KecantikanGaya HidupInspirasi

6 Skincare Badan yang Wajib untuk Perawatan Rutin

6 Skincare Badan yang Wajib untuk Perawatan Rutin

Bukan hanya wajah saja yang butuh perawatan skincare. Badan kamu juga butuh lho. Makanya, kamu harus siapkan skincare badan ya. Karena kecantikan itu tidak hanya dipancarkan dari wajah saja.

Baca Juga: Wajib Dipahami Tentang Kista Ovarium pada Remaja

Apalagi jika kamu sudah punya suami. Jelas bukan hanya wajah saja yang harus dirawat, bukan?

Meskipun demikian, bukan berarti kamu yang belum bersuami tidak perlu merawat dan memakai skincare badan. Kecantikan merupakan investasi yang sangat penting. Apalagi jika kamu bekerja di mana penampilan sangat penting.  

Penggunaan Skincare Badan Sesuai dengan Tujuan

Lalu, apa saja skincare untuk badan yang harus kamu gunakan? Sebenarnya, pertanyaan ini hanya bisa dijawab dengan cara menjawab satu pertanyaan lagi. Apa tujuan kamu menggunakan body skincare?

Rata-rata, wanita ingin sekali memiliki badan yang putih dan mulus. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan. Entah itu pergi ke beauty center atau membeli produk perawatan badan yang kemudian dipakai sendiri.

Apapun itu caranya, butuh usaha yang ekstra keras untuk membuat tujuan tersebut terwujud. Bagaimana dengan kamu?

Tentu tidak salah jika kamu juga mendambakan badan yang putih mulus. Jadi, bukan hanya wajah saja yang putih dan mulus. Leher, badan, tangan, dan kaki juga harus sama putih dan mulus.

Namun, akan lebih baik jika tujuannya lebih dari itu, yaitu membuat kulit badan kamu sehat. Putih dan mulus menjadi bonusnya.

Selain itu, ada resiko jika kamu hanya fokus menginginkan badan yang putih. Kamu bisa saja terjebak dengan skincare badan yang ternyata berbahaya. Sudah banyak diketahui skincare illegal atau skincare yang ternyata mengandung bahan kimia berbahaya. Umumnya, produk semacam itu ditawarkan dengan iming-iming agar penggunanya memiliki kulit yang putih.

Jadi, sebaiknya kamu luruskan niat dan tujuan. Masih sekedar ingin memiliki kulit putih atau kulit yang sehat?

6 Skincare untuk Perawatan Badan Setiap Hari

Tepat sekali jika kamu ingin merawat badan agar kulit badan kamu sehat. Dan Berikut ini 6 skincare badan yang kamu perlu gunakan.

1. Body Wash

Body Wash - Skincare Badan

 

Salah besar jika kamu menganggap body wash itu sekedar sabun yang gunanya untuk membersihkan badan. Lebih dari itu, banyak sekali peran dari body wash. Misalnya saja untuk menjaga kelembaban. Apalagi jika kulit kamu kering dan kusam. Atau kamu berada di daerah yang panas sehingga tinggi sekali risiko terkena masalah kulit kusam.

Kamu sangat memerlukan body wash yang mengandung pelembab yang tinggi. Ini akan mencegah kulit terasa kering dan kusam. Dan dengan body wash seperti ini, kulit kamu akan tetap mulus dan kenyal.

2. Body Scrub

Body Scrub - Skincare Badan

 

Sesekali, kamu juga perlu melakukan scrubbing. Ini merupakan proses di mana kamu membantu kulit melakukan eksfoliasi, yaitu pelepasan sel kulit mati agar digantikan dengan sel kulit baru. Jika proses ini terjadi, maka kulit tidak akan terlihat kering dan kasar.

Namun, perawatan skincare badan ini tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Pasalnya, terlalu sering scrubbing bisa membuat kulit mengalami iritasi. Lapisan kulit bagian paling luar mengelupas sehingga mudah iritasi. Sebaiknya, scrubbing dilakukan satu kali dalam satu minggu. Ini lebih dari cukup.

Selain itu, tidak perlu juga seluruh badan di scrubbing. Cukup area yang terasa kusam saja. Atau area yang terlihat akan melakukan eksfoliasi. Scrubbing membantu proses tersebut.

3. Body Lotion

Body Lotion - Skincare Badan

Bisa dikatakan ini merupakan skincare badan yang paling sering digunakan. Kamu juga pasti punya di rumah. Body lotion itu sepertinya makanannya kulit. Ada kandungan nutrisi di dalam produk ini yang akan menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

Gunakan body lotion ke seluruh badan, mulai dari leher hingga ujung kaki. Cukup oleskan tipis-tipis saja agar kulit tidak kering. Apalagi jika saat ini sedang musim kemarau. Body lotion sangat membantu untuk mencegah kulit kering.

Oleskan body lotion setiap kali selesai mandi. Ini seharusnya menjadi perawatan body yang rutin harus dilakukan.

4. Body Butter

Body Butter - Skincare Badan

Banyak sekali yang tidak bisa membedakan antara body lotion dengan body butter. Keduanya memang mirip. Hanya saja, skincare badan perannya dalam menjaga kelembaban kulit lebih bagus body butter daripada body lotion.

Itulah mengapa body butter tidak harus digunakan setiap hari. Cukup digunakan satu minggu sekali. Atau ketika kulit benar-benar kering dan kusam, ganti body lotion dengan body butter.

Tekstur body butter jauh lebih kental daripada body lotion. Hal ini disebabkan kandungan yang ada di dalam produk ini jauh lebih banyak. Keefektifannya untuk mengatasi kulit kering dan kusam juga jauh lebih baik.

5. Body Serum

Body Serum - Skincare Badan

Ingin memiliki kulit yang putih dan sehat? Perawatan dengan body serum tidak boleh ditinggalkan. Mengapa? Karena kandungan vitamin C di dalam produk skincare badan yang satu ini sangat tinggi. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh kulit agar putih dan cerah. Apalagi jika ada bagian kulit kamu yang terbakar sinar matahari yang terasa kasar jika dipegang. Bagian tersebut harus dirawat dengan serum.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa menggunakan skincare ini sembarangan. Sangat disarankan agar kamu hanya mengaplikasikan serum body di malam hari, tepatnya sebelum tidur. Karena ketika kamu sedang tidur, serum akan bekerja lebih efektif merasuk pada kulit bagian dalam. Sehingga masalah kulit yang kamu alami bisa teratasi.

Kamu bisa coba aplikasikan serum dalam beberapa malam. Lalu, lihat perbedaannya saat kamu bangun pagi. Kulit akan terasa lebih lembut, segar, dan kenyal.

6. Sunscreen

Sunscreen - Skincare Badan

Sunscreen tidak hanya perlu diaplikasikan di wajah. Ada juga lho sunscreen untuk skincare badan. Karena pada dasarnya sunscreen itu protektor kulit dari sinar UV. Ada kandungan yang disebut dengan SPF atau Sun Protection Factor. Kandungan inilah yang mencegah kulit tersengat sinar matahari yang menjadikan sel kulit bisa mati.

Karena perannya seperti itu, jelas bukan hanya wajah saja yang perlu diproteksi, bukan? Badan juga. Terutama jika kamu lebih senang memakai pakaian terbuka, seperti sleeveless atau rok pendek. Bagian tubuh kamu yang terbuka harus dilindungi dengan sunscreen.

Yang perlu diperhatikan adalah kandungan SPF-nya. Sunscreen skincare badan mengandung SPF yang berbeda. Ada yang 30. Ada juga sampai 50. Untuk kulit kamu yang kering atau jika kamu tinggal di daerah yang cukup panas, sebaiknya pilih sunscreen dengan kandungan SPF yang paling tinggi. Sekarang, ada sunscreen SPF 50+. Ini tidak hanya melindungi kulit tapi juga menjaga kelembaban.

Baca Juga: Gejala Awal Diabetes yang Setiap Orang Harus Ketahui

Nah, itulah beberapa skincare badan yang harus kamu miliki. Gunakan masing-masing skincare sesuai dengan aturan. Jangan berlebihan. Karena terkadang penggunaan skincare berlebihan justru menyebabkan masalah kulit, bukan mengatasi masalah kulit. Sesekali, kamu juga bisa konsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui sejauh mana perawatan harian yang kamu lakukan membuat kulit semakin sehat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan