KecantikanInspirasiKesehatan

Ketahui Penyebabnya Lalu Temukan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Menghilangkan Jerawat Pasir 3 Penyebabnya Lalu Temukan

Ada banyak sekali jenis jerawat di wajah. Salah satunya jerawat pasir. Dan ternyata ini jenis jerawat yang cukup sulit untuk diatasi. Harus diterapkan cara menghilangkan jerawat pasir. Ada sedikit usaha yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah wajah yang satu ini.

Baca Juga: Ahli Dermatologi Mengenai Cara Ngilangin Bekas Jerawat

Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir. Sudah banyak orang yang akhirnya memiliki wajah yang bersih dan mulus setelah mengalami masalah dengan jerawat pasir ini. Asalkan kamu tahu bagaimana caranya serta konsisten menerapkan cara menghilangkan jerawat pasir, kamu siap untuk mengatakan selamat tinggal dengan jerawat. 

Apa itu Jerawat Pasir?

Apa itu Jerawat Pasir?

Sebenarnya, jerawat pasir itu sama seperti jerawat lainnya. Ini disebabkan karena minyak yang tidak bisa keluar melalui pori-pori. Akhirnya, muncullah benjolan. Hanya saja, tekstur jerawat pasir ini lebih kecil daripada biasanya. Dan jumlahnya sangat banyak. Jerawat yang kecil dengan jumlah yang banyak inilah yang kemudian disebut dengan jerawat pasir.

Sekilas, jenis jerawat ini seperti komedo. Pasalnya, bentuknya sangat kecil. Dan teksturnya keras. Terkadang, di dalamnya tidak hanya berisi cairan melainkan nanah. Ini tergantung faktor penyebabnya.

Sama seperti jerawat lainnya, jerawat pasir ini disebabkan adanya sumbatan pada pori-pori. Apalagi jika ini dibarengi dengan perubahan hormon di dalam tubuh. Seperti contoh ketika sedang masa puber. Perubahan hormon saat pubertas membuat keringat keluar begitu banyak. Jika ada sumbatan di pori-pori, maka muncullah jerawat pasir.

Jerawat pasir ini bisa dialami oleh siapapun, entah itu pria ataupun wanita. Hanya saja, wanita lebih berisiko. Mengapa? Karena faktor penyebabnya banyak. Ini bisa karena penggunaan makeup yang kurang tepat, stres, dan juga gangguan hormonal yang terjadi di saat masa haid tiba.

Akan tetapi, pria juga berisiko. Faktornya berbeda. Pria umumnya kurang begitu memperhatikan masalah wajah. Mereka tidak terlalu peduli dengan perawatan wajah. Bahkan, sering kali kebersihan wajah diabaikan. Hal tersebut yang membuat risiko pria mengalami jerawat pasir itu ada. 

Terlepas dari hal tersebut, yang terpenting adalah kamu harus tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir. 

Perawatan Khusus yang Kamu Perlukan untuk menghilangkan jerawat pasir

Siapapun pasti merasa tidak nyaman ketika wajahnya dipenuhi oleh jerawat pasir. Wajah terlihat kotor, kurang segar, dan tidak sedap dipandang. Apalagi bagi wanita. Ini menjadi masalah yang sangat serius. 

Lalu, perawatan seperti apa yang harus dilakukan untuk Menghilangkan Jerawat Pasir?

1. Lebih Rutin Mencuci Muka

Lebih Rutin Mencuci Muka - mengilangkan jerawat pasir

Seberapa rutin kamu mencuci muka setiap hari? Sebenarnya, terlalu sering mencuci muka tidak dianjurkan. Begitu juga jika terlalu jarang. Cukup dua kali setiap hari. Kalaupun lebih dari dua kali, usahakan hanya dua kali saja kamu mencuci muka dengan menggunakan sabun. Untuk yang lainnya, cukup gunakan air bersih saja.

Tujuan mencuci muka itu setidaknya ada dua. Yang pertama, membersihkan kotoran atau debu yang mungkin menempel di wajah. Jangan sampai debu yang super kecil menutup pori-pori. Karena inilah yang menjadi penyebab jerawat pasir. Itulah mengapa salah satu cara menghilangkan jerawat pasir. 

Yang kedua, mencuci muka itu melembabkan kulit wajah. Ketika kelembaban terjaga, wajah menjadi terlihat lebih bersih, lembut, dan segar.

2. Hati-Hati Memilih Sabun Cuci Muka

Ada banyak sekali merek sabun cuci muka yang ada di pasaran. Untuk kamu yang sedang mencoba menghilangkan jerawat pasir, sebaiknya pilih sabun cuci muka yang 0% alkohol. Ini sangat penting. Karena jika sabun mengandung alkohol, itu bisa membuat kulit semakin kering. Jerawat menjadi semakin parah dan menyebar ke seluruh bagian wajah.

Sekarang, sudah ada sabun cuci muka untuk mengatasi masalah jerawat. Biasanya, sabun tersebut mengandung benzoil peroksida atau belerang. Ada juga yang mengandung Tea Olive Oil. Ketiga kandungan tersebut sangat membantu untuk mengatasi jerawat pasir.

3. Pilih Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Pilih Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Selain sabun cuci muka, kamu juga harus gunakan beberapa produk perawatan wajah lainnya. Tapi, jangan asal pilih ya. Kamu harus memilih produk perawatan wajah yang aman untuk wajah berjerawat.

Sangat direkomendasikan agar kamu mengaplikasikan serum wajah. Tentu saja serum yang diformulasikan untuk membantu mengatasi masalah jerawat.  Gunakan juga sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi wajah kamu dari sinar UV. Asal kamu tahu ya sinar UV bisa memperparah masalah jerawat lho.

Setidaknya tiga tips tersebut bisa membantu kamu mempercepat proses penyembuhan dari jerawat. Jadi, siap untuk menerapkan cara menghilangkan jerawat pasir tersebut?

Perlukah Mengkonsumsi Obat untuk Menghilangkan Jerawat Pasir?

Perawatan dari luar sudah kamu pelajari. Namun, ada satu pertanyaan lagi. Perlukah perawatan atau pengobatan dari dalam?

Perlukah Mengkonsumsi Obat untuk Menghilangkan Jerawat Pasir?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jerawat pasir itu termasuk jenis jerawat yang sulit untuk ditangani. Beberapa orang akhirnya pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Hal tersebut dilakukan jika cara menghilangkan jerawat pasir dari luar tidak cukup.

Dokter kulit tahu apa yang harus dilakukan. Biasanya, dokter akan memberikan resep obat jerawat tertentu. Misalnya saja retinol. Sebenarnya, kandungan utama di dalam retinol ini adalah vitamin A. Vitamin ini sangat membantu untuk mencegah adanya penyumbatan sebum. Seperti yang sudah kamu ketahui, penyumbatan sebum merupakan salah satu faktor penyebab jerawat pasir. Vitamin A ini juga berperan untuk melawan bakteri yang menyebabkan infeksi di pori-pori. Bakteri inilah yang membuat jerawat sulit diatasi dan bahkan menyebabkan jerawat menyebar.

Terkadang, dokter juga memberikan resep berupa antibiotik. Mengapa? Karena biasanya jerawat mengalami peradangan. Jika itu disebabkan oleh bakteri, dokter akan mengambil tindakan memberikan obat antibiotik. Namun, kamu harus pastikan obat antibiotik kamu habiskan sesuai resep dokter ya.

Langkah Pencegahan yang Diperlukan untuk Menghilangkan Jerawat Pasir

Ada pepatah yang mengatakan “mencegah itu lebih baik daripada mengobati”. Apalagi terkait dengan jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir itu cukup sulit. Bahkan, ada kemungkinan kamu harus mengkonsumsi obat tertentu, bukan?

Jika kamu sudah terlanjur mengalami masalah dengan jerawat pasir, segera lakukan perawatan. Setelah jerawat hilang, lakukan langkah pencegahan seperti di bawah ini:

1. Olahraga Teratur

Olahraga Teratur - menghilangkan jerawat pasir

Olahraga tidak hanya untuk menyehatkan tulang dan otot. Olahraga juga memberikan manfaat untuk kulit wajah. Dengan melakukan olahraga, keringat akan keluar. Saat keringat keluar, sumbatan pada pori-pori ikut dikeluarkan. Itulah yang akan membuat risiko mengalami jerawat pasir bisa dihilangkan.

2. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Jangan malas untuk beranjak dari kursi atau tempat tidur meskipun sudah mengantuk. Segera masuk ke kamar mandi lalu bersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Jangan biarkan kotoran mengendap di pori-pori selama satu malam.

3. Jangan Terlalu Sering Scrubbing

Scrubbing memang bagus untuk menghilangkan kulit yang sudah mati. Namun, di saat yang sama, scrubbing berisiko menyebabkan iritasi. Saat itulah jerawat lebih mudah muncul. Untuk itu, hindari terlalu sering melakukan scrubbing ya.

Baca Juga: Lakukan untuk Mengatasi Jerawat di Dahi

Merawat wajah tidak harus dilakukan ketika ada masalah. Perawatan harus dilakukan secara kontinu. Kamu sudah tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir. Jika jerawat sudah berhasil diatasi, lakukan perawatan yang benar agar jerawat pasir tidak kembali lagi.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan