KecantikanGaya HidupTren Fashion Terbaru

Tak Hanya Kesehatan, Ini Manfaat Madu untuk Kecantikan yang Luar Biasa

Tak Hanya Kesehatan, Ini Manfaat Madu untuk Kecantikan yang Luar Biasa

Salah satu makanan yang berkhasiat untuk kehidupan sehari-hari adalah madu. Madu adalah bentuk dari sumber makanan yang dihasilkan lebah dan mempunyai sejuta manfaat. Manfaat madu untuk kecantikan atau untuk kesehatan tubuh sudah terbukti mujarab. Kandungan nutrisi yang banyak dan lengkap membuat madu banyak khasiatnya.

Baca Juga: Harga Jam Tangan Casio Pria Terjangkau dan Berkualitas Terbaik

Biasanya madu ini dimakan atau digunakan sebagai pelengkap makanan. Misalnya saja sebagai bahan pemanis untuk membuat kue atau untuk minum jamu. Bisa juga untuk bahan olesan pada roti atau semacamnya. Bahkan dimakan tanpa tambahan apapun madu tetap enak dikonsumsi. Tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, manfaat madu untuk kecantikan juga cukup komplit. 

Madu yang memiliki tekstur lengket dan lembut ternyata bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Madu yang dimanfaatkan untuk kecantikan bisa menjadi anti keriput, melembabkan kulit dan rambut, juga bisa menjadi penunda penuaan dini pada kulit. Sebetulnya masih banyak manfaat madu yang bisa didapatkan untuk kecantikan. Agar lebih jelas mari simak ulasannya di bawah ini!

11 Manfaat Madu Untuk Kecantikan

11 Manfaat Madu Untuk Kecantikan - manfaat madu untuk kecantikan

Menggunakan madu sebagai bahan dasar perawatan wajah, kulit, dan rambut bisa mendatangkan banyak keuntungan yang baik. Apa sajakah itu?

1. Bisa Sebagai Anti Aging atau Anti Penuaan Dini 

Madu memiliki tekstur yang lembut dan kental. Nutrisi yang berlimpah juga menjadi alasan mengapa madu ini cocok untuk membuat kulit kering bisa kembali lembab. Jika kelembaban kulit baik dan terjaga maka penuaan dini bisa dicegah. Wajah yang kering biasanya akan pecah-pecah dan membuat kulit terlihat tua. Dengan menggunakan madu, tanda penuaan dini ini bisa dicegah dan disamarkan dengan lebih baik.

2. Mencegah Keriput

Kamu juga bisa memanfaatkan madu untuk mencegah adanya keriput pada kulit wajah. Madu yang memang teksturnya lengket dan penuh nutrisi bisa membuat kulit terjaga kelembabannya. Saat kulit lembab keriput pun tidak akan muncul. Kulit kering yang rawan timbul keriput. Meski hanya garis halus jika terus dibiarkan maka akan menjadi jadi keriput yang tidak dapat disamarkan lagi.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Nutrisi madu yang sangat komplit membuat madu yang diaplikasikan langsung pada wajah bisa mencerahkan. Kulit jadi lebih cerah dan juga lebih lembab. Kulit yang awalnya kering dan kusam bisa teratasi dengan baik karena adanya madu yang bermanfaat.

4. Mengangkat Kulit Mati

Manfaat madu untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengangkat kulit mati terutama pada wajah. Hal ini membuat wajah selalu tampak segar dan kulitnya kenyal. Kulit mati adalah penyebab utama wajah terlihat kusam dan tidak bisa glowing. Dengan madu ini kulit bisa jadi lebih sehat dan juga bersih.

5. Bekas Luka Bakar Bisa Hilang

Jika ada luka bakar di area wajah maupun pada bagian tubuh lain seperti tangan atau kaki, bekas luka tersebut bisa hilang dengan madu. Agar bekas luka bisa betul-betul hilang penggunaan madu pada bagian bekas luka bakar tadi harus dilakukan secara rutin. Tentu saja madu ini tidak sama dengan obat yang menggunakan bahan kimia. Madu yang merupakan bahan alami maka proses menghilangkan lukanya akan sedikit lama daripada obat kimia.

6. Wajah Jadi Cerah dan Glowing 

Wajah Jadi Cerah dan Glowing - manfaat madu untuk kecantikan

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak dan kuat. Kulit yang diberi madu akan menyerap kandungan tersebut sehingga akan aman dan terhindar dari radikal bebas. Dari situlah madu jadi bisa mencerahkan atau membuat wajah lebih glowing. 

Wajah glowing adalah wajah yang kulitnya sehat dan bersih. Dengan menggunakan madu sebagai salah satu bentuk perawatan kulit wajah, ini akan sangat membantu sekali. Wajah akan selalu bersih dan sehat karena madu memang mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kulit.

7. Membuat Bibir Halus

Selain untuk kulit wajah, madu juga kerap digunakan untuk merawat bibir. Manfaat madu untuk kecantikan dikenal bisa membuat bibir jadi halus dan lembab. Bagi yang memiliki bibir pecah-pecah bisa mencoba scrub dari madu untuk mengatasinya.

Caranya sangatlah mudah, cukup campur madu dengan gula pasir lalu oleskan pada bibir. Tunggu hingga beberapa menit lalu gosok-gosok bibir secara perlahan. Setelah selesai bilas dengan air bersih hingga tidak ada madu dan gula yang tersisa. Jika dilakukan secara rutin bibir akan selalu lembab dan merona.

8. Menjauhkan Wajah dari Jerawat

Manfaat madu untuk kecantikan yang paling disukai kaum hawa adalah menjaga wajah bersih dari jerawat. Madu adalah bahan dasar makanan yang punya sifat antibakteri. Jadi jika wajah sering diberikan perawatan dengan madu, maka wajah secara otomatis bisa terhindar dari jerawat. Madu juga sangat baik dalam membersihkan kotoran pada wajah.

Bagi yang wajahnya sudah banyak jerawatnya terutama jerawat yang meradang, coba oleskan madu pada wajah sebagai masker seminggu dua kali. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan perlahan jerawat hilang.

9. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat madu untuk kecantikan yang tidak kalah penting adalah mengecilkan pori-pori pada wajah. Pori-pori yang besar akan sangat mengganggu untuk dipandang selain itu mudah sekali dijadikan tempat bersarang kotoran. Hasilnya wajah terlihat kusam dan kasar. Dengan rajin menggunakan masker madu maka wajah bisa halus dan mulus. Sebab madu bisa mengecilkan pori-pori dengan baik.

10. Membantu Melembutkan Rambut

Selain untuk kulit wajah dan bibir, madu ternyata juga sangat Manfaat madu untuk kecantikan untuk rambut. Rambut yang diolesi madu satu minggu sekali maka kelembabannya terjaga. Hasilnya rambut selalu lembut dan berkilau. Pemakaian rutin bisa memberikan hasil yang maksimal. Jangan lupa setelah menggunakan madu sebagai masker rambut harus membersihkannya dengan bersih.

11. Mencegah Rambut Rontok Berlebih

Manfaat madu untuk kecantikan yang terakhir adalah mencegah rambut rontok. Madu sangat cocok untuk menguatkan akar rambut. Rambut memang normalnya akan rontok setiap harinya karena ada rambut baru yang tumbuh. Tentu saja tidak dalam jumlah yang banyak. Jika rontoknya rambut sudah sangat mengganggu apalagi hingga menyebabkan kebotakan artinya masalah tersebut harus segera ditangani.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan madu sebagai masker rambut. Nutrisi dari madu akan terserap langsung oleh rambut dan kulit kepala. Lambat laun rambut akan kuat dan tidak mudah rontok.

Baca Juga: Mau Jalan-Jalan Tetap Hemat? Yuk Intip Tips Traveling Murah

Pastikan Penggunaan Madu untuk Kecantikan Sudah Tepat

Pastikan Penggunaan Madu untuk Kecantikan Sudah Tepat - manfaat madu untuk kecantikan

Agar bisa mendapatkan manfaat madu untuk kecantikan pastikan penggunaannya tepat. Misalnya saat membuat masker untuk wajah, pastikan tidak terlalu banyak menggunakannya. Wajah juga harus dalam kondisi bersih dari kotoran apapun sebelum menggunakan masker madu. Begitu pula saat menggunakan untuk bibir dan rambut.

Saat sudah selesai menggunakan masker madu tersebut maka membilasnya pun harus betul-betul bersih. Jika ada sedikit madu yang tertinggal atau masih menempel pada kulit atau rambut nanti malah akan memberikan hal yang buruk untuk kulit dan rambut. Bilaslah dengan perlahan dan bersih dengan air hangat.

Itulah berbagai manfaat madu untuk kecantikan. Berbagai manfaat madu untuk kecantikan akan didapatkan secara maksimal jika penggunaannya tepat. Semua manfaat baik dari madu untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh memang sangat banyak. Jadi sebaiknya selalu sedia madu di rumah untuk menjaga kesehatan sekaligus alternatif bahan perawatan tubuh yang alami!

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan