KecantikanGaya HidupInspirasiKesehatan

Saran Dari Ahli Dermatologi Mengenai Cara Ngilangin Bekas Jerawat

Ngilangin Bekas Jerawat 5 Saran Dari Ahli Dermatologi

Ada banyak sekali tips yang bisa kamu terapkan untuk ngilangin bekas jerawat. Namun, apakah tips itu valid? Apa ada penjelasan ilmiahnya? Ada baiknya kamu hanya mendengarkan apa kata ahli dermatologi. Mereka adalah orang yang ahli dan sudah mendedikasikan diri untuk mempelajari seputar kulit. Terutama ketika ada bekas jerawat di kulit.

Baca Juga: Cara Sederhana Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Jerawat di Dahi

Menghilangkan bekas jerawat sama sulitnya dengan mengatasi jerawat. Bahkan, terkadang lebih menjengkelkan ketika bekas jerawat itu ada di wajah. Karena bekas tersebut biasanya tidak bisa hilang dalam kurun waktu yang lama.

Yang paling sering dilakukan adalah menyamarkan bekas jerawat tersebut. Namun, sampai kapan kamu akan selalu menyamarkan bekas tersebut? Akan lebih baik jika kamu coba cara untuk ngilangin bekas jerawat.  

Kenapa Jerawat Bisa Membekas?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tips menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya kamu mundur ke belakang. Apa yang membuat ada bekas jerawat di wajah kamu? Kenapa setelah jerawat disembuhkan wajah tidak kembali mulus dan bersih seperti sedia kala?

Sebenarnya, jerawat yang membekas sering disebabkan karena kesalahan. Bisa saja kamu juga melakukan kesalahan yang sama. Coba kamu ingat kembali. Selama kamu berjerawat, apakah kamu sering memegang atau bahkan memencet jerawat di wajah? Mungkin tidak sering. Namun, hal sepele tersebut ternyata menjadi faktor penyebab utama jerawat membekas.

Itulah mengapa ahli dermatologi selalu menyarankan agar tangan tidak selalu digunakan untuk menyentuh wajah saat berjerawat. Bukan tanpa alasan. Selalu ada rasa gatal yang membuat tangan ingin memencet jerawat. Kalaupun tidak memencet, ada kemungkinan bakteri yang ada di tangan berpindah ke wajah. Dan itu bisa memperburuk jerawat yang kamu alami. Lebih parah lagi, setelah jerawat mengering, maka akan muncul bekas. Dan kamu membutuhkan upaya yang keras lagi untuk ngilangin bekas jerawat. 

Akan tetapi, bukan itu saja faktor penyebab bekas jerawat. Paparan sinar matahari secara langsung juga bisa menyebabkan masalah ini. Pasalnya, saat jerawat terpapar sinar UV, jerawat bisa mengering lalu meninggalkan bekas.

Apapun itu, yang terjadi biarkan terjadi. Sekarang, kamu harus fokus untuk melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat.

5 Perawatan Utama untuk Ngilangin Bekas Jerawat 

Sulitkah mengatasi bekas jerawat di wajah? Jawabannya tergantung pada bagaimana kamu konsisten menerapkan tips berikut ini:

1. Mengoleskan Sunscreen pada Wajah

Mengoleskan Sunscreen pada Wajah - ngilangin bekas jerawat

Sebenarnya, siapa saja membutuhkan sunscreen. Apalagi jika kamu sering berada di luar ruangan. Terpaan sinar matahari di siang hari bisa membuat wajah kamu kering dan kusam. Dan bekas jerawat bisa semakin sulit dihilangkan. 

Namun, bukan berarti jika kamu sering beraktivitas di dalam ruangan, kamu tidak perlu sunscreen. Tetap saja sinar UV bisa masuk ke dalam ruangan. Kamu tetap harus menggunakan sunscreen yang diformulasikan untuk kamu yang lebih banyak berada di dalam ruangan.

Pada dasarnya, sunscreen ini pelindung wajah dari sinar UV. Dalam hal ngilangin bekas jerawat, sunscreen ini mencegah bekas jerawat semakin mengering dan menghitam. Jadi, produk ini mencegah agar bekas jerawat tidak semakin kentara.

Dengan adanya pencegahan seperti ini, kulit akan melakukan perannya mengganti sel kulit yang rusak dengan yang baru. Bekas jerawat itu tanda bahwa sel kulit sudah rusak. Biarkan kulit melakukan tugasnya dengan baik, yaitu mengganti sel kulit yang rusak dengan sel kulit baru.

Ada banyak sekali jenis sunscreen di pasaran. Sebaiknya, kamu pilih sunscreen dengan kandungan SPF tinggi, yaitu 50. SPF ini menunjukkan seberapa kuat perlindungan yang sunscreen berikan untuk wajah. Untuk kamu yang ingin segera mendapatkan hasil, sebaiknya pilih sunscreen SPF tinggi.

2. Gunakan Produk Perawatan Wajah dengan Kandungan Asam Laktat

Gunakan Produk Perawatan Wajah dengan Kandungan Asam Laktat - ngilangin bekas jerawat

Kamu ingin bekas jerawat lebih cepat hilang? Gunakan produk perawatan wajah yang mengandung asam laktat. Mengapa demikian? Karena kandungan inilah yang berperan penting untuk mengelupas dan mengangkat sel kulit mati pada bekas jerawat.

Jadi, asam laktat ini bekerja sama dengan kulit. Asam laktat mengangkat sel kulit yang mati. Sementara secara alamiah kulit melakukan pergantian sel kulit yang baru.

Ada banyak sekali produk perawatan kulit wajah yang mengandung asam laktat. Ini bisa kamu andalkan sebagai salah satu perawatan untuk ngilangin bekas jerawat. 

3. Manfaatkan Vitamin C

Manfaatkan Vitamin C - ngilangin bekas jerawat

Sudah banyak yang tahu manfaat vitamin C untuk kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat, asupan vitamin C harus diperbanyak.

Kamu bisa melakukan dua hal, yaitu mensuplai vitamin C dari luar dan dari dalam. Dari luar, kamu bisa menggunakan masker yang mengandung vitamin C. Atau kamu juga bisa membuat masker sendiri yang ada kandungan vitamin C. Vitamin inilah yang mengandung antioksidan yang menghentikan pigmentasi. Bekas luka semakin pudar dan lambat laun akan menghilang.

Di sisi lain, kamu juga harus pastikan vitamin C ada di dalam tubuh. Konsumsilah buah yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Jadi, proses ngilangin bekas jerawat yang kamu lakukan bisa semakin cepat.

4. Gunakan Produk Perawatan dengan Kandungan AHA

Gunakan Produk Perawatan dengan Kandungan AHA - ngilangin bekas jerawat

Apa itu AHA? Mungkin kamu sering dengar istilah ini dari iklan-iklan produk kecantikan di TV. Namun, apakah kamu tahu apa singkatan AHA serta apa fungsinya?

AHA singkatan dari Alpha Hydroxy Acid. Ada peran penting dalam hal menghilangkan bekas jerawat di wajah, yaitu perannya yang sangat efektif untuk memudarkan bekas luka.

Untuk itu, kamu harus mencari dan menggunakan produk kecantikan yang kandungan AHA-nya tinggi. Ini produk yang awalnya menyamarkan tapi kemudian bakal menghilangkan bekas jerawat di wajah kamu.

5. Ngilangin bekas jerawat Wajah dengan Masker

Ngilangin bekas jerawat Wajah dengan Masker - ngilangin bekas jerawat

Satu atau dua kali dalam satu minggu, kamu bisa membuat masker sendiri yang bisa membantu ngilangin bekas jerawat. Kamu bisa coba membuat masker lidah buaya. Ambil gel dari lidah buaya. Aplikasikan pada seluruh wajah, terutama di bagian yang ada bekas jerawatnya. Biarkan selama 10 atau 20 menit agar kandungan antioksidan di dalam masker lidah buaya meresap. Setelah itu, baru kamu bisa bilas wajah dengan air bersih.

Nah, itulah beberapa tips ngilangin bekas jerawat yang bisa kamu terapkan. Dalam waktu yang tidak lama, bekas luka bisa hilang. Tentunya dengan satu syarat. Kamu menerapkan tips tersebut di atas secara rutin dan konsisten.

Hasilnya sebenarnya juga ditentukan oleh seberapa parah bekas jerawat yang ada di wajah. Namun, menurut ahli dermatologi, bekas jerawat biasa umumnya hilang sepenuhnya setelah 2 atau 3 bulan. Dengan penerapan tips tersebut, semoga bekas jerawat bisa lebih cepat untuk dihilangkan.

Baca Juga: Tips Perawatan Wajah Remaja Korea agar Putih dan Sehat

Selama melakukan perawatan seperti itu, sebaiknya hindari berada di bawah terik sinar matahari secara langsung. Gunakan payung atau topi ketika kamu harus berlama-lama di luar ruangan di siang hari. Pasalnya, sinar matahari bisa memperlambat proses ngilangin bekas jerawat. 

Jadi, kapan kamu akan mulai menerapkan tips ini? Sebaiknya mulailah sekarang dan lakukan secara konsisten.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan