Gaya HidupInspirasi

Teknologi Ramah Lingkungan yang Sebentar Lagi Bakal Jadi Tren

Sudah banyak sadar akan pentingnya menggunakan teknologi ramah lingkungan. Setidaknya mereka yang berada di kota besar sudah memiliki kesadaran ini. Mereka tahu pentingnya menjaga bumi agar tidak semakin buruk.

Baca Juga: Tempat Wisata Paling Berbahaya

Isu pemanasan global sebenarnya sudah terdengar belasan tahun yang lalu. Bahkan, sudah ada yang memperingatkan adanya perubahan iklim puluhan tahun yang lalu. Hanya saja, masyarakat mulai aware di beberapa tahun terakhir.

Awalnya, hanya pihak tertentu saja yang disalahkan dalam hal pemanasan global ini. Misalnya saja pemilik pabrik, pemerintah yang tidak memiliki kebijakan ramah lingkungan, dan lain sebagainya. Padahal, setiap individu juga bertanggung jawab atas hal ini. Setidaknya setiap orang bisa mengurangi dampak buruk pemanasan global dengan cara menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Ini merupakan teknologi yang menurunkan risiko rusaknya alam. Udara menjadi lebih sehat. Tanah tetap subur. Dan secara umum, bumi tetap menjadi tempat yang baik untuk kelangsungan hidup manusia. 

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Ramah Lingkungan

Sebenarnya, tidak sulit untuk menemukan apa saja kelebihan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Jelas sekali. Dengan menggunakan produk yang dibuat dengan teknologi ramah lingkungan, maka kelestarian bumi terjaga. Tidak banyak polusi udara. Tanah menjadi subur. 

Akan tetapi, harus dipahami juga bahwasanya ada juga kekurangannya. Bagi masyarakat kalangan bawah, jelas sulit bagi mereka untuk memiliki produk dengan teknologi tersebut. Pasalnya, kebanyakan produk semacam itu dijual dengan harga yang sangat mahal.

Hal itulah yang membuat pemerintah dan juga pihak-pihak terkait mencoba untuk mencarikan solusi. Yaitu bagaimana agar produk dengan teknologi yang ramah lingkungan tersebut bisa digunakan oleh semua kalangan. Secara tidak langsung, produk harus bisa dijual dengan harga yang terjangkau.

Terlepas dari hal tersebut, sangat menyenangkan ketika melihat semakin banyak orang yang sadar pentingnya teknologi tersebut. Mereka tahu bahwa bumi harus dijaga agar menjadi tempat yang baik dan sehat untuk generasi sekarang dan seterusnya. Inilah yang mendorong mereka untuk menggunakan teknologi ramah lingkungan meskipun harga produk semacam itu sangat mahal.

Beberapa kebijakan pemerintah diberikan. Misalnya saja adanya subsidi agar barang dengan teknologi semacam itu bisa dijual dengan harga murah. Dari dari pihak produsen, mereka juga berupa untuk membuat biaya produksi lebih efisien. Dengan cara ini, produk bisa ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan teknologi ramah lingkungan ini juga membuat produsen berbagai produk melakukan inovasi. Mereka tidak hanya ingin meningkatkan kualitas produk tapi juga menggaet konsumen dengan menawarkan produk yang ramah terhadap lingkungan.

Produk Ramah Lingkungan yang Bakal Trending

Meskipun harga produk ramah lingkungan masih cukup mahal, ada beberapa yang bakal banyak digunakan oleh masyarakat. Apa saja itu?

1. Biogas

Biogas - Teknologi Ramah Lingkungan

Sebenarnya, tidak perlu menunggu hingga tahun depan. Saat ini saja, sudah banyak masyarakat yang menggunakan biogas. Ini merupakan teknologi yang mengubah kotoran menjadi gas. Gas yang dihasilkan bisa digunakan untuk energi listrik.

Sayangnya, energi biogas ini tidak secara masif dibuat. Hanya kelompok kecil saja yang menggunakan. Umumnya, mereka ada di daerah pedesaan di mana masyarakat beternak. Kotoran dari hewan ternak dikumpulkan lalu diolah sehingga bisa diubah menjadi listrik. Energi listrik itulah yang disalurkan ke rumah-rumah masyarakat. Jadi, biaya penerangan bisa lebih murah. 

Dan bukan itu saja. Ini juga menjadi solusi daripada membuang kotoran hewan ke sembarang tempat. Karena itu bisa menyebabkan bau yang tidak sedap.

Teknologi biogas memang tidak murah. Namun, masyarakat bisa iuran agar dapat memiliki teknologi biogas. Ini juga yang selama ini dilakukan oleh masyarakat. Mereka secara independen mewujudkan teknologi biogas di lingkungan masing-masing.

Bukan tidak mungkin teknologi ramah lingkungan ini akan dibuat secara masif oleh pemerintah. Sama seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju. Mereka mengelola biogas seperti mereka mengelola listrik.

2. Kendaraan Listrik

Kendaraan Listrik - Teknologi Ramah Lingkungan

Kendaraan listrik juga sebenarnya bukan teknologi baru. Bahkan, beberapa orang Indonesia sudah memilikinya meskipun bisa dihitung dengan jari.

Sangat mungkin sekali jumlah pemilik kendaraan listrik semakin bertambah. Bukan hanya mobil tapi juga motor listrik. Harganya memang masih mahal. Akan tetapi, ada beberapa pemerintah kota yang memberikan subsidi. Misalnya saja Jakarta. Kemungkinan akan ada kebijakan yang membuat masyarakat lebih tertarik untuk membeli mobil listrik sepertinya pajak BBNKB dibebaskan dan gratis untuk parkir.

Yang jadi masalah adalah tidak adanya tempat untuk charging. Dan ini sudah terus diupayakan. Bisa dilihat beberapa kota besar sudah memiliki semacam pengisi daya mobil listrik.

Apalagi produsen tidak hanya memproduksi mobil listrik. Ada juga motor listrik yang harganya jauh lebih terjangkau. 

3. Panel Surya

Panel Listrik - Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan yang satu ini juga bukan hal yang baru lagi. Sudah banyak rumah yang menggunakan panel surya. Ini merupakan panel yang bisa mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan bisa digunakan untuk menghidupkan lampu dan alat-alat elektronik lainnya.

Beberapa alat elektronik juga sudah dijual secara bundling dengan panel surya. Contohnya saja water heater. Sudah banyak merk water heater yang dijual plus dengan panel surya. Pasalnya, water heater boros listrik. Ketika di bundling dengan panel surya, masyarakat tertarik karena mesin ini tidak dihidupkan dengan listrik, melainkan panel surya.

Sekarang, sudah ada produk berupa atap rumah yang terbuat dari panel surya. Jadi, ini tidak hanya berfungsi sebagai atap tapi juga pengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

4. Lantai yang Menghasilkan Energi Listrik

Lantai Energi Listrik - Teknologi Ramah Lingkungan

Ini termasuk teknologi ramah lingkungan yang masih asing. Bahkan, di negara maju, hanya sedikit yang menggunakannya. 

Ini merupakan lantai yang jika diinjak oleh pejalan kaki bisa menghasilkan energi listrik. Energi tersebut bisa digunakan untuk menghidupkan lampu jalan dan lain sebagainya.

Lantai dengan teknologi ini di negara maju biasanya diterapkan di jalan yang ramai pejalan kaki. Karena semakin banyak orang yang menginjak, maka semakin besar juga energi listrik yang didapatkan.

Untuk itu, lantai ini lebih cocok dipasang di area publik. Lalu, energi listrik disalurkan untuk menghidupkan lampu jalan di sekitar. Sangat efektif, bukan?

Nah, itulah beberapa teknologi ramah lingkungan yang diprediksi bakal banyak digunakan di tahun mendatang. Kira-kira mana teknologi yang sebaiknya kamu miliki?

Yang pasti, semakin banyak orang yang sadar pentingnya menjaga kelestarian bumi dan lingkungan. Penggunaan teknologi yang ramah lingkungan harus ditingkatkan.

Yang paling gencar dilakukan saat ini adalah produksi mobil listrik. Bukan tanpa alasan. Asap kendaraan bermotor merupakan penyumbang signifikan adanya polusi dan pemanasan global.

Baca Juga: Sesederhana Ini Cara Mengatur Hidup yang Berantakan

Di masa mendatang, akan semakin banyak produk-produk yang ramah lingkungan. Karena trennya memang seperti itu. Jadi, siapa saja, termasuk kamu, harus mulai menyesuaikan diri dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan. Tentu tidak harus semua alat di rumah harus ramah lingkungan. Kamu bisa pilih yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Gaya Hidup