KecantikanGaya HidupInspirasiKesehatan

16 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Luar Biasa

16 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Luar Biasa

Minyak zaitun sudah banyak digunakan sejak dulu. Bahkan, pemimpin besar dunia seperti Cleopatra dan Ratu Elizabeth pun kerap menggunakannya untuk alasan kesehatan dan kecantikan. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal minyak zaitun untuk sebagai salah satu bahan makanan dan ‘alat’ penghalau tanda-tanda penuaan. Padahal selain itu, masih banyak manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan loh!

Baca Juga: Merk Sepatu Wanita Terkenal untuk Tampilan Trendy

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat minyak zaitun untuk kecantikan:

1. Menghindari Kulit Keriput

Menghindari Kulit Keriput - Minyak Zaitun

Manfaat pertama dari minyak zaitun adalah untuk menghindari kulit keriput. Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan di wajah seseorang akan terus bertambah. Apalagi jika kebiasaan hidup sehari-hari cukup ‘bobrok’ dan dibarengi dengan kulit yang tidak dirawat, kehadiran tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput di wajah, leher, dan pundak pun akan lebih cepat timbul. Untungnya, kita dapat menghindari hal ini dengan penggunaan olive oil.

2. Melindungi Wajah dari Kerusakan

Melindungi Wajah dari Kerusakan - Minyak Zaitun

Lingkungan tempat kamu tinggal bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kulit secara keseluruhan. Misalnya saja bagi kamu yang bermukim di kota besar dengan polusi udara tinggi, kemungkinan kulit tubuh dan wajah akan rusak bila tidak dirawat dengan tepat. Salah satu upaya yang bisa ditempuh untuk mengatasi persoalan tersebut adalah penggunaan minyak zaitun. Sebab, zaitun mempunyai khasiat untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi lantaran memiliki kandungan antioksidan tinggi.

3. Mempersempit Pori-Pori Wajah

Mempersempit Pori-Pori Wajah - Minyak Zaitun

Bagi kebanyakan orang, memiliki pori-pori wajah yang besar akan membuat wajah tampak lebih tua dan kurang menarik. Namun, berkat pengaplikasian  zaitun secara rutin, kamu dapat mengatasi sekaligus menghindari kondisi tersebut. Ini karena zaitun mempunyai kandungan linoleic yang ampuh mengecilkan pori-pori kulit wajah.

4. Obat Jerawat Alami

Obat Jerawat Alami - Minyak Zaitun

Merasa kesal dengan jerawat yang terus muncul di wajah? Jangan khawatir! Sebab, kamu bisa mengatasinya lebih cepat dengan cara yang super efektif. Cukup dengan mengoleskan olive oil secara rutin ke area yang berjerawat. Untuk kamu ketahui, zaitun berkhasiat sebagai obat jerawat alami karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi, anti bakteri, anti racun dan infeksi, serta anti inflamasi.

5. Bikin Wajah Lebih Mulus dan Putih Bersinar

Bikin Wajah Lebih Mulus dan Putih Bersinar - Minyak Zaitun

Jadikan zaitun yang dipadukan dengan buah-buahan yang baik untuk kesehatan kulit sebagai bahan utama pembuatan masker alami. Bila prosedur perawatan ini dilakukan secara berkala, kamu akan memperoleh kulit wajah yang lebih halus, mulus, dan putih berseri.

6. Mencegah Rambut Bercabang

Mencegah Rambut Bercabang - Minyak Zaitun

Jika kamu memiliki rambut dengan tekstur kasar, cenderung susah diatur dan bercabang, minyak zaitun mungkin bisa jadi senjata alternatif paling oke untuk mengatasinya! kamu hanya perlu memijat kulit kepala dengan zaitun hangat. Setelah itu, biarkan selama 1 jam agar minyak meresap secara sempurna. Bila sudah, segera bersihkan rambut dengan shampoo dan conditioner.

7. Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan Ketombe - Minyak Zaitun

Selain rambut bercabang,  zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe di rambut. Aplikasikan zaitun dengan cara dioles dan diratakan menggunakan sisir. Pada tahap ini, kamu bisa menambahkan perasan air jeruk lemon untuk hasil yang lebih maksimal. Setelah menunggu selama beberapa saat, bilas rambut hingga bersih.

8. Melawan Kebotakan

Melawan Kebotakan - Minyak Zauitun

Sudah beberapa dekade berlalu dan minyak zaitun masih dianggap sebagai bahan alami paling efektif untuk mengatasi rambut rontok dan patah. Konon, minyak zaitun yang digunakan secara rutin akan membuat rambut lebih kuat hingga ke bagian akar-akarnya. Nah, supaya hasil treatment lebih optimal, kamu dapat menambahkan sebutir kuning telur yang dicampurkan ke dalam minyak.

9. Merawat Rambut Rusak

Merawat Rambut Rusak - Minyak Zaitun

Hampir semua orang di dunia ini pernah setidaknya sekali, mengalami rambut yang rusak ataupun bercabang. Kondisi tersebut bisa terjadi karena beberapa hal seperti kesalahan memilih produk shampo, terlalu sering melakukan blow dry, hingga faktor cuaca. Apalagi jika kamu termasuk salah seorang yang sering mengganti gaya rambut dan mewarnainya. Peran minyak zaitun disini adalah membantu membuat rambut lebih sehat sekaligus meminimalisir resiko rambut bercabang.

10. Memperlancar Kerja Pencernaan

Memperlancar Kerja Pencernaan - Minyak Zaitun

Alih-alih menggunakan mentega/margarin, pemilihan minyak zaitun sebagai salah satu bahan masakan bisa jadi alternatif yang lebih menguntungkan, terutama dari sisi kesehatan manusia. Pasalnya, minyak zaitun memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi peptida yang bisa membuat seluruh organ pencernaan dalam tubuh lebih sehat dan mampu bekerja dengan lebih baik.

Saat minyak zaitun masuk ke bagian usus, keberadaannya akan membantu organ pencernaan menyerap lebih banyak vitamin dan juga mineral yang notabene sangat berguna bagi tubuh. Bukan hanya itu saja, minyak zaitun juga akan menyingkirkan kandungan makanan lain yang dianggap tidak terlalu berguna bagi sistem organ. Disebutkan pula dalam sebuah penelitian yang berhasil dipublikasikan, Journal of Epidemiology and Community Health, sejatinya minyak zaitun cukup ampuh mengurangi resiko kanker pankreas.

11. Mencegah Penyakit Kanker

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, minyak zaitun kaya akan antioksidan, sehingga memungkinkannya bisa memerangi penyebab penyakit kanker, terutama kanker kulit dan kanker payudara.

12. Melembabkan Kulit Kering

Melembabkan Kulit Kering - Minyak Zaitun

Kulit kepala, kulit wajah, dan badan kamu terasa sangat kering? Coba gunakan produk-produk kecantikan yang memiliki kandungan zaitun! Minyak zaitun mampu terserap hingga ke lapisan terdalam kulit, sehingga bagus sekali untuk digunakan sebagai pelembab atau night cream sehari-hari. Selain memenuhi kebutuhan kulit atas cairan hidrasi dalam tubuh, minyak zaitun yang dioleskan secara rutin akan menjaga kulit dari keberadaan partikel-partikel asing penyebab kulit kering.

13. Menunda Penuaan Kulit

Menunda Penuaan Kulit - Minyak Zaitun

Olive Oil dielukan sebagai salah satu bahan terbaik untuk menunda timbulnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus, keriput, maupun flek hitam. Ini karena zaitun mempunyai kandungan Vitamin E dan K yang sangat tinggi. Dimana kedua jenis vitamin tersebut berguna sebagai antioksidan yang bisa melindungi permukaan kulit wajah dari kerusakan akibat polusi udara. Tidak berhenti sampai disitu saja, zaitun yang digunakan secara rutin akan membuat tekstur kulit lebih halus dan lembut saat disentuh.

14. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari - Minyak Zaitun

Apabila kamu kerap menghabiskan waktu untuk berada di luar ruangan, terlebih saat siang hari, kamu dapat memanfaatkan Olive Oil sebagai proteksi kulit. Dengan begitu, kulit akan senantiasa terhindar dari bahaya sinar UV.

15. Meregenerasi Kulit

Meregenerasi Kulit - Minyak Zaitun

Setiap beberapa hari sekali, cobalah melakukan scrubbing dengan minyak zaitun yang dicampur gula pasir. Bila dilakukan dengan langkah yang tepat, kulit kamu akan beregenerasi dan kamu bakal terlihat lebih muda.

16. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Mengatasi Bibir Pecah-pecah - Minyak Zaitun

manfaat zaitun untuk kecantikan yang terakhir adalah mengatasi bibir pecah-pecah. Bibir pecah-pecah bisa teratasi dengan mengoleskan Olive Oil secara rutin. Kamu bisa menjadikan zaitun sebagai scrub alami untuk bibir. Tindakan ini akan membuat sel-sel kulit mati pada bibir mengelupas sehingga terjadilah pergantian sel baru yang lebih sehat.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Online Hingga Tips Sukses

Ternyata manfaatnya banyak sekali ya! Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun ini agar kecantikan kulit bisa lebih terawat. Nah, dari beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan diatas, manakah yang paling menarik untuk dijajal?

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kecantikan