InspirasiGaya Hidup

3 Kisah Inspiratif Pengusaha yang Bakal Menumbuhkan Semangat Wirausaha

3 Kisah Inspiratif Pengusaha Menumbuhkan Semangat Wirausaha

Kamu tidak harus selalu ikut seminar bisnis untuk bisa menjadi pengusaha sukses. Ada kalanya kamu harus mengikuti kisah inspiratif pengusaha yang sudah lebih dahulu berhasil menjalankan bisnis. Karena dengan membaca kisah inspiratif pengusaha tersebut, kamu akan langsung belajar pengalaman para pengusaha.

Baca Juga: Cara Cepat Untuk Mengatasi Sesak Nafas

Dalam kisah tersebut, kamu akan menemukan halangan serta rintangan yang orang-orang sukses hadapi. Disisi lain, kamu juga bisa belajar bagaimana proses yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mengatasi rintangan tersebut.

Kamu juga bisa meniru cara berpikir para pengusaha sukses lainnya. Jadi, bukan hanya teori saja yang akan kamu pelajari tapi juga pengalaman dari orang yang sudah mengalaminya. Inilah yang sisi positif dari membaca kisah inspiratif pengusaha.

Ada banyak sekali cerita inspiratif dari pengusaha yang bisa kamu baca. Akan tetapi, setidaknya 3 cerita pengusaha berikut ini wajib kamu ketahui.

Kisah Inspiratif Pengusaha dari Seorang Susi Pudjiastuti

kisah inspiratif pengusaha

Siapa yang tidak kenal Susi Pudjiastuti. Beliau memang lebih dikenal sebagai Menteri yang nyentrik. Di era pemerintahan Pak Jokowi yang pertama, beliau diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang menyita perhatian. Bagaimana tidak. Ibu Susi kabarnya tidak lulus SMA dan menjadi Menteri. Padahal, selama ini Menteri biasanya adalah orang yang berpendidikan tinggi.

Terlepas dari hal tersebut, banyak yang tidak tahu jika Ibu Susi ini merupakan pengusaha sukses. Banyak sekali buku tentang kisah inspiratif pengusaha yang menceritakan tentang Ibu Susi.

Sejak masih kecil, ia sudah memiliki jiwa wirausaha. Setelah memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah, ia mulai berbisnis. Ia menjual bed cover dan juga ikan. Yang melejitkan nama beliau menjadi seorang pengusaha besar adalah usaha jualan ikan yang ia lakukan.

Usaha Ibu Susi - Kisah Inspiratif Pengusaha

Beliau berada di Pandanaran, sebuah daerah dengan pesisir laut yang begitu luas. Ikannya melimpah. Hal inilah yang membuat Susi Pudjiastuti berpikir untuk berdagang ikan. Beliau mulai membeli ikan dari nelayan lalu menjual ke daerah lain. Lambat laun, ia dikenal sebagai pebisnis ikan yang luar biasa. Bahkan, ia juga menjadi pebisnis ikan lobster yang tidak hanya dibutuhkan di pasar dalam negeri tapi juga luar negeri.

Beliau mengerti bahwa bisnis ikan punya satu masalah, yaitu menjaga kesegaran ikan yang didistribusikan. Salah satu caranya adalah mengawetkan. Hanya saja, konsumen tidak terlalu suka dengan ikan yang diawetkan. Agar distribusi ikan cepat tanpa pengawet, maka Ibu Susi membuat perusahaan penerbangan. Ini dibuat selain untuk mengangkut orang juga mengangkut barang serta ikan dagangannya sendiri.

Dari kisah inspiratif pengusaha bernama Susi Pudjiastuti ini, kita bisa belajar satu hal. Hal yang kecil bisa besar jika dilakukan dengan sepenuhnya. Lihat saja bagaimana Ibu Susi memanfaatkan potensi berupa ikan di Pandanaran sehingga bisa dijadikan bisnis yang besar. Bukan hanya bisnis ikan tapi juga menjadi bisnis penerbangan.

Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Bernama Gibran Rakabuming 

Gibran Rakabuming - Kisah Inspiratif Pengusaha

Tidak perlu menunggu tua hingga akhirnya bisa menjadi pengusaha sukses. Dan ini dibuktikan oleh Gibran Rakabuming. Ia adalah sosok pengusaha sukses di usia muda. Dan apa yang ia lakukan adalah buah dari kreativitasnya dalam mengolah sebuah ide biasa menjadi luar biasa.

Yang paling terkenal dari bisnis Gibran adalah Martabak Markobar. Bayangkan saja. Hanya jualan martabak saja, Gibran menjadi salah satu pengusaha muda yang sukses. Kuncinya ada di varian rasa. Gibran ingin martabak yang ia buat memiliki varian rasa yang paling lengkap. Karena target marketnya adalah anak-anak muda yang suka dengan rasa yang lain daripada yang lainnya. 

Dan ide tersebut benar-benar brilian. Markobar diterima tidak hanya di Solo di mana ia tinggal tapi juga di beberapa kota besar di Indonesia. Bahkan, sudah ada juga cabang di luar negeri.

Sempat menjadi headline ketika cabang Markobar di Jakarta mampu menjual 200 loyang dalam waktu 1 malam saja. Dan dari satu malam itu, omset yang didapatkan satu cabang ini mencapai 30 juta. Itu belum cabang-cabang di kota lain.

Martabak - Kisah Inspiratif Pengusaha

Akan tetapi, bukan hanya Markobar saja yang merupakan bisnis yang ia jalankan. Ternyata, ada sederet usaha yang juga ia terus lakukan, seperti Kerjaholic, iColor, Tugas Negara Bos, Mangkokku, dan Goola.

Yang paling menarik adalah Kerjaholic. Ini merupakan sebuah aplikasi yang membantu para pekerja serta para pencari kerja. Bisa dikatakan bisnis yang satu ini tidak hanya bersifat profit oriented. Gibran mengerti banyak sekali anak muda yang butuh pekerjaan. Disisi lain, ada banyak pengusaha yang ingin menemukan karyawan yang tepat dan hebat. Melalui aplikasi Kerjaholic ini, Gibran ingin mempertemukan para calon pekerja terbaik dengan perusahaan yang tepat.

Dari kisah inspiratif pengusaha seorang Gibran Rakabuming ini, kita bisa belajar bahwa anak muda juga bisa sukses menjadi pengusaha. Dan pengusaha itu tidak hanya menjalankan usaha yang benar-benar baru. Gibran berjualan martabak yang sebenarnya bukan makanan baru. Mudah sekali menemukan penjual martabak di jalan-jalan. Akan tetapi, dengan sedikit kreativitas, martabak buatan Gibran lebih laku khususnya di kalangan anak muda.

Kisah Inspiratif dari Tjie Tjin Hoan

Tjie Tjin Hoan - Kisah Inspiratif Pengusaha

Mungkin kamu tidak familiar dengan kisah inspiratif pengusaha nama Tjie Tjin Hoan. Tapi, bagaimana dengan Ciputra? Nama asli Ciputra sebenarnya adalah Tjie Tjin Hoan. Ia adalah sosok pendiri PT. Daya Cipta. Hotel Ciputra yang hampir ada diseluruh kota besar yang ada di Indonesia adalah miliknya.

Namun, sebenarnya beliau mengawali bisnis tidak di bidang perhotelan. Passion-nya ada di bidang pembuatan properti. Setelah lulus dari ITB jurusan arsitek, Ciputra mulai membangun karirnya di Jakarta. Di ibu kota, beliau mempresentasikan karya propertinya di depan gubernur Jakarta pada waktu itu, yaitu Soemarno. Proyek tersebut disetujui.

Hanya saja, pemerintah daerah pada waktu itu tidak memiliki dana. Namun, Ciputra tidak patah semangat. Ia tetap melanjutkan proyek dengan mencari bantuan dari teman pengusaha lainnya.

Suatu ketika, ia juga bisa bertemu dengan Presiden Soekarno untuk mempresentasikan karyanya. Dan presentasi ditanggapi secara positif. Lagi-lagi, tidak ada dana dari pemerintah pusat. Hanya saja, ia tetap terus melanjutkan proyek tersebut. Dan berhasil.

Tjie Tjin Hoan - Kisah Inspiratif Pengusaha

Keberhasilan Ciputra dalam beberapa proyek besar membuat nama Ciputra melambung tinggi. Dan ia dikenal sebagai raja properti. Kemudian, ia membuat properti berupa hotel sendiri yang dinamai dengan Ciputra. Hotel yang satu ini sudah menjadi hotel yang banyak ditemukan di pusat kota-kota besar di Indonesia.

Yang menarik dari kisah inspiratif pengusaha Ciputra ini adalah kegigihannya menjalankan passion sehingga menjadi sumber penghasilan yang luar biasa. Yang perlu dilakukan adalah memperjuangkan passion tersebut meskipun ada halangan melintang.

Baca Juga: Genre Musik Populer Di Indonesia Beserta Ciri Khasnya

Nah, itulah 3 kisah inspiratif pengusaha dari Indonesia yang patut untuk dijadikan pembelajaran. Kamu bisa melihat dari sudut pandang mana saja. Dan kamu akan menemukan betapa dibutuhkannya semangat dan tekad yang kuat jika ingin menjadi pengusaha hebat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Inspirasi