InspirasiGaya Hidup

Mau Tahu Rumus Sukses ala Bob Sadino? Pelajari Sekarang Juga

Mau Tahu Rumus Sukses ala Bob Sadino? Pelajari Sekarang Juga

Ada banyak sekali rumus sukses ala Bob Sadino. Akan tetapi, hanya beberapa saja yang sering diucapkan oleh beliau. Ini seolah menjadi petuah yang paling penting yang ingin beliau sampaikan kepada para pengusaha, terutama pengusaha muda yang baru merintis bisnis baru.

Baca Juga: Wanita Hamil Tapi Haid? Ini Dia 7 Penjelasan Medisnya

Dan rumus dari pengusaha nyentrik ini sangat beda dengan yang lainnya. Sama sekali tidak teoritis melainkan praktis. Hal inilah yang membuat hanya beberapa pengusaha saja yang berhasil menerapkan rumus sukses ala Bob Sadino ini. 

Dan memang benar. Mereka yang menerapkan rumus tersebut benar-benar sukses jadi pengusaha. Mungkin kamu salah satunya. Tapi, kamu harus siap untuk menerapkan rumus yang sangat nyeleneh yang harus kamu terapkan.

6 Kunci Sukses Ala Bob Sadino 

6 tips sukses ala Bob Sadino sudah lebih dari cukup untuk menghantarkan kamu menjadi pengusaha yang sukses. Sudah siap untuk mempelajari dan menerapkan tips berikut ini:

1. Lawan Rasa Takut dengan Cara Nekat

Ketakutan - Bob Sadino

Selalu saja ada rasa khawatir dan takut untuk memulai usaha. Tidak hanya mereka yang belum memiliki modal. Yang sudah memiliki modal pun takut. Takut jika modalnya hilang begitu saja. Atau bahkan modal hutang hilang tanpa ada hasil apalagi untung.

Rasa takut itu pasti ada. Namun, rasa takut tersebut harus dilawan dengan satu hal, yaitu nekat. Salah satu kiat sukses ala Bob Sadino adalah nekat dalam menjalankan bisnis.

Lalu, bagaimana agar bisa nekat? Bob Sadino mengatakan bahwa kenekatan itu bisa muncul jika seseorang tidak berharap terlalu banyak. Ini juga yang beliau lakukan ketika ia mulai berbisnis telur. Ia tidak berharap banyak hal dari bisnis ini. Cukup jalani saja. Nekat. Dan itu akan mengusir rasa takut dengan sendirinya.

Rasa takut itu muncul ketika seseorang memiliki keinginan yang terlalu banyak. Tentu saja dalam bisnis seseorang ingin untung. Namun, jangan terlalu berpikir banyak untung karena pikiran tersebut akan membuat seseorang takut sehingga tidak akan nekat bergerak.

2. Harus Berpikir Kreatif

Berpikir - Bob Sadino

Tidak ada yang beda antara satu bisnis dengan yang lain. Ada rumus yang selalu dilakukan oleh para pengusaha, yaitu ATM. Amati, tiru, dan modifikasi.

Kamu bisa lihat sendiri berapa banyak bisnis yang sama. Mereka saling berkompetisi. Mana yang bertahan? Yang bertahan adalah mereka yang tidak hanya sekedar mengamati dan meniru melainkan juga melakukan modifikasi.

Modifikasi ini hanya bisa dilakukan jika ada daya kreativitas. Bisa saja kamu berjualan es cendol yang sama dengan orang lain. Namun, kamu harus berpikir bagaimana agar es cendol yang kamu juga itu beda. Daya kreatif harus dikeluarkan.

Buat usaha kamu berbeda dari kompetitor. Karena sedikit berbeda itu jauh lebih baik daripada sedikit lebih baik dari kompetitor lain. Dan sedikit perbedaan itu muncul karena daya kreatif dari seorang pebisnis.

3. Tidak Malu Belajar dari Orang Lain

Belajar - Bob Sadino

Ini sukses ala Bob Sadino yang terkadang tidak dimiliki oleh para pengusaha. Pengusaha yang hebat itu selalu mengosongkan gelas saat bertemu dan belajar dari orang hebat lainnya. Sayangnya, lebih banyak orang yang sok tahu. Untuk mereka yang merasa sok tahu, sudah pasti itu racun yang akan membuatnya tidak akan bisa menjadi pengusaha sukses.

Seorang pengusaha yang sudah hebat sekalipun harus meluangkan waktu untuk bertemu dengan pengusaha lainnya. Entah itu hanya sekedar silaturahmi, membangun jaringan, atau bertukar ilmu. Dan saat itulah otak harus dibuat kosong agar bisa menampung ilmu baru dari pengusaha lain walaupun itu ilmu sepele. Karena terkadang ilmu yang kecil dan terdengar sepele itulah yang membuat munculnya ide usaha baru.

Sebaliknya, orang yang merasa tahu segalanya akan menutup diri untuk mendapatkan ilmu baru dari orang lain. Orang tersebut tidak menyadari jika ada potensi dari orang lain.

4. Ambil Risiko

Mengambil Keputusan - Bob Sadino

Ada satu kalimat yang sering diucapkan oleh Bob Sadino. Sukses atau tidaknya sebuah bisnis itu ditentukan oleh eksekusi. Dan persentasenya mencapai 90%. Jadi, ide bisnis itu hanya 10%. 90% ditentukan oleh eksekusi.

Lalu, apa yang membuat orang berani melakukan eksekusi? Jawabannya adalah mengambil risiko. Orang yang melakukan action itu artinya orang yang sedang mengambil banyak sekali risiko. Mulai dari risiko mengeluarkan modal, risiko menghabiskan waktu, tenaga, serta pikiran, serta berani mengambil risiko untuk gagal.

Bagaimana agar kamu berani mengambil risiko dan menganggap risiko itu tidak ada apa-apanya? Mulai saja. Itu petuah yang sering disampaikan oleh Bob Sadino. Karena langkah awal membuat kamu berani. Langkah selanjutnya membuat kamu lebih berani lagi untuk mengambil risiko yang jauh lebih besar. Hanya saja, semakin jauh kamu melangkah, kamu tidak merasakan bahwa risiko yang kamu ambil sebenarnya semakin besar.

5. Kerja Harus Keras dan Cerdas

Kerja Keras - Bob Sadino

Pengusaha yang sukses tidak hanya work hard tapi juga work smart. Makanya, pengusaha yang luar biasa tidak hanya mau bekerja mulai dari pagi buta hingga larut malam. Ia tidak hanya mau tidur beberapa jam saja. Itu bentuk dari kerja keras. Kerja cerdas juga dilakukan seperti melakukan delegasi kepada orang lain, membangun tim yang solid, dan lain sebagainya.

Agar pengusaha bisa bekerja keras, Bob Sadino mengatakan bahwa ia harus bekerja sama dengan orang pintar. Karena inilah yang membuatnya bisa bekerja secara efektif dan efisien. Inilah yang disebut oleh Bob Sadino sebagai bekerja cerdas.

6. Jangan Terlalu Banyak Berpikir

Cepat Ambil Keputusan - Bob Sadino

Ini yang sangat bertentangan dengan teori bisnis saat ini. Mungkin kamu sering mengikuti seminar sukses berbisnis. Lalu, kamu diajarkan membuat business plan dan lain sebagainya.

Justru Bob Sadino tidak menyarankan agar kamu memikirkan terlalu banyak hal. Dalam bisnis, Bob Sadino menyarankan agar setiap pengusaha untuk sedikit berpikir dan perbanyak bertindak. Jika ada ide, segera eksekusi. Cari tahu apakah ide tersebut bisa berhasil diterapkan atau tidak. Jika ya, teruskan. Jika tidak, hentikan. Cari yang lain.

Makanya salah satu tips sukses ala Bob Sadino yang sering disampaikan adalah lupakan Plan B atau Plan C. Karena saat membuat Plan B dan Plan C, itu artinya kamu sudah menyiapkan kegagalan. Yang ada harusnya adalah Plan A. Jika gagal, maka pikirkan nanti apa Plan selanjutnya. Dan itu semuanya adalah Plan A, bukan Plan B atau Plan yang lainnya.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pengusaha yang Bakal Menumbuhkan Semangat Wirausaha

Nah, itulah beberapa kiat sukses ala Bob Sadino yang bisa kamu pelajari dan terapkan. Untuk kamu yang benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses, tips sukses tersebut sudah sangat cukup untuk membakar semangat kewirausahaan pada diri kamu. Karena semangat itulah yang sangat penting. Semangat itulah yang membuat kamu bergerak lalu yakin bahwa setiap langkah yang kamu lakukan akan berakhir dengan sebuah kesuksesan. Dan itu modal yang sebenarnya paling dibutuhkan oleh seorang pengusaha.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Inspirasi