol produksi minyak.

Salah satu yang paling efektif adalah green tea atau teh hijau untuk merawat muka berminyak. Ini sudah dijadikan sebagai bahan kecantikan. Dan ternyata teh hijau ini juga bisa digunakan sebagai bahan masker. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu secara signifikan mengurangi minyak di wajah.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, siapkan 3 sendok makan larutan green tea. Setelah itu, campurkan dengan 3 sendok makan tepung beras. Aduk dan tambahkan sedikit air lemon agar harum. Aduk hingga menjadi pasta.

Masker green tea sudah siap untuk diaplikasikan. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit. Setelah itu, cuci muka kamu dengan menggunakan sabun dan air. Keringkan dan lakukan cara merawat muka berminyak dengan masker green tea ini setidaknya sekali dalam satu minggu.

4. Keringkan Wajah Ketika Minyak Berlebihan

Keringkan Wajah Ketika Minyak Berlebihan - Merawat Muka Berminyak

Ini yang paling sering dilakukan, yaitu menyerap minyak di wajah dengan menggunakan tisu. Ini memang penting. Karena jika minyak tidak diserap, produksi minyak akan semakin banyak. Selain itu, wajah berminyak juga membuat debu mudah menempel. Jika kamu biarkan saja, kamu tidak hanya akan mengalami masalah wajah berminyak tapi yang lainnya lagi. Misalnya jerawat karena debu menutup pori-pori. Sebum tidak bisa keluar dan muncullah bintik-bintik jerawat.

Itulah 4 tips merawat muka berminyak yang secara konsisten harus kamu lakukan. Mulailah sekarang dan lihat hasilnya dalam beberapa hari kemudian.

Hati-Hati Memilih Skincare

Hati-Hati Memilih Skincare - Merawat Muka Berminyak

Semakin banyak orang yang sadar betul pentingnya memilih produk kecantikan yang aman. Mereka tidak hanya memilih karena iklan. Mereka sudah teredukasi. Produsen pun merespons dengan cara membuat skincare yang aman. Misalnya saja skincare yang tidak ada kandungan alkohol.

Memang alkohol di dalam skincare itu bukan kandungan utama. Ini hanya digunakan untuk mencampurkan beberapa kandungan agar larut dengan baik. Namun, para ahli dermatologi sudah mewanti-wanti dengan kandungan alkohol ini meskipun sedikit. Pasalnya, alkohol di dalam skincare justru memperburuk masalah wajah berminyak. Alkohol menstimulasi produksi minyak sehingga lebih banyak lagi.

Ada baiknya kamu lihat label di semua skincare yang selama ini kamu gunakan. Jika ada skincare yang mengandung alkohol sekalipun sedikit, sebaiknya ganti dengan yang tidak mengandung alkohol.

Ini tidak hanya bersifat sementara. Artinya, setelah masalah wajah berminyak bisa diatasi, kamu bisa kembali menggunakan skincare dengan kandungan alkohol. Bukan seperti itu. Akan lebih baik jika kamu tidak lagi menggunakan skincare semacam ini. Karena kandungan alkohol di dalamnya tidak hanya kurang bagus untuk wajah berminyak tapi juga jenis kulit lainnya.

Toh sekarang sudah banyak pilihan skincare yang lebih aman. Mungkin harganya sedikit lebih mahal. Namun, itu seharusnya tidak lagi menjadi masalah selama wajah kamu menjadi bersih, lembut, dan sehat. Kamu setuju, bukan?

Baca Juga: Perawatan Tubuh Pra Nikah yang Perlu Dilakukan?

Nah, semua hal tentang cara merawat muka berminyak sudah kamu pelajari. Kamu tinggal melakukan action. Setelah itu, pertahankan dengan cara terus menerus menerapkan perawatan wajah yang tepat. Karena inilah yang akan menentukan apakah masalah wajah berminyak yang kamu alami bisa kembali lagi atau tidak. Semoga ini menjadi pengalaman buruk kamu yang terakhir dan tidak akan terulang lagi.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan