Gaya HidupInspirasi

Tips Menabung Milenial agar Cepat Financial Freedom

Tips Menabung Milenial agar Cepat Financial Freedom

Tidak seperti generasi sebelumnya, anak milenial tidak ingin terlalu lama bekerja di perusahaan. Sekalipun itu perusahaan besar. Maka dari itu, banyak sekali yang langsung menerapkan tips menabung milenial mulai ketika mereka sudah mendapatkan gaji. Dengan satu keinginan. Mereka bisa tidak lagi bekerja di usia muda tapi tetap mendapatkan penghasilan. Ini yang sering disebut dengan financial freedom. 

Baca Juga: Mengurangi Gula Bukan Satu-Satunya Cara Mencegah Diabetes

Mulai sejak muda, mereka menabung. Kemudian sebagian tabungan digunakan untuk usaha sendiri. Ada juga yang digunakan investasi. Jadi, mereka benar-benar dalam tahap financial freedom. Mereka tidak lagi khawatir dengan kebutuhan ekonomi setiap hari.

Akan tetapi, tidak semuanya lancar begitu saja. Bahkan, lebih banyak yang gagal daripada yang berhasil. Lihat saja anak milenial tidak kunjung bisa memiliki rumah sendiri. Padahal, gaji yang didapatkan tidaklah kecil.

Apa yang membuat mereka gagal? Mereka tidak tahu bagaimana tips menabung milenial yang efektif. Ini tidak hanya sekedar memiliki keinginan untuk menambah isi tabungan. Tidak sesederhana itu. 

Temukan Motivasi untuk Menabung

Apa saja bisa dilakukan jika ada niat yang jelas. Dan niat itu muncul ketika ada motivasi. Karena tanpa motivasi kuat, niat tidak akan bisa diwujudkan.

Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menabung adalah menentukan motivasi. Apa motivasi kamu menabung? Ada yang ingin segera memiliki rumah sendiri. Ada juga yang ingin segera memiliki tanah untuk investasi. Ada juga yang fokus untuk mendapatkan financial freedom. 

Akan tetapi, apapun itu, tujuan itu tidak akan bisa kamu capai jika kamu tidak mulai menabung. Dan ini bisa dimulai dengan langkah kecil, yaitu dengan menentukan motivasi.

Dalam Tips Menabung tentukan berapa tabungan yang ingin kamu dapatkan serta waktu yang dibutuhkan. Dua hal tersebut harus ditentukan dari awal. Keduanya harus jelas dan detail, yaitu angka di buku tabungan serta deadline.

Seperti contoh. Jika kamu dalam satu tahun ingin memiliki tabungan 20 juta rupiah, kamu harus breakdown menjadi 12 bulan. Setiap bulan, setidaknya kamu harus menabung 1,7 juta rupiah. 

Kamu juga bisa breakdown lagi menjadi lebih kecil lagi, yaitu per minggu atau per hari. Jika per bulan targetnya 1,7 juta rupiah, per minggu setidaknya kamu harus mengisi buku tabungan dengan uang sebesar 450.000 rupiah. Ini tips menabung milenial yang sederhana tapi sangat efektif ketika kamu menargetkan tabungan dalam jumlah yang banyak. Target yang tinggi tidak akan terasa berat. Ini yang akan memunculkan motivasi untuk menabung. 

Tips Menabung yang Efektif untuk Milenial

Sudah punya motivasi yang kuat? Sekarang, kamu bisa melanjutkan ke tips menabung milenial yang sifatnya teknis. Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

1. Buka Tabungan Khusus

Tabungan khusus - Tips Menabung

Pertama-tama, kamu harus pisahkan antara tabungan untuk pemenuhan kehidupan sehari-hari dengan tabungan untuk masa depan. Kamu bisa buka tabungan baru. 

Sebaiknya, buka buku tabungan yang tidak dilengkapi dengan kartu ATM. Dengan cara ini, kamu tidak mudah tergoda untuk mengambil isi ATM. Uang akan tetap berada di dalam tabungan.

Atau bisa juga kamu memilih tabungan berjangka. Ini jenis tabungan yang tidak bisa diambil dalam kurun waktu tertentu. Ini juga menjadi dorongan agar motivasi menabung kamu tetap kuat.

2. Tentukan Target Tabungan

Target Menabung - Tips Menabung

Setelah punya buku tabungan sendiri, tentukan target berapa uang yang ingin kamu tabung. Target itu bisa per bulan ataupun per tahun. Bisa juga target tersebut berupa angka yang sesuai dengan barang yang kamu ingin miliki. Misalnya saja kamu ingin memiliki mobil baru tahun depan dengan harga Rp 200.000.000. 

Sebenarnya, teorinya adalah menabung 10% dari penghasilan per bulan. Ini yang paling disarankan oleh para ahli finansial. Meskipun demikian, presentasi ini boleh berubah. Semakin tinggi targetnya, maka persentasenya harusnya lebih tinggi juga. Namun, 10% dari penghasilan itu sudah sangat baik. 

3. Sisihkan untuk Investasi

Sisihkan Untuk Investasi - Tips Menabung

Tidak semua uang kamu simpan dalam bentuk tabungan. Dan ini tips menabung milenial yang paling banyak diterapkan oleh anak muda cerdas. Mereka tahu uang di tabungan itu nilainya akan turun karena nilai mata uang yang cenderung turun setiap tahunnya. 

Lalu, solusinya adalah dengan menaruh sebagian uang di instrumen investasi. Ada reksadana. Ada juga investasi emas. Setidaknya ada dua keuntungan. Yang pertama, nilai uang tidak jatuh di tahun-tahun mendatang. Yang kedua, uang tidak bisa diambil begitu saja karena harus sesuai dengan aturan investasi.

4. Buat Punishment System

Punishment System - Tips Menabung

Kamu sudah menentukan target. Lalu kamu breakdown di mana kamu menemukan berapa nominal uang yang harus kamu nabung tiap bulan atau bahkan tiap minggu.

Agar target tersebut berjalan lancar, tetapkan punishment system atau sistem hukuman. Ketika di minggu atau di bulan tertentu kamu tidak bisa menabung sesuai target, berikan hukuman kepada diri sendiri.

Akan tetapi, jangan asal hukuman. Hukuman seperti tidak keluar untuk hangout atau nonton film bisa jadi hukuman yang tepat. Karena dengan tidak melakukan hal tersebut, pengeluaran bisa ditekan. Lalu, uang bisa dialokasikan untuk ditabung.

5. Kurangi Pengeluaran

Kurangi Pengeluaran - Tips Menabung

Keberhasilan penerapan tips menabung milenial juga dipengaruhi seberapa kuat kamu mengurangi pengeluaran. Cek apa saja yang menjadi pengeluaran kamu. Lalu, hilangkan pengeluaran yang tidak perlu. Atau kamu bisa tekan. Misalnya saja kamu setiap weekend kamu biasanya hangout, kurangi menjadi dua kali dalam satu bulan.

Biasakan untuk makan di rumah. Apalagi jika sudah berkeluarga. Masak sendiri di rumah menjadi cara yang paling efektif untuk mengurangi biaya pengeluaran keluarga. Kalaupun ingin makan di luar, bisa diagendakan secara berkala, entah itu satu atau dua kali dalam satu bulan.

Tekan juga pengeluaran reguler. Contoh sederhana, jika internet rumah tidak selalu digunakan karena kamu lebih sering di luar rumah, cukup gunakan internet data di smartphone saja. Tidak perlu memasang wifi.

Yang pasti, pengeluaran yang tidak perlu harus dieliminasi. Ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mencapai tips menabung target nominal tabungan.

6. Jangan Abaikan Uang Receh

Jangan Abaikan Uang Receh - Tips Menabung

Jangan sepelekan uang receh. Setiap kali ada uang receh, kumpulkan dalam sebuah tabung seperti botol air mineral. Daripada receh hilang, akan lebih baik jika kamu kumpulkan. Kamu tidak sadar setelah beberapa bulan uang receh tersebut bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Uang tersebut bisa kamu masukkan ke dalam tabungan.

Itulah beberapa tips menabung milenial. Tentu tips tersebut tidak bisa kamu terapkan semuanya. Sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi kamu.

Baca Juga: Liburan di Jepang Saat Pandemi? Bisa Asal Tahu Aturan Ya

Yang pasti, tips menabung milenial tersebut di atas bisa membuat kamu lebih efektif untuk mencapai nominal tabungan yang kamu tentukan. Konsistensi dan mengingat motivasi menabung menjadi hal yang sangat penting demi kesuksesan proses menabung kamu ini. Jadi, sudah siap untuk mulai menabung? Mulailah sekarang. Jangan tunggu besok atau minggu depan.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup