Kecantikan

Mau Tahu Cara Menghilangkan Bruntusan yang Membandel?

Mau Tahu 4 Cara Menghilangkan Bruntusan yang Membandel?

Ada yang lebih menjengkelkan daripada jerawat. Sekilas mirip tapi lebih membuat kamu tidak percaya dari, yaitu bruntusan. Untungnya, ada cara yang sangat efektif untuk menghilangkan bruntusan. Dan cara ini cukup mudah untuk kamu lakukan.

Baca Juga: Rekomendasi Klinik Kecantikan di Surabaya Terbaik untuk Dijajal

Jika kamu pernah mengalami masalah ini atau jangan-jangan kamu sedang mengalaminya saat ini, kamu pasti tahu sudahnya mengatasi bruntusan. Terkadang, bruntusan tidak hilang setelah kamu melakukan perawatan dan serangkaian pengobatan. Sebaliknya, bruntusan semakin menyebar di seluruh wajah. 

Banyak orang yang mengalami hal tersebut. Ada yang menyerah. Ada juga yang akhirnya menemukan cara menghilangkan bruntusan. Dan mereka berhasil mengembalikan wajahnya yang bersih lagi. Kamu yang mana? Jangan menyerah dulu ya.

Kenapa Susah Menghilangkan Bruntusan di Wajah?

Kenapa Susah Menghilangkan Bruntusan di Wajah?

Ada banyak sekali orang yang sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi bruntusan. Ada juga yang menghabiskan banyak uang untuk membeli produk tertentu yang katanya bisa menghilangkan masalah di wajah tersebut. Namun, hasilnya nol besar.

Mungkin kamu juga salah satu dari orang tersebut. Dan kamu mulai menyalahkan atau tidak lagi percaya dengan cara-cara mengatasi masalah bruntusan. Kamu juga tidak lagi mau menggunakan produk apapun.

Sebenarnya, bisa saja bukan cara penanganan yang salah. Bukan pula produknya yang kurang mantap. Bisa saja kamu melakukan hal kecil yang ternyata kesalahan besar. Coba jawab. Apa yang menyebabkan bruntusan?

Faktanya, banyak sekali faktor penyebab bruntusan. Ada yang disebabkan faktor hormonal. Ini yang sering dijadikan “kambing hitam”. Asal kamu tahu saja ada banyak faktor lainnya. Contohnya saja masalah pencernaan. Sistem pencernaan yang kurang baik di dalam tubuh juga bisa menyebabkan bruntusan lho. 

Dan ada faktor penyebab lainnya seperti penggunaan helm yang kurang bersih, model rambut yang terurai sehingga sering menutup dahi, dan satu lagi stres. Nah, kira-kira apa yang menyebabkan kamu mengalami bruntusan?

Yang pasti, upaya untuk menghilangkan bruntusan seharusnya dibarengi dengan tidak melakukan hal yang menjadi faktor penyebab bruntusan. Apakah kamu sudah melakukan keduanya?

Tips Efektif Menghilangkan Bruntusan 

Sekarang, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi bruntusan. Cara berikut ini yang termasuk paling mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah perawatan wajah untuk menghilangkan bruntusan.

1. Cari Tahu Penyebab Bruntusan

Cari Tahu Penyebab Bruntusan - Menghilangkan Bruntusan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak faktor yang menyebabkan wajah bruntusan. Kira-kira, bruntusan di wajah kamu apa penyebabnya?

Bisa saja tidak hanya satu faktor penyebabnya. Bisa saja dua atau bahkan lebih. Apapun itu, cari tahu lalu jangan melakukan apa yang menurutmu menyebabkan wajah bruntusan.

2. Lakukan Perawatan Ringan

Lakukan Perawatan Ringan - Menghilangkan Bruntusan

Sebenarnya Menghilangkan Bruntusan, tidak ada hal spesial yang harus kamu lakukan. Cukup pastikan wajah kamu mendapatkan perawatan yang jauh lebih baik. Jaga kebersihannya. Selama mengalami bruntusan, ada baiknya kamu sering mencuci muka. Tidak perlu menggunakan sabun. Saat kamu berkeringat, segera hapus dan cari kamar mandi untuk membersihkan wajah. Karena keringat sangat tidak bagus untuk bruntusan.

Dan akan lebih baik jika kamu mencegah wajah kamu sering berkeringat. Bagaimana caranya? Gunakan topi saat beraktivitas di luar di siang hari. Pastikan juga topi kamu bersih. Jika kamu harus berolahraga di luar, hapus keringat dan segera mandi setelah selesai berolahraga.

3. Manjakan Diri dengan Memakai Masker untuk Bruntusan

Manjakan Diri dengan Memakai Masker untuk Bruntusan - Menghilangkan Bruntusan

Ini bagian yang penting untuk menghilangkan bruntusan. Yaitu penggunaan masker. Mungkin selama ini kamu lebih sering mengaplikasikan masker untuk kecantikan. Lupakan untuk sementara. Cari masker untuk mengatasi bruntusan.

Salah satunya masker lemon. Peras lemon secukupnya lalu oleskan ke seluruh bagian wajah, terutama yang mengalami bruntusan. Senyawa antibakteri di dalamnya mampu mengurangi peradangan sekaligus mengembalikan kondisi kulit wajah seperti sedia kala.

Jika kamu merasa perih jika menggunakan masker lemon, kamu bisa ganti dengan bahan alami lainnya. Misalnya saja madu. Ini jauh lebih nyaman untuk wajah yang bruntusan. Bahkan, penggunaan masker madu ini sebaiknya dilakukan sesering mungkin. Biarkan kandungan madu meresap ke dalam pori-pori dan melakukan perbaikan.

4. Cuci Muka Pakai Sabun Khusus

Cuci Muka Pakai Sabun Khusus - Menghilangkan Bruntusan

Para ahli kesehatan kulit selalu menyarankan agar cuci muka dua kali sehari, yaitu di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Saat mencuci muka, kamu harus gunakan sabun yang tepat.

Nah, untuk menghilangkan bruntusan, gunakan sabun cuci muka yang memang diformulasikan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Ada banyak sekali merek sabun yang bisa kamu pilih. Disarankan kamu memilih sabun yang ada kandungan benzoil peroksida. Ini merupakan kandungan yang sangat berperan untuk membunuh bakteri. Pasalnya, bruntusan yang susah dihilangkan biasanya disebabkan adanya bakteri.

Selain itu, benzoil peroksida juga akan mengurangi minyak di wajah. Banyak sekali orang yang mengalami bruntusan yang awalnya disebabkan minyak yang berlebihan. Jadi, sabun dengan kandungan ini akan mempercepat proses menghilangkan masalah bruntusan di wajah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Jadi, sudah siap untuk mengucapkan selamat tinggal dengan bruntusan?

Olahraga yang Paling Direkomendasikan

Olahraga yang Paling Direkomendasikan - Menghilangkan Bruntusan

Ada yang menganggap bruntusan itu disebabkan karena keringat bercucuran yang keluar. Dan karena pori-pori tersumbat, muncullah bruntusan.

Sebenarnya, anggapan tersebut tidak salah. Hanya saja, hal tersebut tidak lantas membuat kamu tidak boleh berolahraga. Karena olahraga bisa membuat kamu sangat berkeringat.

Memang ada olahraga yang berisiko membuat kamu bruntusan. Contohnya saja olahraga yang tidak hanya membuat keringat keluar begitu deras tapi juga wajah menjadi kotor. Saat wajah tidak dibersihkan dengan baik, terjadilah bruntusan.

Maka dari itu, sebaiknya pilihlah olahraga yang tidak berisiko menyebabkan bruntusan. Misalnya saja yoga dan aerobik di ruangan tertutup. Dua olahraga ini sangat disarankan untuk kamu lakukan.

Satu hal yang harus kamu ketahui. Keringat yang keluar itu bagus untuk mencegah masalah di wajah terutama jerawat dan juga bruntusan. Kamu tahu mengapa? Karena saat keringat keluar, kotoran kecil yang menyumbat di pori-pori akan dikeluarkan. Hanya saja, ada satu catatan. Jangan sampai justru pori-pori tersumbat oleh debu yang cukup besar ya.

Olahraga yang Paling Direkomendasikan - Menghilangkan Bruntusan

Selain yoga dan aerobik, kamu bisa juga jogging. Namun, pastikan kamu memilih tempat yang tidak berpolusi ya. Lakukan jogging di pagi hari saat udara masih begitu bersih dan segar. Jangan terlalu lama. Jangan tunggu hingga terlalu siang karena biasanya di siang hari polusi udara sudah mulai banyak. Selain itu, paparan sinar matahari pada jam 9 keatas juga kurang baik. Kamu bisa jogging di waktu jam 6 hingga 8. Itu adalah waktu terbaik untuk jogging.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Bisnis Hingga Jenisnya Secara Sederhana

Tidak ada cara yang pasti untuk menghilangkan bruntusan. Beberapa langkah dan tips tersebut bisa kamu coba dan lihat mana yang paling tepat untuk kamu lakukan untuk mengatasi Menghilangkan Bruntusan. Setelah itu, selalu merawat wajah dengan baik. Jaga baik-baik agar masalah bruntusan tidak kembali lagi.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan